Wednesday, July 6, 2011

Lebih dari yang pernah terbayang di benak

Tadi siang, di ruang penelitian, sambil ngerjain tugas, gw ngobrol sama teman gw. Dia anak master tingkat satu, pas S1, kuliah di universitas swasta di Kyoto, bukan di Osaka university. Baru pas S2 ini, dia masuk ke Osaka University, satu jurusan dengan gw, di fakultas sastra, jurusan Literature and Environment.

Pembicaraan mengalir ke bagaimana seriusnya para prof pembimbing ngebimbing para mahasiswanya. Dia dibimbingnya sama kajur jurusan gw. Nah, teman gw ini bilang, para prof di Osaka university itu, istilahnya udah termasuk yang top di antara yang top di Jepang. Sebagai universitas ketiga terbaik di Jepang (nomor satu Tokyo uni, no 2 Kyoto uni), ngga semua scholar bisa jadi prof di universitas ini. Trus dia lanjut bilang, kalo pembimbingnya (kajur kita), ahli banget dalam penelitian Akutagawa Ryunosuke (Akutagawa ini salah satu pengarang novel dan cerpen terkenal di Jepang, kalo di indonesia mah setingkat sutan takdir alisjabana-lah). Kalo ngomongin Akutagawa, pasti dunia scholar jepang ngehubungin sama kajur kita. Buku-buku penelitian tentang Akutagawa, banyak banget dikomentarin sama beliau (maksudnya dikomentarin ahli). Trus temen gw ini juga bilang, kalo prof pembimbing gw tuh megang banget kalo udah masalah penelitian sastra jepang dalam kaitannya dengan gender dan minority studies. Termasuk scholar yang dihormati dan didengerin pendapatnya. Gw jujur aja, kaget. Gw ngga tau kalo pembimbing tesis gw, adalah orang seterkenal itu dalam bidang sastra jepang dan gender, minority studies.

Soalnya, prof pembimbing gw itu ngga layaknya orang ngetop. Penampilannya biasa-biasa aja, kalo ngajar juga pake jeans, kaos, santai banget pokoknya. Ngomong sama beliau juga, gw ngga ngerasa kayak ngomong sama maha dewa pengetahuan karena sifatnya down to earth banget. Trus sekonyol apapun pendapat yang gw katakan,  beliau selalu ngehargain. Udah gitu, kalo deket-deket musimnya mesti master defence, dan gw belum hubungin beliau untuk bimbingan, beliau biasanya email gw, nanyain udah segimana progress penelitian gw. Istilahnya, kalo emang iya beliau orang terkenal di dunianya, kan pasti sibuk banget, mana sempat perhatiin mahasiswa bimbingannya satu-satu, apalagi yang standar abis kayak gw?

Gw tuh masuk Osaka university, bener-bener karena alasan yang amat sangat sederhana. Ketika lulus seleksi beasiswa mombusho di Indonesia, kita mesti nyari pembimbing di Jepang, yang bersedia nerima kita sebagai mahasiswanya. Satu hal yang pasti, gw mau belajar sastra perempuan jepang dan gender. Trus gw maunya kuliah di wilayah kansai (jepang barat), antara kobe, osaka atau kyoto, karena ketika gw masih di indonesia dan nyari-nyari prof, nenek gw masih ada, dan tinggal di panti jompo di kobe, jadi gw pikir, sambil gw kuliah, gw mau deket tinggalnya dengan nenek gw, sehingga gw bisa kunjungin beliau di panti jompo (kenyataannya, beliau meninggal tepat 6 bulan setelah gw sampai di jepang, tapi setidaknya 6 bulan itu gw bisa nyempatin diri ketemu beliau). Gw mulai nyari prof pembimbing yang ahli sastra jepang dan gender, yang ngajar di universitas di wilayah kansai, dan gw pengennya, pembimbing gw itu perempuan. Bukannya apa2, gw kan ke jepang ini studi dengan bawa keluarga, jadi kalo pembimbing gw perempuan, harapan gw, beliau bisa lebih ngerti kalo ternyata tau2 gw ga bisa ke kampus karena misalnya anak sakit, dsb. Rasanya lebih nyaman aja gitu untuk gw. Setelah searching di internet, ternyata yang memenuhi segala persyaratan yang ada di benak gw, hanya prof pembimbing gw ini. Trus dengan bantuan prof jurusan kelautan temannya si Papa, yang juga prof di Osaka uni, gw dihubungkan dengan prof pembimbing gw ini. Searching profesornya sih ada kali dua mingguan, tapi begitu berhasil kontak lewat email, hanya butuh empat hari, prof pembimbing langsung bersedia menerima gw sebagai mahasiswanya. Karena hanya menemukan satu prof yang mau terima gw, maka ketika ngasih berkas-berkas pendaftaran beasiswa ke kedutaan Jepang di jakarta, di form universitas pilihan, gw hanya ngisi satu, yaitu Osaka university, dengan nama pembimbing, prof pembimbing gw ini. Kita sebenernya dikasih kesempatan untuk isi sampai 3 pilihan universitas, tapi istilahnya, untuk gw, dapetin satu prof aja udah syukur, waktunya aja udah mepet banget ke tanggal batas akhir pendaftaran, jadi gw ngga nyari-nyari lagi yang lain.

