Thursday, August 2, 2012

Ajaib!


Emang ya, musim makalah itu bikin stress. Deadline-nya, belum lagi galau ngerasa kacangan banget yang gw tulis, dan empetnya itu, karena biar udah seharian ngerjain, paling jadinya cuma 2-3 halaman. Sampai kepikiran abisss, ini makalah kapan beresnya?

Sebenarnya sih, semester ini gw cuma ambil satu mata kuliah, yaitu mata kuliah yang diampu Prof pembimbing gw. Udah males kecentilan ambil kuliah ini itu, pengalaman dari yang kemarin-kemarin, efeknya cuma menclok-menclok di sana sini, tapi pengetahuan ga tajam, ya ngapain? Mending kalau cuma mau tau dikit, ya ga usah daftar di KRS, jadi mahasiswa pendengar aja, jadi ga ada beban mesti ngerjain tugas ini itu. Tapi ya, ternyata satu mata kuliah ini, yang durasi pertemuannya hanya 1,5 tiap jam 10.30-12.00 hari kamis, benar-benar menguras energi. Emang kenapa?

Soalnya, materinya lumayan susah ya, intinya sih kita disuruh baca majalah perempuan Jepang. Asyik, dong, serasa baca Femina? Sayangnya, ngga. Soalnya, biar kata majalah perempuan, ini majalah perempuan tahun 1920an! Lha, nenek gw aja masih TK kaliiii....pas majalah ini terbit pertama kalinya, yaitu tanggal 1 Januari 1916. Ya boook...perang dunia I aja belum lagi berakhir, entah apa yang terjadi di jaman itu, dan sekarang, gw yang hidup nyaris 100 tahun setelah majalah ini terbit, disuruh memeta ulang sejarah dan kondisi masyarakat saat itu lewat nih majalah? Ini mah judulnya, ampun tuanku....

Tapi sebenarnya, yang lebih bikin stress, adalah karena tulisan yang dipakai itu, tulisan Jepang jaman dulu. Ibaratnya kayak bahasa Indonesia, ada ejaan baru dan ejaan lama, nahhh...tahun 1920an mah ejaan lama dong. Trus kanji-kanji ejaan lama itu ga sama dengan yang selama ini gw pelajari. Bangunan bentuknya sih kurang lebih sama, tapi butuh waktu untuk nebak-nebak. Seumur hidup, gw ga pernah baca kanji ejaan lama. Kalau orang Jepang sih, mereka pastinya bisa ya, atau mahasiswa dari Cina yang emang udah biasa sama kanji gitu, ya bisa ya....cuma untuk gw yang orang Indonesia, jujur, ini amit-amit. Tapi, syukurnya, cukup terbantu dengan adanya hiragana di samping kanji-kanji itu, mungkin orang jaman dulu pada ngga bisa baca kanji, kali, jadi ada hiragananya. Tinggal nebak-nebak aja kira-kira ini artinya apaan, abis kata-katanya juga banyak yang ga pernah gw dengar. Samalah kayak bahasa Indonesia, mungkin kalau kita baca karya sastra tahun 1900an awal, ada kata-kata yang udah ga pernah kita dengar lagi di abad 21 ini. 

Kuliah ini terasa berat karena tiap minggunya kita digilir mesti progress report gitu, udah baca sejauh mana, dan yang paling penting, mau ngangkat topik apaan dari majalah perempuan ini. Dalam satu semester ini, seorang dapat kurang lebih empat kali giliran. Trus ntar dikritik Prof, dikasih masukan, ditanya-tanyain. Serem dong ya? Iya, kalau pas bagian kita kena giliran presentasi. Kalau lagi ga kena giliran, ya bisa nyantai dengerin teman-teman lain presentasi. Trus, tugas akhirnya itu, kita mesti bikin makalah, deadlinenya 3 Agustus. Nahhhh...bikin makalah ini yang cukup bikin stress.

Syukurnya, di bulan terakhir kuliah ini, gw berhasil nemuin sebuah topik. Tadinya udah galau abis, ngga nemuin topik, ntar gimana, apa yang bisa ditulis.  Tugas selanjutnya, ngerjain makalahnya. Nyortir datanya, dan pastinya, baca datanya, dan analisa. Tahapan-tahapan standar sampai akhirnya jadi makalah.

