Tuesday, September 7, 2010

Cerita Liburan (1)

Biar udah di tanah air, tetap aja mesti ya nulis blog. Hahahaha, udah kebiasaan sih, susah jadinya. Eh tapi gw ga bawa buku kuliah lho ke sini, itu kan yang paling mau gw hindari. Ga ada deh ya jadi budak ilmu sampai ntar masa liburan selesai. Kamus elektronik aja ngga gw bawa. Pokoknya yang berbau2 perkuliahan, gw tinggalin semua di Osaka. Hahahahaha....

Kita bertiga sampai di Jakarta tanggal 2 september, jam 7 malam, setelah hampir seharian melalui perjalanan, mulai dari apartment di Hotarugaike, naik pesawat, transit 1 jam di Kuala Lumpu, sampai akhirnya mendarat dengan selamat di bandara Sukarno Hatta, Jakarta. Kita dijemput Mamak, Bapak, dan Bang Richard, trus ngga berapa lama kemudian, Mama, Papa, Ria, Koan, Cleo, Keio juga datang. Gelo, kayak orang gila gw ketemu si Ria, teriak2 aneh gitu, udah pasti deh kita berdua disangkain orgil sama orang2 sebandara. Btw, si Ria kan sekarang gayanya kayak sosialita ibu kota, beda banget deh sama gw, lusuh, kumal, tak terawat, maklumlah romusha, hahahaha....1,5 tahun ga pernah nginjek salon, mandi juga sehari sekali aja (pengakuan jujur nih), makanya badan bau banget. Tapi tenang, di Indoesia gw bakal mandi sehari dua kali kok, menyesuaikan diri dengan orang2 di Indonesia (di jepang kan orang rata2 pada mandi sehari sekali aja).

Trus kita makan di bakmi GM bandara, entah karena gw udah kenyang dengan makanan pesawat (kan gw ngabisin jatah jojo juga yang ga abis makannya), entah karena gw udah lama ga makan makanan gurih, gw ngerasa nih mie ayam kok berminyak banget. Atau mungkin karna gw udah capek banget kali ya, travelling seharian sama anak 3 tahun, meski bandel2nya jojo masih bisa dikendalikan sih, ngga yang sampai histeria gila gitu, jadi gw ga gitu selera makan.

Setelah selesai makan, kita bertiga ke jalan putri, nginep di rumah mamak bapak. Beberapa "keanehan" yang kita rasakan (tidak dalam arti negatif) :

1. Jojo main lari2 aja ke kamar mandi, dia pikir kamar mandi Indonesia tuh kamar mandi kering kayak di Jepang. Nyusruklah dia di kamar mandi. Gw langsung kasih tau, kamar mandi Indonesia itu kamar mandi basah, jadi jangan sembaranga lari2 gitu. Trus Jojo langsung nemuin kesenangan baru, main air pakai gayung, kan di Jepang gayung barang langka tuh.

2. Gw dan James mencari2 tempat sampah untuk sampah ga bisa dibakar (plastik misalnya). Tapi trus nyadar, oh iya ya, ini kan Indonesia, kita ga pisah2in sampah, semua digabung jadi satu. Setengah bersorak karena ga usah hidup disiplin bagi2 sampah, tapi juga setengah miris karena tahu, buang sampah ga diklasifikasikan berdasarkan jenisnya, adalah salah satu penyebab pencemaran lingkungan hidup (cieee, green peace banget ya gw, tengil abis).

3. Gw dan James merasa miris melihat ada dua anak jalanan nyetopin taksi untuk kita. Rada norak emang, tapi gw ngerasa mau nangis gitu. Ihhhh melankolis banget sih gw.

4. Ngerasa rumah di jalan putri dan bogor baru gede banget. Apalagi yag di boba, gw ngerasa kayak mau dimakan sama nih rumah.Abis gede banget dibandingin apartment gw yang cilik itu.

