Wednesday, February 15, 2012

Pengumumannya besok

Yuuuuhuuuuuuu.....

Tanggal 9 dan 12 Februari telah berlalu. Emang tanggal segitu ada apaan? Ya mungkin sih untuk sebagian besar orang, ini tanggal biasa2 aja, tapi ngga untuk gw. Karena...

9 Februari : gw sidang S2
12 Februari : gw ujian masuk S3

Trus hasilnya gimana? Sidang S2 sih ya udah jelaslah banyak bangeeet kritikan2 tajam. Semua gw terima dengan lapang dada karena emang nyadar banget, diri ini cemen super amat sangat dalam dunia akademik. Makanya, salah satu hal yang kuat memotivasi gw untuk terus ngelanjutin studi setelah S2 ini selesai, adalah karena ngerasa banget, gw ini masih jahhhhh cetek banget. Dan lewat pembuatan tesis kemarin, gw disadarkan abis2an bahwa gw ini sungguh kurang sekali belajar, jadinya pengetahuan juga ya gitu deh nyaris2 aja ngga tau apa-apa. Lha kalo udah gini, istilahnya ngapain gw ke jepang? cuma untuk makan takoyaki doang? Kalo mau makan takoyaki sih di jakarta juga banyak, ga usah jauh-jauh ke sini. Kayaknya sayang banget ya, udah jauh-jauh ke sini, pengetahuan ga nambah tapi berat badan nambah terus karena makan takoyaki melulu. Gw ngerasa banget sih, S2 ini gw ga maksimal, gampang nyerah, cengeng, minder dan segala sikap negatif lainnya. Abis-abisan gw dimarahin pembimbing, dan gw nyadarin, emang gw salah. Gw ga mau lagi ngulangin kesalahan yang sama. Maksudnya, gw mau ngejadiin belajar itu sebagai habit, bukannya yang sistem SKS gitu, dikebut dalam semalam. Gw ngerasain banget, kalo cuma terakhir-terakhir ngebut abis-abisan, mau udah kayak gimana juga ngebutnya, hasil ga akan langsung gemilang. Paling jadinya juga pas-pasan, kayak gw pas ngerjain tesis S2 ini. Ngerasa banget, waktu banyak kebuang sia-sia. Makanya, gw pingin kalo keterima di S3 ini, gw bisa nebus kesalahan gw selama ini yang ga belajar sungguh-sungguh tiap hari. Maksudnya di sini, bukannya dibudakin ma belajar ya, trus jadi ga punya kehidupan lain, tapi setidaknya kebiasaan belajar dan membaca itu mesti dijadiin habit. Trus harus training abis-abisan untuk terbiasa baca karya-karya sastra dalam bahasa jepang dan segala macam teori sastra dalam bahasa jepang atau inggris. Ya kalo ngga gini, selamanya gw bakal cetek melulu. Udah deh kalo ngomongin penyesalan mah, ga akan pernah habis.

Sidang S2 gw abis-abisan dikritik, semua gw terima dan gw iya-in. Bukannya ga berani defence atau apaan, tapi karena emang gw udah nyadar, ini tesis kacang banget. dan kacangnya itu adalah karena gw ga usaha mati-matian sejak awal gw datang ke jepang, 3 tahun lalu. Usaha abis2annya cuma satu semester terakhir doang, ya apa yang bisa diharapkan sih? Pembimbing gw aja sebenarnya udah ketar ketir, ini gw bisa nulis sampe batas deadline ga. Dia udah ngeri sebenernya, kalo gw ga keburu nulis tesis ini. Karena persiapan gw kurang abis. Tapi yahhhhh...yang paling penting, gw belajar sesuatu yang berharga banget dari nulis tesis ini. Yaitu....

1. Belajar itu mesti dijadiin habit, bukan dikebut dalam semalam
2. Baca banyak buku apalagi karya2 sastra, itu udah kewajaran dan kewajiban. Soalnya kalo kita ga ngisi diri kita dengan pengetahuan, giliran mau nulis, ga ada yang bisa dikeluarkan, akhirnya kosong gitu jadinya.
3. Percaya diri itu baru akan datang atau ngikutin kita, kalo kita udah kerja keras abis-abisan. Jelas aja gw ga percaya diri, soalnya emang ga usaha abis-abisan sih, jadi istilahnya, kita ga punya hak atau ga layak untuk percaya diri.
4. Seengganya mesti punya pengalaman usaha abis-abisan. Kalo ga pernah punya pengalaman usaha abis-abisan, ya kita ga akan pernah bisa maju. Gitu-gitu aja terus, standar abisssss....

