Sunday, September 22, 2013

Ketika hidup tidak lagi sesederhana jaman dulu

Akhir-akhir ini gw merasa, akses orang untuk ngerasa sirik itu, jauh lebih terbuka daripada jaman dulu. Jaman dulu itu kapan? Sebelum kemerdekaan Indonesia, atau lebih edan lagi dulunya, pas jaman barok gitu? Ngga sih, ngga sejebot itu. Yang gw maksud jaman dulu di sini adalah jaman ketika social media belum menjamur. Yaaaa...jaman gw SD, SMP, SMA, kuliah di Indonesia, awal-awal menikah, jad dosen ga tetap di sebuah perguruan tinggi swasta. Tahun 1980an sampai tahun 2000an awal. Tapi menginjak plus minus tahun 2010an, itu yang namanya socmed, ampun-ampunan ya membahananya. Pertamanya sih friendster doang ya, sekitar tahun 2007an ya kalau ga salah. Trus blog, facebook, twitter, trus sekarang instagram, line, path, banyak bangetlah.

Gw sih jujur ya, ga punya akun instagram, line, path. Ga tau juga sih itu semua apa gunanya. Emang gaptek sih gw. Friendster dulu punya, tapi trus tutup kan ya. Facebook masih aktif sampai sekarang. Twitter punya, tapi itu fungsinya lebih untuk chat sama Ria lewat DM sih. Facebook juga bukan yang update status tiap jam gitu, atau posting foto sering banget. Ya kadang-kadang aja update status, kadang-kadang aja upload foto. Dulu sering nulis notes, tapi akhir-akhir ini agak jarang. Blog, akhir-akhir ini gw coba aktifin lagi. Sayang ya, udah nulis lumayan banyak, udah ada blognya tapi trus jarang update.

Kembali lagi ke topik awal. Akses orang untuk merasa sirik. Ya mungkin aja ya, ada orang yang kalo liat orang lain sukses, trus dia bisa ngerasa bahagia, atau bisa trus suportif gitu. Tapi gw rasa, banyak yang kalo liat orang lain sukses, yang ada malah galau karena diri sendiri ga seperti itu. Jujur, gw termasuk golongan kedua. Gw sih perasaannya bukan dominan sirik ya, tapi lebih ke labil. Labil karena diri ini ngga termasuk orang-orang sukses itu. Galau karena hidup gw sekarang masih aja ga jelas masa depannya. Trus khawatir, akan bagaimanakah hidupku ini nanti? Apalagi ya apalagiiii...di sekeliling gw, banyak banget manusia sukses. Trus jadinya ngebanding-bandingin diri sendiri sama orang lain. Kok dia bisa gitu sih, kok dia hebat sih, kok dia keren sih, lha kok gw katro sih? Kok ga ada sih tanda-tanda sukses akan menghampiri diriku? Sampai kapan lagi aku harus bertahan dalam ketidakjelasan hidup ini? Trus ya ujung-ujungnya jadi mengasihani diri sendiri gitulah, labil dan ngerasa ga berdaya. Picisan banget emang gw, tapi itulah yang kurasakan.

Jujur, kalo liat si A, B, C, dll ngeposting foto atau status sukses di socmed, gw tuh langsung ngerasa galau karena diri ini belumlah seperti mereka. Trus gw berusaha menguatkan diri dengan bilang, semua orang ada rejekinya masing-masing, semua orang ada waktunya masing-masing untuk bersinar, emang saat ini belum waktu gw, emang mungkin gw suksesnya ntar pas umur 70 tahun, jadi bertahan aja terus, dan sebagainya. Cuma namanya perasaan ya, tetap aja galau ini tak dapat dibendung. Sebegini labilnyakah gw? Ya emang iya sih, ini mesti diakui.

