Thursday, February 14, 2013

Happy Val`s day!

Huahahahahahaha, kayaknya ga banget ya gw ngucapin happy val`s day. Umur udah mau 35 dua bulan lagi, tiap hari kebat kebit mikirin bisa lulus on time kagak gw....manalah kepikiran valentine-valentine gini, hahahaha....yahhhh gw ngucapinnya juga dengan sarkastis, ada kali hari ini 20an kali gw bilang happy val`s day ke James, yang dibalas dengan ucapan tak kalah sarkastis, ohyeeeeeeahhhhh val`s day, val`s day....gila, kita berdua bisa dikutuk penggemar valentine`s day nih ya, hahahaha....

Gw sih bukannya anti ngerayain karena orang bilang ini moment untuk melakukan seks terlarang...yahhh terserahlah kalo masalah seks mah, gw ga ikut-ikut, itu kan masalah pribadi masing-masing orang...bukan juga karena  anti barat, trus bilang valentine ga sesuai dengan kepribadian bangsa...aduuuh malesin deh yang kayak gitu mah, kurang kerjaan banget.

Emang gw ngerasa ini val`s day ngga cocok aja untuk kepribadian gw. Entah ya, gw males dikasih bunga, males juga dikasih hadiah2 gitu, gw lebih suka beli sendiri. Kalo ada barang yang gw mau ya gw beli sendiri pakai uang gw. Sederhana toh?

Jadi valentine ini ngapain dong bokkkk? Gw pergi ke lantai tujuh sebuah gedung. Buseeet, romantis dong, lihat pemandangan dari ketinggian? Kagak sama sekali! Mengapa? Karena gw ke lantai tujuh gedung hummanities and social science di kampus, alias gw ke ruangan Prof gw. Ngapain? Yaaa....ngapain lagi kalo bukan bimbingan. Dari pagi udah berdoa biar bimbingan berjalan  lancar. Alhamdulilah, setelah bertukar ide, berdiskusi panjang lebar, dapat banyak masukan yang mencerahkan. Biar masih banyak banget yang harus dikerjakan, tapi arah disertasi gw udah mulai jelaslah. Setidaknya sedikit demi sedikit udah mulai clear mau nulis apa, langkahnya gimana.

Keluar dari ruang Prof, gw merasa tenteram. Ini barometer kalo sudah terjadi sebuah pencerahan. Dalam hati gw berjanji pada diri sendiri, suatu hari kelak, gw juga harus bisa mencerahkan murid gw kelak (muridnya siapa pun gw ga tauuuuuu), dan memberikan perasaan tenteram padanya ketika ia sedang mengerjakan karya ilmiah. Mangkanya kalo mau mencerahkan orang lain, pertama-tama harus ngisi diri sama banyak ilmu ya bokkk....biar ada materi untuk mencerahkan. Malulah kalo ditanya jawabannya ngga tau melulu, mana tanggungjawabnya dong sebagai guru?

Emang, mau lari kayak gimana juga, mau berkilah kayak apapun juga, ga bisa dipungkiri ya, tetaaap, ini impian gw tetap aja sama: jadi dosen sastra Jepang. Kebetulan hari ini baca berita kalo mahasiswa jurusan sastra Jepang univ Udayana di Bali menang lomba penulisan essay tentang Jepang yang hadiahnya itu tiket pesawat pp Jakarta-Tokyo. Jadi ceritanya, mahasiswa ini bukan dari keluarga mampu, tapi dia pengen banget belajar bahasa Jepang dan passionnya itu emang di studi Jepang. Dia berusaha meyakinkan orang tuanya untuk ijinin dia kuliah, akhirnya ortunya ngasih, berusaha kumpulin duit untuk biaya mahasiswa ini kuliah, dan nih mahasiswa abis-abisan berjuang, sehingga akhirnya dia bisa kuliah. Gilaaaa....keren banget kan nih mahasiswa? Gw pengen banget jadi bagian pencerahan orang-orang idealis macam mahasiswa ini. Mudah-mudahan ya Tuhaaaaan...impianku tercapaiiiii...

Ini posting isinya emang ga nyambung dengan valentine. Tapi bisalah kalo mau disambung-sambungin. Bahwa, di hari kasih sayang ini, gw jadi makin mencintai diri gw sendiri. Selama ini kan gw suka ngerasa kalo gw aneh, sok idealis, ngejalanin hidup yang aneh karena di usia nyaris 35 tahun gini gw belum mapan, masih jahhhhh sok-sok`an sekolah, tanpa tau masa depan ntar jadinya gimana...tapiiiiii ya so what-lah ya, pada kenyataannya, impian gw emang tetap aja sama dari 15 tahun lalu, yaitu jadi dosen sastra Jepang, tetap aja gw seneng ngebahas masalah-masalah feminisme, tetap aja gw tertariknya masalah gender dan sastra...ya mau gimana lagi, emang gw nerd, ga mungkin jadi gaul. Yang penting gw nerima kondisi gw sebagai anak nerd, cinta diri gw apa adanya, jadi gw bisa cinta sama anak dan suami gw, karena kalau kita benci diri sendiri, kita ga mungkin bisa mencintai orang lain, iya tohhhhh?

So...everyone...happy valentine`s dayyyyyy!!!

1 comment:

  1. hallo...bw nih, salam kenal yaa...heibat euy semangat sekolahnya..saya dari dulu brenti di pengen doang..hehehe...boleh nge-link?

    ReplyDelete