Padahal cuma satu makalah, tapi pengerjaannya aja makan waktu 10 hari. Selama 10 hari hingga hari ini, otak gw isinya makalah ini melulu. Sampai ada hari-hari yang gw pagi-pagi udah berangkat ke kampus, pulang malem-malem, demi ngerjain nih makalah. Ya masalahnya bagi gw, nih makalah ga cetek sama sekali, bagi gw, ini makalah susah bener dikerjainnya. Trus biasa deh ya, mulai stress, mulai labil. Trus kan gw anaknya cemen abis, jadi mulai deh nyalah-nyalahin keadaan. Yang alesan waktunya kuranglah, punya anak suami mesti diuruslah, mesti ngerjain kerjaan rumah tanggalah, harus nyiapin materi kerjaan sambilanlah, mesti ngajar sekolah minggulah, pokoknya banyak abis deh alasan stress gw. Cuma, ini stressnya hanya di dalam hati, belum meledak. Pengalaman yang sudah-sudah, kalo gw stress trus marah-marah, akhirnya ngembaliin moodnya jadi susah. Sementara waktu terbuang abis untuk bete-betean, tapi hasil sama sekali ga ada. Kalau aja marah-marah bisa bikin makalah gw selesai, ya gw pasti bakal marah-marah terus deh. Masalahnya, marah-marah ga bikin makalah gw beres, malah lebih lama beresnya. Akhirnya, untuk kali ini, gw mencoba metode lain. Bukan metode marah-marah, tapi metode kerjain aja sebisa mungkin, yang bukan bagian kita ga usahlah dipikirin. 

Bahwasanya rumah tangga tetap harus diurus, kerja sambilan tetap harus dikerjakan, sekolah minggu emang giliran gw ngajar, ya itu kan semuanya mesti diterima ya. Kalau marah-marah, dibalikin lagilah pertanyaannya : siapa suruh nikah, siapa suruh punya anak, siapa suruh kerja sambilan, siapa suruh ngajar sekolah minggu? Kalau ga mau repot, ya diam aja di hutan, biar ga kena masalah. Ya mungkin di hutan ga aman juga sih, kan banyak ular? (maaf, ga nyambung). Intinya, emang kehidupan ini ga bisa diatur-atur semau-mau kita, waktu juga ga bisa dihentikan atau ditarik ulur sesuai dengan jadwal kita, yang bisa kita lakukan, ya ikutin aja alur kehidupan ini kan? 

Jadi, sambil tetap ngerjain segala sesuatunya, gw ngerjain nih makalah. Ya lelah sih pastinya. Belum lagi kalau anak nuntut perhatian, sementara badan udah capek abis, bawaan mau marah melulu. Tapi disabar-sabarin deh, karena sekali gw marah, mood rusak, akhirnya makin buang waktu. Banyak-banyak berdoa aja biar ada titik terang. Puncaknya itu, hari senin, selasa, rabu kemarin. Ini masa-masa marathon ngerjain makalah. Hari rabu kemarin itu, badan udah capek, tapi deadline udah makin dekat, bertekad banget bisa selesai hari rabu itu. Soalnya, gw udah males dikejar-kejar makalah ini, karena sebenarnya, gw mesti ngerjain yang lebih penting lagi, yaitu materi presentasi penelitian untuk Agustus akhir ini. Ini sama sekali belum gw buat, jadi ya sambil ngerjain makalah, sambil ngeri sama persiapan materi presentasi juga. Apalagi, gw tuh ngejar bimbingan sama Prof setelah 3 Agustus, setelah beliau kembali dari Australia. Istilahnya, gimana mau bimbingan kalau materi presentasi belum siap? Tapi, makalah ini deadlinenya 3 Agustus, jadi yang paling dekat deadlinenya yang gw kerjain duluan. Karena, resume presentasi itu deadlinenya 20 Agustus, masih ada waktu. Tapi, kalau mempertimbangkan mesti bimbingan, mesti dicek bahasa Jepangnya, waktunya emang jadi sempit. Mana ga ada ide sama sekali, mau digimanain tuh presentasi penelitian gw! Jadi rada nyesel, sok-sok masukin call for paper, padahal persiapan kurang. Tapi kalau ga mulai presentasi dari sekarang, ntar ga kekejar targetnya, taruhannya ga bisa lulus tepat waktu 3 tahun, ini lebih ngeri lagi. Jadi, ya sudahlah ya, diterima aja semuanya dengan tenang. 

Tadinya tuh, ancang-ancang gw, mulai senin kemarin, udah bisa mulai ngerjain materi presentasi, sementara makalah itu udah beres. Tapi ternyata, di luar perkiraan, butuh waktu lama untuk makalah ini, sampai hari Rabu gw masih ngerjain. Namun, hari rabu yang cukup bikin stress itu, diisi juga dengan beberapa keajaiban. Sebenarnya gw udah bete, rabu itu mesti ke kampus Minoh. Kampus ini jauh banget dari tempat tinggal gw, perginya aja udah buang waktu 1 jam. Gw ke Minoh karena mesti tanda tangan beasiswa, trus minta tanda tangan Prof pembimbing gw yang satu lagi (Pembimbing gw sebenernya sih ada tiga, tapi yang satu ngurusin administrasi kayak cap surat-surat gitu, yang satu cuma namanya aja ditaro, yang satunya lagi yang beneran pembimbing gw, yang dari S2 ini, sehari-harinya sih gw berhubungannya dengan pembimbing gw dari S2 ini). Masalah tanda tangan, surat-surat, harus ke pembimbing yang di Minoh ini. Gw butuh banget capnya (di Jepang pake cap nama, bukan tanda tangan) untuk kelengkapan administrasi. Akhirnya pagi-pagi gw berangkat, sampai di kampus Minoh jam 10, trus tanda tangan beasiswa di tata usaha, trus mulai ngerjain makalah di ruang komputer. Pas lagi ngerjain gitu, materi yang mau gw baca ternyata hilang satu halaman, mungkin gw dulu kelewat fotokopinya. Yaaaa....tapi please deh, lagi mepet gini waktunya, materinya ga ada satu halaman. Sebel ga tuh? Padahal kalau gw tebak-tebak ini kayaknya banyak informasi penting deh dari satu halaman ini. Nah, majalah perempuan tahun 1920an ini, dibacanya lewat CD rom gitu, diakses dari komputer di dalam kampus, tapi untuk bisa bacanya, mesti download apaan gitu, namanya citrix receiver, gw ga tau ini apaan. Karena males ke perpustakaan yang beda gedung, gw coba download citrix receiver ini di komputer yang ada di ruang komputer. Berhasil sih. Udah senang nih ya.  Ehhhh....lagi baca gitu, dan siap-siap mau ngeprint, tiba-tiba komputernya mati! Yang bikin lebih kesel lagi, ternyata apa yang tadi sempat gw ketik, ga kesimpan di flashdisk. Ketik ulang dong ya judulnya. Tabah, tabah, tabah. Trus karena butuh satu halaman itu, ya gw nyeret kaki ke perpustakaan. Di perpustakaan sih ga usah download citrix receiver karena emang ada komputer khusus untuk baca data base. Berhasil, gw bisa baca. Sekarang tinggal ngeprint. Ternyata,  kertasnya mesti modal sendiri. Gw ga bawa kertas, mau balik lagi ke ruang komputer, jauh abis, lha gimana ini? Gw cuma butuh satu lembar, ya dua-lah untuk cadangan. Adaaaaa aja nihhh ya, masalah kalo lagi menjelang deadline. Terbersitlah ide, pake aja kertas di mesin fotokopi. Tapi kalau ngambil gitu kan, itu berarti mencuri ya, belum lagi kalau kita ngambil-ngambil gitu, suka diteriakin petugas perpus. Ya udahlah, sok-sok fotokopi aja demi dapatin kertas. Jadilah gw asal ambil buku. Karena ini perpustakaan fakultas bahasa dan budaya, maka lantai satu perpustakaan itu isinya kamus-kamus dan referensi berbagai macam bahasa. Gw ambil aja yang paling tipis, eh ternyata bahasa Skandinavia. Manalah gw tau satu patah kata pun yang tertera di kamus bahasa Skandinavia gitu, dari sastra jepang kok larinya ke skandinavia? Bodo amatlah, gw butuh kertas. Asal-asalan gw fotokopi tuh kamus, dua lembar biar dapat dua kertas A4, yang bisa gw pakai untuk ngeprint materi. Ngeprint materi sukses selesai dengan di baliknya ada daftar kata dalam bahasa Skandinavia.

