Thursday, February 24, 2011

Pak Jonny, Kazuko sensei, Prof Hirata

Siapalah mereka? Tiga bersaudara? Bukan. Mereka ga ada hubungan darah kok. Malah ngga semuanya saling kenal. Tapi semuanya punya satu benang merah : tiga-tiganya pembimbing penelitian gw dalam bidang sastra jepang.

Pak Jonny itu dosen gw pas S1. Beliau tuh temennya papa. Nama lengkapnya Jonny Hutabarat. Hahahahaha, sesama orang batak ya. Gw dulu dibimbing beliau ngerjain skripsi. Tau ga, dulu skripsi gw tentang apa? Tentang puisi haiku (puisi pendek jepang, terdiri dari 17 suku kata). Gw ngambil karyanya Matsuo Basho, dari jaman Edo (1604-1867). Gw neliti sastra klasik sih pas jaman masih S1. Sebenernya ga tau juga apaan yang gw teliti, ga suka2 amat juga gw sama haiku, tapi biarinlah ya, apa aja deh yang penting lulus. Jaman gw S1, gw belum tau minat gw dalam sastra jepang itu khususnya di mana, masih ngeraba2 gitulah. Feminisme aja gw ngga tau artinya saat itu!

Jaman dulu kan belum ada tuh HP, email, dll. Komunikasi paling lewat telpon. Kalo mau janjian bimbingan, ya gw nelpon langsung ke rumahnya. Pak Jonny sih ga pernah susah untuk ditemuin, selalu siap sedia membimbing gw. Malah nih ya, pernah sekali waktu, pas udah deadline2 skripsi, beliau ga ke kampus karena anaknya masuk rumah sakit. Gw udah panik, gimana nasibnya skripsi gw ini. Lagi panik2 gitu, beliau nelpon gw (ke telpon rumah, jaman itu belum ada HP yawwww...), ngajakin gw bimbingan. Langsung legalah gw. Orangnya nyantai tapi tegas. Waktu gw nikah pun beliau datang. Terharu deh gw.

Kalo Kazuko sensei, kayaknya udah pernah gw tulis tentang beliau di blog ini. Beliau tuh pembimbing gw pas S2 di Indonesia. Beliau orang jepang asli, tapi suaminya orang Indonesia. Orangnya baiiiik bangeeet, guru sejatilah pokoknya. Huehehe, jaman ini mah udah ada ya HP dan email. Jadi, komunikasi pun bisa dilakukan via SMS atau email atau HP, ga usah slalu mesti ke telpon rumah. Sampai sekarang gw masih kontak sama beliau, bahkan sering banget gw mintain tolong untuk ngecek bahasa jepang gw kalo gw bikin makalah. Waktu gw bilang mau lanjutin kuliah di jepang, beliau yang paling ngedukung. Waktu Joanna masuk daycare, beliau beliin Joanna hadiah. Terharu banget2 gw. Dan waktu gw nikah, beliau pun datang ke pesta pernikahan gw.

Nah kalo Prof Hirata, beliau adalah pembimbing tesis gw sekarang. Pertama kali tau tentang beliau, ya dari website Osaka University. Gw kan nyari2 prof yang ahli sastra jepang dan gender yang ada di wilayah kansai. Ketemunya sama beliau. Kontak2 lewat email, beliau bersedia nerima gw jadi mahasiswa bimbingannya. Emang di sini tuh gitu, kalo lewat beasiswa mombusho, begitu lulus seleksi di dalam negeri, kita mesti nyari sendiri prof yang mau nerima kita jadi muridnya, trus prof itu akan tulis surat rekomendasi ke mombusho jepang (mombusho itu departemen pendidikan dan kebudayaan). Terus terang aja, pas liat fotonya di website, gw serem, karena kok kayaknya orangnya galak banget. Gimana nasib gw, dibimbing beliau. Ternyata ketakutan gw ngga beralasan. Emang beliau bukan orang yang ramah, dan sifatnya tuh tegas banget, ga ada basa basi. Tapi beliau fair banget, kalo jelek dikatain jelek, kalo bagus dikatain bagus, dan selalu mau ngebimbing murid2nya. Trus yang paling bikin gw lega, beliau itu tau caranya ngebimbing mahasiswa asing. Di sini tuh kadang suka ada prof yang ortodoks banget, yang mau mahasiswa asing itu cara berpikirnya kayak mahasiswa jepang. Tapi untungnya Prof Hirata ngga kayak gitu. Beliau menerima gw sebagai mahasiswa indonesia, apa adanya, dengan kemampuan bahasa jepang gw yang standar2 ini. Ga pernah sekalipun beliau ngehina tulisan gw atau cara bertutur gw yang standar abis (ga pake kata2 canggih gitu deh) dan selalu ngerti apa yang mau gw bilang. Kalo udah macet ngomong di kelas juga, beliau bantuin gw nyari padanan kata yang tepat. Kalo mau bimbingan juga enak, gampang banget dihubungi. Email selalu dibalas cepat, kooperatif bangetlah. Trus karena beliau perempuan dan nikah dan punya anak, jadi bisa ngerti dilematis yang suka gw rasain karena kadang suka ga bisa kuliah karena urusan Joanna. Beliau juga yang terus ngedukung gw untuk biasain Joanna di daycare dan jangan patah semangat hanya karena Joanna belum terbiasa, katanya itu semua hanya masalah waktu. Beliau bilang, ntar anak jadi mandiri, orangtua juga mandiri, dua2nya makin berkembang, kalo masing2 punya waktu untuk berkegiatan sendiri. Di saat dunia kayaknya mencaci gw karena gw masukin anak ke daycare, hanya beliaulah satu2nya perempuan 50 tahun ke atas yang ngedukung abis gw masukin Joanna ke daycare. Alhamdulilah.

Sampai saat ini, gw emang selalu dibimbing sama dosen2 pembimbing yang baik2 banget dengan cara mereka sendiri. Mudah2an seterusnya juga gitu. Dan mudah2an, suatu saat nanti, gw juga bisa jadi dosen pembimbing yang bener2 sejati membimbing para mahasiswanya, seperti yang gw rasakan dari tiga dosen pembimbing gw ini. Amiiin....

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Permisi,
    baru berkunjung krn postingan Gambaru, eh pas cek arsipnya *gasp* pembimbing skripsinya kok sensei saya juga?! =O
    Halo, kak Rouli, saya Reino yg waktu itu di OIC.
    Semoga lancar kuliahnya ya =)
    GBYA

    ReplyDelete