Tuesday, September 7, 2010

Marriage Life (ikut-ikutan Ria)

Jujur, ini gw sok-sok'an nge-post sebuah postingan yang sama dengan yang Ria tulis. Gw akui, gw ikut-ikutan. Tapi ceritanya mah ga sama kok, ya iyalah, gw kan ga nikah sama Ko Andy!

Tulisan ini gw tujukan untuk siapa aja yang baca nih tulisan, tapi terutama banget, untuk diri gw sendiri sebenarnya. Biar gw selalu mensyukuri pernikahan gw dan segala suka duka yang ada di dalamnya. Mumpung gw baruuuu aja "merayakan" 5 tahun menikah dengan James (3 september 2010), jadi ya anggaplah tulisan ini sebagai napak tilas 5 tahun gw nikah sama James Edison Panjaitan, anak rantau batak asli dari Kisaran. Ohya, btw, meski dibilangnya "merayakan" 5 tahun pernikahan, jangan dibayangkan itu ngerayainnya dengan romantis2an ala putri raja gitu....kita hanya makan2 di lapo ni tondongta sama bapak, mamak, dan bang richard kok, itu juga bang richard the lion heart lagi, yang bayarin, hehehe....

Gw tuh kenal James pas sama-sama ikut Paduan Suara POSA UI, pas masih jaman kuliah dulu. Umur gw 21 tahun pas itu. Gw kasih tau aja ya, gw tuh orangnya dari dulu paling males sama cinta-cintaan, pacar-pacaran. Ya males aja gitu. Ada sih naksir-naksir orang, tapi gw bukan tipe perempuan yang berjuang banget deketin cowok, apalagi nembak, ga ada deh di kamus gw. Gw tuh dari jaman SMP dan SMA, sampai akhirnya kuliah, kebanyakan ngabisin waktu gw sama teman-teman gw yang semuanya tuh perempuan. Iya, asli perempuan, dan nerd, hahahaha. Kita bukan golongan anak gaul di sekolah, ikut OSIS juga ngga, ikut ekskul2 gitu juga ngga. Kita main bareng, asyik sama dunia kita sendiri, dan ngga ikut-ikutan dugem, hedon, dll ala anak2 SMA gaul gethoooooo....pokoknya kita tuh nerd abis deh! Teman-teman gw ga banyak, soalnya gw emang sifatnya tuh ga gampang akrab sama orang baru, dan hanya ngerasa nyaman sama orang yang emang gw ngerasa dekat. Jadinya, teman2 gw itu jumlahnya bisa dihitung dengan jari, ada berapa orang. Jumlah boleh dikit, tapi kalo kualitas persahabatan mah jangan ditanya. Terutama sama teman2 SMA, gw terus berhubungan dengan mereka. Kemarin aja baru ketemu sebagian dari mereka. Mereka tuh orang-orang sederhana, apa adanya, ga neko-neko, dan berjuang menjalani hidup dengan cara masing2. Emang di antara kita tuh ga ada sih yang gaya2 borjuis gitu. Penampilan juga ngga modis sama sekali, asli biasa aja. Tapi berada bersama teman2 SMA emang paling asyiklah, karena ga perlu ada tempelan ini itu, asli seru banget.

Nah, makanya itu, jauhlah kami semua dari yang namanya pergaulan khas anak SMA kayak putus nyambung pacaran, backstreet, jalan malem2 dan sejenisnya. Tau, ga, itu teman2 SMA gw, dan termasuk gw juga, pada nikah dengan pacar pertama dan terakhirnya! Ga ada yang punya sejarah pacaran berkali2. Terus, gw amati, itu tipe2nya semua sama kayak  James, laki2 sederhana yang baik budi dan tidak sombong. Gila, serius banget ya hidup gw dan teman2 gw ini, hahahahaha.....

