Thursday, February 16, 2012

Hari ini nihhhhh!

Pengumuman keterima ngganya S3 adalah hari ini. Berharap amat sangat supaya keterima,trus ntar perpanjangan beasiswa juga diapprove, jadi beneran bisa lanjut studi. Soalnya kalo pake duit sendiri, berat banget ya kuliah di Jepang, mahal pisan (menurut gw ya).

Kayaknya sih kira-kira gw udah mulai ngerti, mau ngambil topik apa untuk jenjang pendidikan selanjutnya ini. Kayaknya gw udahan ajalah neliti tentang kemarahan perempuan dalam karya sastra. Soalnya yang kemarin gw bikin itu, emang kacang berat jadi istilahnya diganti pun nothing to lose.

Jadi gw mau neliti apaan? Masalah lansia, dikaitkan dengan gender, dilihat dari karya sastra. Masih blur banget sih dan belum spesifik mau ke arah mana, tapi sekarang gw lagi mulai baca karya sastra yang temanya lansia, dan baca-baca penelitian terdahulu. Kapok abis soalnya, dulu kebanyakan nyantai, sekarang ga mau lagi kayak gitu, mungkin kalo S2 masih bisa dimaafkan tapi kalo ntar S3 begini terus masih males2an, ya gw rasa sih gw akan drop out ya bok. Atau, jadi mahasiswa abadi.

Kenapa gw mau ngeliat kehidupan lansia dalam karya sastra? Yaaaa....tidak lain tidak bukan, karena alasan yang sangat personal : gw ini pingin tau kehidupan Obaachan (nenek gw yang meninggal 3 tahun yang lalu) ketika jadi lansia di jepang ini kayak apa. Pingin tau sedikit aja, ngga bisa dengar dari orangnya langsung, ya gw cari-cari tau sendiri. Gw pingin tau, Obaachan dulu gimana sih ngejalanin hidupnya sebagai seorang janda, selama hampir 30 tahun, setelah di usia 67 tahun, ditinggal suaminya. Obaachan sendiri, meninggal di usia 93 tahun.

Emang alasannya personal banget. Tapi inilah yang terpikir terus sama gw. Apalagi setelah bertemu dengan karya sastranya Ariyoshi Sawako, yang berjudul "Kokotsu no hito" (dalam bahasa inggris, terjemahannya : the twilight years).

Yo wis, sekian dulu, ntar kabar-kabarin lagi. Gw mesti bikin bento untuk James nih!

No comments:

Post a Comment