Saturday, January 1, 2011

Happy New Year!

Ga kerasa, udah 2011 aja gitu....hmmmm, semoga tahun kelinci emas ini membawa kebaikan bagi kita semua. Amiiiiin ya robal alamiiiin.....

Happy new year folks! Tahun baruan gw di Osaka sih biasa aja, bertiga aja dengan J dan J. Meski hanya bertiga, tapi biar kerasa suasana festive-nya, kita makan2 agak istimewa. Makan pizza, garlic bread, trus batagor. Minumnya cocacola (gw n Joanna), bir (james). Dan tentu aja cemilan2 yummy seperti lotte choco pie, moonlight cookies, kitkat. Btw, itu makanannya gw bikin sendiri bo (nyombong). Kalo pizza, rotinya sih udah ready made, ga bisa bikin sendiri soalnya. Jadi hanya tinggal naburin keju, saos tomat, sosis haram (babi soalnya), jamur, paprika. Kalo garlic bread, nahhhh bukannya gw belagu ya, tapi sumpah, rasanya ga kalah dengan yang di pizza hut. Kalo batagor, terlalu banyak tepung kanjinya ya, tapi apa daya-lah, setidaknya bisa mengobati kerinduan terhadap batagor boba, meski tentu rasanya beda jauhhhhh abis, batagor boba kan juara banget soalnya. Bumbu kacangnya sih udah punya yang ready made,bawa dari Indonesia, tinggal dicairin dengan air panas aja.

Tau sendiri deh orang batak, kalo tahun baruan mesti meriah. Gw sih sebenernya ga gitu peduli dengan tahun baruan gini, karena gw kan batak gadungan, suka males ngerayain tahun baru, nah tapi james tuuuh, dia kan melow abis ga bisa ngumpul2 sama keluarganya minum kopi susu n makan saksang. Ya udahlah, biar berasa sedikit batak2nya di osaka ini, diciptakanlah suasana batak itu, yaitu masak2 sendiri. Tau sendiri dong, batak kan anti gitu kalo beli2 makanan dari luar, pokoknya mesti bikin2 sendiri gitu dehhhh....untung aja gw ga sok2an bikin kue kering (sejak kue kering gw itu jadinya malah kue basah, gw rada trauma dengan segala hal yang menyangkut kue kering, mending beli moonlight cookies aja, lebih enak jauhhhhhh daripada sok2an bikin sendiri). Trus si Joanna diajakin begadang juga, kuat dia sampe jam setengah dua baru tidur (sore2 disuruh tidur dulu sekitar 2 jam).

Jam 12 malem teng! pas pergantian tahun dari 2010 ke 2011, kita berdoa bareng (tradisi bataklah itu, it's a must, jangan harep deh ya, tahun baruan hura2 ceria, ga akan diijinkan tuh sama james), dilanjutkan dengan mandok hata (itu tuh kata sambutan ala batak, jadi tiap orang mesti ngomong curhat2 gitu deh, plus harapan di tahun baru ini maunya gimana). Si Jojo aja disuruh juga mandok hata. Trus ya ngomongnya itu mesti pake aku2an gitu deh, pokoknya batak banget. "Jadi....menurutku tahun 2010 itu...harapanku di tahun 2011...." Ohyeeeee.....kayaknya sampai kakek nenek, tahun baru ala batak adalah teteup...mandok hata...ga ada acara lain, yawwww.....(cuma di osaka gini, suhu udah dingin banget, pas malem tahun baru aja, sekitar 1 derajat celcius, lha siapa juga yang mau jjs di luar? ogah dehhhh...)

