Tuesday, February 8, 2011

Intimidasi ART (Asisten Rumah Tangga) dan batak tradisional

*Sebelum mulai nulis, tulisan ini sama sekali ngga dimaksudkan untuk nyindir orang2 yang pake asisten rumah tangga (ART) di Indonesia. Gw juga kalo di Indonesia, ya pake ART-lah, biar hidup gw lebih nyaman dan ga dipusingkan dengan tetek bengek house cores yang menghujam jiwa itu!Ini murni sharing gw aja.*

Yessss, we all know, salah satu keuntungan tinggal di Indonesia adalah kita bisa punya ART yang siap sedia 24 jam 7 hari (kecuali kalo lagi lebaran) untuk ngerjain segala macem house cores. Dan we all know, house cores itu SUCKS, amit2 deh pokoknya. Kalo bisa milih, lebih baik ga ngerjain sama sekali daripada ngerjain kerjaan rumah tangga. Maksud gw, siapa juga sih yang seneng bersih2, nyikat WC n kamar mandi, masak, nyapu, ngepel, dll? Udah fisik capek banget, kerjaannya tuh jorok lagi kan.

Tapi itulah kejamnya hidup. Oke, ga apa2 ga bersihin rumah, tapi resikonya : rumah lu kotor. Ga apa2 kalo males masak, tapi resikonya : lu ga makan. Ga apa2 ga nyikat kamar mandi, tapi resikonya : kamar mandi lu lumutan dan berjamur. Kalau kita masih lajang, mungkin ga masalah kalo kamar kita kotor, atau kita males masak ya beli aja makanan di luaran, kamar mandi lumutan, ya udahlah ya, yang make cuma gw sendiri ini. Tapi kalo udah berkeluarga, man....we share everything with spouse and our kids....ngga lagi hidup cuma sendiri gitu....dan terutama kalo udah ada anak, trus rumah kita kotornya berlebihan atau kamar mandinya jorok abis.....ntar anak tinggal di lingkungan yang ga bersih, trus dia menghirup udara yang banyak debu, akhirnya sakit, ujung2nya kita lagi sebagai ortu yang repot.....jadi ya mau ga mau deh ya, namanya udah berkeluarga mah, demi menciptakan lingkungan hidup yang nyaman dan sehat, maka kerjaan rumah tangga haruslah dikerjakan.

Di Indonesia, untuk golongan menengah ke atas, masalah kerjaan rumah tangga ini dapat teratasi dengan mempekerjakan ART. Dengan biaya lumayan murah, kita bisa membayar ART untuk kerja sama kita. Dan voilaaaa!!!! Kita bisa tutup mata sama house cores. Tapi, di negara2 maju yang tenaga kerja tuh mahal bangeeeet....jangan harap ada ART. Di sini emang ada sih yang profesinya bantuin beres2in rumah gitu. Tapi semuanya bersertifikat gitu, misalnya dia punya kualifikasi dalam bidang nyuci, nyetrika, jemur baju, masak, bersih2 rumah, dll. Trus dia juga ngga stay 24 jam di tempat kita, paling dateng ya seminggu sekali dan dibayarnya jam2an gitu. Benar2 profesional. Trus dia juga dianggap sebagai karyawan dari perusahaan yang menyalurkan tenaga2 untuk bantuin kerjaan rumah ini, jadi kita ga bisa hire seseorang secara pribadi, semua harus lewat perusahaan, jelas banget aturan dan kontraknya dan berapa biayanya per-jam, apa2 aja yang termasuk service-nya. Ya gw mah ga pernah pake jasa ini, karena ga punya duitnya juga, tapi ini menunjukkan, betapa tenaga kerja di negara2 maju termasuk jepang, emang sangat2 mahal. Kebanyakan rumah tangga di jepang sih, ya biasanya ngerjain semua2nya sendiri, tanpa bantuan ART. Kecuali kalo udah lansia ya dan mesti hidup sendiri, dan udah ga mampu lagi untuk ngerjain semua2nya sendiri, biasanya seminggu berapa kali, tergantung request, akan ada helper yang datang untuk ngerjain kerjaan rumah tangga. Dulu juga Obaachan (nenek gw), pas umurnya udah 85an dan mulai ga bisa ngerjain kerjaan rumah tangga sendiri, ada helper datang ke rumah beliau, seminggu dua kali. Tapi sebelum itu? Even ketika umurnya 70an tahun pun, beliau ngerjain segala sesuatunya sendiri. Tanpa bantuan orang lain. Emang sekejam ini hidup di Jepang. Itu fakta.

