Tuesday, September 13, 2011

On jogging

Pas itu gw pernah ya, posting tentang olahraga, yang isinya adalah jogging.

Sumpah, manusia itu berubah emang ya. Bukan satria baja hitam aja yang bisa berubah!

Gw sekarang asli, jadi suka banget jogging. Gosh, ini bener-bener hal mustahil, tapi nyata terjadi!

Ga tau kenapa gw jadi suka. Tapi sekarang, seminggu tiga kali, lari pagi, setiap kali lari, kurang lebih 30-45 menit. Aduh mak, itu rasanya sejahtera tenang tenteram damai sekali!

Motivasi awal gw jogging adalah untuk menguruskan badan. well, ibaratnya pengguna narkoba, setelah bersih, gw rebound lagi. Alias, setelah sukses diet tahun lalu, maka hanya butuh waktu 6 bulan sajaaaa...untuk membuatku kembali naik 10 kg! Alias, gw nih sekarang BBnya udah kepala 7, tentu aja kepala 7 yang signifikan ya!!!!

Merasa tidak sehat, gw memutuskan untuk olahraga. Gw udah males diet2an, nyiksa banget soalnya. Gw udah ga mau lagi mengopresi diri gw. Hidup gw kan udah penuh opresi, masa gwnya sendiri juga harus mengopresi diri gw? Istilahnya, udah hidup berat. ehhhhh.....pake nambah2in masalah dengan batas2in makanan yang kita suka, lha apa lagi kebahagiaan gw dong? Secara, gw nih orangnya selaluuuuuu aja ngerasa bersyukur dan amat bahagia, setiap kali gw : MAKAN.

Akhirnya pilihannya adalah olahraga. Nah olahraga apaan dong, yang bisa dilakukan secara rutin tanpa perlu lagi pergi-pergi ke tempat olahraganya? Gw males buang-buang waktu soalnya. Ya pilihannya adalah : jogging. Lakukan aja pagi-pagi saat Joanna dan James masih ngorok, pulang saat mereka masih ngorok juga. Ga ganggu aktivitas harian kan?

Awalnya, jujur sempat pesimis abis sama jogging2an ini. Bukannya apa-apa, ga kebayang aja gw mesti jogging minimal seminggu tiga kali. Kuat ga gw ngejalaninnya? kan gw paling ga suka olahraga. males banget pol deh sama olahraga gini. Tapi karena inget badan gw udah ga sehat abis, gampang capek, ya udah, jalan satu-satunya, mesti bergerak untuk olahraga.

Jadilah gw jogging. Untungnya gw punya sepatu jogging. Bukan sengaja beli sepatu jogging, tapi gw emang punya satu sepatu kets yang biasa gw pakai ke kampus. Dulu gw nitip Ria beliin untuk gw di indonesia, trus dibawain Papa Mama pas mereka ke sini, karena di jepang, ga ada sepatu muat untuk gw, karena kaki perempuan-perempuan jepang ini kecil-kecil, sedang kaki gw gede abis. Nah si Ria milihinnya running shoes gitu. Ya pas bangetlah, jadi gw ga usah beli lagi. Celananya, gw pinjem aja punya James. Asli, pas banget tuh di gw. Ampuuuun, aib banget ya, muat gitu celana pendek suami sendiri yang badannya gede banget itu. Berarti? nah tau sendiri deh, gw gede asli kan! Kalo atasannya mah, pake kaos biasa juga ga apa-apa kan. Beres tuh ya, masalah kostum dan sepatu, ga ada masalah, gw bisa jogging.

Awal-awalnya emang capek banget. soalnya gw kan ga pernah olahraga. Terakhir olahraga, ya pas pelajaran olahraga di SMA. Tapi ga tau sejak kapan, tau-tau aja gw jadi mulai menyukai jogging ini. Mungkin karena ngerasa seru, bisa nemuin tempat-tempat yang gw ga tau, yang ternyata ada di sekitar tempat tinggal gw. Trus rasanya puas, kalo berhasil lari non stop 30 menit. Apalagi pas bisa lari sampai 45 menit. Dan, badan tuh rasanya seger, stamina jadi lebih terjaga. Hidup gw jadi lebih teratur. Kayaknya jadi seger aja gw memulai hari, lebih fresh aja jiwa raga. Lagian, dengan jogging, gw jadi bisa ngebuang semua galau hati, terutama galau ngerjain tesis. Ini semua kebuang dengan gw berlari. Secara mental, jadi ada semangat baru. Intinya, bagi gw penting banget deh jogging ini.

