Tuesday, July 5, 2011

Belajar itu proses

Tanggal 21 Juli bakal jadi hari bersejarah untuk gw nih. Lha emang mau ngapain? Nikah udah, ngelahirin udah. Yaaaa....gw bakal presentasi penelitian tengah semester.

Jujur, di sini yang namanya ngerjain tesis, bener2 harus ngasih jiwa raga deh. Soalnya, ada 4 kali presentasi sebelum sidang kelulusan. 4 kali dalam setahun, itu kan berarti tiap 3 bulan sekali  gw presentasi ya. Sampai ada istilahnya nih : "kenkyuu seikatsu" (kehidupan penelitian). Jadi, hidup lu ya untuk meneliti. Hadeuuuuh....

Gw sekarang tiap hari ke kampus, kalo pas ga ada kuliah, ya diam di ruang penelitian, ngerjain penelitian. Entah itu baca buku, analisis data, mikirin kalimat demi kalimat yang tertera dalam novel. Sampai butek otak gw. Berasap beneran deh ini mah. Kayaknya sepanjang gw hidup, baru tahun ini, gw benar2 menggunakan otak gw. Perasaan, dulu-dulu itu, ngga separah ini gw olahraga otaknya. Oke, gw belajar, gw ngerjain makalah, gw ngerjain penelitian, tapi ngga sampai yang separah ini. Ini mah jujur aja, parah asli. Hidup gw sekarang tiap hari benar-benar diabdikan untuk meneliti.

 Jujur, rasanya tuh kadang pengen berhenti. Tapi trus mikir, gila, kalo gini aja udah nyerah, gimana ntar bisa jadi scholar? Bukannya scholar itu jobdesknya meneliti ya? Ini baru ngerjain segini doang, udah cemen. Lha ga akan bisa jadi scholar dong kalo gitu?

Trus gw sakit perut, galau, bingung ngebaca segitu banyak data, dan keki setengah mati karena kenapa data ini kok semuanya berbelit-belit dan ga sederhana. Antara data satu dengan yang lain, kontradiktif. Serasa ngerjain puzzle ngga ketemu2 potongannya.

Prof pembimbing gw, sekarang lagi on leave, sabbatical di Inggris, baru balik ntar bulan Oktober. Untuk presentasi penelitian tanggal 21 nanti, ga ada beliau, jadi gw maju sendiri ngadepin 3 prof di jurusan yang bakal nanya2 ke gw. Kalo ada pembimbing, biasanya kita lebih tenang karena kalo ga bisa jawab pertanyaan, beliau yang bakal bantuin jawab tuh pertanyaan. Trus, tanggal 21 ini, yang maju presentasi juga cuma gw, karena kan satu angkatan gw tuh ada dua orang lagi, tapi yang satu lagi cuti karena mau ngejar karir nge-band, dan satunya lagi, sakit mata (kayaknya mah lumayan parah, aduuuh moga2 dia cepat pulih deh). Udah lengkap banget deh ya kondisi tidak mengenakkan untuk gw ini.

Sampe stress gw mikirinnya, sampe sakit perut, terus kebawa mimpi. Di mimpi itu gw nangis2 ke teman gw, bilang gw ngeri banget ngadepin tanggal 21 juli. Tapi ada yang lucu juga. Di mimpi yang lain, gw lagi ngerjain penelitian, trus tiba-tiba dapet ide. Hahahaha, pencerahannya harus di mimpi gitu ya, bukan di dunia nyata.

Prof pembimbing gw, ngemail gw baru-baru ini. Kan beliau udah ngirim feedback laporan penelitian yang gw kerjain, cuma beliau khawatir kok ga ada balasan dari gw, takutnya ga nyampe emailnya, apalagi akhir2 ini email beliau tuh banyak troublenya. Gw balas, emailnya nyampe dengan selamat, cuma emang belum gw balas, karena gw pikir, daripada ngebalas singkat dan setengah2, mending sekalian gw kirim alur presentasi gw dan kumpulan pertanyaan dan konfirmasi pemahaman gw akan persoalan penelitian. Gw bilang aja, ternyata susah banget ngerjainnya, udah banyak data yang ngga nyambung, kayak ngerjain puzzle, belum lagi aplikasi teori, bener ga ini aplikasinya atau ngawur karena pemahaman gw ngga bener? Ngga percaya diri aja jadinya.

Tapi balasan beliau, benar-benar menguatkan gw. Beliau bilang, "Rouli, membaca email kamu, yang bilang, banyak kesulitan yang dihadapi, itu artinya penelitian kamu mengalami kemajuan. Setiap penemuan kecil akan berentet menyambung dan menghasilkan hasil penelitian. Tapi, semua masalah tidak akan bisa dipecahkan sekaligus, butuh waktu, bahkan butuh seumur hidup untuk menjawab setiap pertanyaan yang ada di benak kita. Kalau mau lanjut ke program S3, memang kalau hasil akhir penelitian S2nya ngga jelas, akan sulit juga untuk mengembangkannya, tapi kalau semua pertanyaan sudah terjawab sekarang, malah nanti sudah tidak ada lagi nilainya meneliti, ketika mau mengerjakan disertasi. Kalau terlalu mudah menemukan jawabannya, tidak ada nilainya kita melakukan penelitian. Jadi tidak perlu terburu-buru, kerjakan satu persatu, beri yang terbaik di setiap waktu, dan hasilkan jawaban yang terbaik di saat itu, satu demi satu. Kerjakan pelan-pelan, berikan waktu untuk mengerjakannya."

Gilaaaaaa, lagi-lagi  nih episode dorama jepang banget nih yeeeee....yang lebih menghargai proses daripada hasil, dan hal sekecil apapun mesti dihargai. Dalem banget tuh kata-kata prof. Gw pengennya semua cepat2 ada jawabannya, tapi beliau malah bilang, kalau terlalu gampang dapatin jawaban, ga ada lagi nilainya kita meneliti. Proses ya man, proses, itu tuh kata kuncinya. Orientasinya proses, bukan hasil. Bener-bener tema dorama jepang banget dah ini mah.

Belajar itu proses, bukan hasil. Life lesson learned today. Amen.

No comments:

Post a Comment