Wednesday, February 29, 2012

Aku benci ketidakstabilan!

Well, orang bilang, hidup itu penuh tantangan. Ga ada tantangan, ga seru. Makin menantang, makin seru. Challenging. Hidup jadi terasa hiduuup....

Tapi, to say the truth :

AKU BENCI KETIDAKSTABILAN!

Yaaa, itulah gw. Gw itu sebel banget sama ketidakpastian, ketidakstabilan. Gw tuh orangnya mending kita rata-rata ajalahhhhh...yang penting stabil dan pasti. Gw ga suka hidup macam roller coaster, yang kadang bisa tinggi banget, tapi juga bisa jatuh, ya jatuh banget. Gw mending di tengah-tengah, hidup tenang, damai, rata-rata aja.

Makanya, ketika ngerjain tesis setahun kemarin ini, gw ngerasa tersiksa banget. Emang beban studinya cukup bikin otak kering kerontang sih. Tapi sebenernya, kalo jiwa gw itu jiwa yang suka challenge, suka tantangan, suka kesulitan, dan suka hal-hal yang menekan yang bikin adrenalin jadi naik...mungkin gw akan menganggap setahun bikin tesis itu sebagai hal yang sangat seru untuk ditaklukkan. Tapi kenyataannya, gw tertekan, gw bete, gw sebel abis, dan bawaan cuma ngitungin hari aja kapan semua beban ini akan diangkat. Bukan gw ga suka sama ilmunya ya. Emang dari ngerjain tesis itu, biar isinya kacangan, tapi gw ada rasa senang karena biar dikit, pengetahuan jadi sedikit bertambah, jadi tau kata-kata baru dalam bahasa jepang, cuma ya gitu deh, tetap aja rasa tertekannya itu bikin perut jadi mules bahkan ga jarang sampai nangis2 ga jelas sakingbetenya. Apalagi kalo lagi PMS plus mesti ngerjain tesis, nah itu double combo banget tuh, bener-bener perpaduan sempurna untuk membuat diri gw nangis-nangis ga jelas.

Selama setahun itu ngerjain tesis, keinginan gw hanya satu : ingin cepat-cepat bulan Februari 2012. Soalnya, di bulan ini, tiga hal yang saat itu bikin gw galau, akan terjawab dan kelanjutan hidup gw di jepang ini akan menemukan kejelasannya, apakah gw akan lanjut 3 tahun lagi di sini, atau pulang karena ga lulus ujian masuk ke jenjang pendidikan berikut, atau beasiswa ga diperpanjang.

Ternyata...jawabannya :

Sidang S2 : biar banyak kritik tajam, tapi toh selesai dengan selamat (meski ga jelas sih sampai sekarang, gw lulus atau ga, maksudnya ga ada pengumuman resminya)
Ujian masuk S3 : nah kalo ini udah jelas : gw lulus ujian masuknya
Perpanjangan beasiswa mombusho : gw lolos seleksi perpanjangan beasiswa, jadi untuk 3 tahun ke depan, gw tetap bisa kuliah gratis dan dikasih biaya hidup tiap bulan oleh departmen pendidikan jepang. Besok gw mesti ke kampus untuk tanda tangan perjanjian bahwa gw akan mematuhi aturan beasiswa mombusho.

Lega ga gw? Lega dong pastiiii...kegalauan gw selama setahun ini terjawab dengan jawaban yang menggembirakan. Yang gw ngiranya udah impossible deh bisa lanjut, ternyata bisa. Dengan cara yang cukup lancar.

Tapiiiii......

Gw ga pernah memprediksi, bahwa akan ada sisi lain dalam hidup gw yang ternyata menjadi tidak stabil. Dan ketidakstabilan ini datang tiba-tiba, tidak disangka-sangka, hanya berselang satu jam setelah gw mengetahui bahwa permohonan perpanjangan beasiswa gw diapprove untuk 3 tahun ke depan ini.

Sekali lagi....AKU BENCI KETIDAKSTABILAN.

Lagi-lagi, gw bukan orang yang suka tantangan. Gw senangnya ya tenang, damai, rata-rata saja. Sayangnya, hidup gw ngga bisa selalu tenang, damai, rata-rata saja. Dan ketika ketidakstabilan ini datang...cuma dua kata yang mewakili perasaan gw : BENCI BANGEEET....

Gw pikir, 3 tahun pertama di Jepang, udah cukuplah banyak kesulitan sana sini.
Gw pikir, 3 tahun pertama di Jepang, udah cukuplah bikin gw jadi (sok) bijak.
Ya, ya, ya, gw udah ngerasain Tuhan setia, ga pernah terlambat nolong, dan penuh kasih
Cuma nih ya kalo gw boleh milih, gw sebenarnya lebih suka ngerasain kebaikan Tuhan yang standar-standar aja daripada trus ngerasain kesulitan, udah gitu dikasih kemudahan, trus kesulitan lagi, trus di tiap proses ini gw muji-muji Tuhan (ya sebenernya kagak sih karena gw bukan makhluk rohani, yang ada kan gw marah2 melulu), Tuhan baik, Tuhan baik....
Gw pikir, 3 tahun pertama di Jepang cukup sulit, jadi bolehlah ya gw berharap, 3 tahun terakhir di Jepang ini, gw lalui dengan tenang, damai, rata-rata saja.

