Thursday, September 23, 2010

Cerita Liburan (2)

Bagaikan orang kelaparan, hari-hari pertama nginep di Bogor, benar-benar dihabiskan untuk berjalan-jalan di elos, botas dan factory outlet. Biasa deh, membeli pakaian dan pernak perniknya. Untuk gw sendiri, sampai hari ini, telah membeli : satu celana jeans, satu celana pendek, satu celana tanggung, satu sepatu resmi hitam, satu sepatu jalan-jalan, satu sandal jalan-jalan, satu baju batik, satu baju dari butik online, satu cardigan, satu kaos turtle neck tangan panjang, satu sweater turtle neck, tiga celdam, dan tujuh beha. Wuaduuuuh ternyata banyak juga ya? Untuk underwear emang gw concern banget mau beli banyak, maklum deh di jepang mahal abis,. gw bela2in pake underwear butut, ga rela ngeluarin uang segitu banyak demi sepotong underwear. Hampir semua kebutuhan gw untuk urusan baju-baju ini udah terpenuhi. Yang juga gw ngotot beli sih sepatu. Selain di Jepang mahal, hampir ga ada ukuran kaki gw yang maha raksasa ini, yaitu ukuran 41. Lha nyari ukuran 40 aja di Jepang susah. Tau, kaki cewek Jepang kayaknya emang kecil2 semua. Sepatu cewek, jangan harap deh gw muat. Makanya, direla2in aja gw tiap hari ke kampus pake sepatu butut abis, ya mau gimana lagi, ga ada yang bisa mengakomodir kebutuhan gw akan sepatu, karena size kaki gw nih, ampun deh, gede banget, 41. Udah ukuran 41, telapak kaki gw lebar banget, lagi. Pokoknya, kaki gw nih emang ga ada bagus2nya deh, emang kayak kaki cowok gitu. Di Indonesia aja rada susah nyarinya, untung masih bisa ketemu ukuran 41 yang bisa muat di kaki gw. Dulu sebelum hamil, kaki gw ukurannya 40, tapi karena membengkak sana sini, jadi gede aja sekarang, ga balik ke ukuran semula. Ah udah ah kenapa gw jadi bahas kaki? ga seru tohhhh?

Selain merambah toko demi toko, gw juga menyempatkan diri bertemu dengan sobat-sobat SMA gw. Ada yang udah punya anak, ada yang lagi hamil, ada juga yang masih lajang. Biar udah lama sekali meninggalkan jaman SMA, tetap aja noraknya kita ngga berubah2. Emang enak ketemu teman-teman SMA. Soalnya bisa ngobrol abis tanpa mesti basa basi. Dan alhamdulilah deh, kita semua bisa hidup sejauh ini cukup luruslah, dalam arti ngga terlibat narkoba dan sejenisnya. Kita ketemunya di rumah Rini, di loji, darul quran 319. Buset, dari jaman SMA, hapal banget deh gw alamat rumahnya Rini. Kita disuguhin makan siang yummy banget, ada rendang, tumis kangkung, ikan bakar, sambal yang mantap abis. Puas banget deh, sumpah.

Selain belanja belanji n ketemu teman-teman SMA, gw memanfaatkan waktu untuk relaksasi. Iyalah, di Jepang mahal banget, amit-amit! Badan gw yang udah gw pake nge-romusha selama 1,5 tahun...kayaknya layak banget untuk dilemaskan otot-ototnya. Maka pergilah gw ke tempat pijat refleksi, trus ke salon, untuk creambath, mantap banget deh. Tiap hari juga mau deh gw relaksasi.