5. Terperangah dengan harga2 makanan di Jakarta. Gila, harga2 pada naik edan ya, sejak gw tinggalin nih tanah air tercinta sejak april 2009! Ngeshock juga pas mau jajan sih. Tadinya mau ngemil2 siomay gitu di esteler 77 di gramedia matraman. Perasaan, dulu seporsi siomay, harganya paling mahal juga 10.000an deh. Eh, pas liat harga kemarin ini seporsi sekitar 25.000an coba! Akhirnya gw berdiri di depan counter lama banget, dan ngerasa bingung, kok orang2 lain pada gampang aja pesan banyak banget makanan. Ngerasa sayang ngebuang 25.000 rupiah untuk seporsi siomay, akhirnya gw pesen esteler aja satu (yang dulu seingat gw mah harganya 7000an saja, sekarang udah jadi 12.000an), dimakan bertiga. Tetap aja ngirit ya gw.

Selama dua hari di jalan putri, si Jojo ga bisa tidur nyenyak, karena digigitin banyak nyamuk (ada kali 15 nyamuk, anehnya gw n james ga digigit sama sekali, satu pun ngga! nyamuk tau kali, yang darahnya seger tuh darah joanna, kalo darah gw  n james udah terkontaminasi banyak dosa, hahahaha), trus ga ada AC (rada tengil emang nih, anak AC soalnya). Tapi mudah2an sedikit demi sedikit ntar bisa nyesuain diri deh. Jojo juga rada "takut" ketemu para opung, karena belum terbiasa, udah ga ketemu lama banget soalnya. Tapi di hari kedua, udah mulai cair, bahkan tengil sok berbahasa jepang, nyanyi2 gitu dia. Kalo sama anak2, kayak Kezia, Kefas, trus Cleo Keio, Jojo langsung akrab, mungkin karena sesama anak kecil, jadi langsung nyambung dan langsung main bareng. Di Bogor, kalo sama Mama (Obaachannya Jojo), Jojo ga "takut" karena Mama kan emang setahun ini lumayan sering bolak balik Jepang (ada kali, 3 kali mah), karena Obaachan kan baru meninggal tahun lalu, jadi sejak Obaachan koma, meninggal, ngurus2 rumah, dan ntar mau setahunan meninggalnya Obaachan, Mama jadi sering bolak balik Jepang-Indonesia. So, sama Mama, Jojo ga ngerasa "takut". Sama Opung boba, rada "takut" sih dia, karena udah lama ga ketemu juga, tapi abis disogok eskrim mc flurry, langsung cair. Jadi persoalannya emang gimana anaknya terbiasa aja, beri sedikit waktu, lama2 akan cair sendiri.

Di Jakarta, hari pertama James ga tahan, langsung nyerbu lapo ni tondongta dia. Kita ke sana sama2 Mamak, Bapak, Bang Richard, trus kita bertiga. Jojo pertama2 nangis2 di lapo, ga biasa liat orang makan gila2an kayak gitu kali, trus dikasih makanan berkuah sop babi sama mamak, jojo masih nangis2. Gw tau kenapa, karena anak ini ga suka makanan berkuah, gw ga pernah biasain dia makan dengan sop dicampur gitu, pasti semuanya gw pisahin, karena gw juga ga suka makanan dicampur2 gitu. Trus karena gw ga suka makanan berkuah, di rumah juga gw selalu masak makanan kering, sayur pun selalu tumis2an, jarang banget bikin sop. Ya kebentuklah pola makan Jojo, ga suka makanan basah2 gitu. Akhirnya, Jojo gw kasih babi panggang, nasi dan kecap, tanpa kuah sedikitpun, baru dia kalap makannya, nyemilin tuh babi. Emang babi panggang enak banget Jo! Gw juga makan tuh babi dua porsi, dengan sambel hijau batak gitu, yummy bangetlah pokoknya!James mah jangan ditanya, 3 porsi nasi langsung habis dibabat, saksang tentu saja masuk, babi panggang apalagi. Susah ya James, mau jauh2 di Osaka juga, tetap aja makanan mah, lapo is the best. Ohya, untuk yang ga tau lapo itu apa, nah lapo adalah rumah makan batak, ngejualnya ya makanan2 batak, yang menu utamanya adalah babi, tentu saja. Haram, memang.