Iya, jadi intinya adalah, gw ketemu James pas umur 21 tahun, trus setelah pendekatan selama setahun, James ngajakin jadian. Gw iyain, tapi sebenernya gw terus terang aja, ga ngerasain sih cinta pertama ala novel percintaan gitu. Gw tuh ga ngerasa deg2an-lah, apalah sejenisnya itu. Yang gw rasain tuh ketenangan bagai danau tak berombak yang teduh dan tenteram, meski terkadang, berada dalam ketenangan seperti itu setiap saat, adalah membosankan. Memang ga ada letupan-letupannya, tapi dari pertama kali gw pacaran sama James pun, gw tau, emang bener, kalo mau nikah, ya nikahlah sama laki-laki ini, karena James ini tipe laki-laki yang cocok untuk diajak menikah, bukan untuk pacaran main-main.

Dan emang bener begitulah adanya. James tuh emang asli laki-laki serius, dia pacaran sama gw, tujuannya adalah untuk nikah sama gw. Biasanya kan cowok suka takut tuh diajak komit serius, ini mah kayaknya terlalu serius deh. Ga usah diajak2 komit, dia udah dari awal bilang, katanya pacaran sama gw, tujuannya mau nikahin gw. Padahal gw ini asli cewek rese banget lho, suka bete-bete gitu sama James. Gw pacaran sama James, selama 6 tahun, dengan 1 tahun di antaranya adalah long distance relationship alias hubungan jarak jauh, karena gw sempat ke Jepang selama setahun, ikut program japanese studies (program beasiswa mombusho untuk mahasiswa S1 sastra jepang, yaitu belajar di jepang selama setahun untuk memperdalam bahasa dan sastra jepang. Beda dengan program beasiswa mombusho untuk pascasarjana yang gw ikutin sekarang, yang setahun ini mah asli seneng2, nyantai, hedon abis pokoknya, ga ada beban!). Pas setahun di Jepang itulah, gw mikir mau lanjutin kuliah pascasarjana lagi di Jepang, tapi gimana gw bisa lanjut, kalo gw nikah sama James, semua akan terhalang? Jujur, saat itu gw menganggap James sebagai penghalang cita-cita pribadi gw, bahkan gw berpikir untuk seumur hidup terus aja hidup melajang, ga nikah, jadi bisa mengabdikan diri pada ilmu pengetahuan, ga ribet sama urusan pernikahan dan membangun rumah tangga. Kebayang di otak gw, kalo udah nikah, apalagi punya anak, gimana mau ke Jepang lagi. Apalagi James tuh ngga setuju gw ke Jepang lagi, karena dia mikir, kalo udah nikah, masa hidup kepisah2. Sementara dari James, ga ada niatan untuk merantau ke Jepang. James tuh bukan tipe orang yang suka sekolah lagi. Bagi dia, yang penting punya keluarga, anak, istri, punya kerjaan yang bagus, yang cukup untuk menafkahi keluarga, beres. Tapi gw pribadi, emang jujur aja, pengen sekolah lagi. Panggilan hidup soalnya, bukan ambisi sok2an mau dapatin gelar. Karena, pas di Jepang selama setahun itu, gw akhirnya mantap untuk menghabiskan sisa hidup gw dengan berkarir di dunia pendidikan, tepatnya di dunia pendidikan tinggi sastra jepang. Dan jalan untuk menjadi yang terbaik di bidang itu, ya ngelanjutin studi di Jepang. Kalau akhirnya ga bisa ya udah, tapi setidaknya nyoba dululah.

Tapi James ga setuju gw sekolah lagi. Dan gw sebel James ga setuju. Dan gw ga mau nikah sama orang yang menghambat cita-cita pribadi gw. Jadi, daripada gw pusing, di Jepang, lewat telepon, gw ngajakin James udahan. Si James ga mau, tapi gwnya udah keburu males. Tapi dia bilang, ga mau putus. Ya udah, gw iya2in aja, soalnya males ribut di telepon, biaya mahal. Makanya tuh, orang mah pulang ke tanah air ketemu pacarnya seneng, ini mah gw males2an. Maunya diem terus aja di Jepang, lanjut lagi kuliah. Dalam hati gw mikir, alangkah enaknya kalo bisa jadi lajang seumur hidup, ga usah nikah, ga usah pusing urusin keluarga, bisa nyantai seumur hidup.

