Sunday, September 15, 2013

Lagi-lagi tentang Sekolah Minggu

Curhat lagi ya cyiiiin....

Mohon maaf kalau ini blog kok jadi rada-rada sok rohani gini, yang dibahas sekolah minggu melulu. Ya abis gimana, beberapa hari belakangan ini terus ga bisa lepas.

Intinya, seperti di postingan sebelumnya, aku lagi miris dan sedih banget liat kondisi sekolah minggu di gereja gw. Ibarat, kayak  nabi Yeremia yang meratapi bangsa Israel yang ga nyadar dengan kesalahannya gitulahhhh (ya ini terlalu berat sih, gw kan bukan nabi, trus gw meratapnya sambil kesel marah bete gitu, bukannya ngoyakin pakaian ala nabi Yeremia. Miris gw itu miris duniawi gitulahhhh yang beteeee sebelll marah ga ketulungan).

Mungkin kejadian kemarin pas ngajar SM, emang sengaja Tuhan ijinkan untuk membuka mata gw bahwa di SM gereja sini banyak sekali masalah. Selama ini, gw emang kalo ngajar SM, berusaha persiapan semaksimal mungkin, tapi cukup bagian gw aja. Gw ngga pernah mau membuka mata gw untuk SM secara keseluruhan dan menganalisa masalah apa aja sih yang terjadi di sini. Sengaja gw begitu, karena gw milih ga mau susah. Udah repot ya neikkkk hidup gw dengan mikirin gimana caranya biar bisa lulus tepat waktu dan bawa tuh gelar Pizza Hut Delivery, maksudnya PhD, sambil galau-galau mikir kelak ini gelar bakal kepake ga sih di masa depan dan bisakah aku mendapatkan pekerjaan idaman yang sudah kurintis jalannya sejak lebih dari 15 tahun yang lalu?

Penyadaran itu emang selalu menyakitkan ya. Sama seperti dulu pas gw S2, tersadar bahwa gw kurang banget baca buku dan itu rasanya nyakitin banget, sekarang juga rasanya nyakitin banget begitu tau di SM sini banyak banget masalah. Seperti tertemplak banget, begitulah. Nih ya gw kasih tau aja deh point-pointnya.

1. Kemarin gw ngajar dengan kelas digabung, kelas balita sampai kelas enam SD. Masalahnya itu, karena ga ada guru untuk pegang kelas besar, yaitu SD kelas tiga-enam. Gw dari awal emang ga suka ya digabung-gabung gini. Ya bayangin aja deh, kita harus sampaikan Firman Tuhan ke anak balita dan bersamaan dengan itu, juga ke anak kelas enam SD. Mungkin kalo gw guru yang canggih banget, gw bisa mengakomodir kebutuhan semua anak dari segala tingkat usia, tapi gw kan ya guru standar-standar aja ya,bukan yang profesional dalam menangani anak gitu. Akhirnya, gw nyesuain ke anak yang umurnya paling cilik, yaitu sekitar 5-6 tahunan, dan akibatnya, yang anak-anak gede gitu ngerasa bored. Apa boleh buat?

