Sunday, January 27, 2013

Ngajar care worker

Sejak April 2010 sampai Januari 2013, gw ngerjain kerjaan ini. Ngajar online para care worker Indonesia, yang kerja di panti jompo Jepang. Yang diajarin adalah soal-soal ujian negara sertifikasi care worker lansia di Jepang. Dan, tanggal 27 Januari kemarin, para care worker ini ngikutin ujiannya. Hasilnya, Maret akhir.Mudah-mudahan sih, mereka lulus semua. Kalau lulus, mereka bisa terus kerja di Jepang, karena sudah memiliki sertifikasi care worker itu. Di sini emang apa-apa harus pakai sertifikasi, yang standarnya itu dibuat sendiri oleh pemerintah Jepang. Biarpun misalnya kita udah punya pengalaman jadi care worker di Indonesia pun, tetap aja itu ngga cukup, karena harus disesuaikan dengan standar dan gaya Jepang.

Untuk ngajar onlinenya sendiri, jadwalnya seminggu dua kali, dari jam tujuh sampai setengah sembilan malam. Harinya, sempat berganti-ganti. Gw pernah megang hari selasa-kamis, terus satu setengah tahun terakhir, megang hari senin-rabu. Sempat ada dua kelompok yang belajar, jadi gurunya mesti ditambah. Gw ngajakin temen gw, kita berdua share megang kelas. Ada juga masanya yang gw sempat minta cuti sementara karena sibuk ngerjain tesis, sekitar dua bulan. Saat itu, gw diganti temen gw ini, jadi dia megang dua kelompok, masing-masing kelompok, seminggu jadwalnya dua kali. Setahun terakhir, karena temen gw dapat kerja tetap, akhirnya satu kelompok yang tersisa, dipegang sama gw, hari Senin-Rabu. Sedangkan yang kelompok hari Selasa-Kamis itu, emang udah selesai tahun lalu, karena mereka udah ikut ujian tahun lalu, dan sebagian besar lulus. Setelah kelompok Senin-Rabu ini ikut ujian kemarin minggu ini, kursus online ini emang udah selesai. Soalnya, muridnya udah ngga ada lagi. Sebenarnya, setelah dibuka kerjasama Indonesia-Jepang untuk dari Indonesia ngirim orang untuk dipekerjakan sebagai care worker, banyak orang Indonesia yang mau. Tapi, belakangan ini, panti jompo atau rumah sakit di Jepang yang ga mau nerima lagi. Konon, katanya, karena support dari pemerintah Jepang kurang. Mungkin juga, sekarang udah banyak orang Jepang yang mau jadi care worker, jadi mereka pikir, ngapain juga gw pekerjakan orang asing yang beda bahasa, budaya, pemikiran, yang ada malah nambahin masalah?

Selama 3 tahun ngerjain kerjaan ini, emang persiapannya cukup menyita waktu, soalnya gw sendiri ga menguasai bidang care worker seperti ini. Soal-soal yang diujikan itu, misalnya tentang fungsi organ tubuh manusia, sistem kesejahteraan sosial di Jepang, psikologi lansia, prinsip kerja care worker. Jangankan dalam bahasa Jepang, dalam bahasa Indonesia pun gw belum tentu ngerti. Jadi, persiapannya mesti dua kali, ya pelajarin materinya, dan pelajarin istilahnya dalam bahasa Jepang.

Sekalipun persiapannya cukup menyita waktu, tapi emang terasa, kosa kata bahasa Jepang dan pengetahuan pun jadi bertambah. Selain itu, bisa kenal teman-teman care worker, jadi nambah kenalan baru. Trus juga, bisa punya penghasilan tambahan yang kerjaannya bisa dikerjakan dari rumah, jadi hemat waktu ga usah commuting dan ga usah ninggalin Joanna. Sisi positifnya emang banyak sih.

Paling sisi kurang menyenangkannya, waktu cukup tersita, jadi waktu untuk ngerjain research berkurang. Tapi emang ada harga yang harus dibayar kan ya. Istilahnya, kalau mau duit, ya mesti ngasih waktu dan tenaga ke situ dong, namanya juga nyari duit.

Jadi, ketika kerjaan ini selesai, gw ngerasa sedih. Sedihnya itu ya karena rutinitas selama 3 tahun ini berakhir. Selain itu, kantor yang mempekerjakan gw juga benar-benar memperlakukan gw dengan baik, gw merasa dihargai dan nyaman bekerja sama dengan mereka. Jadi emang gw ngerasa kehilangan sih.

Pengalaman yang sangat berharga selama hampir 3 tahun gw ngajar kursus online ini. Semoga teman-teman care worker lulus dalam ujian negara sertifikasi care worker di Jepang. Dan, as for me....ga ada lagi kerjaan sambilan ini, itu artinya : lebih serius ngerjain research, dapat tambahan waktu beberapa jam lagi kan?


No comments:

Post a Comment