Thursday, February 24, 2011

Jepang mengubahku 180 derajat

Bilang gw lebay, tapi ini fakta. Ember, jepang mengubah gw 180 derajat.Ngga semuanya berubah, tapi ada yang berubah. Yahhhhh...faktor lingkunganlah itu. Namanya manusia, kan kita nyesuain gaya hidup dengan di mana kita hidup dan dalam kondisi gimana kita hidup.

Jadi....jepang mengubah gw jadi  gimana? Lebih rajin belajar? Ngga juga. Lebih hemat gunain uang? Ngga juga, gw sering banget jajan tuh. Ohhhh karena banyak persoalan hidup...gw jadi lebih tawakal dan berpasrah diri gitu? ngga juga, gw sering banget kesel sama Tuhan (anak yang ga punya iman emang gw).

Tapi ya pasti, ada satu perubahan yang bener2 bisa dibilang perubaha radikal setelah gw nyaris 2 tahun tinggal di jepang. Ini perubahan di bidang perdapuran. Alias, gw jadi menguasai dunia masak yang dulunya gw oon banget, sumpah, sampe takut setengah mati sama asisten rumah tangga gw kalo gw udah masuk dapur. Kayak ngerasa ga layak aja gitu gw ada di dapur.

Lha, kenapa bisa begitu? Ini emang bener2 situasi yang membuat gw jadi masuk dapur. Ya, di sini kan ga ada pembantu. Trus suka rindu masakan tanah air juga. Tapi kan ga ada tuh tukang jajanan lewat, jadi ya nyoba2 bikin sendiri. Rasanya mah emang jauh dari bikinan abang2-lah, tapi asal ada mirip2nya dikiiiiiiit aja, untuk orang yang rindu makanan tanah air macam gw dan james, itu udah lebih dari cukup. Gw tau, ga akan mungkin bisa nyaingin abang2 tukang jajanan dalam hal ngebuat makana kaki lima lezat2 itu, tapi asal rupanya mirip dikiiiit aja dan rasa juga masih nyerempet2 dikiiiiit aja, gw udah ngerasa terobati kangennya sama makanan tanah air.

Dulu tuh waktu masih di Indonesia, gw suka baca2 blog ibu2 rumah tangga yang tinggal di luar negeri. Trus mereka tuh suka mamerin masakan hasil karyanya gitu. Bukan hanya nasi dan lauk pauk aja, bahkan kue2 kayak yang dijual di toko2 pun mereka bisa bikin.Trus gw ngerasa mereka nyolot banget, karena ngaku2nya tuh dulu ga bisa masak, tapi begitu di luar negeri ada dalam kondisi ga punya pembantu, akhirnya mereka belajar masak dan malah jadi jago. Gw pikir, basi banget sih mereka, ya kalo emang jago mah jago aja, ngga usah tunggu mesti tinggal di luar negeri dulu, baru bisa masak.

Ya mana gw tau, kalo ternyata beberapa tahun kemudian, gw bakal ngalamin kondisi kayak ibu2 di blog itu? Sumpah, gw ini sama sekali ga bisa masak. Seriiiiiiing banget dikata2in dalam pertemuan2 keluarga james, karena gw bukan perempuan tradisional yang tau bumbu2 dapur. Trus gw kan pemberontak tuh ya, jadi makin dikata2in, gw malah makin sebel, trus makin maleslah sama dapur. Terus terang aja, pas gw akhirnya jadi hijrah ke jepang dan mau bawa keluarga, salah satu hal yang gw takutkan adalah : bagaimana kita bisa survive dalam hal makanan, kalo gw kagak bisa masak. Gw tau, ini jepang, yang ga ada tukang jajanan lewat tiap waktu, yang apa2 mahal, dan meski gw benci mengakuinya, emang kalo kita beli bahan mentah terus masak sendiri gitu, ya jatuh2nya jauuuuuuh lebih murah daripada makan di restoran atau beli lauk jadi. Selama di Indonesia, kalo ga makan di luar, selalu asisten rumah tangga gw yang masak, jadi gw ga pernah sekalipun pusing mikirin mau masak apa.

Tapi akhirnya gw belajar satu hal, bahwa kalo mau bisa masak itu, kuncinya cuma satu : sering2 aja ke dapur dan sering2 praktek masak. Untuk gw, kondisinya sangat kondusif untuk melakukan hal itu, malah itu sebuah keharusan. Pertama2, rasanya beban banget, gw pengen  nangis, kesel, marah, tiap mulai motong2 sayuran, bawang, daging, dll, trus ngolah tuh  bahan dan ngeberes2in dapur. Ampun tuanku, saat itu pikiran yang selalu  berkecamuk dalam benak gw adalah : betapa enaknya tinggal di Indonesia, ga usah ngalamin yang kayak ginian. Tapi gw hanya sendiri di dapur itu, ga ada yang tau penderitaan gw. Sambil masak, gw sambil nangis, kesel, bete, semua perasaan negatif berbaur jadi satu. Ga ikhlas banget gw ngelakuin masak2 ini.

