Saturday, November 13, 2010

Antara Shandeee dan Miyake

Yang ngikutin blog gw (deuuuuh, sok diikutin blognya), pasti udah tau, bahwa semester lalu, gw bener2 dibikin stress jiwa raga sama Shandeeee...itu tuh profesor yang ngajar mata kuliah "Teori teks sastra" di kampus gw. Sepanjang kuliah gw ga ngerti apaan yang dibahas, pas bagian gw presentasi, macet di tengah2, ga tau lagi mau ngomong apa akhirnya nyerah di tengah2, disuruh lanjut langsung ngomong pake bahasa jepang, gw malah geleng2 kepala bilang impossible.....seandainya aja itu di bawah kursi gw ada lobang untuk menenggelamkan diri, udah menjebloskan diri kali gw ke situ...trus belum lagi bikin makalah akhir semester untuk kuliah Shandeeee ini, karena dasarnya ga ngerti apaan materinya, ya gw juga ga ngerti nulis apaan di makalah itu, udah ngecap aja sana sini...dan akhirnya, gw dapat C! Yang lebih nyesek lagi, kuliah Shandeeeee ini bukan kuliah wajib, sebenernya ga gw ambil juga ga apa2, nyesel abis gw ngambil nih mata kuliah. Tambah pinter mah nggak, tertekan jiwa raga iya banget! Liat deh gw 4 bulan yang lalu, muka kayak penyakitan gitu saking stressnya ngikutin kuliah ini. Aaaaaaaaaarghhhh, nightmare, pokoknya ga mau lagi deh gw berurusan dengan Shandeee....

Nahhhh semester ini, tentu saja kuliah Shandeeee gw hindari. Tapi, gw ngambil satu mata kuliah yang mirip2 alurnya dengan kuliah Shandeee. Nama mata kuliahnya : Teori analisis film, yang ngajar, Prof Miyake. Jadi, modelnya sama gitu dengan kuliah Shandeeee, kita mesti baca teks dalam bahasa Inggris, terus itu diterjemahin ke bahasa jepang, trus kita mesti jelasin maksud dari teks itu apa. Close reading buku2 teori humaniora berbahasa inggris gitu deh. Buku yang dipakai untuk bahan kuliah, adalah buku tentang teori analisis film, sesuai dengan judul kuliahnya. Kenapa gw ambil kuliah ini? Karena, analisis film itu sekarang lagi booming banget dalam studi humaniora. Sama kayak mode baju, dalam ilmu pengetahuan juga, ada booming2nya, yang trend tuh sekarang apa. Ya, ga usah ngikutin trend juga sebenarnya ga apa2, tapi akan lebih baik jika kita tau hal-hal baru kan, jadi setidaknya, kalo orang ngomongin tentang analisis film, masih bisalah nyambung dikit. Alasan berikut, kenapa gw ambil kuliah ini, karena, semester lalu, ada kuliah wajib "Masyarakat dan ilmu humaniora". Mata kuliah ini diampu oleh tim dosen divisi cultural dynamics, tempat jurusan gw bernaung. Shandeee so pasti ngasih kuliah, trus prof pembimbing gw, prof Hirata juga, trus ada banyak lagi prof2 lain di bawah divisi cultural dynamics, yang ngasih kuliah (satu profesor jatahnya satu kali kuliah, jadi selama 14 kali pertemuan, ya ada 14 pertemuan). Kuliahnya ada yang garing, ada yang menarik. Salah satu yang menarik banget adalah kuliahnya Prof Miyake ini. Saat itu, materi kuliahnya tentang "simbol di balik foto". Selain materinya menarik, beliau neranginnya enak banget, materi yang sulit dibikin jadi mudah dipahami. Trus, gw kepikiran, asyik juga kalo ambil kuliah beliau, ngajarnya enak banget, trus kuliahnya juga berbobot. Semester ini gw liat2 di silabus, ada kuliah beliau, yang judulnya "teori analisis film" itu. Ya udah, gw akhirnya memutuskan untuk ngambil.

Di sini, kita punya waktu dua minggu pertama untuk belanja mata kuliah dulu, nyobain dulu, cocok ga, dan selama masa dua minggu itu, KRS yang kita isi, bisa kita ganti-ganti tergantung maunya kita. Jadi, gw cobain dulu kuliahnya Prof Miyake ini. Jujur, pas pertama masuk, gw jiper abis. Bukannya apa2, suasana ruangannya itu persis kayak ruang kuliah Shandeeeee....yang meja kecil2 digabung jadi kayak ruang conference gitu....trus yang bikin lebih ngeri, peserta nih kuliah cuma empat orang termasuk gw, dan gw satu2nya cewek di kelas itu. Yang satu, anak sastra inggris, dua lagi anak jurusan seni, penampilannya aja rada2 eksentrik. Trus, Prof Miyake juga laki2, jadi asli gw cuma satu2nya perempuan di situ. Risih aja gw jadinya. Dan tau dooong kalo kelas isinya cuma empat orang gitu...ya kalo kita ga bisa ngikutin, ketauan banget gobloknya, intinya adalah karena jumlah murid sedikit, maka yang bloon langsung diciriin gitu dehhhhh....itu kan yang gw alami di kuliahnya Shandeee....sumpah, trauma gw!

