Wednesday, December 8, 2010

Joanna Panjaitan cooking class

Sekarang lagi tengil-tengilnya gw n jojo  main kelas masak nih. Jadi ceritanya, minggu lalu itu Jojo disuruh bawa celemek n topi segitiga untuk masak. Lho, emang di daycare ada masak2an? ya lucu2an aja, ada acara mochitsuki, itu tuh acara bikin mochi, tradisinya orang Jepang. Acara mochitsukinya sih kemarin, 8 Des, tapi kita beli celemeknya udah dari minggu lalu. Belinya yang warna pink, gambar minnie mouse, trus topi segitiganya itu sebenernya hanya kain saputangan yang lebar, warna pink juga, dilipat bentuk segitiga. Ada juga ibu2 teman2 sekelas jojo yang pada bikinin celemek buatan sendiri lengkap dengan topinya, tapi aduh, gw ga bisa deh jahit2 gitu, mending beli jadi. Gw mah mendingan ngeluarin duit untuk beli celemek n topi deh,  daripada bikin sendiri. Ya bukannya apa2, seumur2 ga pernah gw jait baju, mesin jahit pun ku tak punya....

Si Jojo ini emang rada terobsesi dengan acara masak2. Dia sering liat di youtube, serialnya Betty crocker kitchen. Ada kelas masak bikin pancake, bikin cupcake, bikin cookies, ya tentunya yang bentuk2 lucu. Jojo udah bilang, dia mau bikin2 cupcakes bla bla bla gitu, tapi gw ngaku aja, ga sanggup, ga tau cara bikinnya. Kalo pancake sih bisa, karena udah ada adonan jadi, tapi ya gitu deh, bentuknya ngga sekeren yang punya betty crocker.

Trus sekarang nih anak lagi suka nonton VCD sesame street yang judulnya "magical cooking book", isinya ya tentang masak2 gitu. Di situ ada demonstrasi bikin pizza, sandwich, trus lumpia vietnam.

Nahhhh...berhubung Joanna udah punya celemek n topi segitiga, gw pikir, daripada mubazir hanya dipakai untuk mochitsuki aja di daycare, lebih baik diberdayakan juga untuk sok2an bikin cooking class di rumah. Awalnya, hari sabtu lalu, setelah Joanna divaksin influenza, kita sok2an bikin pizza di rumah. Udah gw janjiin kita akan bikin pizza, asal Joanna ga nangis pas divaksin. Beneran nih anak ga nangis, malah mamanya nih yang takut disuntik (udah bikin appointment sama dokter anak, bahwa gw akan ikutan vaksin influenza lagi, dua minggu dari sekarang). Urusan vaksin beres, kita cabut ke supermarket, belanja bahan2 untuk bikin pizza. Yang terutama gw cari itu adalah adonan pizzanya. Gw cari yang udah ready made, karena ya gw ga bisa bikin sendiri. Orang mungkin bilang, enakan home made daripada ready made...ya tapi sumpah, itu hanya berlaku di rumah tangga orang lain, kalo di rumah tangga gw, selalu lebih enak yang beli2 di luar daripada bikinan sendiri, mohon maklum. Udah dapet adonan pizza ready made-nya, trus selanjutnya, ya beli keju mozarella, paprika, sosis, jamur dan pasta tomat. Oke, siap untuk bikin pizza.

Pizza perdana kita cukup sukses, hanya kurang memuaskan karena kita lupa beli coca cola. Kayaknya alim banget aja gitu, makan pizza minumnya air putih. Si Joanna puas main masak2an ala betty crocker kitchen, terutama karena bisa pake celemeknya itu lho. Pas hari sabtu itu gw belum beli topi segitiga, belum ketemu soalnya.

Kemarin, 8 Des, ada acara mochitsuki di sekolahnya, semua anak daycare kayaknya tampil banget dengan celemek dan topi segitiganya masing2. Ada yang celemek motif anpan man, motif winnie the pooh, strawberry, shinkansen (bullet train jepang), usagi (kelinci), dll. Joanna cukup bangga kayaknya dengan celemek pink minnie mouse-nya. Biasa deh, anak2 jepang tuh dari kecil udah dikenalin sama barang imut2 yang lucu2, jadi kayak celemek juga, ya pasti membosankan kalo cuma warna serius aja tanpa ada gambar2 imutnya, so jojo juga mesti dikasih yang imut2 biar bisa saling pamer sama teman2nya. 

Pas gw jemput Jojo, dia kayaknya heboh banget nyeritain acara mochitsuki itu. Katanya dia ikutan bikin mochi, trus dipipil2, dikasih adonan kinako (sejenis kinca) dan dia nambah sampe 3 kali, kenyang banget katanya. Akhirnya muncul ide dadakan. Sekalian aja malemnya juga kita bikin2 apa kek gitu...sekalian untuk makan malam, biar seru2an aja.

So, bikin apa? Ya bikin pizza lagi, hahahaha, bisanya cuma itu soalnya. Sekalian sekarang ditambah juga dengan bikin garlic bread dan minumannya mesti cocacola dong. Jadi setelah jemput Joanna di daycare, kita berdua meluncur ke toko roti n supermarket untuk beli bahan2nya. Sebagian besar udah ada di rumah, jadi kita hanya beli adonan pizza, roti perancis dan paprika, plus cocacola tentu aja.

