Sunday, December 19, 2010

Drama natal sekolah minggu, christmas party, dan sesudahnya....

Thank God! Drama natal sekolah minggu selesai dipentaskan hari ini dengan selamat. Lega banget gw! Gileeee...kemarin tuh biar keliatannya tenang2 aja, sebenernya gw deg2an banget sampe ga bisa tidur. Mana james ngorok kenceng banget lagi. Akhirnya tidur juga sih, setelah sejam kali bolak balik resah di atas kasur. Ternyata, guru2 sekolah minggu lain juga pada ga bisa tidur gitu, malah ada yang lebih parah tidurnya jam setengah dua, bahkan ada yang baru tidur jam setengah tiga pagi, hahahaha. Masih mending gw dong, ya berhasil tidur jam satu pagi. Ternyata biar pada sok tenang, semuanya pada ngeri di dalam hati.

Untuk dramanya, meski masih jauh banget dari sempurna, tapi jauh lebih bagus daripada pas rehearsal. Ini penampilan terbaik kita deh dari sekian banyak latihan. Kalo dari segi kualitas emang masih jauh banget ya dari GKRI Bukit Sion Bogor, asli jauh banget. Secara di sini tuh baru pertama kalinya ngadain drama yang rada2 ngelibatin banyak orang, plus budaya di gereja sini juga, yang kurang disiplin kalo pelayanan. Ga bisa nerapin spartan2an ala GKRI, bisa2 orang2nya cabut semua. Untuk disiplin, sekolah minggu GKRI BSB mantep banget deh, gw acungin jempol abis.

Tapi bikin drama gini emang ga bisa instan sih ya. Semuanya butuh proses, belajar terus dan akhirnya akan ketemu bentuknya. Kalo dari segi kerjasama, untuk sekolah minggu OIC, gw acungin jempol banget. Semua guru berlomba-lomba nawarin bantuan. Inisiatifnya top deh. Semua ngerasa mesti ngerjain sesuatu, semua ngerasa mesti ambil bagian. Di tengah minggu kita biasanya koordinasi via email atau telepon. Maka bisa dipastikan, karena semuanya bener2 kerja keras, tidak ada episode gw nangis sendirian di bulan desember, saking stressnya mikirin drama natal. Yang bener2 bikin gw terkesima, itu guru2 semuanya pada ga bisa tidur sehari sbelum hari H, saking groginya mikirin drama natal. Ini kan berarti semuanya menganggap serius nih drama.

Jujur gw katakan, sekarang nih kita belum nemuin bentuk yang pas untuk drama natal di OIC Sunday School ini. Masih nyari2. Kayak SM GKRI BSB pun, butuh waktu 3 tahun sampai akhirnya mulai established, 4 tahun sampai anak2nya mulai disiplin, 5 tahun sampai anak2nya bahkan bisa mencipta sesuatu sendiri. Untuk OIC SS, gw ga tau berapa lama butuh waktunya, but I will give my best here. Bukannya ngga cinta GKRI BSB, cinta banget2 gw, tapi sekarang gw jauh dari GKRI BSB, yang ada di depan mata gw adalah OIC SS, dan itu yang jadi bagian pelayanan gw, jadi untuk OIC SS-lah sekarang aku akan berkarya. Tentu saja dengan terus menghargai GKRI BSB di dalam batinku.

Ntar gw upload di FB ya, foto2 drama natal n christmas partynya. Drama natalnya ada videonya juga, ntar gw upload juga (minta james sih, gw kan gaptek).

Syukurlah si Joanna hari ini kooperatif, ngga nempel terus sama gw. Disuruh duduk bareng anak2 lain mau, ikutan nari juga mau. Joanna ini kan anaknya rada unik, suka ga ketebak tau2 gimana. Kayak tadi pas nari, awal2 semangat banget nari. Trus pompomnya lepas. Nah, dia lari keluar panggung minta benerin pompom. Trus masuk lagi. Trus bengong dulu beberapa saat di panggung. Bete2an bentar. Udah gitu, moodnya bagus lagi, dia semangat lagi. Dan mulai nari lagi (meski pas bagian jongkok, asli itu jongkoknya kayak di warung kopi, gila batak bangeeeet....ngejogrok sila kaki satu di atas panggung, ntar liat deh videonya). But thank God, dia mau tampil. Pas minggu lalu rehearsal kan, dia ngadat abis tuh. Ngajak2 gw ke panggung, trus terakhirnya nangis2. Padahal gw mesti mimpin rehearsal. Riweuh abis deh pokoknya. Makanya gw berharap banget Joanna kooperatif hari ini. Syukurlah nih anak cukup bisa diajak kerjasama hari ini.