2. Entah mengapa, kemarin itu dari awal, auranya udah drama dan gelap banget. Dimulai dengan anak gw sendiri yang bertingkah ngambek di pojokan karena pas gw harus mulai mimpin pujian, dia minta dipasangin plester trus marah-marah gitu. PR banget deh ya untuk gw didik anak sendiri yang sifatnya keras banget dan ngerasa raja banget karena dia anak tunggal. Gw analisa juga, akhir-akhir ini gw emang sibuk banget dengan studi, pressurenya ga nahan, bikin gw harus diem di kampus sampai sekitar jam tujuh sampai setengah delapan malam, pulang sampai rumah jam delapan malam, trus sekarang ini gw tuh ada kerjaan sambilan seminggu tiga kali yang bikin gw harus berangkat dari rumah jam setengah sembilan pagi. Antar jemput daycare, yang ngerjain si James, selama ini kan ganti-gantian. Kerjaan sambilan ini sendiri, hanya berlangsung sampai pertengahan bulan depan, dan namanya juga butuh duit tambahan, plus beban kerjanya itu sebenarnya ga gitu sulit, jadi ya dengan berbagai pertimbangan, aku iyakan. Dari kemarin gw udah berkali-kali minta pengertian Joanna biar dia mau kooperatif selama gw ngajar SM, tapi kok ya puncak drama malah terjadi ketika gw harus mulai mimpin pujian. Ujian banget deh asli. Tapi namanya kelakuan anak pasti ada sebabnya kan ya? Gw analisa, dia emang akhir-akhir ini kurang terpenuhi kasih sayangnya dari gw, trus gw juga abis sampai di rumah, bukan yang langsung sayangin dia sepenuh hati gitu tapi malah bete karena udah capek seharian, tambah lagi harus ngurus dia malemnya, akhirnya karena males, ya gw main iphone, trus dia gw kasih nonton ipad aja. Gw tau, ini haram banget dalam hal pendidikan anak, karena nyerahin pengasuhan anak ke gadget. Kelakuan Joanna beberapa hari ini bikin gw tersadar, beginilah manusia kalau dia ga berada dalam fitrahnya, dalam arti, kalau dia komunikasinya sama gadget melulu,bukan sama manusia. Anak jadi ga ngerti gimana komunikasi sama orang lain, pikiran anak penuh dengan game ipad dan nonton-nonton melulu, begitu anak disuruh lakuin kegiatan lain yang non gadget, jadi kayak linglung gitu, dan ga tau harus ngapain. Trus udah gw malam kasih ipad, gw rasa, dari sore hari James jemput Joanna sekitar jam lima sampai gw pulang sekitar jam delapan, itu pasti si Joanna megang ipad atau iphone. James berusaha ajak ke taman, main sepeda, lompat tali, pokoknya hal-hal yang harus dilakukan anak seusia Joanna supaya sehat jasmani rohani, tapi setelah itu, pasti capeklah ya ngangon anak, pulang ya duduk-duduk di sofa, pasti sibuklah duaan dengan gadget masing-masing. Gw ngerti karena gw juga akan melakukan hal yang sama, pas gw sibuk dengan iphone gw, gw ga mau diganggu, gw kasih anak gw ipad biar dia diem. Iya sih dia diem, dia senang bisa nonton or main game, tapi lama-lama karena terlalu banyak main game or nonton, dia tumbuh jadi manusia dengan kepribadian kurang sehat alias ga tau gimana caranya komunikasi dengan orang lain, trus gw juga jadi ibu yang kurang waras jasmani rohani, alias kalo anak ngajak ngomong, gw ngerasa terusik karena lagi sibuk main candy crush, trus gw iya-iyain aja tanpa menaruh minat terhadapnya, dan akhirnya anak ngerasa ibunya kurang perhatiin dia karena ibunya sibuk dengan gadget, dan bukan ga mungkin, ini salah satu penyebab, dia bertingkah caper minta dipasangin plester pas lagi genting situasi gw harus mulai mimpin sekolah minggu. Kemarin malam gw tanya kenapa dia ganggu banget di SM, jawabannya sederhana tapi dalam. "Karena aku mau Mama". Enough said, mulai lagi dari awal untuk jadi ibu yang bisa penuhin kebutuhan dasar anak, yaitu KASIH SAYANG.

3. Selain anak sendiri yang bertingkah, anak orang lain pun banyak yang bertingkah. Ada yang ga mau duduk di kursinya, ada yang males-malesan tingkat dewa (semua anak bisa dibilang males-malesan, disuruh nyanyi aja kayak dibudakin ngelakuin kerja rodi), ada yang berantem dengan sodaranya. Ada dua ortu murid di situ tapi mereka juga diem aja, hanya gw rasa, mereka itu cuma ga mau ikut campur jadi ya diem gitu deh. Trus bayangin deh ya, kemarin itu ada 11 anak. Ngga gitu banyak kan ya 11 anak itu, kalo di GKRI BSB, bisa 30an gitu kan. Tapi berat banget ngasuh 11 anak ini. Kenapa? Karena, dari awal, muka mereka semua itu udah kosong, hampa, males banget. Gw bingung, ini apa yang salah, kenapa begini? Trus gw ajak nyanyi, mereka cuma bengong, muka mereka cemberut semua. Di situ gw udah jatuh mental banget melihat tidak ada respon sama sekali.