Sampai rumah, kita mulai beraksi. Bener2 ala betty crocker deh, dengan penjelasan cara masaknya segala. Ntar videonya diupload james di FB ya, gw ga tau caranya gimana soalnya.

Pertama2, bikin pizza dulu, trus sementara pizza dibakar di oven (microwave oven sih, bukan oven beneran), kita bikin garlic bread. Seru banget. Apalagi Joanna pake celemek pink n topi segitiga pinknya itu, bangga banget deh dia. Setelah selesai, ya kita santaplah. yummy banget! Ga nyombong, rasanya ga kalah sama yang di restoran. Garlic bread, pizza n cocacola....bener2 makan malam yang ga alim, tapi ga apa2lah ya....bosen hidup alim soalnya.

Ada satu obsesi Joanna tuh yang belum kesampaian, yaitu bikin cookies2 bentuk lucu2 gitu. Gw juga belum tau cara bikinnya gimana, tapi gw udah beli buku resepnya sih, resep untuk pemula gitu. Mudah2an berhasil deh, ga pernah manggang cookies gitu soalnya dan gw juga ragu, microwave oven gw ini bisa dipakai ga untuk cookies2an gitu. Sabtu ini kita mau nyari loyang tahan panas untuk manggang cookies, trus mudah2an deh ya, kalo gw udah masuk liburan musim dingin, kita bisa mulai bikin cookies2an ini. Udah resmi jadi batak banget dong ya, yang kalo natalan bikin2 kue gitu....masuk2in toples...tinggal beli bahan di pasar baru untuk bikin kebaya n ke salon di malam natal untuk dandan cantik dan tampil banget, resmi deh gw jadi batak sejati (note : di HKBP alias huria kristen batak protestan alias gereja orang batak, kalo malam natal, orang2nya emang pada tampil banget kalo mau ibadah, entah ke salon, entah pake kebaya)

Kalo dipikir2, seandainya gw di Indonesia, ga akan deh bikin2 yang kayak ginian. Selain males, semuanya tuh serba ribet. Contohnya aja, kayak mau belanja di supermarket. Di Bogor tempat gw tinggal, kalo mau beli2 bahan pizza atau adonan kue atau sejenisnya, mesti ke supermarket dulu, dan itu rada jauh dari rumah gw, ga bisa dijalanin dengan naik sepeda. Trus di indonesia tuh gw liat ga gitu banyak produk ready made, banyakan juga bahan2nya aja, trus kita bikin sendiri. Udah gitu kalo beli2 yang ready made, suka dikatain ga mau susah, ga mau repot masak, ready made ga enak dibanding home made, dll. Trus kalo musim2 natalan gitu, kalo ga bikin kue kering, suka ditanya2in sama relatives, mana nihhhh kue keringnya? kok natalan ga bikin kue? ya....yang sejenis2 itu deh. Jadi kayak masak2 gitu, bikin2 kue kering dan sejenisnya itu, kayak jadi kewajiban gitu, dan kalo ga bikin, kok kayaknya nista banget ya. Tau sendiri, makin dipaksa kan gw makin ogah, makin males, malah jadinya kesel. Ya gw mau bikin, mau ngga, terserah2 gw dong?

Dan alasan paling mendasar kenapa di Indonesia gw ga pernah bikin2 pizza, kue, dll itu, ya karena : di rumah ga ada oven!

Begitu hijrah ke Osaka, gw hidup hanya bertiga dengan J dan J. Mau ngapa2in juga bebas, meski sering kesepian juga. Hanya, hikmahnya tinggal jauh dari relatives itu, salah satunya adalah, kita jadi lebih bebas berkreasi tanpa mesti pusing dengerin omongan orang. Contoh sederhananya aja, kayak masak2 gini. Kalau gagal, yang tau kan ya hanya kita bertiga. Trus nih ya, kalo di Indonesia, kan ada asisten rumah tangga juga. Iya kalo ARTnya ga tengil, tapi kalo tengil, kok kayaknya suka mengintimidasi tuan rumah yang nyoba2 mau masak. Gw ga tau orang lain gimana, tapi pengalaman gw mah ya gitu, jadi segan mau masuk dapur karena malu sama asisten rumah tangga. Norak sih gw, tapi ya ini kenyataannya. Di sini, karena ga ada ART, jadi ya suka2 gw-lah, kalaupun gagal masak, ya hanya Tuhan dan J dan J yang tau.

Si Mama tuh orang yang sama sekali ga suka masak. Makanya dari dulu, kita tuh sering banget beli2 makanan di restoran atau delivery atau makan di luar (asyik kan jadi gw n Ria?). Cuma gw inget banget, waktu gw masih kecil, gw tuh sebenernya merindukan bikin2 kue natal atau sejenisnya gitu sama Mama. Tapi ya karena Mama ga suka masak, ga pernah deh tercapai impian masa kecil gw itu. Makanya, itu juga yang bikin gw sekarang niat banget berusaha memenuhi obsesi Joanna sama masak2 ala cooking class gini. Untungnya kita tinggal di Jepang, yang bebas ribet urusan masak memasak, jadi kita ada di lingkungan yang bikin kita lebih bebas berkreasi.

Jadi nantikan cookies2 cantik karya Joanna dan Rouli ya! (jangan gagal dong please, sukses dong please...kalo gagal, ntar cuma gw yang makan soalnya, J dan J pasti ga mau....cuma mau langsung dibuang juga sayang banget....)

No comments:

Post a Comment