Yang bikin galau di tahun 2010 adalah james belum dapat kerja, nyoba2 mau sekolah lagi, ga keterima, trus nyoba2 wawancara kerjaan, juga gagal. Bahasa jepang james juga masih garing, ga bisalah dibawa untuk cari kerja. Gw sebenernya ga masalah kalo ga dinafkahi, gw bukan perempuan yang menganggap bahwa yang mesti cari uang untuk keluarga adalah suami. Menurut gw, nyari uang untuk keluarga itu, adalah kewajiban suami dan istri, sama dengan ngurus anak juga, itu pun kewajiban suami dan istri. Makanya, kalo saat ini James belum punya kerja, concern gw itu bukannya gw bete karena ga dinafkahi trus ga bisa minta ini itu, tapi gw pengen james tuh dapat kerja supaya dia bisa berkembang sebagai seorang pribadi. Gw ngga mau kalo hanya gw atau joanna aja yang berkembang, maunya kita bertiga, satu keluarga, semuanya berkembang. Kalo ngeliat si James tuh di rumah aja, gw ngerasa kayak sebagian diri gw juga rasanya mati. Secara materi, meski kita ga bisa foya2 hidup mewah, tapi dari uang beasiswa dan uang kerja sambilan, plus sedikit tabungan untuk jaga2, kita bertiga masih bisa hiduplah. Makanya alasan utama gw pengen James segera dapat kerja, adalah karena gw ingin James bener2 berkembang secara individu. Kesian banget gitu lho, suami dan bapak sebaik ini, ga pernah mukul anak istri, selalu nomersatuin keluarga, nemanin istrinya kuliah karena anggap studi di jepang ini penting untuk istrinya, ngurus joanna dengan sepenuh hati....trus masa orang sebaik ini berakhir sebagai seorang pengangguran? dan james itu kan meski bukan yang brilian2 amat, tapi juga bukan yang bodoh2 amat. Lulusan UI dan demi kuliah aja, bapak dan mamak jual sawah. Hadeuuuuuh.....kalo bayangin ini semua, please deh....pingin banget James bisa segera dapat kerja lagi. Mohon doa restu ya teman2 semua.

Meski bikin galau, tetap aja harus dihadapi ya. Berusaha tetap, biar james dapat kerja, tapi gw juga tau, ga boleh maksain. Makanya, kalo ternyata 2011 ini belum waktunya james untuk dapat kerja, gw berharap kita bertiga, khususnya james, tetap diberi kesabaran dan kekuatan untuk menerima keadaan ini.

As for me, 2011 adalah tahunnya gw mesti bikin tesis. 4 kali defence, bulan maret, juli, oktober, desember. Trus nyerahin tesis yang udah jadi ke tata usaha sastra tuh bulan januari 2012, trus bulan februari 2012-nya sidang, nah maret 2012 wisuda. Kalo lancar, beasiswa juga ga ada masalah, bisa lanjut, trus lulus ujian masuk S3, maka april 2012, gw udah masuk ke program S3. Lancar dong, lancar dong, lancar dong pleaseeeeeee.....

Yang gw takutin, beasiswa gw ga diperpanjang. Kan pelamar untuk beasiswa S3 mombusho, hanya diambil 50 persennya aja dari total seluruh pelamar di satu universitas. Mudah2an aja gw termasuk yang 50 persen yang diperpanjang beasiswanya. Kalo ngga, ga tau deh, asli ga tau deh gw mesti gimana. Bayanginnya aja udah pengen nangis. Setahun ini gw ikhlas mati2an ngerjain tesis untuk nunjukin keseriusan gw bahwa gw bener2 mau melanjutkan studi sampai jenjang S3. Semester ini asli gw ga pernah bimbingan sama Hirata nih. Sampai akhir januari, setidaknya mesti ketemu dulu deh sekali sama beliau. Gila, ini defence gw bulan maret, gimana coba nasibnya, kalo ga pernah bimbingan satu kali pun.

Kayaknya bakal menyeramkan nih ya tahun 2011. Seram ga seram, waktu tetap akan terus berjalan, ga bisa dihentikan. Tau sendiri deh waktu, kejamnya amit2. Gw tau, gw ga bisa ngimbangin kemahakuasaan waktu, tapi gw juga akan berlaku sekejam2nya yang gw bisa terhadap diri gw sendiri. Ya...kan hanya orang yang berani melawan dirinya sendiri, yang akan berhasil dalam hidup? (kata2 si Papa tuh).

"Jangan takut untuk hidup." (kata2 si Papa juga). 2011, saya siap bertualang denganmu!!!!!

No comments:

Post a Comment