Wednesday, April 20, 2011

curahan hati manusia labil

Ini jam setengah empat pagi dan gw baru aja selesai ngerjain rencana penelitian. Deadline-nya lusa, harus diserahin ke tata usaha kampus, nah segitu belum dicek tuh sama pembimbing gw. Tadi baru aja gw kirim file attachment ke email beliau. Mudah2an ga ada masalah. Gw ngerasa yang gw kerjain kacangan banget sih. Ah tapi ya sudahlah yaaaa....yang penting mah ngumpulin, daripada ga sama sekali.

Gileeee, kerasa banget bedanya kuliah lagi dan liburan sebulan di rumah. Jujur, gw NYESEL BANGET, selama liburan kemarin sama sekali ga ngerjain penelitian.Akibatnya gw sekarang pontang panting stress. Sesal kemudian ngga ada guna. Mau gimana lagi, ini semua salah gw. Libur musim panas nanti, agustus dan september, gw ga akan jauh2 deh dari penelitian. Tobat gw. Udah tau otak standar, mestinya berjuang lebih. Jujur nih lagi minder berat abis2an, bisa ga gw nulis tesis dan analisis2an gitu, pake bahasa jepang, trus ntar ujian diuji 4 prof pake bahasa jepang? Gw yakin, tuh ujian ga kacangan.

Tapi sebenarnya, yang beban banget bagi gw sekarang adalah kelanjutan studi gw. Jujur, gw takut beasiswa ga diperpanjang. Itu artinya kalo ga diperpanjang, ga bisa lanjutin studi. Alias pulang ke indonesia. Bukannya ga mau pulang, gw ga mau pulang sekarang. Gw maunya pulang sampai selesai semua studi gw dengan selamat, hingga tamat jenjang S3. Karena untuk itulah gw datang ke jepang kan? Mikirin masalah beasiswa benar2 bikin gw merinding. Serem banget, sumpah. Belum lagi ujian masuk S3. Belum lagi kalo udah masuk S3nya ( misalnya diterima ya). Kayaknya ngeri banget gitu. Harus publish paper di dua jurnal internasional. Jadi speaker di seminar. Baru diapprove tulis disertasi. Bayanginnya aja bener2 takut gw.

Jujur, dari dulu, jauh di lubuk hati gw, gw ngerasa kemampuan otak gw ini mentoknya ya sampai master. Itu juga udah banting tulang jiwa raga. Ph. D kayaknya gw ga bakalan kuat. Cuma belagu mau2 aja gitu. Masalahnya kan, mau aja ga cukup kalo ga didukung kemampuan kan? Nah inilah masalahnya. Otak gw standar. Bukan ngerendah, bukan boong. Asli standar. Tanya ajalah sama semua orang.

Sorry nih ya gw lagi minder berat. Minder pol asli gw. Dan lagi-lagi, gw takut mikirin masa depan gw. Kalo gw lulus, gw bakal kerja di mana? Gw mau banget jadi pengajar di universitas, tapi, kampus mana yang mau nampung gw?

Emang bener pemikiran gw. Idealis itu indah dalam pemikiran, tapi pahit dalam kenyataan. Pahit2 kenyataan hidup adalah sebuah kewajaran untuk mempertahankan idealisme. Masalahnya, mental gw cemen. Ohhhh, gambaru emang indah untuk didengungkan, namun pahit sungguh dalam pelaksanaannya.

Tuhan, aku takut.

1 comment:

  1. Salam kenal. Semangat ya Rouli.. lagi blog roll dan ketemu Gambaru nya Rouli.

    Kamu ngga sendirian.. kamu masih punya impian kan? yg buat aku sedih, disekitarku banyak yang bermimpi saja ngga bisa dan ga berani..

    So.. Teruslah berusaha dan bersabar.. Jangan anggap cemen, orang lain menilainya berbeda dengan kamu..

    ReplyDelete