Saturday, September 24, 2011

mission impossible tapi mesti possible nihhhh...

Masih tentang tesis. Mohon jangan bosan. Abis, ini isu utama gw tahun ini sihhhhh!!!

Jadi, ceritanya, setelah bersusah payah, gw berhasil menulis draft bab 1 dan 2. Karena ini udah tinggal seminggu lagi bakalan kuliah dan prof pembimbing udah balik dari sabbaticalnya....so gw kirimlah dua bab itu. Maksudnya, biar ada dulu deh yang dikirim.

Cuma, inti tesis gw itu ya boooo, bab 3...belum mulai sama sekali. Oh my God, bayanginnya aja udah serem, soalnya banyak abis yang ga gw ngerti. Tau ah, abisan katro banget nih ya otak gw. Mungkin kalo perempuan2 super...udah punya anak, udah punya suami, udah berkeluarga...ga masalah aja dia sekolah lagi....tapi untuk gw...yahhhh emang kayaknya idealis banget gitu ya, sekolah lagi, gapai impian, dll...tapi sumpah, realitanya, super OMG tau ga, bener2 ga seindah keidealisannya ini.

Sehari abis gw kirim tuh draft bab 1 dan 2, ada balasan dari Prof. Ah beliau mah secepat kijang emang dalam membalas email. Gw udah siap mental untuk disilet....dan hasilnya? Silet abisssss!!!!

Ga pake basa basi : berjuang, segera selesaikan bab tiga, biar kelihatan bentuk keseluruhannya. Yang kamu tulis ini ngga seberapa penting. Bab tiga tuh intinya, secepatnya selesaikan. Dari situ baru bisa ketahuan, apa saja yang harus diperbaiki.

Mesti deh tuh ya....'gambaru' tuh harus ada...emang udah gw bilang : gambaru itu indah dalam pemikiran tapi pahit dalam kenyataan!

Jujur, seumur hidup gw menuntut ilmu, yang gw ngerasa bener-bener belajar adalah dua tahun di Jepang ini. Bukannya mengecilkan segala pendidikan yang gw terima di tanah air tercinta ya. Tapi emang bener yang Ria bilang setelah dia denger cerita gw tentang gimana universitas di Jepang menyelenggarakan perkuliahannya.

"Di Jepang emang ga bisa santai. Yang santai? Mati."

You got the point, Rip, bener banget, asli!!!!

Kayaknya gw emang udah ada dalam kondisi top markotob banget untuk menguji mental gw :

*Kampus dengan standar mengerikan (dan bodohnya gw ga tau kalo nih kampus yang gw pilih untuk gw masukin ternyata termasuk mengerikan di Jepang)
*Prof pembimbing yang ternyata oh ternyataaaa....pakar sastra jepang dan gender terkenal di Jepang, mangkanya berat banget deh ngikutin standarnya (mana gw tau beliau terkenal?Tuhaaaaaan...semoga ia tidak menyamaratakan otak orang Indonesia, bahwa ngga semuanya katro macem saya!)
*Dan bagaimanakah kepribadian Prof pembimbing gw? Sileeeet abis deh pokoknya...itu ngomong ga pernah pake basa basi, jleb jleb jleb manteeeep....gw bener-bener ngerasa kayak murid kungfu master, ditraining abis-abisan, digebah pake tongkat bambu....bukannya hiperbola, gw ngerasa ngerjain tesis ini gw kayak ditraining di perguruan pencak silat gitu, yang lari ga boleh pake sepatu, trus hantem hantem batu dan latihan fisik edan-edanan....katanya kan orang jepang suka banyak basa basinya? Dua tahun di Jepang, udah ga keitung berapa kali gw kena penyiletan batin (maaf bahasanya menyeramkan) sama pembimbing gw. Ini bener-bener dibimbing serasa mau ikut kejuaraan olimpiade kali ya, spartan abissss! Yang manja, yang cengeng, ga usah jadi murid gw, silakan cabuuut...gitu kali yeeee rule-nya!
*Dan....tahun iniiiiii, di jurusan gw, yang ngerjain tesis cuma gw aja! Soalnya, satu angkatan kan tiga orang, nah yang satu cuti kuliah karena mau ngerintis karir jadi penyanyi, yang satunya lagi sakit mata (eh seriusan ini sakit mata, kayaknya sakit mata berat gitu, misterius abis)....jadilah gw sebatang kara bertesis ria. Jurusan emang rame sekarang, tapi sama anak-anak master tingkat satu....enak banget tuh mereka ntar, ngerjain tesis bareng-bareng, ada teman senasib, bisa berbagi suka dan duka...lha ini gw? Sendirian aja bok! Sampe-sampe kajur nyuruh anak-anak master tingkat satu untuk presentasi juga bulan oktober ntar di presentasi penelitian, katanya biar nemenin gw, biar gw ngga kesepian, hahahahahaha....