Sampai di Indonesia, gw males-malesan sama James. Putus ngga, tapi pacaran juga males. Gantung juga ngga sebenernya. Ga jelas ini namanya apa. Tapi kerjaannya, tiap ngebahas antara pernikahan dan sekolah lagi ke Jepang, pasti berantem gila melulu. Cuma, biar keadaan udah memanas gini, gw tau, sebenernya, tindakan gw kalo putus sama James tuh adalah tindakan yang salah. Karena, ini semua hanya berdasarkan cita-cita pribadi gw semata, yang bahkan belum keliatan banget realisasinya. Gw hanya dikuasai ketakutan gw bahwa kalo gw nikah, akan berakhirlah hidup gw dengan berada di dalam satu penjara bernama rumah tangga, akan hilanglah jati diri gw sebagai Rouli yang Rouli, dan akan tamatlah gw "hanya" sebagai istri James dan kelak (kalau Tuhan mengijinkan), ibu dari anak James dan Rouli. Makanya gw males. Kayaknya, pas jaman itu, pas umur gw 25an tahun itu, udah tumbuh bibit2 feminis dalam diri gw, sekalipun jaman itu gw belum paham betul apakah itu feminisme, apakah itu kesetaraan gender, dan sejenisnya.

Pas bingung-bingung gitu, satu hari gw tanya Papa, sebaiknya harus dibagaimanakan-kah hidup gw. Si Papa ngga menggurui atau nasehatin macam2, beliau hanya bilang : "Kalau mau putus, mending buru-buru aja putus, biar selesai semuanya, dan jelas semuanya. Tapi yang harus diingat, kalau mau putus, bisa ngga dapat pengganti yang sebaik James?" (Papa dari awal emang udah sreg sama James, karena James tuh batak sederhana ga macem-macem dan ga kasar, tipe pejuang berhati mulia gitu deh). Gw tuh selama ini ga pernah mikir sampai situ. Yang gw inget cuma malas2nya aja mesti kehilangan kebebasan. Tersentaklah gw. Iya ya, kalau seandainya putus, selanjutnya bisa ga dapat yang sebaik James? Bukannya takut ga laku atau apa, mungkin laki-laki di luaran sana ada banyak banget, tapi yang sebaik James, ada ga? "Baik" di sini, bukan hanya baik dalam arti punya sifat baik seperti suka nolongin, suka bantuin, ngga sombong, dan sebagainya, tapi "baik" di sini bagi gw, terutama punya arti : bisa nerima gw apa adanya termasuk rese2nya gw dan emang mencintai gw dengan tulus, bukan karena tempelan ini itu.

Di kesempatan lain, pas gw bilang ke Papa mau sekolah lagi ke Jepang, si Papa juga ngga menggurui macam-macam, hanya ngomong satu kalimat : "Itu bagus, dan itu bisa dilakukan setelah menikah. Hidup itu harus seimbang, bukan hanya satu aspek yang dikejar.". Trus gw bilang lagi, "Tapi James ga setuju saya ke Jepang". Kata Papa, "Hati manusia bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu." Emang ga percuma deh Papa jadi profesor, emang layaklah beliau, sebagai manusia, kualitas pemikirannya berkelas banget!