Makan malam hari pertama, mamak masak gulai ayam, enak banget deh. Jojo juga suka banget, tapi sama kayak gw, makannya kering gitu, ga pakai kuah, hahahahaha. Kuahnya dikiiiiiiit banget aja. Kita berdua emang penyuka makanan kering. Si James, hari pertama langsung refleksi gitu di ambassador, berdua ngajakin bang richard. Gw dan Jojo di rumah aja, takutnya kalo bawa2 Jojo lagi, takut kecapean, jadi kita berdua sok alim nonton playhouse disney di rumah. Malamnya, setelah makan malam, keluarga inti jalan putri ngumpul di jalan putri. Si Jojo asyik main sama Kezia (sepupunya, anaknya abangnya james, Bang Edu dan Kak Siska), trus Jojo udah mulai berani, ngga diem2 lagi kayak pas pertama kali datang, jadi dia nyanyi2 lagu jepang sambil nari2. Opung jalan putri senang banget ngeliatnya, diliatin aja terus jojo, bagaikan artis dunia gitu....emang kebahagiaa terbesar para opung adalah melihat cucu2nya sehat dan gembira. Kalo semua cucu2 mamak bapak dikumpulin, pasti seru banget, ada yang dari ambon, makasar, jakarta, belanda, jepang, ngomongnya semuanya dengan logat masing2, seru banget tuh pasti, apalagi umurnya udah pada bukan bayi2 banget lagi, udah umur bisa main bareng gitu. Mudah2an bisa kesampaian deh, ngumpul seluruh keluarga jalan putri dengan lengkap, biar mamak bapak senang dan ngerasa fullfilled.

Hari ketiga, pagi2 kita diajak berenang di apartmennya Kak Siska dan Bang Edu. Gila, gaya hidup mewah banget ya gw, berenang2 di apartmen gitu. Seumur hidup, ini baru pertama kali nih berenang di apartmen (norak banget ya gw). Si Jojo langsung kalap gitu liat air, langsung minta2 nyebur n ga mau keluar2 dari air. Trus dia ga mau d tempat cetek, maunya di tempat dalam, ga mau dipegangin, padahal ga bisa berenang. Rada tengil sih emang. Ya akhirnya dilepas dikit2 aja, biar rada petualangan gitu. Yang ikutan berenang, selain kita bertiga, ada Rany, Gita, David (sepupu2nya James), trus ada Bang Edu, Kak Siska, Kezia, trus Kefas (anaknya David, jadi berarti sepupunya Joanna), Bang Richard (tapi ga ikutan berenang, tidur di tepi kolam sih iya, hahahaha). Pulangnya makan di foodcourt grand indonesia (baru masuk nih mall segede ini) dan lagi2 gw kaget karena harga makanan di jakarta sekarang edan banget. Ya tapi cukup terpuaskanlah gw makan ayam kremes, si james makan sop buntut. Joanna kita kasih makan kentucky aja. Dia kayaknya baru nemuin tuh nikmatnya makan pake tangan, ntar balik ke jepang, masuk daycare, makan ngga pake sumpit nih jangan2, tapi maunya pake tangan, hahahaha. Selesai dari grand indonesia, kita balik ke jalan putri, si james makan gulai lagi, gw n joanna ga makan lagi, udah kenyang. Trus kita ke bukit tunggul bentar, satu blok aja kok dari jalan putri...ke rumah tulang siska, ngobrol2 bentar, si Joanna main sama Kezia lagi. Tapi hanya bentar, karena Kezia mesti les piano, jadi terpaksa pisah sama Jojo. Jojo sedih banget, tapi gw bilang, ntar di Puncak kita ketemu Kezia lagi, malah banyak anak2 lain juga, jadi jangan takut. Baru Joanna rada secure setelah dikasih tau gitu.