Setelah nginep 5 malam di Bogor, bertepatan dengan malam takbiran dan lebaran, kita bertiga bertolak ke Puncak, untuk nginep bersama di vila keluarga besarnya James. Jujur, gw sih males nginep-nginepan gini, tapi gw pikir, daripada mesti nyatronin satu demi satu rumah sodara-sodara yang jumlahnya banyak banget itu, mending diketemuin aja sekalian di Puncak, kan beres. Kita dijemput Kamis pagi sama Bang Richard (abangnya James), trus ya ke Puncaklah. Di jalanan, Jojo udah bermasalah dengan kesehatannya. Dia muntah banyak banget, asli parah. Emang dari situ kayaknya kondisi tubuhnya udah ngga fit. Sampai di Puncak, Jojo kan dilucu-lucuin banyak orang tuh. Ya emang sih maksudnya baik, cuma karena caranya pada agresif abis gitu, yang ada, Jojo malah ketakutan abis. Trus, nih anak kalo ketakutan, jadinya defensif abis. Tiap dipanggil namanya, dia langsung teriak keras-keras, "Tidaaaaaaaaaak!!!!". Trus matanya mlotot menatap tajam. Ya bayangin aja deh, ada sekitar 70 orang yang Jojo ga pernah ketemu, trus tau-tau semuanya manggil-manggil Jojo, megang, godain, ya jadinya Joanna stress abis. Emang gw akui, tingkah Joanna sangat menyebalkan. Karena ngerasa insecure, dia nempel trus sama gw n James. Terutama sama James. Trus gw dikomen-komen lagi, katanya anaknya ga dekat sama mamanya, mamanya dicuekin, maunya sama papanya aja. Sebel abiezzzz dengernya. Trus ada lagi juga yang komen sama James, ga bosen tuh di Jepang, diem aja tiap hari di rumah. Please deh, kayak dia orang sukses sejagat raya aja. Jojo juga dikomen-komenin, tentu aja, dibilangin anak manja, kasar, ga gaul, dan sebagainya. Anaknya cuma satu sih, jadi manja deh. Ngga punya adik sihhh jadi ngga bisa berbagi deh. Biasanya anak kecil gampang lho main sama anak-anak lain, kok yang ini ngga. Anaknya ga pernah gaul sihhhh. Dan sebagainya, dan sebagainya. Ihhhh bete abizzzzzzzz!!!!! Udah ngebetein gitu dengan komen-komennya, tambah lagi si Jojo mencret. Pertamanya menci doang tanpa demam, tapi di hari terakhir, dia demam tinggi, 39 derajat celcius. Terus minta-minta pulang ke Osaka, katanya mau ketemu guru-gurunya dan teman-teman daycarenya. Kasian Joanna, mungkin dia ngerasa asing banget di tengah keramaian 70 orang lebih ini. Lonely in the crowd deh pokoknya. Untungnya, malam dia demam itu, besok paginya emang udah jadwal balik ke Bogor, jadi ga sempat ngerasain sakit demam-demam gitu di Puncak. Kalo iya, bakal makin ribet, riweuh dan bikin stress. Jujur aja, nginep di Puncak selama 4 hari 3 malam, asli not fun, bagi gw pribadi mah. Tiap hari bawaannya pengen buru-buru pulang aja. Rasanya waktu berjalan lambat banget. Thank God, udah berakhir nih nginep-nginep Puncak. Gw bukannya anti sosial atau apalah, gw juga tau, bersilahturahmi dengan keluarga besar itu penting, but sometimes, komen-komen yang sliweran sana sini bikin males, meski kita berusaha cuek, namanya orang, kan tetap aja ngerasa bete dikomen ini itu.