Setelah merenungkan kata-kata tersebut, akhirnya gw mantap lanjut dengan James, dengan tujuan menikah dengan James. So, gw kembali dari Jepang yang setahun itu, tahun 2003 akhir, nah September 2005, gw nikah sama James, pake adat batak lengkap banget deh. Kalo ngurus2 pernikahannya mah, gw ga gitu sibuk, karena ini kan nikahnya pake acara adat, jadi yang lebih sibuk ya keluarga James dan keluarga gw, bukan kita berduanya. Gw juga udah buang jauh2 tuh impian pernikahan ala bridal2 eropa dengan gaun putih menjuntainya, dan pesta dengan bufet prasmanan bertaburkan makanan2 mewah. Ah sudahlah, emang udah jalan hidupku menikah dengan adat batak yang pestanya dari jam delapan pagi sampai jam sepuluh malam (mulai dari acara makan pagi bersama di rumah mempelai perempuan, pemberkatan di gereja, acara pesta adat, dan lanjut dengan acara nasehat2 di rumah mempelai laki2). Marilah kita berpesta dengan iringan sinanggar tulo, butet, marolop-rolop, dan hidangan babi-babian dan teman2nya....di dalam gedung pesta panas banget....lestarikan adat batak tercinta ini, yeahhhhhh.....

Setelah menikah, pas belum punya anak mah, ga ada masalah2 berarti, paling gw aja yang suka malas2an kumpul2 keluarga batak, karena gw kan pada dasarnya orangnya solitaire, suka menyendiri dan malas gaul sama orang2 baru. Dan meski secara de jure, keluarga besar James yang banyak banget itu adalah keluarga gw juga, secara de facto, ga bisa gw langsung ngerasa kayak gitu. Jujur, pas belum terbiasa dengan mereka, gw tersiksa banget, mesti nginep di Puncak, atau ikut2 arisan, karena ya gw itu ngga bisa membawa diri, ga bisa juga basa basi, bingung mesti gimana. Tapi setelah setahunan, dan setelah ada Joanna, terutama, perlahan-lahan, gw bisa lebih ngerasa nyaman di antara keluarga besar James dan akhirnya, gw bisa tau, ini namanya siapa, ini hubungannya gimana dengan James. Maklumlah banyak banget, untuk inget personilnya satu demi satu aja, butuh waktu lama banget. Plus, gw itu orangnya emang lama "panasnya" kalau ada di dalam satu lingkungan baru, bukan yang bisa langsung ngobrol akrab dengan orang yang belum begitu gw kenal.

Setahun setelah nikah, gw hamil Joanna. Pas itu, gw masih kuliah semester terakhir di S2 Kajian Jepang UI, lagi ngerjain tesis dan siap-siap mau sidang. Thank God banget, kehamilan gw badak abis, ga ada mual di pagi hari, dari awal juga ga ada masalah. Gw bisa makan apa aja, bisa beraktivitas normal kayal lagi ga hamil, pokoknya termasuk kehamilan ringan. Emang kalo soal penampilan mah jangan tanya, pas hamil, gw jelek abis, gendut, bau, keringetan terus, tapi ya sudahlah....yang penting sehatlah....so, pas hamil, gw tetap kuliah, tetap bikin tesis, tetap ngajar sekolah minggu, tetap ngajar di STBA LIA, tetap bikin drama sekolah minggu....pokoknya kegiatan ga ada yang berubah sama sekali. Trus, pas hamil 3 bulan gw jalan-jalan ke Singapore, pake ferry dari bangka pula, pas hamil 4 bulan gw sidang tesis, pas hamil 5 bulan, gw wisuda S2, pas hamil 6 bulan, gw jalan-jalan ke Bali sama keluarga inti James. Hehehe, Joanna, masih janin gitu, udah banyak pengalamannya tuh.

Joanna lahir tanggal 16 Juni 2007. Joanna lahir dengan kelahiran caesar, karena : pengakuan jujur : gw takut diinduksi infus, jadi minta operasi aja (udah diinduksi balon, ga maju2 bukaannya, hanya sampai bukaan tiga). Tapi kalo di tengah2 masyarakat yang kayaknya sangat mengharamkan operasi caesar dan nganggep ibu ga berjuang kalo belum ngerasain kontraksi (ya emang itu bener sih di satu sisi, sakit ngelahirin normal kan katanya konon sakit paling sakit di seluruh dunia), nih gw pake alasan andalan yang emang bener adanya : Oh, saya dicaesar karena Joanna gede banget, BB lahirnya 4,55 kg. Nah, mingkem dong semuanya. Makasih ya Jo, kamu berbadan gede banget pas lahir, hihihihihi....jadi menyelamatkan Mama dari hinaan operasi caesar ini.

