Saturday, September 14, 2013

Galau segalau-galaunya umat

Lha ini udah posting jarang banget, tiap posting kok judulnya ngegalauuuu melulu? Ya namanya juga blog apa adanya, bukan pencitraan. Kan galau itu my middle name (galau kok bangga).

Intinya, gw lagi galau sama sekolah minggu. Bukan SM GKRI BSB sihhhhh, tapi SM gereja gw di sini. Galaunya itu karena gimana yaaaa....ntar kalo gw posting ginian dibilangnya sok rohani lagi. Secara gw juga sampai hari ini pun masih saja banyak melakukan dosa, jadi ga bisa dan ga layak gw menghakimi si A gini, si B gitu, dan sebagainya.

Cuma kan ya, namanya juga orang butuh curhatttt...ya di blog deh gw nulisnya....bukan bermaksud menghakimi tapi ya sekedar mau numpahin perasaan aja.

Jadi gini nih ya, ceritanya kan gw itu guru sekolah minggu di gereja gw di sini.Bukan karena paksaan, bukan juga karena pencitraan, tapi emang gwnya mau jadi GSM. Mengapa? Ya panggilan hidup sih ya, jadinya ngga bisa nolak begitu ada kesempatan jadi GSM. Cuma, di sini tuh jam SM itu barengan dengan jam ibadah umum. Ini juga yang jadi salah satu penyebab, orang-orang pada ga tertarik melayani di SM. Soalnya, ya resikonya itu jadi ga bisa ikut ibadah umum. Cuma awalnya aja bisa ikut puji-pujian dikit, tapi begitu masuk ke bagian Firman Tuhan, ya kita yang GSM mesti naik ke tingkat dua, ngajar SM. Padahal kan kita butuh makanan rohani ya bokkk untuk memulai satu minggu yang penuh tantangan ini. Ini juga yang membuat gw akhirnya memutuskan untuk ngajar SM hanya dua kali sebulan, jadi dari total empat minggu dalam sebulan, yang dua kalinya itu gw ikut ibadah umum. Karena, bagi gw, ya yang prioritas itu ibadah dulu, baru pelayanan. Istilahnya kalau kita ga diisi dengan Firman Tuhan, mana bisa sih kita bagiin Firman Tuhan?(Eh buseeeet kok ini gw jadi oroh alias orang rohani gini sihhhhh?)

Karena gw pelayanan SM ini sebulan hanya bisa dua kali, maka gw berusaha semaksimal mungkin setiap kali gw ngajar. Ini sebenarnya gw deg-degan abis lho ngajar pakai bahasa Jepang. Makanya gw pilih ngajar anak kelas paling kecil, dari TK sampai kelas 2 SD, yang emang pilihan kata juga masih sederhana dan ga ada diskusi-diskusi Alkitab yang susah-susah karena ya masalah kemampuan bahasa Jepang nih ya bok, belum nyampe levelnya untuk diajak debat Alkitab (pakai bahasa Indonesia pun ga bisa deh gw debat-debatan. Ga kebayang gw nerangin konsep Tritunggal dalam bahasa Jepang????). Syukurlah sejauh ini ga ada masalah berarti, anak-anak juga bisa memahami apa yang gw katakan.

Nahhhh jadi masalahnya di mana dong? Sebenarnya ga ada masalah secara langsung, misalnya gw bete sama anak-anaknya atau ga cocok sama ortu murid, atau salah paham sama guru-guru yang lain. Cuma, ya gitu deh, gw galau campur miris campur sedih lihat kondisi SM di sini. Bukan SM aja sih ya, di sini tuh, kayaknya susah banget ya, ngajak orang pelayanan yang full commitment. Mungkin karena gw bench markingnya GKRI BSB sihh, yang istilahnya kalo lu udah ambil bagian dalam pelayanan, ya ga ada tuh kamusnya ngerjain tuh pelayanan seadanya. Gw di sini baru terbuka matanya, bahwa kita ga boleh banget take it for granted,orang-orang yang mau melayani dengan militan, yang bener-bener mau ngasih waktu terbaiknya untuk pelayanan dan ga itung-itungan sama sekali. Dulu tuh di GKRI, kalo ada yang males dikit aja gw suka kesel, padahal sebenarnya, ternyata yang "wajar" itu ya yang malas itu. Yang ngerasa capek karena udah repot kuliah, udah repot kerja, yang alesan ga ada waktu karena sibuk urus anak dan keluarga, justru itu semua "wajar". Yang "ngga wajar" itu, malah yang udah capek-capek kerja atau kuliah atau urus anak, tapi masih mau kasih tenaga atau biaya atau waktunya untuk pelayanan.