Nahhhhhh....sebagai manusia yang merantau ke jepang, ya gw juga ngalamin keadaan serupa, hidup tanpa ART. Persoalannya adalah, gw tuh anaknya dari dulu ga pernah ngerjain kerjaan rumah tangga. Kalo menurut batak tradisional, gw termasuk dalam kategori yang sangat mantap untuk dikata2in "Lho kok anak perempuan ga pernah masuk dapur?" Udah skak mat deh gw, ga bisa ngomong. Terus terang aja, pas awal2 nikah sama james, sumpah mampus gw takuuuuuut banget setiap ada acara2 keluarga. Bukannya apa2, di acara2 keluarga itu, cewek2 tuh mesti langsung ngumpul di dapur dan mulai deh tuh ya, berkarya dalam ranah masak masing2, entah itu motong2 sayuran, daging, ngulek bumbu, motong2 buah, ngegoreng ayam, dll. Sumpahhhhh gw takut banget, takutnya tuh lebih deh daripada wawancara beasiswa mombusho. Beneran. Soalnya, jangankan ngulek2 bumbu nih ya, nama2 bumbu yang diulek aja gw ga tau. Mana gw tau bentuknya kunyit, daun salam, lengkuas, dll. Trus gw juga ga tau segimana banyak minyak yang mesti dituang untuk goreng ayam, apakah harus tenggelam ayamnya atau ga, dan berapa lama gorengnya, biar ga berdarah2 di dalam. Trus cara motong sayuran gitu juga gw ngga tau, bagian mananya dulu yang harus dipotong. Nah trus kalo gw udah salting gitu kan, biasanya mulai kan tuh ya, batak2 tradisional itu ngata2in gw,

"Inilah anak perempuan ngga pernah turun ke dapur"
"Tiap hari makan apa aja kau? Beli jadi terus?"
"Ngga pernah masak kau, ada pembantu terus"

Gilaaaaaaa, mau nangis ga sih lu? Gw tuh sampe curhat2 sama Melan dan Ken De, dua sobat gw yang sama2 orang batak dan nikah sama orang batak juga, apa yang harus kita lakukan jika kita dihadapkan pada situasi seperti ini. Yang ngerti masalah ini emang hanya perempuan2 batak kota manja dan gadungan macam gw yang menikah dengan batak rantau yang keluarga besarnya dipenuhi nilai2 tradisional seperti james, suaminya melan dan suaminya ken de.

Yang paling mengerikan adalah kalo udah arisan2 batak gitu. Gilaaaaa.... itu bisa 70an orang numplek di rumah dan sebagai tuan rumah, kita mesti kasih makan. I tell you the truth : beli makanan jadi atau pake bumbu instant adalah HARAM hukumnya di arisan ini. Kalo ga serba home made, you are nista, senista2nya! Makanya dulu tuh ya, tiap kali gw yang kebagian jadi tuan rumah arisan, pasti mamak yang memimpin acara masak2 ini. Gw ngga bisa, sumpah. Tapi sementara gw melihat beliau yang sudah nyaris berusia 70 tahun mengomando pembagian tugas masak2 ini, gw mikir, sampe kapan gw ngandalin mamak?Beliau bertambah tua tiap tahun, dan by that time, gw mesti bisa mengomando acara masak2 ini kalo ada arisan di tempat gw.

