Wednesday, April 13, 2011

Kuliah

Ini tahun kedua gw studi S2 di Osaka University. Kalo pas masa2 research student, bener-bener masih blank dan tiap hari kayak out of place, trus setahun pertama studi master, gw cukup terbudaki dengan kuliah Shandeeee yang sukses bikin BB turun tanpa mesti diet2an (muka gw kayak penyakitan kurang gizi gitu), maka tahun kedua ini, rasanya lebih menyenangkan. Bukannya beban studi jadi lebih ringan, tapi secara mental, gw udah lebih terbiasa dengan ritme perkuliahan, dan makin hari gw makin ngerasa Osaka University itu kampus gw. Gw seneng banget dengan suasananya, gedungnya, dan kuliah-kuliah yang ditawarkan, dan ruang penelitian tempat gw ngerjain tesis, belajar, dll. Sama teman-teman satu jurusan juga udah mulai bisa ngomong banyak, sementara dua tahun pertama kemarin, kayaknya susah banget untuk tune in. Gw kan orangnya emang susah gaul, dan butuh waktu lama banget sampai akhirnya bisa ngerasa nyaman di satu tempat. Untuk kuliah gw di sini, butuh waktu dua tahun sampai akhirnya ngerasa nyaman.

Semester ini, prof pembimbing gw lagi sabatical, libur satu semester untuk mengembangkan diri. Beliau lagi di Inggris dan baru kembali bulan september. Jadi, semester ini ga ada perkuliahan beliau. Udah sedih sih gw, soalnya ngerasa sayang aja kalo ga nimba ilmu dari beliau (tsahhhhh). Akhirnya gw nyari-nyari di silabus, kuliah di Osaka university yang nawarin studi gender. Ketemu dua mata kuliah, satu di fakultas sastra, satu lagi di fakultas bahasa dan budaya. Yang di fakultas sastra, ngebahas tentang sejarah feminisme jepang, sedang yang di bahasa dan budaya, tentang teori gender, kayak teori gender Virginia Woolf, Simone Beauvoir, Gayatri Spivak, Judith Butler, dll. Yang di fakultas sastra, gw belum tau kayak gimana kuliahnya, karena baru mulai besok kuliahnya. Tapi yang di fakultas bahasa dan budaya, udah gw ikutin tadi kuliahnya, ya ampun asyik banget, more than I expect. Dosennya orang Amerika keturunan jepang, kuliahnya pake bahasa inggris, tapi beliau lancar banget bahasa jepangnya. Setahun lalu, gw ikutan kuliah Prof Capo, dosen tamu di Osaka uni, ngajar sastra dan gender juga, kuliahnya menarik banget, tapi beliau kan dosen tamu, jadi hanya setahun aja ngajar, trus balik lagi ke Amrik. Nah gw merindukan banget tuh kuliah yang diajar dosen Amrik, karena dengan begitu bisa sekalian ngelatih kemampuan gw ngomong inggris dan nulis makalah dalam bahasa inggris. Kalo bahasa jepang, kan semua kuliah juga pake bahasa jepang pada umumnya, dan prof gw juga orang jepang, jadi kalo bahasa jepang mah udah pasti tertempa-lah, nah bahasa inggris gw nih yang parah banget. Pas ikut kelas prof Capo, lumayan banget, bisa belajar mengemukakan pendapat ilmiah dengan bahasa inggris, tapi abis beliau balik ke Amrik, jadi vakum deh, ga ada lagi wadah untuk ngelatih bahasa inggris gw. Sekarang ada kuliah gender ini, yang ngajar namanya Prof Yokota (setengah amrik setengah jepang). Seneng bangetlah gw.

Selain dua mata kuliah gender, gw juga ngambil kuliah teori post kolonial, di fakultas bahasa dan budaya, dan satu lagi, kuliah teori analisis film di fakultas sastra. Kalo yang teori post kolonial, ngebahas tentang Edward Said. Dari dulu gw pengen banget belajar tentang teori beliau, hanya ga pernah ada kesempatannya, sekarang ada, seneng banget deh gw. Dulu pas di Indonesia, sering denger orang2 bahas post kolonial, edward said, dll, dan gw ga ngerti sama sekali tapi mau nanya juga ga tau sama siapa, nah sekarang ada kuliahnya, gw bisa belajar banyak. Akhir-akhir ini, selain studi gender, emang gw juga minat banget sama post colonial. Ke depannya, gw berharap bisa gabungin dua teori ini untuk dasar penelitian gw, meski masih jauh banget sih. Untuk tesis S2, gw mau pake pendekatan gender aja, karena post kolonial, belum mantap banget gw. Gender juga masih ga mantap sih tapi masih mendinglah dibanding post kolonial.

Kalo yang teori analisis film, semester lalu juga gw ngambil dan suka banget sama dosennya, karena neranginnya benar2 mudah dimengerti. Jadi gw ngambil lagi kuliah beliau, karena analisis film itu kan lagi happening banget sekarang di studi humaniora, jadi biar ntar kalo balik ke Indonesia, ga goblok-goblok amat kalo orang-orang pada diskusi tentang analisis film.

Bagi gw, bisa menuntut ilmu dan dapatin banyak akses informasi seperti sekarang, dan bisa banyak belajar dari para profesor yang pakar di bidangnya masing-masing, benar-benar adalah berkat banget untuk gw. Lebih bernilai daripada gw dikasih segepok uang satu milyar (beneran nihhhh lebih berharga???)

Berharap banget biar semester ini nilai-nilai gw bisa jauh lebih baik dari semester sebelumnya, dan tesis juga makin konkrit bentuknya, biar tahun depan bisa lulus dengan hasil memuaskan. Dan gw berharap banget, bisa terus lanjut studi hingga selesai jenjang S3, lulus ujian masuk S3 dan beasiswa mombusho gw diperpanjang tanpa ada hambatan. Tolong ya Tuhan, please, please, please, lancarkan semuanya.....aku tidak akan menyia-nyiakan berkat menuntut ilmu yang Kau berikan kepadaku. Amin.

2 comments: