Tuesday, April 26, 2011

Kuliah di saat udah punya anak

Bukannya nganggep enteng para lajang yang lagi nuntut ilmu, tapi sebagai orang yang udah ngerasain kuliah ketika lajang dan kuliah ketika udah berkeluarga dan punya anak, jujur aja, gw merasa kuliah di saat masih lajang, jauh lebih mudah daripada kuliah ketika udah punya anak.

Gw tau, namanya manusia, mau itu lajang atau udah berkeluarga atau udah tua dan memutuskan ga mau berkeluarga sekalipun....semua pasti punya persoalannya masing-masing. Hanya, dari kacamata gw yang udah nyobain kuliah ketika lajang dan kuliah ketika udah punya anak, gw merasa kuliah dalam kondisi punya anak adalah jauuuuuh lebih berat daripada kuliah saat masih lajang dan belum punya anak.

Eh, btw, ga deh, gw juga pernah nyobain satu model perkuliahan lagi : kuliah dalam kondisi udah punya suami tapi belum punya anak. Nah, kalo udah punya suami tapi belum punya anak sih itungannya sama aja kayak masih lajang ya, ga kerasa berat ketika kuliah. Lalu, kenapa kuliah ketika udah punya anak itu terasa lebih berat?

Ya, well...karena begitu punya anak, kita udah ga bisa lagi hidup semau2nya diatur sama kita sendiri. Jujur, jadwal kita tuh yang ngatur anak. Terus mungkin orang bisa bilang, kan lu orangtua, atur dong anak lu....yaaaah, I wish, gw juga maunya gitu, tapi sama anak, kita ngga bisa gitu. Setelah hampir 4 tahun gw jadi ibu, gw mempelajari bahwa lebih baik kita yang ngikutin jadwal anak, daripada kita maksain jadwal kita ke anak, yang ada bete, perang urat syaraf dan jadinya berantem2an.

Sekarang aja Joanna udah nyaris 4 tahun, udah mulai mandiri. Pas masih newborn dan batita, adeuuuh, jangan tanya, repotnya ngurus Joanna. Okelah, Joanna emang menngemaskan dan lucu, tapi di balik kelucuannya, to say the truth, rese2nya juga banyak. Gw inget, pas dia masih newborn, kan dia pernah tuh sakit, trus rewel pol, semalaman ga mau lepas minum ASI dari nenen gw. Ehhhhh gwnya saat itu juga semaleman kena diare, jadi 5 menit sekali ke WC, puncaknya malah gw muntah. Gila, udah mau semaput gitu tuh ya gw, mana ada hak istirahat sih gw, yang ada gw harus terus nyusuin dia, sampe nangis2 kesel gw semalaman, ngerasa menderita dan terjajah banget. Tapi bayi 2 bulan macam joanna, mana ngerti sih?

Kalo orang bilang jadi orangtua tuh pekerjaan paling sulit di dunia, benarlah demikian adanya. Gw udah pernah jadi anak, jadi mahasiswa, jadi pengajar, jadi penerjemah, jadi istri....tapi hingga 33 tahun gw hidup, belum ada yang bisa ngalahin susahnya jadi orangtua.Menjadi orangtua tuh asli, kita ga bisa lagi mikirin diri kita sendiri, yang pertama harus kita pikirin adalah anak, bukan kita. Jauh2 deh udah egoisme diri, karena sejak anak lahir, pusat hidup kita adalah anak, bukan lagi orangtua. Bagi orangtua, anak selalu menjadi yang terutama, meski bagi anak, orangtua belum tentu menjadi yang terutama untuknya.

Setelah menjalani gimana rasanya kuliah dalam kondisi punya anak balita, gw makin ngerasain betapa jadi orangtua tuh emang ngga gampang. Thank God, Joanna bisa diterima masuk ke daycare, jadi dari pagi hingga sore, tiap senin sampai jumat, dia bisa gw taro di daycare sementara gw kuliah. Di saat dia di daycare selama 7 jam sehari, di saat itulah gw kerjain semua tugas kuliah, penelitian dan ikutan kuliah tatap muka, bimbingan sama prof. Di luar itu, gw sengaja ga kerjain yang berat2 karena fokus gw adalah ngurus joanna. Sabtu minggu, ga pernah gw ikut acara hura2 ala mahasiswa, party-party forget it deh, karena ya sabtu minggu, gw udah full urus anak. Mau ikut acara2 senang2 juga gwnya ngga sampai segitunya, ya ga tega juga sama Joanna, udah sepanjang hari di daycare, masa sabtu minggu gw tinggalin juga?

Dan ohya, satu lagi, kalo anak sakit, itu mah udah deh ya, asli kita ga akan bisa ngapa2in karena mesti jaga anak kita. Daycare juga ga bisa digunakan karena yang bisa dibawa ke daycare hanya anak yang sehat, kalo sakit ya mesti diam di rumah dijaga ortunya. Kayak kemarin dan hari ini nih, gw bener2 ga bisa ngapa2in, diem aja di rumah jagain joanna yang demam tinggi karena kena radang tenggorokan. Rewel2nya anak kalo lagi sakit, beuuuuuh ga akan ada yang bisa ngalahin, tapi ya namanya punya anak, diterima2 aja dengan lapang dada. Mending lepasin aja dulu semuanya, jangan idealis mau belajar, mau ini itu, mau kerjain penelitian. Kalo anak sakit, ikhlas aja stop semua kegiatan untuk jaga anak. Soalnya, kalo pengen segala2nya serba sempurna, yang ada malah kita capek ati sendiri, jadi lebih baik santai2 ajalah, jangan terlalu diambil pusing untuk hal-hal yang ga penting.

Setelah punya anak, satu hal yang gw pelajari banget adalah : gw belajar untuk ga meributkan hal-hal sepele. Hidup udah berat, lepas dari orangtua dan ngebangun keluarga sendiri itu bener2 sama aja artinya dengan nerjunin diri ke alam belantara real life, so....ga usahlah gw ribet dengan hal-hal sepele. Dan satu hal lagi yang gw pelajari, khususnya setelah dua tahun di jepang ini : gw boleh berjuang2, boleh niat gambaru dan sebagainya, tapi gw ga mau maksain harus gambaru kayak si A, B, C dan yang lain2nya. Gw akan berjuang dengan cara gw sendiri, pelan2, lambat2, yang penting di my own space. Gw ga mau maksain gw mesti punya waktu bebas sama kayak mahasiswa yang belum punya anak. Kondisinya aja udah beda, jadi ngapain gw mesti nyama2in diri?

But, after all these keribetan punya anak, still, dengan yakin gw bisa bilang : hidup gw jauh lebih lengkap dan bahagia setelah ada J dan J. Lebih berat, iya pasti, istilahnya mah, kehidupan gw saat lajang, asli enak banget dibanding sekarang, tapi kalo dari segi kualitas dan pengalaman hidup, dengan mantap gw bisa bilang : hidup gw jauh lebih berkualitas dan dalam maknanya setelah gw berkeluarga. Thank God!!!!

6 comments:

  1. mbaaaa
    aku slalu suka baca tulisannya
    dan tulisan ini ngebuka mataku banget
    makasiiiii banyaaak

    bruntung nemu blognya mba ruli (namanya ruli bkn?hehe)

    dududu

    ReplyDelete
  2. semangat yosh! hehe..
    "what a life! is to care and share.." =)

    ReplyDelete
  3. Salam kenal...salut bagi mba yg masih mempunyai semangat yang tinggi utk kuliah lagi setelah berkeluarga.Pasti sangat banyak tantangan yg dialami kerena sikon yg dihadapi sekarang sangat berbeda sewaktu msh single dulu.Ayoo mba... maju terus pantang mundur ya,semoga tercapai cita2nya aminn..

    ReplyDelete
  4. Sayapun sperti ini. Ada 1 smster yg harus ngulang 1 thun lamanya..
    Oooewwhh gak kabayang nempuh s1 5 thun usia baby 6 bulan

    ReplyDelete
  5. Dah lama ga baca blog.. thanks kakak.. sy juga mau kuliah pas dah punya dua anak.. semoga suatu hari nanti bisa kuliah di jerman.. aamiin

    ReplyDelete