Thursday, December 8, 2011

Akhirnya selesai juga

Selesai? Apaan yang selesai? Tesis? Belum sih, benernya tesisnya belum selesai. Belum sama sekali malah. Tapi setidaknya satu tahapan sudah terlalui. Presentasi pertengahan penelitian tesis. Alias mid defence. Bener2 patut amat sangat mengucap syukur, deh, nih mid defense akhirnya selesai.

Asli, tahun ini hidup gw bener2 diisi dari presentasi ke presentasi. Kurang lebih per tiga bulan sekali gw presentasi. Ada yang lumayan, ada yang ancur abis, ada yang ngga jelas. Ya bener2 penuh warna-lah. Gw masih inget banget tanggalnya, nih kita liat satu2 ya.

Presentasi pertama : 3 Maret 2011

Ulang tahun James nih. Bukannya ngerayain dengan makan2, malah presentasi. Presentasi pertama ini lumayan sukseslah. Tapi ini mungkin karena emang yang dipresentasiin emang masih umum aja, kayak pengenalan masalah, kasih tau apa yang mau kita teliti, anyway, ngga gitu mendalam sih. Makanya di sini gw lolos dengan selamat. Yang presentasi selain gw, ada dua orang anak master tahun pertama (saat itu gw masih master tahun pertama), trus ada dua orang research student. Overall, presentasi pertama ini ngga gitu nightmare untuk gw.

Presentasi kedua : 21 Juli 2011

Mulai terasa nightmare-nya. Yang bikin nightmare, adalah karena dua orang rekan mahasiswa yang sama-sama master tahun kedua, tiba-tiba aja ngilang. Yang satu emang ambil cuti kuliah karena mau karir ngeband. Yang satu lagi, tiba-tiba aja ga ada, katanya sakit mata. Dan dia ga pernah keliatan lagi hingga hari ini. Tinggallah gw sendiri. Gw kan ga mungkin ikut2an udahan. Lha kuliah aja udah dibayarin, pake belagu mau vakum segala. Plus, Prof pembimbing gw sabatical ke Inggris. Udah lengkap deh lonely-nya gw ini. Ga ada rekan mahasiswa untuk bareng2 presentasi, pembimbing pun pergi ke lain benua pula. Di presentasi kedua ini gw presentasi sendirian. Asli ada kali 15'an orang, termasuk 3 Prof, dengerin gw presentasi. Ampun mak, udah ga tau deh ini gimana jadinya. Ada satu prof yang kayaknya bete banget sama daftar isi gw, katanya ga jelas, trus masalah penelitian gw jadi kabur, pokoknya lumayan sinis juga sih beliau ngomongnya. Ya gw sih iya-iya aja deh, abis bingung mau ngomong apa. Presentasi kedua ini terasa ambigu. Ancur banget juga ngga, tapi berhasil juga ngga. Yang paling bikin gw bingung sebenernya gw udah galau ga tau apa yang harus gw lakukan untuk penulisan tesis ini.

20 Oktober 2011

Ini puncak ancurnya presentasi gw. Di sini gw asli gagal abis, ancur minta ampun. Bener2 deh gw jatuh banget di sini. Kayaknya yang gw kerjain acak2an abis. Trus kan sebenarnya bulan agustus-september itu gw udah mulai nulis tesis, cuma ya rubbish abis gitu deh, trus menurut Prof gw yang balik sabatical bulan Oktober, ini sih bener2 ga layak disebut tesis. Yang gw tulis itu kagak penting semua. Nah lho gimana ini? Trus gw ditegur abis sih di sini. Karena gw kurang banget belajar, nganggep enteng, ga baca banyak buku. Sumpah sebenernya gw ga nganggep enteng, cuma ya jatuh2nya emang terkesan anggap enteng. Mestinya gw bergiat lebih lagi, tapi apa daya, gw tuh kayak ga sadar2 gitu. Bener2 baru nyadarnya pas presentasi oktober ini, di mana gw ga bisa jawab satu pertanyaan pun, asli ancur abis2an-lah. Seperti yang gw tulis di postingan sebelumnya, butuh waktu sebulanan untuk akhirnya gw bangkit lagi setelah labil akibat presentasi bulan oktober ini. Udah drama banget deh ini mah. Pake ansos, sok ngilang ga ikut kuliah, meratap-ratap ngerasa paling menderita di dunia, sok leave me alone gitu. Asli drama abis. Sampai akhirnya gw tersadar bahwa ga ada guna meratapi kesalahan gw terus-terusan. Ini ga akan ubah keadaan. Ya udahlah, kondisinya udah gini, sekarang gimana gwnya aja manfaatin waktu yang tersisa, biar tinggal dikit, ya dikerjain aja apa yang bisa. Kalaupun hasil akhirnya garing, ya udah, itu resiko akan kemalasan gw di masa lalu. Resiko itu mesti gw terima dengan lapang dada. Yahhhh akhirnya gw kerjain aja sebisa-bisanya.

Presentasi keempat : 8 Desember 2011

Gw sebenernya udah cemas, gimana kalo presentasi 8 desember ini worst than october. Kalo lebih parah, udah, gw bener2 ga ada harapan. Karena batas pengumpulan tesis itu awal januari 2012. Kalo di sini masalah penelitian gw masih ngga jelas juga, gimana gw mau kumpulin tesis. Tapi syukurlah, di yang tanggal 8 desember ini, meski ga sukses gila2an, but at least, it's better than october. Dan gw emang ga ngarep muluk2, gw sih yang penting, yang bulan desember ini mendingan dibanding bulan oktober. Dan syukurlah, yang kali ini mending daripada yang oktober. Mungkin juga para prof udah males nanya2, karena toh ga ada gunanya nanya2 lagi karena waktu tinggal sebulan lagi, mau mereka kasih masukan juga kayaknya udah ga sempat gw kerjain lagi. Presentasi kali ini berhasil dilalui dengan selamat, hanya satu masalah yang lebih riil : keburu ngga ngerjain semuanya ini? idealnya, sejak bulan oktober, udah mantep daftar isinya, cuma gw kan oktober kemarin masih ga jelas gitu arahnya mau kemana. Sekarang arahya udah lumayan jelas, cuma waktunya yang asli tinggal sebulan. Sport jantung nih gw.

But anyway, satu tahapan terlampaui sudah. Sekarang tinggal fokus nulis di waktu yang amat sangat mepet ini.  Ini kesempatan terakhir gw. Kalo ga abis2an di sini, ke depannya bakal berabe. Ebenhaezer : sampai di sini Tuhan memimpin kita. Maka gw percaya, semustahul apapun keadaannya, Tuhan pasti akan pimpin dan pertolonganNya datang tepat pada waktunya. Amin.

No comments:

Post a Comment