Selesai dari rumah tulang, kita balik ke jalan putri, beres2 bentar, trus menuju Bogor. Oh my God, ini nih kampung halaman gw tercinta, mau dibilang Osaka majulah, apalah....tetap aja deh ga ada yang bisa ngalahin Bogor. Macet parah emang, angkot juga banyak banget, tapi namanya kampung halaman ya, tetap aja bikin batin tenang kalo udah nginjek Bogor mah.Iyalah, gw tinggal di Bogor selama 26 tahun, gimana ga melekat banget di hati gw nih kampung halaman. Inilah kota yang selalu gw bayangkan ketika gw stress kuliah di Osaka, mesti ngerjain banyak hal, ngerasa sendiri...yang kebayang di otak gw ya Bogor, dengan kebun raya, elos, giant...dan makanan2nya itu yang ga nahan, enak banget. Dan bertemu kembali dengan kampung halaman adalah sebuah ketenangan batin yang tidak akan pernah kita dapatkan ketika kita berada di perantauan. Bener banget apa yang ditulis Muro Saisei dalam puisinya "furusato" (kampung halaman) : A home is where you reminisce when you are far away and sing with sorrow" (kampung halaman adalah tempat yang selalu engkau ingat ketika engkau jauh darinya dan engkau nyanyikan dengan hati yang sedih). Dulu tuh waktu gw belajar puisi ini, pas gw masih kuliah S1, trus juga pas gw ngajar telaah puisi di LIA, gw ga bisa menghayati makna puisi ini, karena ya gw kan ngga pernah pisah sama kampung halaman, secara gw tinggalnya di Bogor terus. Tapi, setelah jauh dari Bogor, terpisah ribuan kilometer, lautan dan daratan, kerasa banget kalo kata2nya Muro Saisei ini tepat banget. Ternyata begini rasanya jadi anak rantau, memang benar banget, merantau membuat kita berkembang dan maju, banyak hal baru yang kita lihat, dengar dan alami, tapi harga yang harus dibayar untuk kemajuan itu adalah berpisah dengan kampung halaman, dan secara batiniah, itu ngga enak. Orang2 perantauan, selamanya akan selalu merasa sepi, jauh di dalam lubuk hatinya, sekalipun di saat yang bersamaan, itu akan memperkuat mentalnya menjadi orang2 yang punya semangat juang. Pantesan, batak2 rantau suka ngerasa bangga gitu sama kemiskinannya, dan suka anti kemapanan ngehina2 anak2 kota yang doyan makan crepes dan jajan Mc. D, karena...emang ngerantau itu emang begitu itu sih, suka ngebuat kita bangga sama hidup penuh perjuangan (betul ngga, Ken? Kita kan suka banget tuh ngebahas batak2 rantau). Yah....meski gw mah ga ada apa2nya dibanding batak2 rantau yang berjuang edan itu, tapi bottom line-nya bisa gw tangkep sih sekarang, kenapa mereka suka bangga gitu sama kerantauannya itu.

Ngga berapa lama setelah sampai di Bogor Baru, si Ria n Cleo datang, langsung kita main gila2an gitu. Jam 7an, Ko Andy dateng sama Keio, bawain makanan padang. Langsung makan gila-lah gw n James, sambel ijo, rendang, dendeng dagin, sayur nangka, my God....Indonesia emang ga ada yang ngalahin kalo soal makanan mah! Trus, selesai makan, si Papa ngajakin beli Mc. D sambil ketawa2 gitu. Mama udah bilang ga usah, terlalu malam, tapi disogok eskrim mac flurry, ga berkutik Mama, langsung setuju. Kita pergi beli Mc. D, alasan aja sebenarnya biar bisa jalan2 malam2, si Mama Papa di rumah, yang pergi anak2, menantu2,  n cucu2nya aja. Di mobil, CK dan Jo ribut abis, rusuh ga berhenti2. Koan ngobrol sana James, gw ngobrol sama Ria, sambil kita sekali2 marah2in anak2 kalo udah tak terkendalikan rusuhnya. Selesai beli Mc. D (semua pesan eskrim, kecuali Papa, pesan filleo fish dan kentang goreng, ga kenyang2 emang bliau) n martabak di depan apotik Indonesia, kita balik ke boba, makan2 lagi, trus jam 10an, Ria, Koan n CK pulang. Ah emang paling enak deh ngumpul2 sama keluarga gini, ga akan ada yang bisa ngalahin.

Sampai hari Rabu, kita rencana di Bogor, ntar Kamis-Minggu, kita ke Puncak, nginep sama keluarga besar Opung Theodora Simanjuntak (keluarga besar James). Seru pastinya, meski gw agak khawatir Jojo ga bisa tidur nyenyak, karena terlalu excited di Puncak ketemu banyak banget orang, terutama anak2. Doain banget biar kita bertiga, terutama Joanna, ga sampai sakit ya dan bisa sehat terus selama liburan ini.

Hari ini mau ke GKRI BSB nih, udah lama banget ga kesana. Mau ketemua anak2 SM GKRI BSB, trus ketemu orang2 dewasanya juga. Asyiiiiiiik.....doakan semuanya lancar ya, ntar gw update lagi kisah2 liburan sebulan ini.

No comments:

Post a Comment