Saturday, January 28, 2012

Resolusi 2012 : Read more japanese women writers books

Resolusi 2012 gw cuma satu : sesuai judul di atas, yaitu : baca lebih banyak karya sastra pengarang perempuan Jepang. Kenapa resolusinya kayak gini?

karena gw dimarahin pembimbing gw amat sangat, karena gw benar-benar KURANG SEKALI dalam membaca buku!

Well, FYI, dulu itu waktu gw lajang, gw suka baca buku. Tapi sejak punya anak, gw males banget baca. Gw males mikir yang berat-berat, baru juga baca satu halaman, udah ngantuk banget gw. kayaknya sejak punya anak, otak gw juga kayaknya udah ga bisa lagi mikir berat. Begitu mikir dikit, bawaan langsung ngantuk melulu.

Tapi sejak kemarin gw ngerjain tesis, dan isinya katro banget, dan gw dimarahin karena kurang abis baca buku, ya gw benar-benar tertemplak. Kalo seumur hidup gw kayak gini, gimana gw mau berhasil? tesis gw. ya udahlah gw lepasin aja, ngga sok idealis. Yang penting jadi dulu. Tapi jika seandainya masih dikasih kesempatan untuk gw memperbaiki diri dan bisa lanjut nimba ilmu di sini, maka hal pertama yang akan gw lakukan adalah mengubah diri gw menjadi orang yang suka membaca.

Dan sekarang, di sinilah gw, tiap hari baca buku. akhirnya kemarin dulu gw berhasil namatin novel karya Ariyoshi Sawako, judulnya : Hishoku (not because of colour). gw menemukan kembali serunya baca buku, setelah ada kali lima tahunan gw ga pernah lagi serius baca sesuatu bener-bener. Sekarang gw lagi baca karya Ariyoshi Sawako juga, judulnya Ki no Kawa (River Ki) dan  Eguchi no Sato (desa Eguchi : ini sih cerpen). Setelah ini tamat, mau baca Ake wo Ubau Mono (Hal yang merampas warna merah) karya Enchi Fumiko. Target gw, satu bulan bisa tamatin dua novel. Kalau udah terbiasa, maunya seminggu satu novel. Mudah-mudahan aja ini tercapai.

Beberapa buku yang sekarang masuk reading list gw :

1. Hishoku (Ariyoshi Sawako)  : done
2. Ki no Kawa (Ariyoshi Sawako) : lagi dibaca
3. Eguchi no sato (Ariyoshi Sawako) : lagi dibaca
4. Koukotsu no Hito (Ariyoshi Sawako) : belum
5. Ake wo Ubau Mono (Enchi Fumiko) : belum
6. Kizu aru tsubasa (Enchi Fumiko) : belum
7. Niji to Shura (Enchi Fumiko) : belum
8. Sanbiki no Kani (Oba Minako) : belum
9. Tempurung (Oka Rusmini) : baru dibaca sebagian, dulu sih, kayaknya harus ulang lagi dari awal
10. Tarian Bumi (Oka Rusmini) : belum

10 dulu deh. Kalo udah tamat, baru bikin 10 yang berikut. Begitu seterusnya. Harapan sih, sebelum April 2012, 10 buku ini udah tamat dibaca. Untuk Tempurung dan Tarian Bumi, karena dalam bahasa Indonesia, pastinya lebih gampang. 8 yang lain, dalam bahasa Jepang, butuh waktu pasti lebih lama dari yang bahasa Indonesia. Tapi gw akan berusaha biar semakin terbiasa baca buku-buku dalam bahasa Jepang.

No comments:

Post a Comment