Tuesday, August 16, 2011

Aku gendut lagiiiii....

Oke, ngaku deh ngaku. Dulu kan berat badan gw, setelah melalui diet gila yang bikin gw kelaparan amat sangat....berhasil mencapai kepala 6 tuuuh. Trus, kepala 6-nya mayanlah, bukan kepala 6 gemuk alias 69,99 kg, hahahaha...tapi beneran, secara obyektif dapat dikatakan kepala 6.

Trus, udah seneng nih ya, soalnya gw kalo nyobain baju di tempat cewek, bisa muat, malah ada yang  kegedean bo! dan bisa nanya sama petugasnya, "mbak, ada yang lebih kecil ga?" tsaaaaaah, selama ini kan selalu aja gw mintanya ukuran yang lebih besar, yang berakhir pada ga jadi beli baju karena tokonya ga mengakomodir ukuran yang sesuai sama badan gw.

Tapi ya man, itu tinggal sejarah, alias masa lalu. Pengakuan jujur, gw udah kembali menjadi grup seventies nih, alias kepala 7...udah gitu kepala 7-nya signifikan pula! Kenapa? ya soalnya, gw makan banyak! Gileeee, gw berasa kayak pemakai narkoba yang udah bersih nih dari narkoba, ehhhh trus make lagi, akhirnya kecemplung lagi dan narkoba-lah gw. Cuma gw narkobanya bukan putaw, tapi cemilan, coklat, roti-roti manis, lotte choco pie, hahahahahha.....dan tentu aja, makan-makan mie instant di malam hari sambil nonton dorama jepang yang didownload, saat J dan J udah tidur, nahhhh nikmat banget ga tuh!

Kalo Tulis Sutan nan Sati bikin novel berjudul "Sengsara Membawa Nikmat", maka demikian jugalah kebalikannya, "nikmat membawa sengsara". Yoiiiiiiii...nikmat ngemil, apalagi ngemil malam2, kan ditumpuk-tumpuk tuhhh...eh kok enak, ya, eh kok asyik ya...akhirnya ga sadar, tau2 aja nih badan melar lagi dan selamat jalan kepala 6, ternyata gw ga lama menghuni dirimu, tau-tau aja gw udah kepala 7 lagi! Sebagai akibatnya, kan tahun lalu gw pulang kampung ke Indonesia, trus beli-beli celana pendek, celana tanggung...untuk musim panas tahun depan di Jepang (itu berarti tahun ini), kan saat itu belinya ukuran yang gw BBnya kepala 6...ehhhhh pas dicobain, boooo, kagak muat, muat sih kalo maksa, tapi itu badan gw udah kayak mau meletus pake tuh celana, arrrrrrghhh...akhirnya nih ya, selama musim panas ini, gw cuma pake dua jeans aja bolak balik plus satu celana pendek, yang pinggangnya dari bahan karet, yang sebenernya itu celana rumahan sih, suka gw pake untuk tidur juga. Bete pooooool!!!!!

Cuma gw ga boleh bete dong ya, kan ini salah gw sendiri, makan banyak2, ngga pernah olahraga, ngga jaga makanan? Well, untuk orang yang suka makan kayak gw, berat banget emang ngejaga makan, jangankan cemilan, porsi makan wajib aja banyak banget gw sekali makan, trus gw tuh orangnya ngga pernah ngerasa kenyang, hobbynya memamah biak melulu. Ditambah lagi dengan model badan gw yang gampang banget gemuk, sekali makan banyak dikit aja, langsung melar, trus kan tulang-tulang gw nih gede semua, makanya asli tegas tegap besar-lah gw. Sedang gw dengan BB kepala 6 aja terlihat besar, apalagi kepala 7, tentara juga kalah kali sama gw. Bukannya hiperbola, ini beneran.

Akhirnya ya bo, mau ga mau deh, suka ngga suka, dengan berat hati, meski ikhlas (lho kok ikhlas pake berat hati?), gw memulai lagi program pengurangan berat badan. Nahhhh yang setahun lalu itu, kesalahan gw adalah, gw diet-diet aja tanpa olahraga, makanya gw emang sih jadinya turun BB banyak banget, tapi ya gitu deh...gw kayak orang kurang gizi gitu, kayak lesu ga bertenaga gitu. Udah mana saat itu gw lagi stress sama Shandeee, asli gw udah bener2 kayak budak belian tuh. Nah gw ngga mau lagi tuh kayak gitu, kurus tapi ga bertenaga. Maunya gw, ya biarin deh turun BBnya pelan-pelan, yang penting gw sehat dan bugar dan tentu aja punya badan dengan asupan gizi cukup. Akhirnya, ya jalan yang gw tempuh adalah olahraga dan mengurangi cemilan, tentu saja (nah ngurangin cemilan ini nih yang paling berat). Makan sih tetap, hanya ga berlebihan. I know, gw juga benci segala pembatasan makanan ini, tapi apa daya deh, gw emang selama 33 tahun ini udah kebanyakan makan, anggap aja pengurangan makan adalah bagian dari keseimbangan hidup.

