Tuesday, September 14, 2010

Nilai semester satu dan rencana untuk semester dua

Horeeee, nilai-nilai gw di semester satu kemarin, udah keluar. Di Jepang, ternyata ga ada IP2an, yang ada cuma dikasih tau aja nilai setiap mata kuliah yang diambil. Trus, sistim nilai di Jepang, ternyata rada beda, yaitu :

S : untuk nilai 90-100
A : untuk nilai 80-90
B : untuk nilai 70-80
C : untuk nilai 60-70
D : untuk nilai 60 ke bawah (ngga lulus)

Nah, nilai-nilai gw semester 1 kemarin :

American drama : S (Prof Beth Capo)
American poetry : S (Prof Beth Capo)
Theory of  gender symbol : A (Prof Yumi Hirata : pembimbing gw)
French literature : A (Prof Akio Wada)
Sexuality on literature : A (Prof Hideyo Tsuboi : kuliah semester pendek 4 hari, asyik banget kuliahnya)
Society and Humanity science : A (yang ngajar team, ini mata kuliah wajib)

dan....kuliah Shandeeeee (nama asli beliau, gw rahasiakan saja biar sok misterius) yang bikin gw terkencing-kencing dan turun BB 3 kg...yang nama mata kuliahnya itu adalah : Theory of literature : gw dapet C!!!!!!

Selain kuliahnya Shandeeee, gw puas dengan nilai2 gw....shandeee emang gw udah tobat, ga mampu gw ngikutin kuliahnya bliau, asli ga akan mau lagi deh gw ngambil, toh bukan wajib ini. Bener2 bikin gw stress jiwa raga itu mah. Untuk semester dua yang akan dimulai bulan oktober 2010, gw berniat ngambil kuliah theory of gender symbol (Hirata), literature and environment (Hirata), japanese literature (Shimizu), gender theory (Muta, ini kuliah di S2 Human Sciences, tapi kita boleh ngambil), theory of analyzing movies (Miyake), computer science (team, hehehe ini mata kuliah wajib, kalo ga wajib mah gw ga akan ngambil, kan gw gaptek). Total 12 SKS. Kalo kuliah semester satu dan dua digabung, gw udah ngumpulin 26 SKS, yang wajibnya tuh kita mesti ngumpulin minimal 30 SKS. 4 SKS sisa, bisa gw ambil di kuliah seminar untuk semester tiga dan empat (masing2 dua SKS). Tapi kuliah Shandeee mau gw drop, soalnya gw kan ga mau ada nilai C jelek2in transkrip gw, so gw masih kurang 2 SKS. Ntar deh, gw cari2 kuliah lain untuk gantiin kuliah Shandeee....moga-moga semester dua ini, ga ada lagi nlai C di transkrip gw...oh aku tidak mau!

Gw udah liat jadwal kuliah semester dua, dengan pilihan2 mata kuliah ini, gw kuliah hari selasa, rabu, jumat. Senin dan Kamis gw libur, jadi gw punya waktu lebih banyak untuk ngerjain penelitian mandiri gw untuk tesis tahun depan. Asli semester satu kemarin, terutama gara2 shandeeee, ga kepegang banget gw ngerjain penelitian mandiri,  bener2 gw ga bimbingan sama sekali semester satu kemarin. Hanya, makalah the waiting years gw kayaknya mah bisa dipakai sebagai embrio untuk tesis gw. Gw ga jadi bandingin sastra perempuan jepang dan indonesia. Gw udah bilang sama pembimbing gw, bahwa gw mau fokus ke sastra perempuan jepang aja, untuk tahap S2 ini. Maksudnya, biar lebih terarah dan ada dasar yang kuat, kalo ke depannya mau banding2in, ya terserah, tapi yang penting, gali kepakaran dulu deh. Biar gimanapun juga, gw kan asalnya dari jurusan sastra jepang, trus udah capek2 sekolah di jepang, sayang banget kalo akhirnya malah mencla mencle ke sastra lain tapi nanggung hasilnya. Kalo dilihat dari pilihan mata kuliah semester satu, gw ngambil kuliah sastra amrik, trus juga ssatra perancis. Iya shi emang menarik, tapi karena gw ga pernah ngedalemin, taunya ya standar gitu2 aja, ngga gitu mendalam, meski kalo kuliah Capo mah, asli ga rugi deh ngambil. Makanya, untuk semester dua ini, semua mata kuliah yang gw ambil, lebih fokus ke bidang sastra jepang dan gender. Biar bisa ngerajut kepakaran sih. Ngerinya kalo mencla mencle sana sini, yang ada, kepakaran jadi blur dan ngga ketemu2, padahal kalo mau survive, gw kan mesti punya kepakaran. Ya mudah2an deh, di semester dua ini, studi gw bisa lebih terarah dan gw bisa lebih pinteran dibanding semester satu. Amiiiiin.....

Thank God, untuk nilai-nilai semester satu, termasuk nilai Shandeeee...kuliah itu emang amat menyebalkan dan membuat tenaga terkuras jiwa raga, tapi toh membuat saya menjadi manusia ga tau malu dan tahan banting, hehehe.....

No comments:

Post a Comment