Balik lagi ke ruang komputer, gw kerjain makalah, tau-tau udah hampir jam satu, jam gw janjian sama Prof pembimbing (administrasi). Gw sebenernya ga kenal-kenal amat sama Prof ini, hanya karena masalah administrasi, nama beliau ditaro jadi pembimbing gw. Ini juga panjang deh ceritanya kalo mau diceritain di sini, lagian ga penting. Trus gw minta cap namanya, beres, udah gitu beliau nanya, ada yang bisa dibantu ga untuk persiapan presentasi gw akhir bulan ini? Belum lagi gw ngejawab, beliau bilang, "Kalau isi sih saya ga bisa bantu banyak karena sastra perempuan bukan keahlian saya, tapi kalau bahasa jepang, biar saya periksain, karena ini kan kerjaan saya. Jangan sungkan-sungkan ya minta tolong saya." Ohhh...God, malaikat abis nih ya nih Prof. Emang gw itu lagi butuh orang untuk periksain bahasa Jepang gw. Sebenernya, makalah ini juga gw udah minta bantuan Ibu Kazuko, dosen pembimbing gw pas gw kuliah di Indonesia (btw, pembimbing gw banyak amat ya?)untuk cek bahasa Jepangnya, tapi ga enak kalau setelah makalah ini, materi presentasi juga diperiksain beliau, mikirnya mau bagi-bagi minta tolong orang lain biar ga terlalu ngeberatin hanya satu orang. Tapi mau minta tutor gw dulu pas S2 juga ga enak, dia lagi sibuk ngerjain tesisnya, mau minta Prof pembimbing gw sejak S2 juga ga enak, beliau kan galaaaak! trus suka marah gitu karena bahasa Jepang gw garing. Ihhh pas lagi kebetulan gw nyari-nyari orang untuk ngecek bahasa Jepang gw, tau-tau nih Prof pembimbing (administrasi) nawarin diri untuk periksain bahasa Jepang. Langsung aja gw iyain. Dengan hati gembira, kembali lagilah gw ke ruang komputer dan lanjut ngerjain makalah. Ngebut ngerjain, makalah itu berhasil selesai jam lima seperempat, dan segera gw kirim ke Ibu Kazuko untuk diperiksa bahasa Jepangnya. Gw harus ngejar bis antar kampus jam setengah enam. Sekitar jam 16.25, gw keluar ruang komputer, buru-buru lari ke halte bis kampus, jaraknya emang ga jauh sih, lima menit cukuplah kalau lari. Berhasil dengan selamat naik bis, gw akhirnya bisa menenangkan diri di dalam bis. Malam itu, jam tujuh gw mesti kerja sambilan ngajar kursus online persiapan ujian perawat dari rumah. Nah, masalahnya, persiapan gw untuk materi kerja sambilan hari itu ngga mantap. Sebenarnya, hari itu gw udah bangun jam lima pagi dan mulai ngerjain materi kerja sambilan, tapi trus Joanna bangun jam setengah delapan, gw belum beres ngerjain, tapi saat itu gw mikir, udah nih anak seharian akan gw tinggalin, trus malamnya juga gw mesti kerja sambilan, kasian banget kalo gw kacangin, istilahnya kapan lagi waktunya sama gw? Akhirnya, nyiapin materi kerja sambilan itu gw tinggalin sejenak, dan gw siap-siapin Joanna, main-main bentar sama dia, sambil berharap ntar di kampus bisa curi-curi waktu ngerjain materi kerja sambilan. Tapi, ternyata ngerjain makalah hari itu asli nyita waktu, ga tersisa waktu untuk bisa ngerjain materi kerja sambilan. Di bis itu gw mikir, kalau aja hari ini ga ada kerja sambilan, bukannya gw males, tapi ga enak kan ngajar dengan persiapan ga mantap gitu. Entah ya, gw ga tau, tapi malam itu, ketika gw mau buka website kelas online tersebut, tau-tau ga bisa kebuka, ternyata ada kesalahan dari pihak penyelenggara kursusnya. Intinya, kursus hari itu jadi ga bisa diadakan. Jujur, gw lega, selain emang badan gw juga udah capek abis, pinginnya hari itu bisa istirahat barang sejenak. 

Hari kamis pagi gw cek email, ternyata makalah gw udah beres diperiksa Ibu Kazuko, emang gw kirim dikit-dikit, jadi tiga bagian, tapi yang kedua dan ketiga itu diperiksa dengan sangat cepat, cuma bisa berdoa deh supaya orang baik macam beliau ini selalu diberkati Tuhan, dibalas kebaikannya berlipat kali ganda. Gw print dan gw lihat-lihat lagi, di kampus gw rapih-rapihin lagi, kurang-kurangin bagian yang kayaknya diulang-ulang terus, dan akhirnya, jam dua siang, gw kirim ke email Prof, tepat sehari sebelum deadline. Sekalian pas ngirim makalah itu, gw nanyain kapan gw bisa bimbingan. Masalah berikut, gw belum bikin sama sekali materi presentasi itu. Tapi kalau bilangnya belum bikin karena ngerjain makalah, kayaknya gimana banget ya, alesan abis, sedang  Prof gw itu paling ga suka kalo kita bikin alesan gitu, maunya kerjaan beres, kita bertanggungjawab. Jadi, gw milih ngaku aja untuk nulis materi presentasi itu butuh waktu lama, bisa ga bimbingannya dua minggu lagi. Cuma sebenarnya gw pesimis, karena dua minggu lagi itu masuk masa libur obon, itu tuh, acara ziarah karena roh-roh leluhur pada kembali ke kampungnya masing-masing (kalo ga salah ya), nah kampus kan biasanya libur (meski ga resmi). Tapi kalau ternyata Prof ga bisa, ya udah minggu depan, tapi materi presentasi sebisanya gw kerjain meski ga bisa rampung sepenuhnya. 

Itu gw udah ngeri, gimana kalau gw dianggap males, dianggap ga serius, dll...pokoknya rasanya tertekan deh. Sampai-sampai, ga tau deh ya, pulang dari kampus, gw diare! Kok tiba-tiba sakit perut...ini nih rasanya asli sama kayak pas gw tertekan mau ebtanas pas SMP, yang ada gw diare, akhirnya dua hari ikut ebta susulan, coba. Norak ga tuuuuh???

Sekitar jam setengah sembilan hari kamis, gw cek email, ternyata udah ada jawaban email dari Prof. Beliau bilang, udah naro jadwal pertemuan dengan gw di agendanya hari selasa depan jam 11, beliau ngerasa, mungkin itu beliau naro sendiri tanpa konsultasi sama gw. Ya emang iya sih, terakhir gw ketemu beliau, belum ada kesepakatan. Tapi yang bikin gw super lega adalah, ga usah kirim materi presentasi lengkap, kirim aja alur presentasi semacam daftar isi  daftar isi tesis, trus ntar pas bimbingan, kasih tau di tiap bab itu mau presentasiin apaan,  baru dari situ dibimbing biar alurnya tajam dan jelas. Saat itu juga sakit perut gw ilang, diare ilang, rasanya lega bukan kepalang. Kalau bikin daftar isi, biar garing juga masih kekejarlah sampai hari selasa, dan setelah selasa bimbingan, bisa mulai untuk bikin materi presentasinya, kalau dikejar, gw rasa cukup bisa ngejar deadline 20 Agustus, meski pastinya cukup jungkir balik sih.

Kisah jungkir balik ngerjain makalah sampai ngeprint di kertas yang di baliknya itu ada bahasa Skandinavia, nyari orang untuk periksain bahasa Jepang trus tau-tau Prof di Minoh nawarin diri, persiapan materi kerja sambilan ga mantap, tau-tau entah gimana caranya hari itu bisa ga ada kursus online, diare mikirin materi presentasi, tau-tau Prof yang biasanya galak malah bilang, cukup bikin alur semacam daftar isi aja,  ini semua sengaja gw tulis dalam bentuk notes, sebagai pengingat untuk gw, bahwa Tuhan itu selalu menyediakan apa yang kita butuhkan, tepat pada waktunya, dengan cara yang tidak disangka-sangka, yang bahkan tak pernah terpikir oleh kita. Yang penting, kita serius melakukan bagian kita. Ada bagian-bagian yang emang bukan kuasa kita untuk menggerakkannya, nah di bagian-bagian tersebut, Tuhan yang bergerak. Caranya gimana? Ga tau, ga kepikir. Namanya juga Tuhan, Sang Sumber Hidup yang Maha Ajaib.

No comments:

Post a Comment