Thursday, April 21, 2011

speed up

Setelah kemarin pagi jam setengah empat ngirim tuh rencana penelitian ke email prof, kemarin siang sekitar jam satu, udah ada balasan dari beliau. Biar suka nyuruh gambaru-gambaru ala tentara, gw bersyukur banget ngedapetin pembimbing kayak prof gw, yang cepat tanggap selalu kalau dimintai bantuan.

Sebenarnya sih dengan yang penelitian sekarang, gw udah bisa jalan, udah disetujui. Sekarang masuk bagian paling penting, yaitu analisis. Ini butuh waktu lama nih pastinya. Sedang waktu yang gw punya ga banyak kan, tahun depan bulan februari udah harus sidang, dan bulan januari awal, udah harus masukin tesis ke tata usaha kampus dan prof penguji. Di sini emang deadline2 akademik udah dikasih tau di awal tahun ajaran, dan harus dipenuhi, kalo ga dipenuhi, ya lulusnya ditunda setahun lagi. Di sini sidang tesis pun hanya setahun sekali, yaitu bulan februari itu, ga bisa ada beberapa kali sidang dalam setahun. Tapi btw, tesis di sini ternyata ngga kayak di Indonesia yang ada halaman ucapan terima kasih. Di sini mah langsung aja halaman pertama abstrak, hahahaha. Padahal gw tadinya udah mau lebay tuh bilang2 terima kasih ke semua orang (tsaaaah...). Ya, Jepang emang kayaknya anti banget nih mengumbar-umbar perasaan, pokoknya berjuang deh lu, kan berjuang itu sebuah kewajaran, doh! Dan, ternyata juga, di sini ga ada hard cover2an, depannya juga ga ada logo kampus, pokoknya kalo diliat sekilas, ga menarik banget, jilidnya aja soft cover warna kuning muda gitu, trus depannya ditempelin kertas dengan tulisan tangan bahwa ini tesis (form-nya dari tata usaha kampus). Kalo ngejilid dan copy tesisnya sih gratis, ada satu ruang khusus untuk urusan itu, hanya yang ngerjain kita sendiri emang, pihak kampus hanya menyediakan peralatannya. Di sini kan apa2 mahal ya, jadi sebisa mungkin biaya ditekan, yang penting efisien, sehingga kayak tesis aja, ga ada hard cover2an, semuanya soft cover. Emang lebih enteng sih, meski penampakannya ngga keren.

Trus, prof menyayangkan gw karena libur musim semi kemarin ngga ada kemajuan penelitian (ohyeeee gw nyantai2 terus soalnya), tapi kata beliau, mulai sekarang mesti nge-speed up ngerjain penelitiannya, sehingga pas libur musim panas, udah mulai bisa nulis. Buset, gw ngerasa kayak tentara disuruh maju ke medan perang. Emang di sini kayaknya haram banget gitu ya, nyantai lama-lama, pokoknya di jepang tuh paling haram malas-malasan deh, itu kayaknya ngga boleh banget di sini. Liburan ya cukup weekend aja, ngga usah sebulan penuh kayak gw, hahahahhaha. Tadinya gw sempat mikir, mau pulang ke Indonesia bulan agustus, tapi akhirnya gw urungkan niat gw, ga berani pulang gw sampai tesis beres, soalnya kalo dari email beliau mah, jelas-jelas beliau mengharuskan liburan musim panas ini gw manfaatkan untuk ngerjain penelitian, bukannya pulang kampung! Ya udah deh gw ga jadi pulkam dulu, nyolot banget soalnya, udah otak standar, penelitian belum rampung, pake sok2 pulang segala pula. Lama-lama bakal dikirain, nih anak niat ga sih kuliah? kok kerjanya nyantai dan pulkam melulu, manja banget.

Ya udah nih ya, ga ada pilihan, mesti speed up ngerjain penelitian, tiap hari datang ke kampus untuk belajar. Beneran, gw datang ke jepang, ngerasa banget bahwa di sini, kerja keras tuh udah it's a must, dan kerja keras tuh bukan sebuah prestasi, tapi emang sebuah keharusan kalo mau bertahan hidup. Di sini, ngga hebat sama sekali kalo seseorang kerja keras, karena emang dianggapnya, semua orang ya mesti kerja keras kalo mau ngejalanin hidup. Ga hiperbola kalo gw bilang, di sini HARAM hukumnya kalo nyantai-nyantai!

Jujur, sejak datang ke jepang, gw ngerasa kayak masuk camp gambaru, kayak dulu tentara Nazi masukin orang-orang Yahudi ke camp untuk kerja rodi gitu. Ya, ngga sesadis itu tentu, tapi secara abstrak, filosofinya kayak gitu, serasa hidup di dunia militer gambaru gitu deh, spartan banget, hahahahaha. Manja dan cengeng dan melow emang udah haram banget kayaknya di sini ya, pokoknya jangan ngaku diri lu manusia deh kalo lu ga mau gambaru. Doh, segitunya deh nih jepang, yo wis-lah, ala dorama jepang : watashi, gambarimasu! (meski sebenernya sih gw pengennya nyantai2, hahahahaha....)

No comments:

Post a Comment