Sunday, April 29, 2012

Queen of Procrastination

Kalau mau dikasih gelar, kayaknya gelar yang paling pas untuk gw adalah : Queen of Procrastination alias ratu nunda-nunda kerjaan. Yepppp, itulah gw, udah paling jago deh kalo masalah nunda kerjaan mah.

Gw tau ini kebiasaan sangat buruk, tapi emang nih kebiasaam udah mendarah daging dalam diri gw. Dari jaman SMP, gw emang udah suka nunda-nunda kerjaan. Ngerjain tugas sekolah selalu last minutes, pake begadang-begadang gitu, trus juga pagi-pagi bangun, bukannya langsung siap-siap, malah bengong dulu di atas tempat tidur. Entahlah, tapi dalam diri gw itu seperti ada keinginan untuk selalu mengulur-ulur waktu dengan menunda melakukan hal penting yang semestinya dilakukan. Trus selalu aja, pas udah mepet-mepet gitu waktunya, baru deh ngerasa nyesel abis ngga manfaatin waktu abis-abisan, tapi ya gitu deh, nyeselnya cuma sesaat, selanjutnya tetap jahhhh nunda-nunda kerjaan lagi.

Gw tuh bisa lho baru mulai start ngerjain tugas jam 10 malam, hanya karena di jam itu udah masuk ke limit ga bisa lagi nunda ngerjain tugas. Padahal sepanjang hari itu misalnya, bukannya gw ga ada waktu untuk ngerjainnya, cuma ya gitulah, saking gw enggan, gw malah ngerjain hal2 ga penting kayak beres-beres rumah, cuci baju, sikat kamar mandi...trus pas udah capek aja ngerjain semua kerjaan rumah tangga, baru mulai ngerjain tugas. Itu juga banyakan bengongnya daripada sigap mikir.

Semua orang yang punya sifat macam gw, yaitu queen (or king) of procrastination, pastilah ngerti psikologi penunda macam ini ya. Yang ngerasa enggan banget memulai sesuatu, akhirnya ngelama-lamain, nunda-nunda gitu. Maunya sih sebisa mungkin, selama mungkin menghindar, tapi namanya masalah, mau dihindar-hindarin sekuat tenaga pun akhirnya akan tiba waktunya untuk berhadapan langsung, udah limit deh ga bisa lagi ditunda.

Tapi biar udah kebiasaan mendarah daging, kalau akhirnya nih kebiasaan malah banyak merugikan kita, ya emang mau ga mau mesti dibuang jauh-jauh. Itulah yang akhirnya menjadi tekad gw, mau buang jauh-jauh gelar queen of procrastination, seengganya ngurangin levelnya-lah, jangan jadi paling top untuk masalah nunda kerjaan. Bisa dibilang, akhirnya...gw kapok banget nunda kerjaan. Apa yang bikin kapok? Apalagi kalo bukan setahun kemarin itu gw ngerjain tesis S2. 6 bulan terakhir tuh yang ngebut kayak apaan tau, sampai minggu-minggu menjelang natal dan tahun baru aja udah ga berasa banget, saking dikejar deadline. 25 des, gw ke gereja, 26-nya udah lempeng aja balik ke kampus ngerjain tesis. 30 desember pun sampai dini hari gw masih di kampus ngerjain tesis. Ampun minah, itu bener-bener ga berasa deh suasana liburannya. Biasa deh ya, yang ada gw nyesel-nyesel belakangan, kenapa ga dari awal-awal serius ngerjain, giliran udah mau deket-deket akhir masa studi aja, jadi kalang kabut ga tentu arah. Dan dari ngerjain tesis itu gw bener-bener belajar satu hal. Bahwa, sekeras apapun kita berusaha, kalau emang hanya dalam waktu singkat sih, hasilnya tidak akan semaksimal ketika kita ngerjain segala sesuatunya pelan-pelan, kontinu, dan teratur. Itu pas terakhir2 aja ngerasa buku yang dibaca kurang banget, trus kayak yang kebakaran jenggot gitu nyari literatur, udah bodo amat deh, dibaca-bacain terus tiap hari, tapi setekun-tekunnya kita usaha, ya apa yang bisa diharapkan sih kalau waktunya ga keburu? maksud gw, yang namanya belajar, baca buku itu kan butuh waktu. Udah tau butuh waktu, mestinya kalo eling, ya dikerjainnya dari awal-awal kita kuliah dong ya. Ini mah pas awal-awal kuliah, gw bahkan ga tau apa yang gw kerjain, bawaan galau melulu ga jelas. Begitu kejadian aja deadline udah di depan mata, baru deh ketakutan, panik, ngeri. Jujur, pengalaman ngerjain tesis ngebut itu bener-bener bikin gw kapok. Gw ga mau lagi ngulangin yang kayak gitu, Beneran, bisa mati muda gw, karena stress bekerja di bawah tekanan kayak kemarin itu.