Tadinya udah mikir mau mundur aja, tapi kalo kuliah ini gw batalin juga, terlalu dikit SKS yang gw ambil. Soalnya, gw udah batalin dua mata kuliah lain, dengan alasan : senin males kuliah (itu kuliah yang gw batalin adanya di hari senin). Benar2 alasan yang tidak ilmiah.....akhirnya, gw berani2in deh tetap ikut kuliah analisis film ini.

Meski model kuliahnya kayak kuliah Shandeeee, tapi kalo kuliah analisis film, kerasa lebih berperikemanusiaan. Namanya kita close reading sama teks tentang teori analisis film, bener2 kerasa banget. Satu demi satu kata dibahas dengan telaten. Pertama-tama, murid yang hari itu dapat giliran presentasi, mesti  bacain terjemahan bahasa jepangnya dan nerangin semampu dia. Kalo terjemahan ga tepat, Prof ngebenerin. Bagian teori, yang biasanya rumit banget, diterangin dengan jelas sama Prof. Selama ini nih ya, gw ga pernah ngerti tuh teori2 strukturalisme Saussure, Barthes, dll, tapi sejak diterangin Prof Miyake, gw jadi kebuka pikirannya. Yaelaaaaaaah...ternyata yang kelihatannya susah banget dipahami di buku2 itu, ternyata intinya segini aja, hanya kan kalo ga rumit bukan teori ya....jadi di buku itu tertulisnya ya dengan kalimat2 susah gitu.

Tapi seasyik2nya kuliah teori analisis film, ada juga bagian ngerinya : yaitu kalo bagian gw kena presentasi. Dan terjadilah juga hal itu pada gw. Sebelumnya Prof udah tau kalo gw mahasiswa Indonesia, trus beliau bilang, pasti berat banget nerjemahin teks bahasa inggris ke bahasa jepang yang bukan bahasa ibu (ya udah pastilah itu, pas kuliah Shandeee kan gw semaput banget ngerjainnya). Akhirnya bagian gw ditunda2 terus, sampe semua mahasiswa jepang kebagian, baru terakhir gw dapat giliran. Sebenarnya materi yang mesti diterjemahin itu hanya satu lembar, terdiri dari 7 paragraf, tapi kata per katanya emang susah ditangkap maknanya. Ya gw kerjain aja sebisanya, trus setelah selesai nerjemahin, gw minta Bu Kazuko (dosen gw di Indonesia yang orang Jepang) ngecek bahasa jepangnya, biar kelihatan lebih natural. Trus semingguan sebelum presentasi, gw baca2 ulang terus, ini maksudnya apaan. Ya ga gitu ngerti sih gw, jujur aja, tapi ya udah sebisanya gw tuh...mau gimana lagi.

Pas hari H presentasinya, ngeri juga, but the show must go on. Sebisanya aja gw ngomong. Ada bagian yang benar, ada bagian yang salah, nah bagian yang salah itu diterangin sama Prof. Paragraf per paragraf diterangin sama Prof, trus biasanya, mahasiswa yang kebagian presentasi, disuruh ngerangkum ulang, inti paragraf itu apa. Sebenarnya, asal konsentrasi dengerin Prof ngomong, bisa ketangkap apa maksud dari paragraf itu, karena diteranginnya juga udah dengan bahasa yang mudah dipahami.

Akhirnya selesai juga tuh presentasi. Lega banget gw! Sekarang, kalo gw disuruh nerangin bagian yang gw presentasiin kemarin itu, gw paham dan gw bisa nerangin lagi. Beda banget sama kuliah Shandeee yang sampai sekarang juga, ga ada satu pun yang nyantol di otak gw. Bersyukur banget gw ngambil kuliah Prof Miyake. Semester depan, udah pasti gw akan ambil kuliah beliau lagi. Biar mesti repot berjuang, worth it enough, karena ada hasilnya. Kalo kemarin yang kuliah Shandeee itu, gw berjuang tapi ga jelas hasilnya, ya emang secara mental, jadi ngebentuk mental tahan banting dikata2in, tapi secara keilmuan mah, ga ada yang bisa gw petik.

Untuuuuuuuuung aja ya, gw ga ngikutin kekhawatiran gw yang tadinya udah jiper mau ambil kuliah ini. Kalo saat itu gw udahan dan ga jadi ngambil nih mata kuliah, pasti sampai sekarang pun gw ga ngerti tuh teori2 Saussure, Barthes, dll. Thank God, biar ngeri2, tapi gw tetap maju ikutan kuliah ini, ternyata hasilnya ga sia2!!!!

No comments:

Post a Comment