Tapi nih ya, emangnya udah keseringan disilet, asli, gw pait cuma sedetik, detik berikutnya, ya udahlah ya, udah biasa gw dikata-katain. Tau deh ah, ini urat pait dan urat sensi gw udah bener-bener putus kayaknya. Sekarang gw mikirnya lebih ke gimana itu ya caranya gw nyelesain bab tiga segitu banyak, sebelum hari selasa, 4 Oktober. Itu hari keramat tuh ya, hari gw bimbingan sama Prof soalnya, sekalian dengerin feedback beliau mengenai apa yang gw kerjain, include ini bab jahanam, bab tiga...soalnya kan katanya kalo bab tiga kagak beres, kagak bisa kasih pendapat???? Berarti..berarti, maksimal hari minggu, 2 Oktober, udah mesti dikirim tuh ya dalam keadaan beres, itu bab 3. Gosh, Enchi Fumiko susah sumpah asli, ga boong gw. Enchi Fumiko itu pengarang yang karyanya gw pilih untuk gw analisis. Sebenernya juga, gw itu bukan fans berat2 amat si Enchi....gw pilih Enchi hanya karena pernah dibahas di kuliah, dan kayaknya seru juga gitu...ehhh makin dibaca, ampun mak, makin susah. Akhirnya dari yang sok idealis mau analisis 5 karya, gw sortir jadi 3 aja....ga sanggup gw lima, itu aja tiga udah bikin mpot-mpotan...apalagi satu karyanya yang berjudul "Onna Men" alias kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia : "Topeng Perempuan"....sumpah susah banget, soalnya ceritanya ini nyampur-nyampur sama sastra klasik Genji Monogatari dan dilatarbelakangi topeng drama Noh gitu dehhh (drama tradisional Jepang) . Dan ya, lagi-lagi nih ya gw dodol abis. Kan Enchi tuh dibahas di kelas, ya udah, gw pikir, ah ini mah standar aja kali, dibaca semua orang....trus pernah tuh gw mau presentasi di kelas soal si Enchi Fumiko...nah kan gw males ceritain lagi sinopsisnya, trus gw bilang aja di kelas, "saya rasa semua udah pernah baca kan karya Enchi, jadi ga usah diceritain ya sinopsisnya..." ehhh, Prof gw bilang, "anak sekarang ngga ada yang baca Enchi. Bukunya aja udah ga terbit lagi." Hahhhhh???Yoiiii, itu buku2nya kagak terbit lagi karena bukan sastra populer gitu dehhh...aduh mak, gw yang hobbynya baca chicklit, sekarang terjerumus neliti Enchi....ehhhh belakangan Prof gw bilang gini, "Saya dukung kamu pilih Enchi. Emang mahasiswa asing harus baca karya yang rada susahan dikit." Baguuuus, gw kena jebakan batman lagi nihhh ya....

Satu sisi, emang karya-karyanya Enchi ini kaya banget deh, satu kata aja padat abis maknanya, dalem banget. Cuma ya gitu deh, susah untuk gw. Hadeeeeeeuh, malu nih ya, ngaku-ngakunya kuliah S2 sastra jepang di jepang, tapi untuk baca novel bahasa jepang aja keteteran gw. Ini gw sastra jepang asli apa gadungan sih????

Cuma, mau susah kek, mau ngga kek, intinya itu bab tiga jahanam mesti beres minggu ini. Sebelum gw ketemu Prof. Please, please, please, let this miracle happen : I can write this jahanam chapter three, pass all the mid defence and defence....and.....LULUS! Sumpah, kalo berhasil gw nyandang gelar Master of Art dari Osaka University, ga tau deh gimana itu perasaan gw, serasa conquer half-world kali...lha setengahnya lagi mana? kan belum Ph. D ya bok, kalo beneran Ph. D udah di tangan, baru deh tuh conquer the world abis-abisan, karena berhasil menang melawan diri sendiri...tentu aja dengan ditemani prof tercinta yang silet abis ini......ah udah deh ya ga usahlah bayang2in Ph. D dulu, ini lulus master aja udah syukur! Sekarang gimana caranya gw bisa keluar dengan selamat dari program master ini, lulus dengan selamat dan layak masuk Ph. D. Itu dulu deh. Lebih sempit lagi, gimana itu caranya gw bimbingan dengan selamat tanggal 4 Oktober dan sebelumnya udah berhasil nyelesain bab tiga. Mission impossible emang, tapi di sini mah yang impossible juga mesti jadi possible ya bok, kalo ngga : seperti kata Ria : elu matiiiii!!!!!

Yang baca tulisan ini : Doakan agar saya tetap hidup, amiiin.....

No comments:

Post a Comment