Setelah selesai drama natal, acara masih lanjut terus. Ada sunday school sementara yang jemaat umum ikutan kebaktian di lantai bawah. Semua guru sibuk mikirin drama natal, akhirnya acara sunday schoolnya rada berantakan. Sementara yang satu cerita, yang lain bikin games dadakan. Untung berhasil, anak2 ga ngerasa garing. Setelah selesai ibadah umum, jam satu siang ada acara christmas party untuk anak-anak. Tadinya acaranya itu mau dimulai jam setengah dua, tapi jam satu, anak2 udah pada ngumpul semua. Trus tampang2nya udah yang pada kelaparan gitu. Cuma, anak2 remaja yang mau koordinir acara party ini belum pada datang. Akhirnya diputerinlah DVD. Eh itu TV n DVDnya ngadat lagi. Mana kita guru2, semuanya ibu2 gini, pada gaptek. Sampai akhirnya manggil pendeta untuk minta benerin tuh DVD player. Udah pada norak deh, panik berat itu DVD player ga bisa dipake, tapi ngga ngapa2in. Setelah pendeta turun tangan, tuh DVD bisa nyala lancar. Selesai nonton, ada doa pembukaan, nyanyi satu lagu, trus makan bareng. Selesai makan, ada games, seru juga. Trus nyanyi satu lagu, bagi2 kado, trus doa penutup. Anak-anak semuanya pulang dengan muka happy. Guru2 pulang juga? Ngga. Kan mesti beres2 ruangan. Biar badan udah kayak mau patah gitu, tapi semuanya langsung ngerjain apa yang bisa dikerjain, jadi lumayan cepatlah tuh ruangan bersih dan sampah2 dibuang, mungkin sekitar 15 menit, ruangan udah bersih. Apalagi para orangtua murid dan beberapa orang dewasa yang ikutan acara party ini juga ngebantuin, jadi makin cepet selesainya.

Selesai beres2, akhirnya kita pulang juga. Joanna ngadat ga mau pulang, katanya masih mau main sama anak2 lain, mau ikutan main di taman depan gereja. Gw udah ga kuat jagain joanna main, akhirnya gw ajak pulang. James juga udah yang remuk banget badannya gitu, karena dari pagi dia juga main musik n nyanyi di paduan suara, trus jagain joanna pas lagi acara christmas party. Marah2 sih joanna, tapi akhirnya mau pulang juga. Gw bilang aja ntar dibeliin eskrim. Man, saat2 kayak gini, butuh banget nyogok anak, taruhannya badan gw soalnya! (jamin, kalo ngikutin maunya joanna main di taman, gw bisa2 pingsan di situ kali saking capeknya).

Perjalanan pulang membutuhkan waktu satu setengah jam (emang gereja kita ini jauhnya amit-amit dari tempat kita tinggal). Kita berhenti di tengah2 perjalanan untuk makan malam (udah males banget masak soalnya, maunya urusan makan selesai dulu, pulang ke rumah tinggal mandiin dan kasih susu ke joanna, lebih ringkas jadinya). Gw makan banyak banget, joanna ga abis makannya gw yang ngabisin, eskrim joanna sebagian gw yang ngabisin, plus gw mesen kue juga, lagi. Aku genduuuuuuuut lagiiiiiiiiiiiiii!!!!!!!

Sampai di rumah, tentu aja gw n james ga bisa langsung istirahat, secara joanna ga mau tidur, maunya main2 dulu. Ya udahlah ya, meski badan remuk redam gini, namanya juga udah punya anak, namanya juga budak seumur hidup, wajar kalo ga bisa nuntut waktu istirahat selama puan joanna masih segar bugar. Buru2 aja gw mandiin nih anak, trus gw juga mandi biar ringkes deh, trus liat2 foto n video drama tadi pagi, dan dengan malas2an meladeni joanna main kasir2an (oh sumpah, main kasir2an adalah hal terakhir yang ingin kulakukan di kala badan remuk gini, tapi apa daya, namanya budak, mesti selalu siap sedia melayani sang puan!!!!).

Jam setengahsembilan, setelah joanna minum susu, pipis, sikat gigi, akhirnya kita bersiap untuk tidur. Berdoa, trus jam sembilan kurang mulai memejamkan mata, joanna masih mencoba bertahan untuk tidak tidur, gw udah naik ke kepala pengen marah sebenarnya, tapiiiiii...oh, sing sabar, sabar, tarik napas.....masalahnya kalo gw marah sekarang, malah lama lagi ntar nih anak tidur.......dan finally, thank God....pukul 21.15, anak ini terlelap. Barulah saya dapat menarik napas lega.

Inilah bedanya belum punya anak dan udah punya anak. Kalo belum punya anak, selesai berkegiatan seharian, begitu tiba di rumah, kita bisa langsung istirahat. Kalau udah punya anak, biar capek minta ampun, sepanjang anak masih bangun, ya kita ga akan bisa istirahat karena mesti ngeladenin sang anak. Nyebelin? Tentu aja. Gw sih jujur2an aja deh ya, karena gw bukan ibu goody2 yang selalu bahagia urus anak gitu. Kalo nurutin maunya gw mah, sampai rumah, ya langsung tidur. Tapi kalo udah jadi orangtua, ga akan bisa tuh ya nurutin maunya diri sendiri, semua2nya ya mesti nyesuain sama anak. Bete? Tentu saja. Tapi bahagianya juga banyak kok, I guarantee you (bukan di bagian ga bisa istirahat ini ya, ini mah nyebelin tentu saja). Ntar aja kita cerita2 tentang sukanya punya anak, dalam postingan yang lain, okraina?

Hari ini memang melelahkan, tapi juga sekaligus menyenangkan. Lebih tepatnya : lelah fisik tapi puas batin. Alhamdulilah!

No comments:

Post a Comment