Ya...itulah rangkaian point yang gw dapat sementara gw ngerjain tesis. Betapa emang kerja keras itu adalah syarat mutlak kalo mau mencapai kemajuan. Dan namanya juga proses, ga bisa instan. Nah gw ngerasa sayang banget, udah nyadar gini, tapi terus ga lanjutin. Akhirnya meski takut banget sih ya sebenarnya dengan studi S3 gini, tapi memberanikan diri aja deh gw, untuk terus lanjut.

Ujian masuk S3nya gimana? Ujiannya ada dua, yaitu ujian tertulis dan wawancara. Yang ujian tertulis, itu ujian bahasa jepang. Thank God, soalnya bisa gw pahami, jadi ada semacam wacana gitu, trus ditanya kanjinya apa aja, ini kata artinya apa, trus pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan wacana. Meski selesainya mepet abis sama batas waktu ujiannya, tapi syukurlah, soal-soalnya sebagian besar bisa gw jawab. Bagian ujian wawancara, yang ngewawancara ada dua orang, gw ditanya tentang penelitian pas S2, trus kira-kira apa yang dilakukan di S3, trus knapa pilih tema ini, ya seputar penelitianlah. Pertamanya grogi banget, trus jawaban juga muter-muter, tapi sedikit demi sedikit mulai bisa nguasain diri. Cuma, tetep sih, banyak juga jawaban ngalor ngidul gitu. Ya gw berusaha jawab-jawabin aja sebisa mungkin.

Pertanyaan terakhir sebelum wawancara usai adalah pertanyaan ini :

Jika seandainya kamu diterima di program S3 ini, lalu kamu lulus, setelah itu, di masa depan apa yang akan kamu lakukan?

Jawaban gw (keluar secara otomatis) : Saya mau pulang ke negara saya, ke Indonesia. Dan di Indonesia, jika bisa, saya ingin mengajar bahasa jepang di universitas.

Ditanya lagi : hanya bahasa jepang? Bukan sastra jepang seperti yang kamu pelajari selama ini?

Jawaban gw : Ya, sebenarnya saya ingin bisa mengajar sastra jepang, terutama sastra perempuan jepang. Di Indonesia belum banyak yang punya kepakaran ini. Saya berharap, suatu hari nanti, saya dapat menjadi seorang pakar. Saat ini saya benar-benar belum tahu apa-apa, karena itulah saya memutuskan untuk melanjutkan studi saya.

Wawancara selesai. Gw keluar ruangan. Lepas dari gimana hasil ujiannya, gw tercerahkan akan satu hal. Bahwa, memang inilah yang gw inginkan. Menjadi dosen sastra jepang di universitas, di Indonesia. Untuk setidaknya bisa sedikit mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selama ngerjain tesis, gw udah denial banget bahwa gw ga mau jadi peneliti, ga mau jadi dosen, soalnya kayaknya berat banget, untuk orang macem gw, impossible-lah ini bisa terwujud. Tapi setelah tesis ini selesai, sidang juga selesai, dan gw berada di penghujung studi S2 gw ini, gw bisa berpikir tenang dan jernih. Bahwa sesungguhnya, jauh di lubuk hati gw, emang ini yang gw inginkan. Dosen dan peneliti dalam bidang sastra jepang. Ngga berubah, sejak pertama kali gw menginginkan profesi ini menjadi kenyataan, yaitu sekitar 13 tahun yang lalu.

Jadi,harapan gw adalah, gw berharap supaya diterima di program S3. Supaya gw bisa memperbaiki kesalahan gw pas studi S2 kemarin dan abis-abisan menggunakan waktu sebaik mungkin untuk studi. Biar kelak ada ilmu yang bisa gw bawa ke Indonesia dan gw bisa sedikit kasih sumbangsih untuk bangsa tercinta yang sepertinya makin terpuruk ini.

Pengumuman keterima atau ngganya di program S3 adalah besok, jumat, 17 februari. Gw berharap, gw diterima. Amiiiin.

No comments:

Post a Comment