Sekembalinya kita ke Bogor, Joanna masih aja demam, akhirnya, hari seninnya dia kita bawa ke dokter. Ternyata emang di perutnya ada virus, biasa deh, infeksi makanan. Maklum anak yang makanannya terlalu steril, makan jorse dikit aja langsung bermasalah. Setelah ke dokter, thank God keadaan Joanna membaik, demam tingginya juga ilang. Senin dan selasa, kita sok alim aja diem di rumah ga kemana-mana. Rabunya, lupa deh kita kemana, tapi yang jelas, jjs sama Ria, koan, dan cleo keio. Hari Kamisnya, kita ke MOI di kelapa gading, si jojo kesenengan main di playgroundnya, barengan sama Cleo. Dia kan pengen ikut-ikut Cleo naik wahana yang serem-serem kayak ontang anting gitu. Gw udah stress, karena Jojo kan ga pernah naik mainan ngeri kayak gini. Tapi dia maksa mau naik. Akhirnya naiklah dia tuh ontang anting. Si cleo mah emang calon ikutan fear factor, ga ada ngeri-ngerinya dia. Joanna ini nih. Gw tau nih anak nyalinya ga gitu gede. Dia kayaknya ga tau, ini wahana yang menyeramkan. Begitu ontang anting mulai berputar, mukanya mulai pias, asli pucat abis. Untung ga ngompol di celana nih anak. Setelah selesai naik ontang anting, dia malah ketagihan pengen lagi. Serem-serem menantang kali menurut si Joanna.

Selesai have fun di MOI, kita pisah dengan keluarga Ria, dan naik taksi ke jalan putri. Emang kita rencana mau ngabisin seminggu ke depan di jalan putri (rumah ortunya James di Manggarai). Pas kita baru dateng, kan nginep di jalan putri tuh. Nah, Joanna ga betah karena kegerahan, trus dia nolak-nolak disayangi gitu deh sama opungnya. Gw pikir, gawat kalo sekarang juga ngga betah, apalagi ini seminggu, gimana kalo tiap hari dia ga bisa nyenyak tidur gara-gara kepanasan? Belum lagi kalo dia bilang tidak, tidak melulu, yang bikin gw pusing dengernya. But thank God, apa yang gw takutkan ngga terjadi. Kamis malam, begitu nyampe di jalan putri, Joanna emang masih ga mau sama opungnya. Tapi malamnya, dia bisa tidur nyenyak. Jumat pagi, gw luluran, dianterin Kak Siska (ipar gw, istrinya Bang Edu, abangnya James. James emang abangnya banyak, ada 4 orang, trus kakak perempuan satu, adik perempuan satu, total 7 orang bersaudara). Siangnya, gantian James yang relaksasi di mal ambasador. Sore-sore, Kezia (anaknya Bang Edu dan Kak Siska, berarti sepupunya Joanna) datang, terus Joanna main bareng. Dia langsung akrab sama Kezia yang umurnya 5 tahun lebih tua dari Joanna. Malamnya, begitu pulang dari relaksasi, James pengen makan mie ayam. Kebetulan seluruh keluarga lagi pada ngumpul di jalan putri, akhirnya kita putuskan untuk wisata kuliner malam-malam. Nah ini seru abis. Gw kan paling suka keluar malem2 gini. Dan melihat tempat-tempat kuliner malam di Jakarta emang udah impian gw dari jaman dulu. Baru kesampaian deh hari itu. Kita berangkat, 7 orang dewasa (Mamak, bang Richard, bang Edu, Kak Sska, James, gw dan Saur : adik james) dan dua anak kecil (Kezia dan Joanna). Pertamanya nyari mie ayam di daerah sabang, belum buka. Akhirnya lanjut ke bakmi leung kee di daerah gajah mada. Gw tuh emang suka suasana china town gini. Mantaplah itu bakmi, gw aja makan dua porsi! James jangan ditanya, abis tiga porsi dia mah.