Untuk jogging tracknya, gw bikin berubah-ubah tiap waktu, biar ga bosan. Biasanya gw cek di google maps, kan ketauan tuh, berapa km, jarak dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Tempat favorit, jogging di areal kampus. selama ini, gw taunya cuma ruang penelitian dan kelas aja. Padahal ternyata, Osaka university itu luas dan banyak tempat semacam hutan gitu. Dan daerah ini ideal untuk jogging. Untuk mencapai kampus, mesti lewatin tanjakan, nah kan mantep tuh lari-lari gitu. Rasanya udah mau nyerah kalo lari di tanjakan, tapi seamngatin diri sendiri, terus-terusan, sampai akhirnya mencapai pintu gerbang kampus, yang emang adanya tepat di puncak tanjakan. Gw pernah jogging ke kampus, dengan tujuan mau ambil buku di meja gw,  di ruang penelitian. Besok juga rencana mau jogging dengan tujuan kampus nih, karena mau ambil buku juga. Enak kan, multitasking, satu kali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Jogging iya, ambil buku iya. Seminggu sekali sih gw sengaja jogging di tempat yang agak grande, kayak misalnya di public park yang emang ada track joggingnya. Untuk kesana, mesti pake kereta dulu, jarak kira-kira 2-3 stasiun. Ini emang sengaja gw bikin program kayak gini, biar ga cepat bosan dan untuk rekreasi juga.

Akhirnya, motivasi gw jogging, emang jadi berubah sama sekali. Motivasinya bukan lagi untuk menguruskan badan, tapi udah jadi sebuah kebutuhan aja untuk gw. Sekarang gw jogging karena gw suka. Gw ga ngerasa ini kewajiban untuk jogging. Layaknya orang ngelakuin hobby aja, demikian juga gw ngelakuin hobby baru gw : jogging.

Terus, berat badan gw gimana dong? Tetap aja sama, ngga turun, ngga naik. Paling turun 1 kg, trus naik lagi, jadinya ya sama aja terus. Ya soalnya, gw makan tetap porsi banyak sih. Paling yang ga gw lakuin, hanya ga ngemil malam2 aja. Tapi, biar BB tetap ga turun, gw ngerasa sekarang tuh lebih segar, lebih enteng, dan lebih sigap. Tadi gw nyobain naik jungle jim di public park, lomba sama Joanna, ehhh ternyata gw bisa. Beberapa bulan sebelumnya, gw ga bisa, pasti nyerah kalo udah pindah mau naik ke tingkat yang tinggi. Kayaknya badan gw kaku aja gitu. Tapi tadi, mungkin karena otot-otot mulai sering digunakan dengan jogging ini, gw ga ngerasa kaku untuk naik jungle jim. Untuk pertama kalinya dalam hidup, gw merasa diri gw cekatan. Selama ini kan, selaluuuuuuu aja gw jatuh, clumsy, ga seimbang. Ternyata ketidakseimbangan pun bisa dihapus sedikit-sedikit dengan sering melatih otot tubuh ya.

Trus, karena mulai rutin jogging ini, urusan ke belakang pun mulai lancar. gw nih orangnya kan dari dulu punya masalah sembelit. Tapi sejak rutin jogging, gw ngerasa lebih lancar aja urusan ke belakang. Enak banget rasanya.

Kalo ntar BB gw turun secara signifikan, ya syukur banget. Tapi kalaupun stuck dengan BB sekarang, ya udah, dikit-dikit aja, pelan-pelan dibenerin. Gw ga mau lagi nekan diri gw sendiri dengan diet-diet. Mending kayak sekarang ini, mulai tanamin gaya hidup rutin olahraga dalam keseharian, biar pola hidup sehat terbentuk dengan sndirinya.

Tenyata, mensana in corporesano itu bener banget ya. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Belakangan ini, gw baru ngerti semboyan olahraga ini.

No comments:

Post a Comment