Sekarang udah sebulan berlalu sejak gw masuk program S3. Ngerinya udah dari sekarang, takut ga bisa lulus tepat 3 tahun. Bukannya apa-apa bok, gw sih bukannya ambisius pengen lulus on time gitu. Masalahnya, kalo gw ga lulus tepat 3 tahun, selanjutnya tuh beasiswa ga diperpanjang. Mau nyari dari mana uang segitu banyak, untuk biaya kuliah dan biaya hidup sehari-hari? Kalau gw punya pohon duit mah mungkin ga akan sengeri ini, tapi mengingat ga kebayang gw kuliah tanpa beasiswa....karena duitnya ga mencukupi....bener-bener deh mau ga mau gw mesti melakukan segala hal demi supaya bisa lulus dalam waktu 3 tahun. Masalahnya, nulis disertasi kan bukan kerjaan gampang ya. Trus juga kalo dikerjainnya dengan sistem kebut semalam gitu, bukan saja hasilnya akan jelek, tapi juga yang paling parah adalah : ga mungkin dilulusin.

Makanya sekarang tiap hari, biar itu ga selalu dalam durasi yang heboh, gw disiplinin diri baca buku. Whatever deh, pokoknya ada yang dibaca. Itu buku yang wajib dibaca juga banyak banget, gw aja bingung mau mulai dari mana. Tapi kalo bingung2 terus, yang ada waktu jalan terus, kita belum ngapa2in, yang ada ntar jadi nyesel-nyesel lagi. Gw pikir, udahlah ya, kalo ntar disertasinya ga canggih, ya gw ikhlas, emang kemampuan juga cuma segini, mesti lapang dada ngakuin, tapi yang penting, seengganya gw udah berusaha untuk ga lagi ngerjain dengan ngebut gitu, jadi ngerjainnya emang step by step, sehingga berasa 3 tahun ini gw manfaatkan benar-benar.

Waktu gw di sini cuma 3 tahun lagi, trus ngerasa aja banyaaaaak banget yang belum gw pelajari. Nyesel abis kenapa 3 tahun pertama itu gw ngga lebih cermat memanfaatkan waktu. Bukan cuma bidang sastra perempuan yang mesti gw dalemin, tapi sastra klasik juga kayaknya gw mesti tau dasar-dasarnya, trus juga metode pengajaran bahasa jepang. Kan katanya mau jadi dosen sastra jepang? kan biasanya kita ngga hanya ngajar sastra ya, tapi juga ngajar bahasa juga, trus kalo ngajar sastra pun, pertama-tama basic sastra klasik jepang itu yang diajarin ke murid-murid kan?

Emang udah bukan saatnya lagi gw masih memegang gelar queen of procrastination. Soalnya, taruhannya, kalo masih jahhhhh nunda-nunda kerjaan, ya gw ga akan bisa lulus tepat waktu. Sedang udah abis-abisan pun, belum pasti gw bisa 3 tahun, ini hanya kemungkinan aja, bahwa masih ada harapan bisa selesai dalam waktu 3 tahun.

Semoga deh ya, habit nunda-nunda kerjaan dalam diri gw ini, setelah melalui penempaan kayak sekarang ini, suatu saat bener-bener bisa hilang total dari diri gw. Gw bener-bener ga berbangga diri dengan gelar queen of procrastination soalnya!

No comments:

Post a Comment