Trus gw mikir, jaman belum marak nih socmed, orang mau sirik atau galau, aksesnya lebih terbatas. Hidup tuh dulu rasanya benar-benar private. Yang tahu kita ya hanya orang-orang terdekat kita aja. Sekarang ini, sekalipun hanya level permukaan, seluruh dunia bisa tahu kita lagi ngapain kalau kita ngepost di twitter or facebook or apalah. Trus karena asyik dengan socmed, justru orang yang dekat dengan kita di dunia nyata, malah jadi jauh. Soalnya kita jadi asyik dengan smartphone kita padahal anak ada di samping kita menuntut perhatian (ya itu gw sendiri sih contohnya). Manusia jadi kurang paham gimana caranya komunikasi verbal ya. Soalnya, apapun itu, dibahasnya via komen facebook-lah, retweet twitter-lah, dll. Satu-satunya keuntungan signifikan yang gw rasakan dengan adanya facebook sih, gw jadi bisa terhubung dengan para pemain teater koma dan sempat menyampaikan pujian tulus pada almarhum Dudung Hadi, aktor teater koma yang keren banget dedikasinya itu, sebelum beliau meninggal.

Coba deh, dulu sebelum socmed marak, kita ngapain sih di waktu senggang? Baca buku, nonton TV, nulis diary, tidur siang, dengerin radio. Kirim-kirim lagu, nelepon ke radio Lesmana atau KISI FM (Ya ampuuuun ini mah Bogor jadul banget yeeee? Gw tuuuuuh saban siang pas SMP kerjanya nelpon melulu ke radio Lesmana atau KISI FM untuk kirim-kirim lagu. Lagunya "Shower me with your love" yang dinyanyiin Surface. Ya ampuuun bokis amat nih ya, padahal siapa juga love-nya, jaman SMP kagak ada juga orang yang gw taksir hahahahaha). Malam sebelum tidur, kalo gw mah dulu, kalo ga baca novel yang gw pinjam di perpus, ya gw dengerin radio. KISI dong ya pasti, Acaranya, tiap Senin dan Kamis, jam delapan sampai sepuluh malem, Kisi-kisi kita, itu tuuuuh semacam curhat pemirsa via surat, tentang problem cinta gitu, yang dibahas sama penyiarnya, trus diselingi lagu-lagu gitu. Dari SD sampai SMA, gw hobby banget baca buku sambil tiduran di kamar. Ga butuhlah kemana-mana, di kamar aja cukup. Inget banget, satu sore, di Bogor hujan deras banget. Dari jam dua siang sampai sekitar jam enam sore, gw di kamar, namatin novelnya Marga T yang gw pinjem dari perpus kampus. Pas itu gw kelas I SMA deh kalau ga salah. Begitu beres, udah sekitar jam enam, mandi, trus dipanggil makan malam sama Mama. Trus tau-tau udah malam, ya paling gw ngerjain PR, trus tidur. Sederhana banget ya dulu? Ga ada tuh posting status, upload foto, berantem-beranteman di socmed ala abg jaman sekarang.

Kalau Joanna ngga berhenti-berhenti main Ipad, trus kayak mati gaya gitu mau nyari kegiatan lain, gw selalu bilang, dulu Mama sejak kelas dua SD, ngisi waktunya itu dengan baca buku yang ga ada gambarnya, sebanyak 100an halaman. Itu novel-novel Enid Blyton kayak serial St Claire, si badung, Malory Towers, Lima Sekawan, Sapta Siaga, Pasukan Mau Tahu, serial sirkus, Nodi, trus novel-novel Astrid Lindgren kayak Madita, Pipi si kaus kaki panjang, serial Bullerbyn, itu semua udah gw khatam-kan sebelum lulus SD. Trus komik Nina yang dulu menurut gw keren banget itu, bacaan gw jaman SD banget tuh. Menginjak SMP dan SMA, gw mulai baca novel cinta-cintaan gitulah, karya Marga T dan Mira W. Selain itu, gw juga baca buku-buku sastra klasik Indonesia modern, kayak karya-karya Sutan Takdir Alishjabana, Marah Rusli, Abdul Muis. Masuk kuliah, bacaan bertambah dengan karya-karya Pramoedya Ananta Toer, Ayu Utami, Fira Basuki, Djenar Mahesa Ayu, YB Mangunwijaya, Dee. Gw rasa, selain emang dari dulu gw diperkenalkan dengan buku sama si Mama, yang bikin gw suka baca juga adalah, karena dulu tuh kagak ada yang namanya facebook, path, instagram dan sebagainya itu. Ga ada rasa gelisah karena ga bersentuhan dengan internet. Nyari informasinya ngga lewat googling gitu, tapi lewat buku aja. Gw sampai sekarang males lho baca di Ipad. Maunya baca buku itu yang beneran buku dari kertas, bisa gw coret-coret. Ya orang beda-beda ya, mungkin  gw emang kuno banget kali.

