Saturday, May 21, 2011

Bedanya kuliah saat lajang dan sudah menikah

Orang bilang, masa-masa kuliah itu masa paling asyik, bebas, cihuy. Iya, itu benar sekali. Dengan satu syarat tambahan yang penting banget : "Jika kamu adalah mahasiswa lajang". Selama 33 tahun usia gw, gw udah ngerasain jadi mahasiswa lajang dan mahasiswa berkeluarga. Lebih ringan mana? To say the truth : enakan jadi mahasiswa lajang.

Oke, oke, emang kuliah itu ga gampang. Stress sama tugas, dikejar-kejar deadline makalah, iya banget, bikin otak jadi mumet. Belum lagi pusing mikirin penelitian, dan frustrasi karena ngerasa ga pinter-pinter. Gw rasa itu dialamin semua orang yang lagi menuntut ilmu.

Tapi nih yaaaa.....kalau kita masih lajang, satu hak istimewa yang kita miliki, yang tidak dimiliki orang yang udah berkeluarga, adalah : kebebasan untuk ngatur waktu dan jadwal semau kita sendiri. Hari ini mau begadang sampai pagi ngerjain tugas dan hari berikutnya balas dendam tidur hingga sore, dengan bebas kita bisa lakuin itu. Mau seharian nontonin acara TV, ga akan ada yang protes. Seharian di ruang penelitian, dan ngerjain penelitian hingga larut malam dan baru pulang ke rumah jam 12 malam, bahkan nginep di ruang penelitian pun, ngga ada masalah. Males masak dan mau delivery makanan restoran, tidak usah berpikir telalu panjang mengenai masalah keuangan. Saat liburan tiba, bisa dengan bebas meng-explore berbagai tempat wisata dengan biaya murah meriah dan melakukan hal-hal seru seperti tidur di kafe internet (yaelaaaaah...ini seru ya? ga ada yang lebih seru nih roul?).

Namun, begitu kita berkeluarga, segala keseruan-keseruan yang gw sebutkan di atas, tidak lagi dapat dilakukan. Ya, bukannya total tidak bisa dilakukan, tapi dengan jujur mesti kita akui, bahwa di titik kita memutuskan untuk berkeluarga, maka ada serangkaian tanggungjawab yang mengikutinya. Kita bisa-bisa aja kalo mau lepas dari tanggungjawab itu, dengan tetap bergaya hidup bebas ala lajang ibu kota, tapi ya itu semua kembali ke pribadi masing-masing. Terus terang aja, kalo gw, ngerasa bersalah kalo bersenang-senang sendirian tanpa melibatkan J dan J. Gw tau, gw tau, mungkin para feminis dan pejuang hak azasi perempuan akan bilang : ini kan hidup elu, elu berhak bersenang-senang, me time, dong, me time, bla bla bla......tapi tetap aja sih ya, menurut gw mah me time itu konsep yang nanggung banget. Kenapa? Soalnya, begitu waktu 'me time' beres, kita mesti balik lagi ke rutinitas sehari-hari. Tetap aja bebasnya ngga bisa ngalahin kebebasan para lajang. Untuk ini mah gw yakin 100 persen.

Satu hal yang gw rasain banget sebagai mahasiswa yang udah berkeluarga dan punya anak balita adalah, waktu kita untuk ngerjain kegiatan akademik benar-benar terbatas. Hanya di jam-jam Joanna ada di daycare, yang gw bisa benar-benar manfaatkan untuk belajar, ngikutin perkuliahan dan ngerjain tugas. Lewat dari jam-jam itu, maka gw kerjanya ngurus Joanna, masak, ngerjain kerjaan rumah tangga, kerja sambilan, dan beristirahat. Kalo udah ada anak di samping kita, lebih baik ga usah ngerjain hal-hal yang menuntut konsentrasi tinggi. Soalnya, ga akan beres, daripada sakit hati digrecokin anak, lebih baik ikhlasin aja, ga usah kerjain, dan kerjainlah hal-hal yang butuh konsentrasi tinggi ketika anak ngga bersama-sama dengan kita atau dia lagi tidur. Makanya kalo ada Joanna, selain gw ngurusin dia, gw ngisi waktu dengan ngerjain kerjaan rumah tangga, karena kegiatan ini hanya butuh tenaga fisik aja, ngga usah pake mikir.

