Friday, February 17, 2012

Yaaaaaaiiiiiii seduniaaaaaa!!!!!

Yaaaaaaiiiiiiiii seduniaaaaa!!!!! Saya lulus ujian masuk S3. Beyond words deh leganya. Thank GOD sejuta kali ini mah. Asli.

Lega banget bisa nyelesain paruh pertama masa studi di jepang, yaitu research student setahun dan master student dua tahun. Bener-bener lega bisa lulus tepat waktu.

Next, pengumuman perpanjangan beasiswa nih. Akhir Februari katanya. Doain lolos ya. Mohon doa restu.

Setahunan yang lalu, gw pernah nulis, harapan gw adalah lulus dari fakultas sastra Osaka University dengan ngedapetin penghargaan. Tapi sekarang, I don't care at all about penghargaan atau cum laude atau distinguished student, dan sebagainya. Mengapa? karena, gw belajar lebih banyak dari apa yang bisa ditampung dalam penghargaan tersebut. Dan sebenarnya, gw nyadar sekali, gw ga layak dapat penghargaan gitu. Lha, banyak banget kok gw kurangnya.

Gw ga tau sih nilai gw berapaan, tesis gw berapa. Katanya tanggal 9 maret mau diumumin. Tapi berapapun nilainya, gw terima, karena gw tau itu yang terbaik untuk gw.

Gw belajar banyak selama 3 tahun ini. Terutama satu semester terakhir, bukan hanya mengenai sastra jepang dan nulis tesis dalam bahasa jepang, tapi di atas semuanya itu, belajar gimana tetap berjalan sekalipun kayaknya udah ga ada harapan. Ga gampang emang, tapi pengalaman ngerasain kayak gini, berharga banget. Jadi terinternalisasi dalam diri gw soalnya.

Di Jepang, ga ada halaman ucapan terima kasih untuk nyatain terima kasih kalo nulis tesis. Well, tapi itu bukan berarti gw ngerjain semuanya dengan kekuatan sendiri. Yang pertama mesti dibilangin terima kasih, ya pastinya Tuhan Sumber Segala Ilmu-lah. Dari Dia ilmu berasal, maka dikembalikannya mesti ke Dia juga. Bener-bener terima kasih Tuhan sejuta sekali ini mah.

Selanjutnya, tentu aja James dan Joanna. Bawa2 keluarga ketika studi emang repotnya makkkkk luar biasa, tapi di saar yang bersamaan, ngerasa bersyukur banget ada keluarga, ada yang ngedukung, bener-bener rasanya terhibur banget. Apalagi secara nyata, hari-hari di mana gw sibuk di kampus sampe malem bahkan dini hari, James yang asli 100 persen urus Joanna. Bapak dan suami teladan, meski sering membosankan (ampuuuuuun.....).

Trus juga, Mama, Papa, Ria dan seluruh keluarga James yang gw tau, selalu mendukung dan mendoakan. Hanya dengar suara mereka di telpon aja, gw mendapatkan lagi semangat baru untuk berusaha. Kadang suka lebay mau nangis tapi ditahan aja, nangisnya di hati aja ya bok, malu soalnya nangis di depan mertua (???).

Pak Kaleb dan seluruh jemaat  di GKRI, OIC, trus teman-teman di Bogor, yang selalu aja memberikan dukungan dan membuat gw ngerasa at home sekalipun terpisah jarak ribuan mil dari tanah air.

Ibu Kazuko, dosen pembimbing gw pas S2 di Indonesia dulu. Selalu kasih semangat, selalu ada di kala kuperlukan,  dan bikin gw nyadar bahwa emang studi Jepang di Indonesia perlu sekali dikembangkan biar makin maju. Bener-bener seorang sensei-lah ini mah.

Teman-teman di jurusan, terutama tutor gw, Fujimoto san, yang periksain bahasa jepang gw, bener-bener ngasih semangat banget, tulus banget. Semoga teman-teman master tingkat satu juga dalam setahun ini bisa nyelesain tesis. Aku dukung sejuta persen.

Dan....tentu aja Prof pembimbing gw, Prof Hirata, yang strict-nya minta ampun, yang teliti banget kalo ngebimbing, yang kata-katanya tajam menusuk, tapi di saat yang bersamaan, sangat peduli sama gw, dan kerja keras mati-matian demi mengembangkan diri gw dan berusaha semaksimal mungkin menarik semua potensi yang masih tersembunyi dalam diri gw. Banyak sekali yang gw pelajari di bawah bimbingan beliau, bukan hanya sastra jepang, tapi lebih dari itu, mengenai cara pandang terhadap suatu hal dan betapa kerja keras itu emang udah kunci deh kalo mau berhasil.

To educate atau 'mendidik', berasal dari bahasa latin 'educatio', yang artinya menarik potensi seseorang keluar dari dalam dirinya. Bukan ngejadiin seseorang biar dapat nilai paling tinggi. Ini ga ada hubungannya sama nilai.

Dear my Profesor, thank you so much for educating me. You are the best, dan suatu kehormatan dapat menjadi muridmu. Saya tahu, segala ketegasanmu, segala kekerasanmu itu, tujuannya cuma satu : demi membuat saya menjadi seorang manusia mandiri, yang kelak dapat memiliki kepakaran dan mempertanggungjawabkan kepakaran tersebut. 3 tahun ke depan, pasti didikanmu akan lebih keras, tapi semoga saya selalu mengingat bahwa semua ini dilakukan untuk memandirikan diri saya, sehingga kelak suatu hari nanti, saya juga dapat memandirikan orang lain.

Amin.

1 comment:

  1. Glad to hear that :)
    Semangat untuk perjalanan ke depan dengan DIA yang akan selalu menyediakan semua pertolongan dan kekuatan yang dibutuhkan!! Amin!

    ReplyDelete