Friday, January 13, 2012

Yessss! Akhirnya selesai!

Update terbaru ya soal tesis. Thank God sejuta kali, itu tesis, akhirnya selesai. Bener-bener deh, leganya itu kayak orang baru melahirkan. Ngga ada lagi perumpamaan yang lebih tepat dari ini. Bener-bener rasanya kayak baru ngelahirin, trus ngeliat anak keluar dengan selamat dan sehat, leganya minta ampun. Nah tesis juga persis kayak gitu. Gilaaaaa....bete-betean ngerjainnya, kesel-keselnya sama diri sendiri karena kok ya lemah banget jadi orang, pait-paitnya dikritik para Prof, deg-degannya ngadepin mid defense, galau-galaunya takut ga beres, takut ga mutu, minder-mindernya karena ngerasa nih otak kok cetek amat....itu semua bener-bener ilang, sirna ga berbekas...tergantikan total dengan perasaan lega, syukur dan puas, begitu ngeliat itu tesis udah dijilid. Apalagi liat cover depan, trus kan ada judul tesisnya, trus ada nama gw di situ. Rasanya kayak ga percaya aja, gw bisa nulis pake bahasa jepang. Sorry banget, maaf banget, ini sama sekali ngga dalam konteks mau pamer dan nyombong. Ngga sama sekali. Tapi kalo gw bilang ga percaya, I mean it, emang beneran, ga percaya. Ga percayanya itu, ya ampun, jadi juga nih ya tesis, padahal beberapa bulan lalu, galau-galaunya udah galau sedunia gitu. Trus, keinget aja gimana itu gw "disiksa" sama pembimbing, dengan kritikan-kritikan tajam dan gimana gw disuruh belajar kayak orang mau mati gitu. Kalo diumpamain, itu udah sama aja kayak suhu kungfu bawa-bawa tongkat bambu, trus mukul muridnya karena ngga tahan banting. Itu bener-bener kerasa deh, ditekan abis-abisannya, asli gw ngerasa babak belur. Minta ampun, mantep banget dah ini mah.

Paliiing serem itu pas bulan Oktober, yang beliau bilang, kalo gini kondisinya mah, ga bisa nih S3 beres tiga tahun. Udah galau banget dong gw? Trus presentasi ancur bulan Oktober kemarin, gw ga akan lupa tuh. Setelah galau-galauan minta ampun selama beberapa hari, akhirnya gw mencoba melupakan segala kesalahan yang gw lakukan dulu, di mana gw ga serius belajar, dan dengan sisa waktu minim banget ini, nyoba ngejar ketertinggalan. Emang karena waktunya udah mepet banget, jadinya spartan banget sih. Terpaksa kegiatan lain banyak dikurangi, terpaksa juga pulang malem-malem, demi bisa nyelesain tesis. Itu namanya ngebut, benar-benar ngebut, nyari bahan, baca buku, nulis...ampun, kayak ga ada abis2nya, sampai blenek gw. Mana lagi rasanya pengen banget nangis, kalo lagi ga ada ide dan ga ngerti materi yang dibaca. Mungkin kalo ada fitness khusus otak, itu otak gw udah kurus banget kali ya. Sayangnya yang kurus cuma otak, karena kalo badan secara keseluruhan, malah makin gendut. Yesss, gw kan kalo stress malah larinya ke makanan, ya udah, gw makan melulu, dan akhirnya, begitu tesis selesai, BB pun ketauan, berapa kg naiknya. Total naik 4 kg dari oktober-januari, gila ga tuh?

Finally, tesis berhasil dikumpulkan tepat pada hari deadline, tanggal 10 januari. Begitu tuh tesis selesai dikumpulin dan gw dapat tanda terima udah ngumpulin tesis (semacam kwitansi gitu), itu rasanya beban keangkat banget. Badan tuh rasanya ringan minta ampun, mau disuruh terbang juga bisa kali gw. Udah ga bisa ngomong lagi, gimana leganya.

Emang tesis gw masih banyak banget kurangnya, pembimbing juga bilang, beliau ga puas sama bab tiga gw, dan kesimpulan gw garing, tapi ya udahlah, gw terima semua itu dengan lapang dada, emang sekarang ini yang gw bisa ya segini. Yang penting, mau hasilnya garing sekalipun, gw udah mengerahkan segala daya upaya untuk menebus kesalahan gw yang malas belajar itu, dengan mati-matian di satu semester terakhir. Ya sebenarnya ini ga bagus juga, belajar dengan cara ngebut-ngebut seperti ini, maksud gw, ini udah S2, masa sih sistemnya SKS? Yaaaaa...gw juga nyadar sesadar-sadarnya, dan kalau emang masih dikasih kesempatan untuk nuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi, gw mau lebih rutin dan step by step belajarnya, bukan yang lari maraton macam ngerjain tesis ini. Tapi anyway, untuk sementara ini, gw bisa sedikit bernapas lega. Stelah ini masih ada ujian sidang tesis dan ujian masuk program S3, dua-duanya akan diadakan di awal bulan Februari. Mudah-mudahan semua lancar, mohon doa restu.

Sekali lagi, emang terbukti ya kata-kata ini : just do your best and let GOD work in it. I've proved it, over and over.

1 comment: