Wednesday, January 4, 2012

Finally...yang tersisa adalah daftar pustaka

Mari kita sujud syukur dulu ya. Finally...setelah melalui hari-hari sulit, akhirnya tinggal ngerjain daftar pustaka. Hari ini mau ke kampus dan beresin daftar pustaka. Sementara ini, bab dua dan tiga lagi dicek Prof, sebenernya kata beliau sih masih kurang banget, tapii karena udah deadline, jadi apa boleh buat. Huahahahha, untuk pertama kalinya gw bersyukur ada deadline. Kalo ga ada deadline, bisa seumur hidup gw mesti benerin tesis nih, ngga lulus2 jadinya. Whatever, emang gw tau, kurang abisssss nih tesis, tapi kan orang ngga bisa tau2 mendadak pinter? Namanya juga proses. Apalagi gw akui, gw ini baru bener2 berjuang hanya pada satu semester terakhir, kelimpungan kalang kabut sampe ansos aneh gitu.....jadiiiii....ya kalo hasilnya ga maksimal, gw dengan lapang dada mengakui, ini kesalahan gw. Jadi berapapun ntar nilainya, gw tau itu pasti yang terbaik, sekalipun misalnya hasilnya di atas kertas ga outstanding. Yang penting, dari ngerjain tesis ini, gw jadi nyadar, bahwa kalo emang mau berhasil ya mesti serius, ga boleh main2. Aduuuuh mudah2an deh gw bisa terus ngejaga semangat, gw kan anaknya cuma semangat di awal doang, tapi begitu nemuin masalah dikit, langsung ketakutan n nyerah. Cemen banget, emang.

Abstrak, pendahuluan dan kesimpulan udah selesai dicek tutor, jadi hari ini setelah gw rapih2in, bisa kirim ke Prof. Juara banget deh ya emang tutor dan Prof gw itu. Kerja mereka cepat banget, ga ada tuh nunda2 kerjaan. Pokoknya begitu gw kirim, mereka langsung kerjain, gw kirim yang baru, mereka langsung periksa. Jepang ohhhhh Jepaaaaaang....untuk etos kerja, aku sungguh salut pada kalian.....gila ya ini tesis, ini kayaknya  lebih pantas dibilang kerja kelompok gw, tutor, Prof....bukan hasil karya gw sendiri. Bener2 deh gw utang budi abis sama Prof dan tutor gw.

Emang sih ya, kayaknya sih jilid-jilid dan ngumpulin nih tesis, bakal tepat di hari deadline itu, 10 januari. Tapi mudah2an semuanya lancar, ga ada masalah. Teknik penulisan juga masih banyak yang harus dibenerin soalnya, nah gw kan gaptek, pasti lama banget deh ngerjain yang ginian. Pleasseeeeee....printer, laptop, lem untuk ngejilid....jangan bermasalah, lancar jaya terus, jalankan tugas kalian masing-masing dengan sepenuh hatiiiii...

Dan ya bok, masalahnya adalah di sini tuh ga kayak di Indonesia, yang begitu pembimbing nge-approve, silakan cetak dan jilid, ya kita print aja sekali, sisanya bawa ke tukang foto kopi, tinggalin bentar, trus tukang foto kopi ngerjain, dan  kita balik, udah jadi, bayar, beres. Di sini gw belum pernah nemuin orang yang profesinya tukang foto kopi. Soalnya, foto kopi itu, semua harus dikerjain sendiri. Tukang ngejilid gitu juga ga pernah liat. Di sini ada ruang khusus di fakultas, untuk ngeprint dan jilid skripsi dan tesis. Kita yang ngeprint sendiri, gandain sendiri, cairin lem jilid sendiri, motong kertas jilid sendiri, dan ngejilid sendiri. Mangkanya di sini ga ada hardcover2an, tesis itu sederhana banget wujudnya, cuma dijilid pake kertas soft cover kuning karton manila garing gitu. Mangkanya nihhhh...untuk urusan jilid2an ini, harus sediain waktu khusus, apalagi gw bikinnya digandakan sembilan kali : satu untuk fakultas, satu untuk ruang penelitian, empat untuk para prof penguji, dua untuk berkas ujian masuk S3, satu untuk gw sendiri. Gile beneeer...ini mau jualan tesis kali ya, mending ada yang mau beli?

Anyway, lancarkanlah jalanku ini ya Tuhannnnn....please please please.....terima kasih Tuhannnn...

No comments:

Post a Comment