Setelah Joanna lahir, gw asli disibukkan dengan kegiatan sebagai ibu dari seorang newborn yang kerjanya nyusu, pup, tidur, nyusu, pup, tidur. Kayaknya tiap hari gw kerjanya menyusui dan mengganti diapers melulu deh. Gila capek banget, sumpah, bener2 deh, capeknya jadi ibu mah ga akan ada yang ngalahin. Dan gw bingung, kenapa orang bilang, nikmatin aja, ini nikmat banget jadi ibu...hahhhhhh, mana nikmatnya, gw bawaan udah pengen buru2 aja beres nih masa2 newborn Jojo, selesailah cepat, aku rindu kebebasaaaaaaaan!!!!!

Sering sambil nyusuin Joanna, atau kalau liat dia tidur, atau malam-malam kalo liat J dan J ngorok, gw dilematis banget sama keinginan untuk sekolah lagi di Jepang. Kayaknya ga pada tempatnya gw minta2 sekolah lagi. Udah ada anak gini, trus James juga kerjanya cukup bagus, meski bukan yang mewah2 amat, kayaknya yang "benar" untuk dilakukan adalah ya give up keinginan untuk sekolah di Jepang, dan lanjutin hidup dengan tenang di Indonesia. Gw kubur dalam2 keinginan untuk sekolah lagi di Jepang, dan gw yakinkan diri gw bahwa yang paling penting tuh ya keluarga. Gw ga mau hancurin hidup J dan J, dengan bawa2 mereka ke Jepang, atau trus gw pisah dengan mereka. Ogah. Kalau akhirnya gw disuruh memilih, gw pilih keluarga, seperti quotes film "Click" yang dibintangi Adam Sandler : Family comes first. Itu bener banget. Gw emang pengen belajar lagi di Jepang, tapi ngga sampai segitunya, kalau keluarga gw jadi korban. Lagipula, apa yang gw dapatkan ini kan udah lebih dari cukup. Suami yang baik dan bertanggungjawab, anak yang sehat dan lucu. Egois kalo gw minta ini itu lagi. Gw ikhlas ga sekolah lagi ke Jepang. So, gw berdoa gini sama Tuhan : "Ya Tuhan, saya ikhlas, saya tidak akan melanjutkan sekolah di jepang. Ada James dan Joanna, dan itu lebih penting bagi saya. Hanya satu permintaan saya : Jika Joanna sudah besar dan ia tidak lagi terlalu membutuhkan saya, tolonglah agar saat itu saya tidak merasa kosong dan tidak menyesali keputusan untuk tidak lagi memperjuangkan impian saya ini. Amin."

Setelah berdoa, gw bilang sama James tentang keputusan gw. James saat itu bilang iya iya aja. Tapi, beberapa hari kemudian, tau-tau, dia nyuruh gw nyobain beasiswa mombusho. Dia bilang, gw boleh nyoba, tapi syaratnya, kalau keterima, dia dan joanna juga ikut ke Jepang, jadi ngga kepisah2 sebagai satu keluarga. Terus terang aja, gw bengong dan bingung. Dari dulu sikap James tentang gw mau ke Jepang ini ga pernah jelas, selalu gantung abis. Tau-tau, begitu gw bilang ga mau lagi ke Jepang, malah dia maksa gw nyuruh nyobain beasiswa mombusho. Trus gw tanya, ntar kerjaan gimana, masa ditinggal? Dia bilang, ya resign-lah. Nyantai aja dia bilang gitu. Buset. James sebenernya sadar ga sih apa yang dia lakukan? Dengan mengeluarkan statement seperti itu, dia sedang membuat keluarganya berganti haluan mencari jalan susah untuk menggapai kehidupan yang lebih baik, yang sebenarnya ga ada jaminan juga, sementara, sebenarnya juga, kalo diterusin tetap tinggal di Indonesia, ya kita bisa terus hidup enak dan ga perlu lagi berjuang2 yang gila2an kadarnya.