Sejak jalan-jalan kuliner malam hari itu, Joanna mulai cair sama keluarga jalan putri. Pertama, karena ada Kezia, dia ngerasa secure banget kayaknya. Kezia diikutin terus, pokoknya kompak abis deh. Kezia juga cukup mengayomi Joanna, sok big sister banget deh. Mungkin karena Kezia juga anak tunggal, jadi dia senang ada teman juga, dan anaknya juga seru banget, cerewet, pintar menghangatkan suasana. Sama James dan gw pun, Kezia langsung akrab. Kedua, Joanna senang diajak jalan-jalan malam, kayaknya seru banget untuk dia. Apalagi setelah jalan-jalan malam ini, besoknya langsung lanjut, kita semua ke Ancol, untuk piknik di tepi pantai. Bang Richard kan punya free pass masuk Ancol tuh, dapat dari kantornya. Lumayan banget kan. Mamak bikin rendang, trus ayam goreng kuning, yummy banget. Oh bayangkanlah, dimakan di tepi pantai dengan semilir angin laut, betapa nikmatnya!Selesai makan, dilanjutkan dengan berenang di pantai. Emang banyak banget orang, trus airnya juga butek banget, tapi seru abis tuh. Yang berenang, James, gw, Saur, Kezia dan Joanna. Asli seru abis ini mah. Si Joanna kesenengan di dalam air dan marah-marah ketika disuruh udahan. Selesai berenang, tadinya mau ke sea world, tapi ga jadi, udah pada capek semua. Akhirnya diputuskan untuk pijat refleksi aja di Sunter. Selama refleksi, Joanna dan Kezia main bareng, lari-lari, naik turun tangga. Gw dari awal udah ga high expectation,. udah pasrah kalo pait-paitntya Joanna rewel dan gw ga bisa refleksi. Tapi ternyata, Joanna cukup kooperatif dan main-main sama Kezia tanpa ganggu Mama Papanya yang lagi pijat refleksi, kecuali minta pup sekali (hahahaha).

Hari Minggunya, ke gereja di Duta Injil, di Ambasador, bareng bang richard, Saur, Kezia. Selesai ibadah, kita makan makanan Menado, trus lanjut jalan-jalan, nyari baju-baju tangan panjang untuk Joanna. Lumayan, dapat 5 baju tangan panjang, 2 celana legging, dan 6 celdam. Hari Seninnya, karena keluarga James pada kerja, akhirnya kita bertiga memutuskan jalan-jalan sendiri. Kita ke Imanuel. Alasan aja mau liat buku-buku rohani, padahal tujuan utamanya sih makan di kantinnya. Mantap, enak banget, gw makan ayam goreng. Dari toko buku Imanuel, kita lanjut ke Plaza Semanggi, liat-liat di Gramedia, trus Joanna main di playgroundnya. Gw beli sepatu resmi hitam di sini, untung ada ukuran 41. Hari Selasa, kita bertiga ke Grand Indonesia, si Jojo main lagi di playgroundnya, trus makan di foodcourt, dan ke Gramedia. Jakarta hari itu ujan deras banget dan banjir. Kita ga bisa pulang, akhirnya sok-sok'an nongkrong di starbuck. Sok hedonis banget sih. Hari Rabunya, kembali kita pijat refleksi, yaitu Mamak, Bang Richard, James, gw, dan Joanna. Kali ini,. karena ga ada Kezia, gw dan james ganti-gantian pijat refleksi dan jagain Joanna. Selesai pijat refleksi, kita mampir dulu di mie megaria. Gw selalu suka daerah megaria-cikini ini, sangat klasik dan jaman dulu banget. Hari Kamisnya, kita ke MOI lagi, ketemu Ria dan keluarganya, yang mau ngangkut kita balik ke Bogor. Malamnya ke senayan city, gw ketemu teman-teman kuliah pas di KWJ dulu. Seru deh, ngobrol-ngobrol sambil makan bareng. Makasih ya teman-teman, udah nyempetin ketemu bareng!

Yang paling gw seneng, selama seminggu Joanna di jalan putri, dia bisa ngerasa nyaman dan ga bete lagi. Tiap malam dia bisa tidur nyenyak, trus digigit nyamuk pun ga banyak-banyak amat, dan yang paling penting, dia bisa ngerasa secure sama keluarga inti James. Pas awal-awal, dia ga mau banget sama Opungnya, tapi setelah seminggu ini, dia mau. Sama Bang Richard dan Saur juga mau. Apalagi sama Kezia, mau banget.  Lega banget deh gw.

Seminggu ke depan ini, rencana mau di Bogor, trus ke Bali. Doain kita sehat-sehat terus jadi bisa ngejalanin liburan dengan prima ya. Nantikan cerita selanjutnya!

No comments:

Post a Comment