Bulan2 pertama, karena masakan yang gw bisa sangat terbatas, ya akhirnya yang terhidang ya itu lagi, itu lagi, itu lagi. Makanan Indonesia, ga pernah gw buat, karena gw ga bisa. J dan J ga pernah complain, untungnya mereka tuh tipe yang ga rewel sama makanan, apa aja masuk. Setelah lewat 6 bulanan, akhirnya gw mulai ikhlas menerima bahwa emang masak tuh udah bagian dari kehidupan. Kalo mau makan, ya mesti masak, sesederhana itu. Trus karena tiap hari ngerjain hal yang sama di dapur, lama2 jadi tau celah2nya, kayak berapa lama masakan mesti ditumis, seberapa banyak minyak yang dipakai untuk menggoreng, setipis apa sebaiknya daging dipotong biar bisa mateng sampai ke dalem2nya. Durasi masak pun jadi makin singkat, yang tadinya bisa 3 jam'an sekali masak, mulai ringkas, jadi 2 jam, dan akhirnya sekarang, kurang lebih 1 jam untuk masakan sederhana.

Akhirnya lama2 emang jadi kebentuk sih celah2 masak itu. Trus tiap liburan, pas waktunya rada longgar, mulai berani nyoba2in resep2 baru, termasuk resep2 masakan Indonesia. Ada yang gagal, ada yang sukses. Satu resep baru biasanya dicobain berkali2 sampai akhirnya hafal ga liat resep. Kalo liburan sebulanan gitu, biasanya sih resep baru sekitar empat resep ya, seminggu cukup satu resep aja. Lumayan kan, dikumpul2in, lama2 jadi banyak.

Ngga puas hanya dengan masak lauk pauk aja, gw memberanikan diri untuk sok2an bikin kue. Sampai saat ini belum ada yang bener2 sukses. Tapi target gw adalah mau bikin kue ulang tahun untuk james (3 maret), kue penghargaan untuk  joanna yang udah setahun berjuang di daycare (1 april), kue ulang tahun untuk joanna (16 juni). Ngga tau ya, gw ngerasa mereka berdua udah banyak banget berkorban demi nemenin gw studi di sini, dan gw  juga tau, kue2 itu ga akan mungkin bisa ngebalas semua pengorbanan mereka, tapi setidaknya, itu bisa jadi bentuk penghargaan gw untuk mereka. Makanya, kemarin itu pas temen gw mau ngajarin bikin kue, langsung gw ikutan. Soalnya, sebagai orang yang ga pernah bikin, biar liat resep, kadang ga ngerti apa yang dimaksud di resep itu. Kayak kocok adonan sampai mengembang, uleni hingga kalis, lelehkan mentega...apaan tuh, gw ga ada bayangan. Tapi dengan belajar langsung, kan enak, bisa tau. Mudah2an deh ya berhasil. Meski untuk kue ulang tahun james, terpaksa tertunda satu hari karena tanggal 3 maret itu kan gw presentasi penelitian. Ga mungkin kan gw ga dateng presentasi dengan alasan bikin kue, hehehe....

Mengenai bumbu2 indonesia, gw malu mengakuinya, tapi gw baru tau seperti apa bentuknya daun salam, serai, kemiri, kunyit, terasi, dll itu, setelah gw ada di jepang ini, di usia gw yang 32 tahun ini. Itu setelah akhirnya gw nemuin website yang ngajarin tentang bumbu2 indonesia, lengkap dengan kegunaan dan bentuknya gimana. Setelah mengetahui bumbu2 itu dan gimana cara mengolahnya, masakan indonesia emang ga lagi terasa sangat menakutkan. Dulu mah, liat cobek aja gw takutnya minta ampun, ngga tau kenapa.

Emang tiap hari mesti masak dan beres2 rumah memang melelahkan. Tapi sekarang gw ngga lagi marah, ngga lagi bete karena ga ada asisten rumah tangga. Ya udahlah ya, namanya juga bagian dari kehidupan, ya dijalanin aja sebisanya. Malah diam2, terselip rasa syukur karena gw berada dalam kondisi seperti ini ,saat ini. Dan gw mengakui, ibu2 yang tinggal di luar negeri dan mamer2in karya2nya di blog itu ngga boong. Kondisi yang membuat mereka seperti itu. Sama dengan yang gw alami saat ini. Tapi....gw kayaknya belum pede mamerin masakan karya gw. Lha, bentuknya ga meyakinkan gitu. Tapiiii...kalo kue ulang tahun itu sukses, dengan bangga gw pamerin deh di blog. Tengil2an sekali2, bolehlah......mudah2an berhasil ya tuh kue, amiiiiin....

No comments:

Post a Comment