Sunday, October 24, 2010

Galau (ikut-ikutan Nanda)

Ihhhh gw kok orangnya ikut-ikutan melulu ya? Dulu waktu Ria ngepost tulisan tentang marriage life, gw ikut2an. Sekarang Nanda post tentang galau, gw ikut2an juga. Emang gw orangnya ga jelas jati dirinya kayaknya mah....

Biarin deh ikut2an, kan isinya beda. Jadi yang ikut2an judulnya aja kan. Iya nih gw lagi galau. Meski masalahnya mah ga sama dengan Nanda (sok tau banget ya, kayak gw tau aja masalah Nanda, lha ketemu muka dengan muka aja ga pernah). Gw galau nih, soalnya ada keputusan baru dari pemerintah jepang. Bahwa penerima beasiswa mombusho yang mau lanjut dari studi S2 ke S3, kalo jumlah mahasiswa mombusho-nya lebih dari 51 orang di satu universitas, maka yang bisa lanjut S3 hanya 50 persen aja. Kalo jumlahnya 30-50 orang, hanya 45 persen yang bisa lanjut. Trus ada beberapa ketentuan lagi, gw lupa. Ya tarolah, Osaka university tempat gw kuliah sekarang, mahasiswa mombushonya lebih dari 51 orang (kan Osaka university termasuk kampus yang banyak nerima mahasiswa asing). Berarti yang bisa lanjut S3, hanya setengahnya aja. Setengahnya lagi gimana? Ga jelas. Dikasih tiket pesawat, dipulangin ke negaranya kali.

GUBRAAAAAK!!!! Jujur gw ga mau. Jujur gw mau di jepang sampai setidaknya selesai S3. Udah ikhlas gw ngulang S2, trus pait banget kalo mesti angkat kaki karena beasiswa ga diperpanjang. OMG, bayanginnya aja gw udah lemes.

Dan di Jepang ini, ga ada yang tau, gimana proses seleksinya. Tertutup banget. Contohnya nih ya, ada teman gw, seangkatan pas berangkat ke jepang bareng2. Nah, dia tuh udah dapat letter of acceptance (surat penerimaan ga resmi) dari salah satu universitas yang termasuk bagus di Jepang. Profesornya udah OK. Eh....tau-tau, pas pengumuman resmi, dia ga keterima di universitas itu, dan malah dimasukin ke universitas yang bahkan namanya aja ga pernah didengar. Ngeri kan?

Dulu tuh, kalo udah sekali dapat beasiswa untuk S2, untuk lanjut S3, kita hanya perlu isi formulir dan ga ada batasan jumlah mahasiswa penerima beasiswa mombusho di satu universitas. Sekarang, mungkin karena lagi resesi juga, seleksi jadi makin ketat. Untuk uang living cost tiap bulan aja, jumlahnya udah dikurangin dari yang dulu-dulu. Ya karena resesi itu. Ehhhh sekarang ini ada kebijakan baru yang makin mengerikan lagi.

Emang ga boleh banget deh berharap sama manusia. Manusia bisa berubah, ga ada yang pasti. Jujur aja biar orang bilang, lu percaya Tuhan dong, kan Tuhan pasti buka jalan, kan Tuhan yang atur, dsb...tetap aja melihat realita ini, sebagai makhluk dengan iman cetek, gw ngeri nih. Galau.

Jadi kesimpulannya apa? Hidup itu misteri, ngga ada yang bisa nebak apa yang akan terjadi di esok hari. Yang gw punya hanya usaha. Dan iman cetek untuk tetap berharap sama Tuhan di tengah keragu-raguan gw tiap hari. Makanya, satu-satunya cara, ya gw mesti berjuang lebih keras lagi, dalam 1,5 tahun ini...biar gw qualified untuk bisa lanjut S3.

Dan, FYI, bulan januari 2011 (3 bulan lagi), gw akan menghadapi defence pertama gw untuk tesis S2. Jujur, persiapan masih kurang banget nih. Asli masih abstrak, apa yang mau gw kerjain juga masih kabur. Gilaaaaaa....ini perjuangan masih panjang abis.

Tapi, seperti yang tertera pada mata uang Amerika (alias dolar) : in God we trust. Itu jugalah yang akan kulakukan. Dalam keraguan aku percaya padaMu, bukan dengan iman gagah berani tak kenal takut, namun dengan sebisanya aku sebagai manusia biasa yang penuh tanda tanya. Tidak perlu terjawab semua tanda tanya itu sekarang, Tuhan, sibaklah satu demi satu dengan caraMu sendiri.

Amen.

No comments:

Post a Comment