Friday, February 25, 2011

Selalu aja ada penguatan

Bisa dibilang, hingga ntar 3 maret, gw akan ngejalanin hari-hari yang super duper menyiksa jiwa raga. Yepppp, taulah ya guys, gw kan mau presentasi penelitian pertama dari rangkaian 4 presentasi penelitian sebelum akhirnya beneran sidang tahun depan.

Mungkin yang bikin stress itu karena ini adalah pertama kalinya gw bakal presentasi penelitian. Emang di kelas suka ada tugas presentasi juga, tapi itu muatannya lebih ringan, karena "hanya" mata kuliah. Kalo yang ini kan presentasi penelitian mandiri kita, yang merupakan "nyawanya" studi di graduate school alias pascasarjana. Tsaaah, nyawa, belagu banget deh, nyawa.

Dan untuk presentasi penelitian ini, yang bakal nanya2in itu 4 dosen! Prof pembimbing gw, dan tiga lagi prof di jurusan gw. Ohyeeeeee, tentu saja Shandeeee adalah salah satunya.....Selain di depan 4 prof itu, kita juga presentasi di depan anak2 master tingkat dua (mereka baru aja lulus sidang tuh, ada 4 orang), trus master tingkat satu (gw dan dua orang lagi), trus research student (2 orang, mulai april tahun ini bakal masuk jadi mahasiswa pascasarjana), dan exchange student (1 orang, dari Taiwan, ada di jepang sampe bulan oktober tahun ini). Yang presentasi, master tingkat satu sebanyak 3 orang, dan research student sebanyak 2 orang dan exchange student sebanyak 1 orang. Masing2 orang dikasih waktu 40 menit, dengan pembagian 20 menit presentasi, 20 menit ditanya2in.

Sebenernya juga, jurusan gw ini termasuk nyantai. Maksudnya, dibanding jurusan lain yang ada di fakultas ssatra, emang jurusan gw termasuk jurusan yang ngga bikin mati mahasiswa2nya-lah. Soalnya, dosen2nya juga masih berperikemanusiaan. Meski kalo kacang mah ya tetap aja dikatain kacang, ngga ada ampun. Gw sebenernya juga ngga ngejar mesti sempurna, mesti bagus, mesti ini itu. Ngga sama sekali. Udah deh, asal bisa melewati tuh presentasi dengan selamat aja, gw udah bersyukur.

Yang bikin stress itu sebenernya bukan masalah ditanya2in dosen2nya. Tapi masalahnya, ya ngebikin resume-nya-lah! Itu resume dibikinnya pake bahasa jepang, buku2 yang gw baca tuh buku2 dalam bahasa jepang n inggris, trus gw mikirnya pake bahasa indonesia. Pusing banget deh. Udah beberapa hari ini otak gw pusing banget, kayaknya kebanyakan baca buku yang kebanyakan juga kagak gw ngerti isinya apaan. Duhhhh Gustiiiii, mudah2an gw selamat melewati argumen2 ilmiah ini.....

Trus tadi siang kan gw lagi pusing2nya tuh belajar. Tau2 ada yang nelepon. Gw kirain siapa. Ternyata Ibu Kazuko. Iya, beliau lagi di jepang, mamanya tuh kecelakaan, jadi beliau buru2 datang. Tapi cuma dua minggu, besok dah pulang lagi. Biasanya, kalo beliau datang, kita selalu ketemuan, tapi kali ini ngga, karena beliau ngga mampir ke Osaka (biasanya sehari atau dua hari sebelum pulang, beliau nginep di hotel di Osaka, biar gampang ke airport).

"Rouri san, isogashii soo desune. Facebook de mimashita." (Rouli, sibuk ya? saya lihat di facebook)

"Ee, chuukan happyoo ga raishuu na no de..." (Iya...minggu depan mau presentasi penelitian)

"Shikkari gambattekudasai ne. Shikkari gambattekudasai." (Berjuang dengan penuh kemantapan ya. Berjuang dengan penuh kemantapan)

"Hai, wakarimashita. Arigatoo, sensei." (Ya, saya mengerti. Terima kasih, sensei)

Ngga sah emang ya, kalo ngomong sama orang jepang tanpa kata 'gambaru'!!!! Serasa makan sayur ga pake garam!!!!!

