Sunday, February 3, 2013

Agak ganti tema

Rencana tiap minggu mau update blog, meski agak tersendat, tapi diusahakan sebulan minimal empat postingan ya. Oke, kabar terbaru. Gw rada ganti tema penelitian. Bukannya ganti total, tapi memperlebar tema gw. Emang untuk S3, tema penelitian itu harus sesuatu yang sifatnya luas, kalau terlalu  sempit, susah ngembanginnya. Udah bingung gimana mau ngembangin tema penelitian gw, karena yang S2 kemarin itu, abis gw coba utak atik, kok kayaknya mentok ya. Maksud gw, temanya terlalu sempit untuk dikembangin lebih lanjut, trus data yang gw punya juga kurang untuk ngedukung tema gw itu. Tapi mau ganti tema secara total juga ga dibolehin Prof, karena kalau ngerintis lagi dari awal, gawatlah ya, yang sekarang kondisinya udah kembang kempis bisa lulus ga nih dalam waktu 2 tahun lagi, malah makin kecil aja kemungkinannya karena waktunya kurang banget. Selain itu emang Prof maunya, tema S2 gw kemarin itu mesti nyambung dengan yang S3 ini, ga boleh dua topik yang benar-benar berbeda. Trus pengarang yang gw teliti karyanya juga tetap harus sama. Intinya kuat-kuatan bertahan aja sama data, ga boleh kalau udah mentok langsung ganti yang baru, ntar akhirnya ga beres-beres.

Emang gw juga ngerasa banget, tesis gw kemarin itu kacangnya kacang busuk gitulah, asli garing. Prof gw juga dengan terus terang bilang, tesis gw ancur abis. Ya boook, beliau kan emang makjleb! banget kalo ngomong, ga ada basa basinya, dari dulu gw pahit dikata-katain, sekarang udah mati rasa, ya udahlah yaaaaaa.....Jadi, intinya  kesempatan memperbaikinya sekarang ya di jenjang S3 ini. Supaya tesis ancur itu tergantikan dengan yang mending dikit.

Gw evaluasi, selama tiga tahun pertama di Jepang, gw ini banyakan cengengnya. Cengeng ga ada pembantu, cengeng harus masak, cengeng harus beres-beres rumah, trus kayak yang membesar-besarkan penderitaan banget sebagai perempuan berkeluarga yang ngadu nasib akademik di negeri orang. Kayaknya ga bisa aja nerima semua yang gw alami ini sebagai sebuah kewajaran. Malu bangetlah sama bunda-bunda yang kuliah di sini juga, yang masak segala rupa iya, research juga luar biasa, belum lagi agamanya kuat banget. Lha gw, kerjanya bentar-bentar mempertanyakan kedaulatan Tuhan melulu. Susah dikit, langsung bete trus ngerasa paling susah di dunia gitu.  Ya, gara-gara banyakan cengeng, waktu jadi kebuang sia-sia gitulah. Belajar juga ngga serius, tugas sih iya dikerjain, tapi research tuh kayak yang dionggokin aja gitu, segan untuk dikerjain. Entah, ini emang aneh, tapi gw kayak ngerasa malu gitu kalo belajar serius, karena saat itu teman-teman satu angkatan pada sibuk urusan lain, nah gw takut dikira sok alim ngendon di ruang penelitian baca buku. Turn out, ternyata teman seangkatan yang jumlahnya dua orang itu (iya dikit banget ya), yang satu serius ngejar karir bermusik dengan grup bandnya, dan yang satu lagi, berhenti di tahun kedua, karena keterima kerja jadi guru bahasa Inggris di SMA. Jadi emang mereka itu ga ada niat untuk jadi scholar dari awal. Ya gw juga tau sih, gw ga mungkin bisa jadi scholar, tapi setidaknya, sampai detik ini, itulah yang gw inginkan di masa depan. Jelas-jelasnya gw ga bisa main musik trus ngeband, ga bisa juga jadi guru bahasa Inggris. Maksud gw, konteksnya kan beda ya, antara dua teman gw itu dan gw sendiri. Mereka ga ada kepentingan ngejar ilmu kayak gw, toh mereka tinggalnya emang di Jepang, emang orang Jepang, sedang gw, kan dapat beasiswa, waktunya terbatas, dari negara dunia ketiga pula, jadi dalam masa 6 tahun, ya kalau mau membangun bangsa, mesti nyerap ilmu dari Jepang ini semaksimal mungkin kan. Mesti dipikirinlah, tujuan gw ke sini ngapain, harusnya lebih serius dari awal. Namun yang namanya penyesalan selalu datang terlambat, trus mau disesalin juga udah masa lalu, ga bisa diulang lagi, yang bisa gw lakukan, hanya berhati-hati dan waspada biar ga ngulangin kesalahan yang sama.

