Saturday, October 15, 2011

Satu postingan saja tentang my recent life

Apa kabar dunia????

Udah lama banget ga ngeblog. Bukannya sombong....tapi sumpah, hidup gw lagi kacau balau banget. Apalagi masalah gw, kalo bukan : TESIS!

Tau deh ah, makin ke sini gw makin ngerasa, kayaknya jiwa gw bukan jiwa peneliti banget. Kalo peneliti kan nemuin masalah susah, ya hajar terjang terus pantang mundur, baca buanyaaaaak banget makalah, jurnal, dll, dan berkutat seharian semalaman nyari jawaban permasalahan penelitian. Nahhh kalo gw? What the heck, sabodo teuing, ga tau juga ga apa-apalah, gw udah mualesss pol soalnya. Datang ke Jepang, jauh-jauh demi menuntut ilmu, cuma yang gw temuin adalah : diri gw yang males ngerjain penelitian.

Sekarang aja lagi galau setengah mampus masalah gimana kelanjutan studi gw. Lha S2 aja udah keropos otak gw, gimana mau S3? Bayanginnya aja serem banget. Ngga kayak calon ilmuwan yang semangat banget ngejar ilmu. Gw capek banget, sumpah.

Mid defense-mid defense ini bener2 bikin badan gw rontok jiwa raga. Kalo mau dibandingin, 30an tahun gw nuntut ilmu di Indonesia, mulai dari TK sampai S2 di Indonesia, sama nyaris 3 tahun di sini....kayaknya yang 30an tahun di Indonesia itu ga sampai bikin badan rontok kayak di sini. Sumpah, seumur hidup ga pernah gw ngalamin masalah dengan studi. Bukannya gw orang yang cerdas, cuma nggalah sampai segila ini stressnya.

Dan ya bokkkkk...gw udah ketemu Prof gw, beliau dah aktif ngajar lagi di kampus, setelah sabbatical leave semester kemarin. Dan ya bokkkkkk.....dah pasti deh, silet abis, malahan gw dibilang, kalo ritme belajar gw macem gini, diragukan abis gw bisa lulus S3 dalam waktu 3 tahun. Ohhhh nooooo, lebih lama lagi di Jepang? Gosh.....cukuplah sudah, gw pingin segera pulang ke kampung halaman untuk hidup santai!Belum lagi masalah duit, itu kalo ga pake beasiswa mombusho, setahun itu siapa yang bayarin uang sekolah gw yang kalo dikurs ke rupiah lumayan edane harganya, belum lagi biaya hidup yang amit-amit mahalnya di Jepang ini?

Tau deh ah, gw ngerasa goblok banget, buku yang dibaca cuma buku2 yang dibahas di kuliah aja, di luar itu kagak ada yang gw baca. Ya gw tau gw emang salah, cuma gimana, untuk buku2 yang di kuliah aja, udah nyita waktu untuk gw baca. Belum lagi gw galau melulu mikirin 2 tahun James kagak dapat kerja, trus 1 tahun Joanna jadi anak terasingkan dari lingkungan karena kagak bisa bahasa Jepang. Ya udahlah gw tobat, bisalah itu diperbaiki, 3 tahun ke depan ini jadi book worm abis deh gw, gw jabanin...cuma sekarang sih gw cuma mikir, gimana caranya gw bisa selamat ngadepin tanggal 20 oktober, mid defense tesis yang ketiga kali ini? Ya Allah, tolonglah hambaMuuuuuuu......

Udah galau pangkat sejuta ga tau mau ngomong sama siapa...well siapa yang dapat memahami beban hati manusia labil macam gw ini....akhirnya gw email Bu Kazuko, dosen pembimbing gw pas S2 di Indonesia. Yang paliiiing bikin galau, adalah ini gimana nih ya, katanya gw mau jadi peneliti, tapi kok ya sekarang muak banget sama penelitian2 ini....apa gw ga salah pilih dunia, kenapa gw ga pilih dunia lain yang lebih mudah, bukannya dunia sok idealis yang bikin hidup penuh beban macam dunia penelitian ini...???

Bu Kazuko trus SMS ngajakin skype, akhirnya skype-lah gw sama beliau, besokannya jam 12 malem. Emang tuh ya, untung banget ada beliau. Tuhannnn berkati manusia ini, baiknya amit-amit, liat mukanya aja gw selalu sejukkkk....balas semua kebaikannya ya Tuhaaan....Rasanya rada legaan, bisa cerita sama orang lain. Maksud gw, J dan J emang pasti mau dengerin cerita gw, cumannya, mereka kan bukan orang yang pernah ngerasain galau-galau tesis macem gini, tapi kalo Bu Kazuko kan, ya emang orang yang berkecimpung juga di bidang sastra Jepang, jadi sedikit banyak taulah perasaan gw. Lagian juga, yang pertama-tama banget ngedukung gw studi di Jepang ini adalah beliau dan sebenernya ya bokkk...banyak rencana gw dan beliau di bidang studi sastra jepang di Indonesia ini....aduuuh mudah-mudahan kesampaian dong, please please please.....intinya adalah, dengan bercakap-cakap sama beliau, gw merasa terkuatkan deh. Jadi termotivasi untuk segera menyelesaikan nih rangkaian studi yang udah bikin keropos diri gw jiwa raga ini.....

Kata beliau mah, dari dulu kan gw selalu aja ngeri-ngeri khawatir gitu, tapi ujung-ujungnya kan berhasil. Trus, katanya, bapaknya tuh selalu bilang, orang yang suka bilang2 ga bisa kalo ujian, itu malah sebenernya bisa, karena orang yang suka bilang ga bisa itu, berarti tau banget bagian mana yang ga bisa, jadi salahnya cuma yang di bagian yang dia ga bisa aja. Sedang orang yang suka yakin bisa di ujian, malah suka ga lulus, karena sebenernya dia ga bener2 tau bagian mana yang dia bisa dan ga bisa. Tau deh ya, ini bapaknya Bu Kazuko pemikirannya kayak gimana, tapi percaya ajalah. Percaya aja sama yang baik-baik.

Beliau bilang : Jangan khawatir, kamu pasti berhasil. Semua orang juga ada masanya mengalami hal-hal sulit seperti ini, tapi ini ngga selamanya. Kalau kamu berhenti sekarang, pulang ke Indonesia tanpa melanjutkan sampai S3, saya rasa kamu akan menyesal seumur hidup, karena sebenarnya kesempatannya sudah ada. Tapi kalau emang benar-benar sudah ngga mau lagi, jangan memaksakan diri.

Huhuhuhuhu, mau nangis deh bokkkkk, ada orang ngomong gitu sama gw. Sementara diri gw sendiri aja  udah kagak yakin gw bakal selamat hidup-hidup melalui rangkaian studi di sini!!!!Ternyata masih ada yang percaya sama gw, dosen pembimbing gw dulu, dan orang yang selalu akan menjadi guru gw. Hikssss!

Dan selaluuuuuu aja nih ya, kalo udah putus asa setengah mati kayak sekarang, gw ingetnya tuh kata-kata Ko Andy. Yang diucapkan dengan senyum sinis dan matanya yang nyaris ilang: "Anak-anak Prof Bonar mah ngga pernah ada yang gagal." Huahahahahahaha, percaya aja sama kata-kata itu ya Ko!!!!!

*Untuk yang ga tau Ko Andy : Ini orang adalah adik ipar gw, tapi umurnya lebih tua dari gw, hahahaha, generasi jaduuuul...*

Ria, skype yuk, ternyata skype kualitas suaranya jernih banget, baru tau gw! Download skype gih rip!!!

No comments:

Post a Comment