Tuesday, September 14, 2010

Fenomena Blackberry

Satu hal yang sangat menggelitik gw ketika pulang kampung ke tanah air tercinta ini adalah menjumpai fenomena blackberry (kita singkat FBB aja ya) yang marak abis. Kayaknya BB udah kayak kacang goreng ya di sini...semua pada pake BB, sementara gw, bahkan wujud BB pun baru gw liat setelah tiba di Indonesia. Gw ga berani nanya, itu BB ya? saking ngeri dikira konyol. Makanya, diam2 gw amati itu HP2 BB, dan akhirnya gw menarik kesimpulan, oh itulah yang dinamakan BB, seperti inilah benda yang sedang heboh di Indonesia ini.

Saking penasarannya gw, kenapa BB ngetop abis di Indonesia, akhirnya gw nanya sama salah seorang sepupu James, kenapa sih BB ngetop berat? Jawaban yang muncul adalah :

1. I-phone kemahalan, jadi penggantinya adalah BB
2. Ada feature BBM alias blackberry messenger, jadi bisa chat everytime everywhere
3. Paket murah, unlimited bisa internetan, hanya dengan membayar 80 ribu rupiah perbulan

Untuk ukuran smartphone (cieee, gw tau kata ini dari james, maklumlah gw gaptek), emang BB termasuk murah, kata Ria, tipe gemini harganya 1,7 juta rupiah. Tipe paling mahal apaan dong, aries aja ya? itu kan zodiak gw (garing banget ga sih gw?). Dan, kata James juga, Indonesia termasuk 5 besar pangsa pasar BB. Gileeee maneeeeeh.....

Gw bukannya anti BB atau anti kemapanan atau sejenisnya. Ngga sama sekali. Cuma, gw miris aja, asli, ngeliat anak2 sekolahan pada pake BB dan menjadikan BB ini sebagai simbol status atau sejenisnya. Menyitir postingan di blog Nabila (mungkin yang lain taunya Dian ya, tapi dari dulu gw manggil Dian ya Nabila, jadi gw panggil tetap Nabila aja ya), yang ngebahas pergaulan anak2 SMP dan SMA masa kini, yang kalo ga punya BB, langsung dicoret jadi anak gaul....dan ga bisa masuk geng cool (menurut anak2 SMP n SMA), karena ga bisa BBM'an....setelah tiba di Indonesia ini, gw baru ngeliat parahnya FBB di Indonesia ini. Semua orang sibuk dengan BBnya masing2, jadi eksklusif sama tuh BB, kayaknya komunikasi juga ngga langsung dua arah gitu, tapi all done by BB banget deh. Ya terserah2 aja sebenarnya, tapi can you guys do something, more than just BBM'an all day? Sayang banget hari demi hari ini jika diisi dengan BBM'an melulu.

Kalo para eksmud yang emang harus selalu terhubung ke inet, ya emang wajar pake BB. Yang parah adalah anak2 remaja ini, yang ngerasa gamang kalo ga punya BB karena takut ga dianggap keren. Oh, what a pitty, demi biar dianggap keren, harus punya BB, itu mah asli krisis identitas. Amit-amit, keeksisan seseorang ditentukan dengan punya BB atau ga? Ngga ada ya, patokan yang lebih intelek daripada mengukur eksis ngganya seseorang dari punya BB atau ngga-nya? ya ngapain kek, misalnya ikutan lomba dance kek, KIR kek, apaan kek, kalo mau eksis mah. Bukan BB yang dipamer2in, apalagi kalo sampe ngerengek2 ke ortu minta BB, trus ngambek kalo ga dikasih. Terus terang aja, gw ngga setuju sama ortu2 yang luluh gitu aja ngasih anak2nya yang masih SMP n SMA, punya BB. Gw bilang sih, kalo mau beli BB, belilah dengan duit sendiri, kalo emang pengen banget2 mah. Ga usa ngerongrong ortu. Dan ortu juga mesti tegas bilang ga usah pake BB. Ya, tapi itu kan pendapat gw ya, masing2 ortu pasti punya cara masing2 dalam menanggapi permintaan anak2nya.

Gw emang ga eksis di dunia ini, gw nerd, garing, ga menarik, duafa, dan sebagainya...tapi gw juga ga mau, hanya demi sebuah keeksisan, gw beli BB, trus gaya2an gitu. Ngapain? Mending uangnya gw pakai beli nasi padang sampe mabok! (ini di sini gw udah jajan nasi padang gila2an nih, sadis banget deh makan gw) atau beli baju kek, beli tas kek, atau...ini nih yang rada alim....beli buku2 kuliah (tsaaaaah...). Ohhh janganlah menggantungkan keeksisan kita pada sebuah benda mati, karena percaya deh, eksis semu model gini, ga akan everlasting adanya. Bagi setiap abg2 yang tetap berjalan dengan langkah tegak dan penuh kebanggan meski ga punya BB, gw nyatakan : salut!

No comments:

Post a Comment