4. Kemarin itu ada satu asisten GSM yang bantuin gw. Jujur, ini epik banget, asli. Gw bingung sebingung-bingungnya umat sama nih orang. Kan mulai nih ya, gw mau pimpin pujian. Tugas dia itu ngiringin musik. Yang gw bingung, dia berdiri di samping gw, bengong. Lha ngapain?sampai akhirnya gw suruh dia ke depan piano, dia baru iya-iya. Trus yang menurut gw juga agak rancu, kan hari itu cuma gw dan dia ya. Gw yang mimpin pujian, gw yang ngajar. Trus apa sih yang biasa dilakukan asisten GSM? Ngasuh anak-anak yang bermasalah kan ya, misalnya kalo ada yang berantem ya dipisahin, kalo ada yang ga mau denger cerita ya dikasih tau baik-baik. Yang dia lakuin itu, dia nerjemahin cerita kemarin dalam bahasa Inggris terus semua dia catat dan dia minta gw cerita pelan-pelan, sedikit demi sedikit trus dia ngomong dalam bahasa Inggris. Gw tau, dia udah usaha banget nerjemahin itu teks bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris. Itu bukan kerjaan gampang kan ya? Cuma gw ngeliatnya, jujur, itu sebenarnya ga perlu. Kenapa? Semua anak di situ sekolah di sekolah Jepang, mereka bisa bahasa Jepang. Malah, banyakan di antara mereka itu lebih mahir bahasa Jepang daripada Inggris.Trus, gw juga cerita ngga pake kata yang susah-susah, Plus, ada gambar, jadi bisa lebih dipahami. Yang lebih urgent dan harus dilakukan kemarin itu adalah si asisten ini harus bantu ngawasin anak-anak yang bermasalah. Gw tau, anak-anak itu ga mau nurut karena misalnya dia caper, pengen diperhatiin, pengen ini itulah. Gw kan lagi cerita Alkitab ya, gw ga bisa terus-terusan ngeladenin anak yang caper atau yang berantem. Udah jelaslah, itu tugas asisten. Gw juga kalo bagian jadi asisten, ya itu yang gw lakuin.Lha ini, malah orangnya duduk di samping gw, bacain tuh cerita dalam bahasa Inggris. Dan bahasa Inggrisnya itu juga bukan yang cas cis cus kayak native, itu baca dan logatnya logat Jepang, malah jadi susah ketangkep. Aduh gw ngerti banget, dia udah usaha, hanya kadang perlu hikmat ya, untuk ngedahuluin mana yang lebih penting? Kemarin tuh setengah berbisik gw ngomong sama dia, karena lihat udah ada anak berantem dua yang butuh penanganan. Gw bilang, udahlah ga usah diterjemahin ke bahasa Inggris, ini gw dengan bahasa Jepang aja anak-anak gw rasa bisa ngerti kok. Dia ngotot mau ngomong tuh bahasa Inggris, dia bilang, ini udah saya terjemahin. Ya gw liat catatannya emang udah panjang banget dia tulis satu demi satu. Terpaksa, gw yang biasanya hanya ambil point penting kalau bacain cerita dan gw rangkum ulang dengan kata-kata sendiri, akhirnya bacain sesuai teks. Biar nih orang bisa baca bahasa Inggrisnya! Saat itu gw tau kalo gw perpanjang masalah ini dengan bilang ga usah baca bahasa Inggrisnya, ini bakal panjang. Dia bakal pait, kesel, mendam dalam hati dan ini yang paling gw hindari. Akibatnya, ya bisa ditebaklah. Anak-anak kayaknya ga gitu paham karena malah terdistract dengan tuh bahasa Inggris. Plus terdistract dengan adanya anak TK yang caper, anak SD yang berantem sok jago tapi gw juga cuma bisa ngingetin beberapa kali karena harus konsen cerita. Sementara ini si so called assistant di samping gw, tanpa peduli dengan segala yang terjadi, trus ajaaaa baca tuh bahasa Inggris. Mangkel abissss gw! Gw juga pernah beberapa kali nyiapin game, tapi karena sikon ga memungkinkan, ya udah, ga gw pake. Emang sih gw rasa ya, kita tuh harus punya hikmat liat sikon, trus bergerak sesuai sikon. Bukannya maksa harus semua itu sesuai dengan rencana kita. Akhirnya, kemarin itu karena gw lihat situasi huru hara abis, setelah selesai cerita dan ulang sedikit, gw akhiri dengan doa. Mengingat udah ga mungkin lagi lakuin hal lain.