Di Jepang ini, jujur, susah banget ya nemuin orang yang benar-benar kasih dirinya untuk pelayanan. Di sini istilahnya juga volunteering, bukan service. Jadi kesannya kayak gereja butuh volunteer untuk lakuin tugas-tugas gerejawi, trus dari awal dibilangin ga ada imbalannya. Gimana ya, mungkin masalah kultur juga kali ya. Kalo di negara-negara berkembang macam Indonesia, kita tuh emang jiwa religiusnya masih kuat sih. Bukan yang terus ini berarti kita tuh rohani abis atau sejenisnya, tapi kita tuh naturnya nerima bahwa Tuhan itu ada, trus emang sadar kalau kita ga bisa ngapa-ngapain tanpa Tuhan, intinya, kita meyakini bahwa kita butuh Tuhan. Makanya, di Indonesia tuh, segala yang berbau agamis itu lebih gampang masuk ya. Kita ngga terbiasa mempertanyakan segala sesuatunya secara logika, karena kita udah yakin, bahwa emang ada kekuatan supranatural di luar diri kita. Kita percaya ada sorga dan neraka, kita percaya ada kehidupan setelah kematian, dan kita percaya bahwa emang hidup itu Tuhan yang ngatur. Kehidupan beragama udah jadi bagian dari keseharian kita. Makanya dalam percakapan sehari-hari, sering kita jumpai, kalau misalnya kita dapat rejeki, kita bilang, alhamdulilah, Tuhan yang ngasih, atau Jumat itu sekolah pulang lebih cepat jam 11 siang karena ada sholat Jumat, libur Natal bisa semingguan lebih, hari Minggu orang ga masuk kerja karena mau ke gereja, perayaan Waisak di candi Borobudur diliput dan ditayangkan secara live.

Sebaliknya, di Jepang itu ngga kayak gitu. Di sini orang-orang tuh mikirnya pakai logika. Mereka hidup untuk hari ini, bukan untuk besok. Prinsipnya, yang penting dalam kehidupan sekarang gw do the best. Yang paling mereka percayai itu ya diri mereka sendiri. Pastinya ya, namanya manusia, ya percaya kekuatan supranatural di luar dirinya, tapi umumnya orang Jepang, mereka cari jawaban bukan ke agama, tapi balikin semuanya ke diri sendiri. Semacam merenung di taman kalau lagi punya masalah, trus nguatin diri sendiri trus ngomong dengan tatapan nanar menatap masa depan, "Aku pasti bisa asal aku berjuang keras!" Yaaaa semacam episode-episode gambaru yang menyebalkan itulahhhhhh. Trus kalau gitu, gereja ga ada, Kristen ga ada? Di sini sih kalau gereja dalam bentuk bangunan, banyak ya. Trus ga akan ada kasus kayak di Indonesia, yang FPI mempertanyakan, nih gereja udah dapat izin atau belum. Istilahnya, terserah, orang ga peduli, lu mau bangun gereja, mau bangun wihara, mau bangun mesjid, mau bangun pura, mau bangun gereja setan sekalipun, ya sok aja, silakan. Sepanjang itu ga mengganggu ketertiban umum, ga akan dipermasalahkan. Cuma yang jadi masalah, dan menurut gw pribadi, justru ini lebih dalem ya masalahnya, daripada cuma "sekedar" FPI bertingkah demo ini itu, ya isi gerejanya itu. Yang banyakan datang tuh orang-orang tua. Anak-anak mudanya ke mana? Sibuk kerja, kan usia produktif. Trus yang ikut ambil bagian dalam pelayanan? Hmmm....ga banyak ya.Semuanya sibuk,sibuk, sibuk.Sibuk dengan kerjaan, dengan sekolah, dengan ekskul, yang mana di sini ekskul itu udah kayak apaan tau, bukannya untuk ngisi waktu senggang, tapi itu bisa yang tiap malem jam 10 baru pulang karena ekskul gitu.Kalau di gereja gw, isinya ngga melulu orang-orang tua, anak-anak muda atau dewasa muda juga banyak, tapi ya...banyakan juga datang, trus pulang. Diajak pelayanan, paling maunya sebulan sekali, trus bilang ga mau lagi ditambah bebannya karena udah sibuk ini itu. Ya gw rasa, emang bener sih, dalam arti di sini kan namanya kerja, kuliah, sekolah itu, gila banget ya, nuntut konsentrasi tinggi yang ekstrim. Tapi ya...di sini tuh ga masuk banget pemikiran macam pelayanan itu harus bayar harga, pelayanan itu harus ada pengorbanannya, dan sejenisnya. Pada umumnya, konsep di sini tuh, namanya juga pelayanan, ga dibayar, ya yang dikasih ya waktu yang tersisa aja, prime time untuk hal yang lain. Namanya juga pelayanan, sebisa mungkin minim yang dikorbanin, toh ga dibayar ini. Orang sini tuh kalo kerja, asli pol-polan banget. Tapi, begitu diminta ngerjain hal yang ga dibayar, jiwa pol-polan itu kayak yang langsung hilang gitu. Di sini semua dihitung akurat dengan materi. Yang volunteering gitu mah ke laut ajalahhhh.