Manusia tuh dulu rasanya lebih manusia ya daripada sekarang. Sekarang tuh orang bisa sewot lho, hanya karena salah paham di twitter, misalnya. Susah banget sih, berantem capek-capek via twitter,  ngetik banyak-banyak. Kenapa ga telpon aja orangnya, atau ajak ketemuan langsung, tanya masalahnya apa, trus selesaikan baik-baik. Kenapa sih kalau kita bete sama orang, seluruh dunia mesti tau via socmed? Ya, yang ngeliat sih seneng-seneng aja ya, dapat hiburan drama gratis. Tapi itu kan bikin yang berantem itu terkesan negatif ya? Mengumbar-ngumbar perasaan, apalagi kalau itu ternyata dengan suami atau istri atau pacar atau keluarga sendiri. Itu kan malah malu banget tuh ya?

Ya, ini hanya pendapat ngalor ngidul gw soal socmed. Social media itu emang jadi sarana bersosialisasi dan berkomunikasi dengan begitu banyak orang, jarak antar benua udah ngga jadi masalah lagi karena kita semua terhubung dalam dunia maya, tetapi ironisnya, lama-lama, hubungan antar manusia di dunia nyata, yang justru harusnya paling signifikan, malah makin lama jadi makin terasa renggang karena semua pada sibuk gaul di socmed. Hidup memang tidak lagi sesederhana jaman dulu ya. Mungkin yang harus selalu kita ingat sekarang ini adalah, bagaimana kita bisa menyederhanakan hidup tanpa mengurangi kualitas hidup itu sendiri. Selalu ingat bahwa yang paling penting dalam hidup ini adalah keseharian di dunia nyata, bukan segelintir episode hidup yang telah kita filter, yang kita perlihatkan di socmed. Sekian.





1 comment:

  1. Dear Rouli,

    Saya salah satu silent readermu dari dahulu. Dan sudah tamat baca blogmu dari pertama.

    Baca ini jadi seperti menggambarkan diri sendiri deh :D Waktu SD sampai SMP, aku juga suka banget baca buku-buku karangan Enyd Blyton, kayak 5 sekawan, Malory Towers, atau buku petualangan lain seperti STOP, dll. Dan dulu juga kalau main, paling main masak-masakan atau pura-pura berkemah seperti yang diceritakan di serial 5 sekawan tersebut *Jadi kangen 5 sekawan :D* Anak sekarang masih ada gak ya yang seperti itu?

    Kalau masalah socmed, saya juga sampai saat ini hanya punya Facebook, twitter, dan blog aja. Untuk masalah update status, yah masih termasuk sering sih, tp bukan tipe yang suka membanjiri wall ataupun timeline orang sih :D Dan saya cukup jadi silent reader di FB or timeline twitter. Dan sama seperti Rouli, saya pun gak suka mengumbar emosi di timeline atau wall, dan benci orang yang seperti itu :( Buat saya, kalau ada masalah, cukup diketahui oleh kita dan orang yang bersangkutan aja :-)
    Saya pun setuju sama Rouli bahwa yang paling penting adalah keseharian dunia nyata, bukan segelintir episode hidup yang telah kita filter, yang kita perlihatkan di socmed :-)

    ReplyDelete