Emang sih gw suka bete kalo banyak yang ngomong : ayo berjuang! Duhhh please deh, hidup ini adalah perjuangan kayaknya udah jadi keharusan tuh ya untuk gw. I know, berjuang, iya deh I will, I will....but can you just leave me alone? Bweeee, sok ansos deh gw!

Tapiiiii....ngga tau ya kenapa. Kalo Bu Kazuko yang ngomong mah, gw sama sekali ngga bete, malah ngerasa terkuatkan banget. Dulu tuh pernah juga tuh, gw lagi bete2nya kuliah. Tau2 beliau kirim email. Gw sama sekali ga curhat sama beliau, tapi tau2 aja beliau ngirim email, nguatin gw, bilang supaya gw terus bertahan. Itu tuh yang gw udah nyaris2 mau bolos saking lagi betenya kuliah, akhirnya balik badan gerak! jadi masuk kelas.

Trus kayak tadi. Udah pusing bacain buku2, tau2 beliau nelpon. Emang ya selalu aja ada penguatan ketika kita bener2 membutuhkannya. Thank God.

"Shikkari gambattekudasai." (Berjuanglah dengan penuh kemantapan). Masih terngiang2 tuh kata2 beliau tadi siang.

Dan saat ini, dalam hati gw berucap pelan, mengaminkan kata-kata tersebut :

*Sensei, watashi, shikkari gambarimasu.* (Sensei/guru, saya akan berjuang dengan penuh kemantapan.)

(Silakan bayangkan adegan dorama jepang biar lebih mantap penghayatannya)

3 comments:

  1. Hi, maaf sebelumnya kalo komen saya ini agak mengagetkan Anda. Saya tau blog Anda saat saya mencari info tentang sastra Jepang via Google. Saya ingin mengambil S2 sastra Jepang karena saya sangat berminat dengan sastra Jepang. Namun, yang jadi masalah adalah saya bukanlah anak S1 sastra Jepang. Saya S1 Kedokteran Gigi. Saya juga hanya bisa baca hiragana dan sedikit hafal huruf katakana. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah ada persyaratan tertentu jika saya ingin mengambil S2 Sastra Jepang atau programa ekstensi, saya harus menguasai huruf hiragana, katakana, dan kanji?
    2. Apakah ada kemungkinan saya bisa mengambil S2 atau program esktensi tanpa memiliki dasar-dasar dalam bahasa Jepang.
    Semoga Anda berkenan menjawab pertanyaan saya. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. untuk lovely_lace (nama aslinya siapa nih?)

    Nih saya coba jawab pertanyaannya ya :

    1. Di UI ada program S2 kajian wilayah jepang, dan setau saya, diterima juga yang bukan dari jurusan sastra jepang.

    2. Kalau di S2 kajian jepang UI, memang memungkinkan untuk mengambil kuliah tanpa ada dasar2 bahasa jepang. Setau saya, ada semacam matrikulasi juga, untuk yang ga pernah belajar bahasa jepang. Hanya, secara teknis, kalo belum bisa bahasa jepang, akan sulit untuk membaca text book yang berbahasa jepang,dan harus kerja keras dua kali lipat dibanding yang udah bisa

    ReplyDelete
  3. sorry tadi kepencet, nih saya lanjut ya...

    ...dibanding yang udah bisa bahasa jepang. Untuk info lengkapnya, bisa ditanya di program pascasarjana UI, S2 kajian wilayah jepang, pusat studi jepang, kampus UI, Depok. Saya lupa nomor telponnya, tapi kalo browsing di internet, pasti ketemu. Good luck ya!!!

    ReplyDelete