Hari ini tuh gw ditelpon salah satu GSM. Karena gw tadi lagi di jalan, setelah sampai di rumah, baru gw telpon balik. Selama ini nih orang rajin banget di SM. Tapi, akhirnya ketauan, emang motivasinya kayaknya kurang murni ya. Selama ini, dia itu ga punya kerja, trus belum menikah, belum punya anak, jadi ga ada wadah aktualisasi diri. Dia ngerjain ini itu untuk SM, tapi setelah dia dapat kerja minggu lalu, dia mulai bilang ga bisa datang hari minggu karena mau nyiapin kerjaan,ini itu, dll.Ya mungkin aja sih dia emang sibuk, dan mungkin cuma gw yang negative thinking, tapi gw miris, maksudnya, waktu kita ga sibuk, kita mau pelayanan, tapi begitu kita sibuk, langsung ga mau pelayanan karena pelayanan ga dibayar, tanggungjawab juga sama Tuhan, yang secara kasat mata ga keliatan, jadi kurang ditakuti kayaknya ya dibanding atasan yang kelihatan langsung. Trus yang makin bikin gw miris, kan ceritanya SM itu mau ngadain acara potluck party gitulah. Trus ortu murid diminta bawa makanan seorang satu. Itu mah wajar ya. Trus, yang bikin gw bingung, dia bilang, kalo selain makanan, ortu bawa minum juga. Menurut gw rada gimana gitu ya, udah diminta bawa makanan, trus bawa minum juga. Kalo menurut gw pribadi, common sense-nya, ya SM yang nyediain kali, namanya juga pelayanan. Trus dia ngotot ga mau, karena tahun lalu dia bilang dia bawa 10 botol (dibantu beberapa GSM yang lain), dan ngangkutnya tuh berat banget ke rumah pendeta di mana nih potluck party akan diadakan. Gw bilang, kenapa ga semua GSM aja dikerahkan untuk bawa minuman, seberat-beratnya berapa berat sih kalau digotong rame-rame? Tetap aja ya bok dia ga mau, karena katanya, itu kan yang minum anak tuh ortu, jadi ya sediain minuman juga sendiri, ga usah semua jadi beban GSM. Ihhhh jujur ya, gw sebeeeeel banget dengernya. Dalam hati gw mikir, lha kalau gini, apa esensi pelayanan SM dong? Jujur, kalau emang harus gw yang bawa 10 botol minuman itu, bolak balik beberapa kali pun dari supermarket ke rumah pendeta pun gw mau. Gw benar-benar ga sejahtera banget. Trus udah males ya gw debat ini itu, orangnya juga ga bisa dibantah, mungkin ada sedikit masalah kejiwaan juga. Bener-bener gw pengen nyudahin telponnya karena itu pulsa gw, dan gw males abis dengerin dia nyerocos ga berhenti-berhenti, ga bisa distop. Begitu ada kesempatan untuk udahan, langsung aja gw sudahi pembicaraan, gw iya-iyain aja, karena nih orang kalau kita ga setuju pendapatnya langsung ngomong ga berhenti-berhenti sampai kita jadinya males banget. Bingung sebingung-bingungnya umatlah gw ngadepin yang kayak gini!

Trus jadinya ya gitu deh, karena sebel dia nyerocos ga ada guna selama nyaris setengah jam, plus gw ga sejahtera banget masalah minuman itu, trus ga tau juga gimana ke depannya nih SM, kok ya makin hari orang tuh ngerjain apa-apa semuanya dihitung untung ruginya gitu, akhirnya gw jadi marah-marah aneh sama Joanna, trus berujung gw menyesal banget, trus gw minta maaf, tapi tetap aja ngerasa bersalah bangeeeet, udah gw sibuk tiap hari, giliran Sabtu gw libur, dia cuma minta gw mandiin aja, gw lakuin ngga ikhlas, malah sambil marah-marah. Pokoknya menyesaaaal sejuta, plus galau sama sekolah minggu, ya kesel juga, ya bete, ya sedih, ya segala-galalah.

Sekian deh cerita saya. Ngalor ngidul ga jelas, mohon maklum.

No comments:

Post a Comment