5. Berkaca dari pengalaman dengan si asisten ini, gw introspeksi diri, salahnya gw selama ini di mana. Selama ini gw ga peduli dengan SM ini secara keseluruhan. Selama ini juga ya, gw emang ga pernah kebagian kerjasama dengan si asisten ini. Jadi gw ga tau ya selama ini dia ngapain aja. Trus juga, yang paling esensial: sebenarnya segitu banyaknya orang di SM, pada ngerti ga sihhhhh job desk masing-masing? Kalau misalnya ga ngerti, ada ga sihhhh yang kasih tau, yang harus dilakuin tuh ini, ini, ini? Ada ga sihhhh pembinaan? Ada ga sihhhh sharing sesama pelayan? Jawabannya: GA ADA!

6. Okeeee kalo gitu, pasti solusinya, ya kita konsultasi ke majelis yang nanganin SM ini dong. Sebelum ke majelis, kita konsultasinya sama orang yang jadi leader SM ini kan ya. Nah, si leader plus majelis ini, orangnya sama. Tapi tahu ga? Orang ini agak bermasalah sih. Ga tau gimana ngomongnya, tapi kayaknya dia itu seperti belum pulih dengan dirinya sendiri gitu deh. Udah beberapa orang pernah punya masalah dengan dia. Gw susah mendeskripsikannya, tapi orang ini sepertinya butuh pemberesan dengan dirinya sendiri. Semacam nervous break down gitu kali ya. Sebagai latar belakang permasalahan, orang ini umurnya udah 40an tahun lebih, belum menikah, dan baru aja dia dapat kerja jadi guru SMP, kalau ga salah. Dan sejak jadi guru ini, dia tau-tau hari Minggu ga datang karena sibuk kerja, ini itu, dll. Jadi sih gw ngeliatnya, di bawah sadarnya, nih orang jadi majelis or leader SM ini, hanya sebagai aktualisasi diri pribadi. Dan adanya dia di SM itu, emang bikin aura ga enak ya. Maksudnya, orang jadi males komunikasi, dia kalau pimpin rapat juga ngalor ngidul ga jelas maunya apa, kayak yang bingung sendiri. Di satu sisi, gw juga ga berani ngomongin keanehan nih orang dengan orang lain karena kan kesannya gw biang gosip dan kayak nusuk dari belakang ga sih, biar maksudnya bukan ngomongin? Ini kan masalah sensi abis ya. Cuma gw tau sih, SM di bawah nih orang, emang jadinya ga jelas gitu mau dibawa kemana. Mau konsultasi ke majelis, lha majelisnya dia. Yang gw bingung kenapa dia bisa jadi majelis. Ah sudahlah, banyak bingung tak berkesudahan di sini.

7. Setelah segala pembahasan panjang lebar gini, mungkin yang baca akan ambil kesimpulan: berarti sebenarnya elu nih, Roul, yang mau jadi pemimpinnya? Sumpahhhhh, gw ga mau banget. Dari dulu palingggg males deh gw jadi ketua-ketuaan. Jadi ketua kaum muda males, jadi ketua SM GKRI BSB juga males. Kenapa males? Ya kan capekkk ya dijeeee harus ngurusin segitu banyak orang setelah sehari-hari bergelut dengan masalah pribadi juga. Tapi di satu sisi, hati miris ini emang ga bisa boong. Gw sedih liat orang-orang jadiin SM itu sebagai wadah aktualisasi diri, bukan panggilan untuk pelayanan. Gw sedih liat muka anak-anak SM di sini yang ga bergairah sama sekali. Mungkin begitulah muka anak-anak Jepang yang terlalu sering dicekokin game, jadinya yang non gadget itu ga menarik, apalagi hal-hal rohani, udah tenggelamlah itu dibanding segala nikmat dunia lainnya. Gw ngerasa bersalah karena anak-anak SM di sini ga ngerti pentingnya ibadah, mereka merasa malas-malasan selama ibadah itu hal yang umum. Gw mencoba untuk kasih tahu, tapi ga ada respon. Mungkin itu karena masalah language barrier juga, susah gw ngungkapin pendapat bebas bukan dalam bahasa ibu. Trus, dari awal, aura SM di sini tuh bukan aura disiplin yang menghormati hadirat Tuhan. Ya kalau mau jujur sih, kayak yang ece-ece aja gitu, tempat penitipan anak selama ortu ibadah umum. Gereja di sini juga ga ngeliat kalo SM itu penting, ga visioner ngeliat bahwa namanya iman itu harus dipupuk dari sejak muda belia kayak usia anak-anak ini, biar nanti kelak jika dewasa, mereka bisa jadi orang-orang dewasa yang mumpuni, militan dan tahu arti hidup yang sebenar-benarnya.