Tapi ternyata, kenyataan berkata lain.

Pembukaan pertama di 3 tahun terakhir di Jepang ini, cukup membuat gw shock.

Ya emang sih ya mesti percaya Tuhan kasih yang terbaik.

Ya, itu sih gw percaya.
Gw juga tau, ga boleh pake embel-embel, tapi kan, tapi kan....

Tapiiiiii....

AKU BENCI KETIDAKSTABILAN!

Sampai gw tuh sering mikir begini :

Udahlah ya, ga usahlah proses-prosesan biar jadi logam mulia, gw jadi KW 1 juga udah seneng, yang penting ngga ngerasain sakit, udahlahhhh...kualitas nomor dua juga no problem untuk gw, yang penting hidup gw tenang, damai, rata-rata saja.

But, it won't happen!

Tepat dua hari sebelum peristiwa yang bikin kestabilan gw goncang ini datang, gw dengan sotoy dan sok rohaninya, baru aja mimpin Bible study untuk para ibu di gereja. Temanya mantap banget : Yesus meredakan angin ribut.

Dengan tampang penuh sukacita, gw berkoar-koar, bahwa hidup ini punyanya Tuhan, yang berdaulat nentuin segalanya adalah Tuhan, buktinya begitu Tuhan bilang, "Diam! Tenanglah!", tuh angin ribut langsung reda dan suasana di danau galilea, langsung kalem seketika.

Dengan penuh keyakinan gw bilang, "Jadi ibu-ibu, waktu Tuhan itu selalu yang paling tepat dan kita ngga pernah tau kapan waktu Tuhan. Tapi kita kan hanya lihat sebatas yang dapat kita lihat saja, sedang Tuhan lihat dari awal sampai akhir hidup kita. Maka yang paling tepat adalah percaya pada waktu Tuhan."

Hmmm...gaya gw udah kayak pendeta aja emang pada saat itu. Dua hari yang lalu, terasa life has been very good to me. Ga ada masalah sama sekali. Lalu tiba-tiba...

Hanya dengan satu berita itu, langsung jahhh gw galau. Masih inget banget gw, kisah Yesus meredakan angin ribut itu. Masih inget banget, gimana gw dengan penuh semangat mimpin tuh Bible study. Tapi begitu berita rese ini datang, iman menggebu-gebu langsung aja kayak lenyap ditelan api. Yang tersisa hanya perasaan bete minta ampun : aku benci ketidakstabilan.

Tapi biar benci ketidakstabilan, gw juga inget satu bagian yang gw tangkap dari kisah Yesus meredakan angin ribut itu. Bagian di mana murid-murid ga percaya banget sama Yesus, dan ngerasa galau setengah mati pas kapal terombang ambing diserang badai taufan. Dan fakta indah yang mengikuti setelah segala ketidakpercayaan itu : Yesus tetap menolong. Meredakan angin ribut itu dan angin pun reda seketika berganti ketenangan tiada tara.

Iya, gw sekarang sebel banget karena ternyata impian gw untuk hidup tenang, damai, rata-rata saja menjadi buyar.
Iya, gw berharap ga usah jadi logam mulia, cukup KW1, bahkan KW2 juga gw alhamdulilah, yang penting gw ga usah punya masalah.
Iya, gw sekarang ngerasa galau, pait, bete, dan jujur, susah untuk tulus ngucap syukur, meski gw tau, itulah yang mestinya dilakukan.

Tapi, fakta di balik semua fakta rese ini adalah satu fakta yang paling penting : bahwa biar kata gw maunya jadi KW1, bahwa biar kata gw ngejarnya yang rata-rata aja, bahwa biar kata gw benci ketidakstabilan, tapi master plan Tuhan ga akan pernah bisa diubah. Kalo udah berkehendak, ya terjadilah sesuai kehendakNya.

Kalau emang gw takdirnya jadi logam mulia, mana mungkin gw bisa tetap bersikukuh jadi KW1???
Dan biar kata gw puas dengan jadi KW1, kalo Tuhan baru puas setelah gw dipoles jadi logam mulia, ya mau gimana lagi dong?

Pait-pait dikit, bete-bete banyak, sebel-sebel segudang, itu mah biasa. Tuhan tau gw sejak sebelum lahir kok, jadi nyebelin2nya gw, pasti Dia yang paling tau. Yang penting biar gw sebel, tapi gw tetap nurut. Kan konon, katanya : OBEY MEANS BLESSING?

Tapiiiiiii......

tetap ya bok : AKU BENCI KETIDAKSTABILAAAAAAN!!!!!

No comments:

Post a Comment