Trus nih yaa....karena gw kacrut banget urusan rumah tangga terutama masak, ART gw dulu tuh belagu abis. Despite of all her kindness dan kesigapannya ngurus joanna, satu hal yang gw rasain, dia tuh ga nganggep gw sebagai majikannya karena gw cemen ga tau bedanya kunyit dan serai dan ga tau caranya bikin ayam goreng bumbu kuning. Dia ngerasa dibutuhin abis gitu (emang iya sih) dan gw ngerasa terintimidasi abis kalo sama dia. Sampe kalo dia di dapur gw ga berani masuk, serem aja gitu. Trus ART gw, kalo sama mamak takut (iyalah ya, siapa yang ga takut sama mamak, udah megang banget kalo urusan motherhood mah, ibu 7 anak tanpa ART dan selalu masak sendiri seumur hidupnya!), tapi kalo sama gw ngga. Trus pernah nih ya, pas ada acara arisan gitu di rumah gw, trus kan ga enak dong ya kalo gw ga ikut2 masak, akhirnya gw ikutan, hanya berani motong2in baso aja. Eh trus ART gw ngeliat kan gw megang pisau gitu dan lagi dengan kusyuknya motongin tuh baso2 di talenan, nah....dengan senyum mengejek, dia menatap gw dan berkata,

"Ibu ikut2an masak juga....."

Gw sebel banget tapi ga berani ngomong, karena gw tau, dalam hal urusan rumah tangga, aku lemah, dikau yang kuat, aku terjajah, kau yang menjajah. Aaaaaarrrrrghhhhhh!!!!!!

Nah sekarang kalian bayangin aja, gw yang segitu cemse alias cemen dan ngeri minta ampun sama ART dan acara2 arisan gitu, hijrah ke jepang yang tidak menyediakan fasilitas ART.

Awal2nya, tentu berat abis, terutama setahun pertama. Yang paling bikin stress emang urusan masak sih. Gw ga bisa sama sekali soalnya. Gw masih inget, awal2 di jepang, ampir tiap malam gw dan J dan J, makannya kare rice trus karena cuma itu yang gw bisa. Gw masih inget juga, awal2 tuh gimana gw memberontak dan ingin menangis ketika berada di dapur. Asli shit itu mah, no other word can describe this circumstances, except : SHIT.

Tapi terus, waktu berjalan....dan akhirnya, karena tiap hari masak terus (dengan bumbu instan tentu aja), lama2 jadi ga ngerasa masak dan house cores lainnya sebagai sesuatu yang shit abis, tapi bisa dianggap sebagai bagian yang harus dilakukan agar kehidupan berjalan. Ya udahlah ya, dulu gw punya ART eman enak, tapi itu dulu, sekarang faktanya, gw ga sanggup ngebiayain ART di sini, jadi harus  ngerjain sendiri, ya udahlah, terima aja kondisinya. Dan diam2, gw mulai searching2 di internet, bumbu2 Indonesia itu apa aja. Ada website indonesian spice, itu dikasih tau bumbu2 indonesia, lengkap dengan gambar dan kegunaannya, cocok banget untuk yang pemula kayak gw.

Udah hampir dua tahun gw di jepang dan kalo dulu gw nganggep ga punya ART itu rese banget, sekarang mah udah biasa aja. Ya, biar gimana pun juga, manusia tuh selalu punya kemampuan beradaptasilah, serese2nya hidup, pasti dia akan menyesuaikan diri dengan ritme hidup barunya.

Jika kelak gw pulang ke tanah air dan tentunya akan berhadapan lagi dengan arisan 70 orang atau acara2 keluarga yang mengharuskan perempuan2 turun ke dapur.......hah, gw ga akan lagi bisa dibudakin dan diintimidasi dengan pernyataan2 menyiksa yang menjatuhkan anak-kota-manja-ga-pernah-turun-ke-dapur.

Wahai ART, wahai batak2 tradisional....dahulu kalian selalu menghina saya, dan saya ngga bisa melawan, tapi sekarang? Gw anak rantau, gw masak sendiri, mau ngomong apa lagi kalian? Mau ngatain gw ga pernah turun ke dapur lagi? Tiap hari gw turun ke dapur, tau! You all have no right to humiliate me. Weeeeeeee......!!!!!

No comments:

Post a Comment