Waktu awal-awal gw di Jepang, gw akui, gw stress banget. Stressnya itu adalah karena ngerasa terbudaki banget dengan perkuliahan dan ngurus rumah tangga. Gw ngerasa ga sanggup banget, pokoknya manja abis deh. Akhirnya di penghujung hari, gw cuma bisa nangis-nangis dan kesel banget sama keadaan. Dan sirik pangkat sejuta pada setiap mahasiswa di muka bumi ini yang menyandang predikat lajang. Ya, mereka punya perbedaan yang sangat signifikan dengan gw. Satu hari 24 jam, seluruhnya adalah milik mereka, sedangkan gw, 1 hari 24 jam, sebagian besar bukanlah milik gw, tapi milik Joanna. Setelah berlelah-lelah ria di kampus, mereka bisa pulang ke rumah dan tidur nyenyak kapanpun mereka mau, sedangkan gw, mau lelah kayak apapun juga, pulang ke rumah masih disibukkan dengan segudang kerjaan rumah dan pengasuhan anak. Kita kesampingkan dulu deh ya, kebahagiaan motherhood dan wifehood di sini. Pada kenyataannya, sebagai orang yang menjalani tiga peran dalam satu nyawa (ibu, istri, mahasiswa), gw berakhir di penghujung hari dengan keadaan exhausted.

Tapi seiring berjalannya waktu, dan sambil mengamati para mahasiswa (perempuan) yang juga udah berkeluarga dan kuliah lagi, maka gw menarik satu kesimpulan yang kayaknya mah mesti gw terapkan sebelum gw jadi gila beneran. Apaan tuh? Gampang diucapkan tapi sulit dilakukan. IKHLAS. Ya udahlah ya, daripada sirik-sirikan sama mahasiswa lajang, mending terima dulu kondisi bahwa gw udah menikah. Dan pertanyaan bottom line kedua yang ga kalah pentingnya adalah : kalo emang iya gw sirik banget sama mahasiswa yang masih lajang, apakah itu berarti gw mau menukar J dan J demi sebuah status lajang dan semua kebebasan yang terkandung di dalamnya? Untuk yang ini, gw yakin jawabannya : TIDAK. So......kalau yakin jawabannya tidak, ya udah, jalanilah kuliah sambil ngurus anak balita, kan emang ini keputusan yang gw buat dalam keadaan sadar?

Bertanggungjawab terhadap keputusan yang kita ambil memang bukan pekerjaan yang mudah. Itu menuntut daya tahan dan ketekunan untuk ngga dikit-dikit pengen berhenti, dikit-dikit pengen udahan. Lagi-lagi nih ya, jujur gw akui, ada saat-saat di mana gw udah bete banget kuliah (yaelaaaah padahal S2 aja belum beres), dan pengen udahan aja. Ada bangeeeeeet, banyak banget malah, saat-saat di mana gw males banget ngurus Joanna, males banget sama family things dan berharap banget bahwa gw masih lajang yang cukup hidup ngurusin diri gw sendiri aja tanpa mesti mikirin orang lain sama pentingnya kayak gw mikirin diri sendiri. Tapi terus gw mikir lagi. Saat-saat perkuliahan dengan materi yang seru, ngedapetin informasi baru, belajar banyak ilmu, adalah harta yang berharga banget untuk gw. Capek-capeknya ngurus Joanna, diimbangi dengan episode-episode mengharukan bersamanya. Bukankah hal yang sangat indah, bahwa meski gw nyebelin banget orangnya, tapi ada dua orang yang tetap aja mencintai gw dengan sepenuh hati mereka, yaitu J dan J?

Ngga bisa bangun siang semau-maunya gw, ngga bisa ngabisin weekend selain dengan acara wisata ke koen (taman)-perpustakaan-Mr. Donut, ngga bisa delivery makanan restoran kapan aja gw mau, ngga bisa diam di ruang penelitian sampai tengah malam......itu semua lebih dari layak, untuk ditukar dengan adanya J dan J di samping gw.

Hidup berkeluarga itu emang ngga gampang, tapi satu hal yang pasti : menjadi ibu dan istri sungguh akan mendewasakan gw, karena gw ditempa setiap hari untuk  benar-benar belajar mencintai orang lain dalam keseharian. Dan bersusah payah untuk sebuah kedewasaan, memang sudah sewajarnya dilakukan oleh orang yang mau maju dalam hidupnya, bukan?

No comments:

Post a Comment