Oke, balik lagi ke topik tentang tema penelitian. Bulan Desember kemarin kan gw presentasi, trus dikritik sana sinilah, iya iya aja gw terima. Trus liburan ke Indonesia, awal Januari balik ke Jepang, dan setelah depresi ringan semingguan, gw putuskan untuk bangkit (tsaaaaaaah....) mengerjakan lagi research ini. Mikir-mikir gimana sebaiknya, utak atik sana sini, akhirnya gw coba ajuin fokus baru dari tema gw. Kemarin itu gw email Prof gw, kasih rancangan penelitian, dan alhamdulilah.....beliau setuju, meski temanya jadi lebih berat sih. Trus di Jepang ini stylenya itu bukan kekinian dari penelitian itu yang dicari, tapi akar sejarah sosio kulturalnya yang harus digali. Gw liat, kalo di Indonesia, selama ini, kita neliti sesuatu (ini bidang humaniora ya), langsung ditanya relevansinya dengan masa kini itu apa. Penekanan ke menggali apa yang terjadi di masa lalu (sejarah), ga gitu ditekankan. Di Jepang, sebaliknya, justru biar masalahnya kontemporer abis, yang pertama harus jadi dasarnya adalah latar belakang sejarahnya, kenapa bisa tau-tau sekarang kondisinya gini? Ya memang dari segi referensi, di sini mendukung sih ya, untuk penelitian latar belakang sejarah kayak gini. Intinya kita emang mesti nangkap kultur penelitian tiap negara, ikuti kalau ga bertentangan dengan hal prinsipil, sambil selalu mikir, ini semua untuk bangsa gw kelak, gw susah sekarang, ini demi mencerdaskan kehidupan bangsa (gw tau, jaman sekarang, yang punya pemikiran kayak gini katro emang, bukan uang yang dipikir tapi malah idealisme macam mencerdaskan kehidupan bangsa yang dipikirin). Namanya juga lagi berguru, boook, ya diambillah nilai-nilai positifnya, kalau emang diri ini garing, langkah pertama ya akui kegaringan itu. Kan kata Gayatri Spivak (I know, ini topik membosankan, si Spivak) juga, "Education calls for humility. I don`t understand, so I learn. I don`t know, so I ask."

Ya tetap sih gw dikritik Prof, suruh rapihin lagi, bikin ulang lagi rancangan penelitian, tapi semua itu gw iyakan saja karena gw tau, beliau ga boong, beliau ngomong ini itu yang pedas untuk kebaikan gw. Target gw asli bukan lulus outstanding, bukan juga berharap jurnal yang gw bikin bisa masuk refereed international journal, ngga sama sekali, sumpaaaaah.....gw hanya ingin lulus tepat waktu tanpa harus bawa beban disertasi ke Indonesia, gw pengen segera maju ke tahap kehidupan berikutnya, yaitu kerja banting tulang untuk masa depan Joanna, plus ya...nikmatin liburan setahun sekali ke luar negeri dong, kakaaaaaaak....seperti keliling Eropa sama James, misalnya....

Masalah kerjaan, ya tentu aja ya gw berharap bisa jadi akademisi, tapi kalau emang ga bisa juga, ya sepanjang halal dan bisa menghasilkan uang untuk biaya sekolah, biaya membesarkan Joanna, plus biaya les ini itu, juga budget makan siomay, baso dan sebagainya itu bisa tercover....gw akan kerjakan, udah bukan jamannya lagi gw pilih-pilih kerjaan, gw punya anak yang mesti diurus, bersama James, tujuan kita berdua adalah bertanggungjawab atas kesejahteraan hidup Joanna, penuhin apa yan bisa kita penuhin, make sure dia ga kekurangan kasih sayang dan materi, pokoknya janganlah anak ini menderita, dia udah ikut gw ke Jepang,   I owe her and James  more than words can say, jadi apa yang bisa gw lakukan untuk balas kebaikan mereka, ya gw akan lakukanlahhhh...

Tentu ya, bikin jiper banget, pas denger cerita kalo disertasi sastra itu ga akan cukup hanya dalam waktu 3 tahun studi S3, orang biasanya yang neliti sastra di S2, ganti jadi neliti bidang lain, biar cepat lulus (kalo orang asing yang belajar sastra Jepang), kayaknya mustahil lulus on time, hadeuuuuh, bulu kuduk udah merinding seram denger kabar-kabar ini, tapi ya sudahlahhh ya, akhirnya gw cuma bisa bilang ya sudahlahhhhh....udah kecebur di sini, ga ada pilihan, selain meneruskan sampai selesai apa yang telah dimulai, dan terus-terusan nyadarin diri bahwa Tuhan yang pegang kendali, sehancur apapun sikon yang kita hadapi.

Terakhir, gw mau copy paste status gw di FB beberapa hari yang lalu, biar jadi pengingat untuk diri sendiri.

Daripada galau mikirin takut ga bisa lulus tepat waktu, lebih baik setiap hari kerjakan aja penelitiannya sedikit demi sedikit, gunakan waktu yang sempit secara maksimal.Kalaupun akhirnya ga bisa lulus tepat waktu, ya udah, tapi itu bukan opsi, itu adalah hasil setelah segala usaha dikerahkan.Gunakan prinsipnya Anies Baswedan: think big, act small, start today.

Sekian. Mohon dukungan doa restu ya teman-temannnn....







No comments:

Post a Comment