Akhirnya, jadilah gw nyobain beasiswa mombusho untuk tingkat pascasarjana. Seleksinya membutuhkan waktu kurang lebih setahun. Entah mengapa, semua proses dilancarkan, dan akhirnya, pada bulan Februari 2009, gw dinyatakan secara resmi, lulus sebagai salah satu penerima beasiswa mombusho dan bisa ikut ujian masuk di universitas pilihan gw, yaitu Osaka University. Dan, singkat cerita, awal April 2009 gw hijrah ke Jepang, dan akhir Mei 2009, J dan J nyusul ke Jepang. Benar-benar start a brand new life.

Di Jepang ini, seperti yang mungkin udah kalian tahu, bukannya hidup kita lancar-lancar aja ngga ada masalah. Banyak persoalan, kayak masalah ekonomi, James ga dapat kerja, gw disuruh ulang S2, Joanna masuk daycare ga bisa bahasa jepang, James nyoba ujian masuk S2 ga keterima, james nyoba wawancara kerja gagal, dan sebagainya. Kalau mau dibanding2in, dari segi materi dan kenyamanan hidup, asli kehidupan gw dan J dan J, mengalami penurunan banget dibanding dari pas masih di Indonesia. Tapi dari segi kualitas hidup, ketahanan mental dan cara berpikir, kita emang ngerasa, di Jepang ini kita jadi lebih maju, meski suka stress sih emang dengan gambaru2 perjuangan ala jepang yang kadang suka too much ini.

Terus, sekarang James kerjanya, kursus bahasa jepang, trus pelayanan musik di gereja. Secara materi, emang saat ini James ga menghasilkan. Kita bertiga hidup dari beasiswa mombusho yang gw terima tiap bulan, plus kerja sampingan yang gw kerjain.Trus, apakah sebagai istri gw ga menghargai James? Apakah gw akan seperti Titi DJ, yang cerai sama suaminya, karena katanya suami terakhirnya ini ga bisa menafkahi dia? Ngga akan-lah! Gw justru makin menghargai James sebagai suami gw. Coba deh pikir, di tengah2 masyarakat patriarkis kayak gini, ada berapa gelintir laki-laki yang mau "menemani" istrinya tugas studi di luar negeri? Di Osaka aja, orang Indonesia yang bawa keluarga, yang istrinya yang sekolah, hanya keluarga gw dan satu keluarga lagi. Sisanya, yang bawa keluarga,  semuanya yang sekolah tuh laki-laki.

Trus, gw pernah nanya sama James. Udah tau bakal susah gini, kenapa coba mau ke Jepang? Dia jawab, "Karena aku tahu, sekolah di Jepang ini penting untuk kamu dan ini hal yang baik. Masa aku menghambat istri sendiri untuk maju?"

Ya ampun, ya ampun, ya ampun, terharu banget gw. Bener yang Papa bilang : kalau putus, bisa ga cari penggantinya yang sebaik itu? Sekarang gw tau jawabnya : ga akan mungkin bisa. Maka gw bersyukur, karena suami gw James, bukan yang lain. Urusan urus anak pun benar-benar kita lakukan berdua, ngga hanya gw sendiri, malah sebelum Joanna masuk daycare, James yang lebih banyak pegang Joanna. Dan kalaupun sekarang James belum bekerja lagi, bagi gw itu bukan hal yang nista. Gw terus berdoa biar James dapat kerja, tapi gw juga yakin, semua udah diatur sama Tuhan, ntar juga Tuhan pasti kasih pada waktunya, yang penting kita ikhlas dan tawakal aja menjalani rencana Tuhan.

Selamat hari ulangtahun pernikahan yang kelima, James...terima kasih Tuhan, karena James Edison Panjaitan yang menjadi suamiku, dan bukan yang lain!

2 comments:

  1. thumbs deh buat postingannya ini kak. sampe ga tau mo komen apa

    ReplyDelete
  2. old story but goes on and on, nice

    ReplyDelete