Memilih prof pembimbing dengan melihat profilenya di internet itu, sama aja kayak beli kucing di dalam karung. Kita hanya bisa tau tentang beliau dari profilenya di internet. Kita ngga tau, gimana karakter beliau, gimana keseharian beliau, dan apakah kita bisa cocok atau ngga dengannya. Istilahnya, kalo dapetin prof yang kooperatif banget, itu bener2 berkah, karena di Jepang ini, hidup mati mahasiswa emang tergantung banget sama hubungan antar manusia antara prof dan mahasiswa bimbingannya. Kalo ngga cocok sama prof, bisa-bisa ngga lulus. Maklumlah, di jepang ini, prof itu punya power banget. Tapi karena status mereka di masyarakat yang dihormati, maka mereka juga mati-matian bertanggungjawab menjaga kredibilitasnya sebagai scholar. Jujur, di sini semua prof tuh serius banget meneliti dan mengabdikan diri pada ilmu pengetahuan. Bagi mereka, membimbing mahasiswa, mencerahkan mahasiswa itu udah panggilan hidup banget. Pantang kalo asal-asalan ngerjainnya.

Gw emang sejak 15 tahun lalu, sejak pertama kali belajar sastra jepang di Indonesia, udah menyimpan keinginan terpendam, bahwa suatu saat nanti, gw pengen belajar di Jepang, memperdalam sastra jepang dan kelak, bisa jadi pakar dalam bidang ini. Tapi gw sama sekali ngga pernah berharap bahwa gw akan menuntut ilmu di salah satu universitas terbaik di jepang dan dibimbing prof yang dihormati banget di bidang sastra jepang dan gender di Jepang.  Lha gw kan lulus UMPTN aja ngga, istilahnya, bisa ke jepang aja udah syukur, biar masuk universitas yang biasa-biasa aja di jepang juga udah berkah banget untuk gw yang otaknya standar ini. Jaman SMA, matematika gw nilainya dua, dapat lima aja udah bersorak, nah orang macam gw, mana berani sih bermimpi bisa menuntut ilmu di universitas yang bagus, di bawah bimbingan profesor yang kompeten abis di bidangnya?

Selama bertahun-tahun, gw emang sering membayangkan scene gw ada di kelas, belajar ilmu-ilmu sastra, teori-teori sastra, ngebahas karya-karya sastra, dalam bahasa jepang dan inggris. Trus nyari-nyari buku di perpustakaan yang gede banget, di mana semua buku yang sulit didapatkan di tanah air tercinta, bisa didapatkan dengan mudah di rak buku perpustakaan kampus. Selain dengan prof pembimbing gw, selama hampir 3 tahun gw di osaka university, gw berkesempatan diajar para prof lain yang juga kompeten abis di bidangnya, khususnya untuk mata kuliah yang berkaitan dengan gender dan sastra, yang emang mau gw dalami lebih lanjut. Tahun lalu, gw berkesempatan ngikutin kuliah Prof tamu dari Fullbright scholarship, sekarang sih beliau udah balik ke Amrik. Kuliahnya sangat mencerahkan, dan hingga sekarang, gw juga suka minta tolong beliau untuk memastikan pemahaman gw terhadap jurnal atau artikel ilmiah atau text book yang tertulis dalam bahasa Inggris. Gw juga berkesempatan untuk diajar prof orang jepang, di bidang sosiologi, yang ahli gender, yang udah nerbitin banyak banget buku. Kuliahnya top banget, asli banyak banget insight baru yang gw dapetin. Dan semester ini, gw ngikutin satu mata kuliah dalam bahasa inggris, yang ngajar tuh prof half japanese-american, lulusan Princeton university, sumpah, bener2 enlightened banget ngikutin kuliahnya beliau. Orangnya pinter abis tapi down to earth amat sangat, ngehargain banget mahasiswa2nya.

Bisa gw bilang, gw mendapatkan berkali-kali lipat lebih banyak dari apa yang gw impikan. Istilahnya, Tuhan ngga ngasih yang sisa-sisa ke gw, Tuhan ngasih bener-bener yang the best. Gw takjub, sumpah.

Tuhan, kiranya aku dapat mempertanggungjawabkan berkatMu ini dengan mempergunakan sebaik mungkin, kesempatan yang tak pernah terbayang akan terjadi padaku, dan berusaha sepenuh jiwa raga, belajar di Osaka University. Lebih dari terima kasih, kuhaturkan padaMu.

No comments:

Post a Comment