8. Jadiiii dengan segala permasalahan ini apa dong yang akan gw lakukan? Pertama, pastinya mohon ampun dulu dong ya ke Tuhan. Karena selama ini, dengan sekian banyak masalah di SM, gw sengaja menutup mata karena males mikirinnya. Tapi, Tuhan bukakan ya ternyata, segala bobrok ini. Tinggal gw mau nanggapinnya atau ga. Langkah kedua, gw akan mulai mendoakan SM ini secara serius, pertama-tama guru-gurunya, trus murid-muridnya. Dan tentu aja berdoa untuk diri sendiri biar dikasih hikmat apa yang harus gw lakukan dengan gw berada di sikon kayak gini.

9. Orang mungkin mikir, yaaaa kalo nyusahin, ngapain diterusin, udah aja cabut, apalagi gw kan masa tinggal di Jepang tinggal 1,5 tahun lagi kurang lebih? Ya iya sihhhh emang. Tapi, ini mungkin ya, namanya tempaan. Sejak gw remaja pemuda dulu, gw ditempa bertahun-tahun sama Pak Kaleb supaya jadi orang tuh jangan cengeng, jangan gampang ninggalin pelayanan, jangan mau enaknya aja, harus militan, setia di mana Tuhan sudah tempatkan. Ngga tau, ini semua bikin gw ga bisa gampang aja pindah gereja atau udahan aja pelayanan kalo udah males atau ketemu masalah. Gw tau, yang benar itu gw harus menghadapinya, dan gw juga tau benar, gw ga bisa pakai alasan studi edan gw itu sebagai pembenaran untuk ga melayani. Gw ga sejahtera kalau gw melakukan hal-hal seperti itu. Udahlah ya, semua doktrin komitmen pelayanan itu udah terinternalisasi dalam diri gw, susah mau nyabut lagi, udah mengakar soalnya. Hal yang baik, tapi di satu sisi, bikin gw "repot" karena hati gw ga bisa berhenti mikirin SM ini sejak beberapa hari yang lalu. Pak Kaleb ohhhh Pak Kaleb, mengapa dikau mendoktrinku dengan bla bla bla soal pelayanan sampai akhirnya hari ini pun mau males pun rasanya galau, mau udahan pun langsung tau kalau itu salah untuk dilakukan? Nyiksaaaaa nih, sumpaaaaaaah.....

10. Balik lagi, setelah menata hati dan pikiran, yang akan gw lakukan pertama-tama adalah berdoa serius untuk masalah ini. Gw sekarang ada di tanah orang, ada language barrier, ada perbedaan kultur dengan orang Jepang or Amrik-Eropa, dan gw juga pendatang baru, bukan yang udah bertahun-tahun di gereja itu. Tapi seperti cerita Alkitab yang gw bagikan hari ini ke anak-anak SM, meski itu pelaksanaannya penuh drama ya bokkkk.....di mana tuh cerita berkisah tentang Elisa yang gantiin Elia, yang dia minta kekuatan dua kali lipat dari Elia, karena dia nyadar diri ini penuh kekurangan untuk laksanain panggilan Tuhan, maka itu jugalah yang akan gw lakukan. "Tuhan, saya minta hikmat dan kekuatan maksimal untuk tahu apa yang harus saya lakukan, bagaimana saya harus bersikap, dan apa yang harus saya kerjakan. Just do my best and let God work in it."

Btw, saat gw nulis nih postingan, taifun no 18 sedang melewati Osaka, minta ampun seremnya nih angin topan....bener ya, cocok banget emang perumpamaan "hati bergejolak bagai angin badai". Makanya, butuh Tuhan untuk kasih ketenteraman jiwa, amiiiiiin.....

No comments:

Post a Comment