Thursday, December 8, 2011

Email dari sensei

Setelah presentasi kemarin, gw hari ini diemail prof pembimbing. Udah ngeri setengah mati gw, karena judul emailnya adalah : tesis. Ampun mak, apa lagi nihhhhhh? Apa yang kemarin itu garing abis ya, tapi mau kritik di depan umum juga waktu terbatas, jadinya dikirim lewat email? Akhirnya gw bukalah tuh email dengan harap-harap cemas.

Ternyata bukannya gw bakal dimarahin lagi. Prof bilang, presentasi gw kemarin bagus dan nunjukin bahwa gw emang bangkit dan mau berjuang. My God, selalu nih ya, topik gambaru mah ga pernah lewat dibahas. Jujur ini mengharukan sih. Beliau yang tadinya pedes banget kalo ngomong, trus tau-tau bilang, finally masalah gw jelas, akar permasalahan udah clear, daftar isi juga udah padat. Tinggal gimana nulisnya aja ini mah dengan waktu sebulan ini. Beliau bilang, yang penting percaya diri dan yakin bisa ngerjain. Itu yang paling penting harus ada dalam diri gw. Kalau gw bisa nulis tesis sesuai dengan daftar isi itu, maka tesis ini akan bisa jadi tesis yang memenuhi persyaratan sebuah tesis. Di sini gw jujur, ngerasa sedikit lega. PRnya sekarang, ya gimana nulis tesis ini biar bener-bener jadi tesis. Karena arahnya, seengganya udah rada jelas. Cuma waktu aja nih yang emang bener2 mepet.

Tapi Tuhan udah tolongin gw bangkit dari yang presentasi ancur abis bulan oktober itu menjadi better di bulan desember. Dan akhirnya, finally, sebulan sebelum ngumpulin tesis, gw mulai ngerti ke arah mana gw mesti ngarahin tesis gw ini. Mungkin hasil akhirnya ga bisa superb, tapi setidaknya, arahnya udah bener. Itu aja udah syukur alhamdulilah amat sangat gw.

So, be it! Tuhan udah tolong gw ngelewatin rangkaian 4 kali mid defense, terutama masa-masa ancur dari oktober ke desember ini. Masih ada desember ke januari, trus januari ke februari. Tuhan pasti tolong. So, be it! Just do your best and let GOD work in it.

No comments:

Post a Comment