Monday, April 4, 2011

Setelah notes gambaru beredar....

Terus terang, ngga nyangka kalo notes gambaru yang saya tulis karena saya emang pengen nulis, ternyata jadi dibaca banyak orang dan konon, katanya sih, orang-orang sekarang jadi familiar sama tuh kata sakti 'gambaru'. Sebagai manusia, tentu aja saya senang, tapi di saat yang sama, saya juga tau, yang saya lakukan hanya nulis tuh satu notes, yang timing-nya aja tepat nulisnya, pas lagi heboh-hebohnya dunia memberitakan mengenai bencana tsunami dan gempa bumi di Jepang, jadi rasanya, ga layak ya kalo saya bermegah diri hanya karena itu notes dibaca banyak orang. Soalnya lagi, kenyataannya adalah, di luar sana masih banyak banget orang yang berjuang gila-gilaan dengan medan yang pastinya jauuuuuh lebih berat daripada saya.

Trus mungkin karena tuh notes, follower blog saya jadi bertambah. Terima kasih banget-banget. Trus sekarang, kalo saya nulis notes di FB, yang komen juga lebih banyak, trus yang nge-like juga lebih banyak. Terima kasih banget-banget. Saya hargai bener-bener semua itu.

Tapi saya juga tau diri abis, bahwa di luar sana, yang bisa nulis notes lebiiiih bagus dari saya ya banyak banget, yang punya kisah hidup seru dan menginspirasi juga banyak bangeeeeet, dan kalo ada orang yang mau mampir baca nih blog atau baca notes FB, ya itu mesti disyukuri amat sangat. Istilahnya nih, ada orang yang mengkonfirmasi bahwa apa yang kita perbuat di dunia fana ini ternyata mendatangkan kebaikan bagi orang lain. Itu kan udah penghargaan banget nih ya bagi kita manusia yang naturnya tuh makhluk sosial, ngga bisa hidup seorang diri. Kayaknya ga ada deh penghargaan lebih tinggi daripada sebuah konfirmasi bahwa hidup kita memberi manfaat bagi orang lain. Yang kayak gini-gini mah ngga bisa dibeli dengan uang, meski uang mah tetap ya...butuh mah butuh, hahahahahaha.

Ketika notes gambaru itu jadi dibaca banyak orang, ada yang nyaranin supaya saya bikin akun twitter. Ada yang nyaranin juga biar saya nerbitin buku, misalnya nulis novel atau notes2 saya yang dulu-dulu dikumpulin trus dibukukan. Tapi abis saya pikir-pikir, saya memutuskan untuk tidak melakukannya. Kalo yang twitter, emang saya nih bukan orang yang suka-suka amat update status, apalagi nimpalin status orang. Bukannya sombong atau ga mau berbagi, tapi yah...masing-masing orang kan punya kesenangannya sendiri-sendiri, nah emang hobby saya bukan bertwitter ria. Lha ngapain saya ngelakuin hal yang bukan hobby saya? Apalagi, saya nih ga punya BB atau sejenisnya yang bisa bikin saya tersambung terus dengan internet. Emang sih HP Jepang punya fasilitas liat internet via HP, tapi sengaja saya minta ke provider HP, untuk blokir fasilitas internet di HP, biar saya ga perlu keluar uang lebih akibat mengakses internet via HP. Maklum deh ya mahasiswa, kerjanya melakukan pengiritan teruuuus.....Jadi kesimpulan, bikin akun twitter ga akan efektif untuk saya. Ya udah, saya ngga bikin.

Nah kalo masalah ngebukuin notes atau tulis novel, iya sih, saya mau, tapi ngga sekarang. Untuk yang notes, kayaknya cemen banget, sumpah, kalo sok-sok'an dibukuin sekarang. Yaelaaaaaah, studi master aja belum beres, kok belagu-belagunya mau ngebukuin notes. Kalaupun mau dibukukan, tunggu dulu sampai saya jadi Ph. D yeeeee.....(jadi dong, jadi dong, jadi dong, please, please, please...lancarkan jalannya ya Tuhan....), baru saya ngerasa "sedikit berhak" untuk membukukan notes saya. Judulnya apa? Udah jelas, "say Yes to Gambaru!" doooong....hahahahahahaha.....biar blenek-blenek deh sama gambaru2an. Kan pasti kalo ternyata saya sukses studi hingga S3, berarti kan ada kisah-kisah seru kayak dibantai pas ngerjain disertasi kan, dikata-katain kacangan-lah, goblok-lah, cemen-lah, trus disuruh gambareeeee sejuta kali sama profesor, nahhhh itu kan seru tuh untuk dibahas. Lha kalo pake ngebukuin notes sekarang, akhirnya jadi anti klimaks banget deh, kurang ada gregetnya.

Kalo nulis novel, nahhhhh ini emang udah jadi impian saya dari dulu dan saya berniat untuk melakukannya. Nah sengaja juga saya bilang-bilang di blog, biar memacu saya untuk ngga omdo aja alias ngga omong doang. Dari kemarin-kemarin udah mulai kepikir nih idenya, tokoh-tokohnya, trus episode-episodenya....udah ngebahas juga sama James (suami saya) mengenai jalan ceritanya dan isu-isu seru untuk dibahas. Mudah-mudahan deh jadi. Rencananya sih, sambil ngerjain penelitian tesis, kan pasti butek abis tuh ya...nah sebagai penyegar suasana, diselingi dengan bikin novel, mudah-mudahan aja ngga males dan mau nyelesain sampai akhir. Masalah ntar terbit atau ngga, ya itu urusan nantilah ya....yang penting bikin dulu.

Maka biarkanlah saya berharap, suatu hari nanti, di rak toko buku, ada novel karya saya berderet dengan penulis-penulis lain. Sementara itu, nulis notes dan blog mah tetap, itu kan hobby. Tapi sepertinya saya mesti banget menggiatkan hobby saya yang udah lama banget saya tinggalin, yaitu membaca. Sejak punya anak nih, sejak ngelahirin anak saya tahun 2007 silam, saya bener-bener ga pernah nyediain waktu khusus untuk membaca. Pikiran udah penuh aja sama urusan anak, jadi males baca buku. Sekarang emang saya baca bukum tapi buku materi kuliah. Karya sastra juga baca sih, tapi lebih sebagai materi penelitian, bukan sebagai kesenangan. Konon, orang bisa nulis itu karena banyak baca. Kualitas tulisan seseorang ditentukan dari buku-buku apa yang dibacanya dan seberapa banyak ia membaca. Yoiiii, membaca dan menulis itu udah kayak satu kesatuan, kayak sodara kembar aja gitu.

Baiklah, baiklah, tahun ini, saya akan banyak membaca, banyak menulis, banyak belajar. Mudah-mudahan ngga males ya!Tuhan...restui niatkuuuuuuu......

1 comment:

  1. Saya juga termasuk yang mendapat sesuatu dibalik tulisan itu...

    Terimakasih maturnuwun

    ReplyDelete