Friday, November 19, 2010

Jumat

Gw selalu suka hari jumat. Soalnya, hari jumat ini ada kuliah yang gw suka banget : teori gender oleh Prof Muta dan teori analisis film oleh Prof Miyake. Sebenarnya selasa, yang kuliahnya Prof Hirata (pembimbing gw), gw juga suka, baik materi (tentang sastra perempuan dan gender, trus satu lagi, kuliah tentang film yang dianalisis dari sudut pandang gender) maupun cara ngajar Profnya dan suasana kelasnya,  tapi ya....Hirata tuh suka ngasih banyak tugas, trus tiap mahasiswa ditanyain satu2...nah jadinya suka beban juga, karena mesti nyiapin ini itu, mesti belajar, dll (kalo mahasiswa teladan mah seneng dikasih tugas, nah gw kan ngga, jadi ya gw ga suka dapat tugas). Jadi gw lebih suka hari jumat daripada selasa. Nah kalo Rabu...males banget tuh, ada kuliah sastra jepang dan kuliah komputer. Ngebosenin aja, ga menarik menurut gw, tapi terpaksa gw ambil karena SKS gw masih kurang banyak, dan kalo yang komputer mah itu wajib (kalo ga wajib, ga akan gw ambil kuliah komputer).

Teori gender yang gw ikutin hari jumat, itu tuh sebenernya kuliahnya pascasarjana human sciences, kampusnya juga bukan di kampus toyonaka, tempat gw biasa belajar, tapi di kampus suita, 20 menit kalo pake shuttle bus dari toyonaka. Tapi karena kuliahnya seru abis, biar beda kampus, gw bela2in ikutlah. Benar2 kuliah padat berisi dan banyak ngebuka pikiran, meski tentu aja kalo dibalikin ke kaidah agama mah, asli banyak yang menyimpang tuh dari agama, seperti : kenapa keluarga itu mesti terdiri dari laki2 dan perempuan aja, kenapa ga boleh keluarga gay atau lesbian, ini ada yang aneh dengan masyarakat.....dan sebagainya. Ya,  mari kita pelajari  semua itu dengan lapang dada, ga usah campur2in dengan agama.

Kalo yang teori analisis film itu, tau dooong, udah gw ceritain kan sebelumnya. Yang Prof-nya baik banget, sumpah, lawan dari Shandeee. Sekarang tuh, karena muridnya empat orang aja, akhirnya kita kuliah di ruang kerjanya, dan tiap kuliah, dikasih kopi, lumayan kan. Moga2 ntar ada cemilan juga (buset, ini mau kuliah atau memamah biak?). Dan hari ini, lagi2 gw rada paham, teori naratif Genet.....yang dulu tuh ga gw tau sama sekali apaan maksudnya. Itu karena Prof-nya nerangin dengan bahasa yang  mudah dimengerti. Seneng banget deh gw.

Jadi tau kan, kenapa gw suka hari jumat, selain tentu aja gw senang hari senin, kamis dan weekend ? (karena itu kan hari2 gw ga ada kuliah).

No comments:

Post a Comment