Mengenai olahraga, nah ini udah gw lakukan dari minggu lalu. Sebenernya, gw kan punya obsesi terpendam, yaitu ikut fitness club gitu. Kan ga kesampaian tuh di Indonesia, karena masalah biaya, plus saat itu Jojo masih kecil banget, lha kalo gw fitness, siapa yang jaga Joanna? Nahhh tadinya, mau sok-sok'an  ikut fitness club di sini. Budgetnya ambil dari uang kerja sambilan gw. Pas browsing2, ya ampuuuun boooo, itu mahal2 semua, trus gw mikir, kalo udah bayar mahal gitu, trus ga bisa tiap hari olahraga di fitness club itu (di sini tuh fitness club sampe ada kolam renangnya segala nih, bikin ngiler kan?), karena jadwal sehari-hari gw yang padat, yang ada ntar gw ngerasa rugi, trus jadi beban, akhirnya kayak dikejar2 target, trus malah jadi kayak mendewakan tuh fitness, padahal kan sekarang isu utama hidup gw adalah ngerjain tesis dan ngurus keluarga. Ya udahlah, obsesi ikut fitness club, gw tunda dulu, pokoknya salah satu hal yang masuk prioritas kalo gw udah mapan dan punya waktu luang cukup, adalah ikut fitness club, tentu saja! mari kita nantikan hari itu tiba! (sekalipun ternyata hari itu adalah ketika gw berusia 60 tahun...okeeee, siapa bilang lansia ngga boleh ikut fitness???jaman itu, Joanna udah nikah, trus gw bingung mau ngapain, kan mending olahraga, setelah pulang dari Europe trip sama James : so pasti trip yang ribet, hahahaha, yoiiiii ini emang impian gw lagi nih, europe trip, buset banyak banget ya impian gw?)

Anyway, karena ikut fitness club ngga memungkinkan dari segi biaya dan waktu, akhirnya gw mencoba olahraga yang lain. Sebenernya gw suka berenang, tapi apa daya, kolam renang paling dekat dari tempat gw tuh, jarak tempuhnya kurang lebih 45 menit. Belum berenangnya, belum pulangnya lagi, minimal harus nyediain waktu 2 jam, itu pun udah mepet2, kalo mau lebih menikmati, ya sediain waktu 3 jam. Nah kalo waktu 2-3 jam itu harus diambil di jam prime time, artinya saat Joanna di daycare, karena hanya saat itu yang memungkinkan gw untuk beraktivitas yang ngga melibatkan anak, itu berarti waktu gw untuk ngerjain tesis, nyiapin kerja sambilan, ngurus rumah, jadi berkurang, padahal nih ya, jujur, gw nih sekarang lagi berpacu dengan waktu (bukan berpacu dengan melodi, garing), terutama untuk ngerjain tesis. Ngerasa sayang aja ngebuang waktu 3 jam untuk berenang itu. Maunya gw, olahraga yang ngga mengganggu jadwal sehari-hari gw. akhirnya terpikirlah sebuah ide, yaitu jogging. Jujur, gw sebenernya ga suka olahraga lari gini, pasti gerah banget, bikin badan jadi gatel karena keringat buntet akibat kegerahan lari-lari. Tapi kayaknya emang saat ini, hanya jogging-lah yang memungkinkan untuk dilakukan. Dari segi biaya, gratis, ga keluar biaya sama sekali. Dari segi waktu, ya jogging aja pagi-pagi, saat J dan J masih tidur, pulang-pulang ke rumah masih jam 7 pagi, kegiatan sehari itu belum juga mulai. Okelah, mulailah gw jogging.

Ternyata, ga segaring yang gw kira. Gw pikir bakal males banget gitu ya, ternyata ngga juga, malah lumayan seru. Yang seru, gw jadi nemuin tempat-tempat baru di sekitar rumah, yang tadinya gw ngga tau. Untuk tahap pertama ini, joggingnya seminggu tiga kali dulu, setiap kali jogging, 30 menit, trus 15-30 menitnya lagi, jalan kaki (biasanya di awal dan di akhir). Kalo udah terbiasa sebulan ini, mau gw tambah jadi seminggu 4 kali, dan untuk tahap berikutnya lagi, durasi joggingnya diperlama jadi 45 menit. Tapi yang penting, jadi habit dulu deh yang seminggu tiga kali ini. Biasanya sih gw jogging mulai jam 6 pagi, saat udara masih belum terlalu panas. Udah berlangsung dua minggu, mudah-mudahan bisa berlanjut terus dan gwnya konsisten.

Kalaupun BB turunnya ga drastis, setidaknya dengan gw olahraga teratur gini, badan gw lebih sehat daripada ngga olahraga. Dan itu udah keuntungan banget untuk gw. Soal BB, gw ga mau ngoyo, target2 harus segera turun, udah banyak target ini itu yang harus gw penuhi, lha kalo ditambah lagi dengan target BB, apa gw ngga malah tambah stress? Sekarang sih gw justru menanti2kan saat2 jogging nih, soalnya dengan jogging, gw punya waktu untuk diri sendiri, bisa menyegarkan tubuh dan pikiran sekaligus. Emang bener, men sana in corporesano, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat....nihhh sekarang, si anti olahraga berkata : hidup olahraga!!!

No comments:

Post a Comment