Sunday, September 11, 2011

yang ngga terucap, diam-diam terkabul

Sebenernya, gw tuh orangnya suka diem-diem pengen sesuatu. Cuma, ga gw bilang2 aja, dan gw juga ga pake ngedoa2in biar terwujud. Ehhhh...tapi ternyata, ngga disangka-sangka, suka terwujud juga lho, perlahan-lahan. Nih ya, beberapa keinginan gw yang terwujud. Sebenarnya keinginan sederhana aja, tapi ya seneng kalo jadi kenyataan kan. Ini nih beberapa contohnya....

1. Kalo punya anak, pengen ngajak anak ke perpustakaan yang keren, yang ada kids cornernya, kayak di film2 amerika gitu.

*Terwujud ternyata, saat Joanna berumur 3 tahun lebih. Kita mulai sering ke perpustakaan lokal, jaraknya naik sepeda 5 menit saja. Dan ada kids cornernya, kayak di film2 amrik. Yang ada kursi kecil2 dan meja2 kayu gitu. Mohon maafkan kalo gw norak, tapi pas duduk di tuh perpustakaan, gw diem-diem mikir, duluuuuu pengen hal ini jadi kenyataan, cuma dipikirin slewat aja, ternyata beneran jadi nyata.

2. Untuk gw sendiri, pengen ada di antara rak-rak buku yang tinggi, trus gw nyusurin rak-rak buku itu, dan rak-rak buku itu isinya buku-buku sastra gitu, lagi-lagi ini juga settingnya di perpustakaan.

*I know, gw asli terdengar weird dan nerd, punya impian kayak gini, Tapi lagi-lagi, ini juga gara-gara nonton film hollywood, yang orangnya pada minjem2 buku di perpustakaan gede banget. Dan gw pengen ada di tempat macam gitu, milih-milih buku, padahal dibaca juga ngga sebenernya, bukunya. Cuma suka suasana perpustakaannya aja. Maklum, gw kan scholar wanna be, otak katro, tapi keinginannya setinggi langit, terlihat dari cuma demen liat buku2 yang keliatannya susah temanya, tapi dibaca juga ngga....well biar kata ini weird asli, tapi ternyata ini juga jadi nyata. Di gudang perpustakaan kampus, asli itu gw mendapati diri gw ada di antara rak-rak penuh buku, dan gw pas berdiri di antara rak-rak itu jadi mikir, ini kan yang dulu sempet gw pengenin?

3. Pengen ikutan kuliah sastra ala dead poet society

*Dead poet society itu film amrik, yang pemerannya Robbin Williams, dia jadi guru sastra amrik dan inggris gitu, dan nerangin kuliah sastra dengan asyik banget, teriak-teriak "Captain, oh...my capt ain...." trus di film-film amrik yang untuk abg, kayak "Ten Things I hate about you", kan ada scene-scene pelajaran sastra tuh, yang gurunya nyuruh murid-muridnya, buka halaman...., tolong baca bagian ini, apa maksudnya? trus murid-muridnya pada buka buku teks sastranya, yang buku kecil gitu deh, kayaknya terbitan penguin readers. Maafkan, aku norak amat sangat sungguh, cuma liat adegan itu, gila....gw pengen banget ada di situ, ikutan jadi muridnya. Ehhhhhh....ternyata, pas ada visiting prof dari amrik ngajar di Osaka university, impian gw jadi kenyataan. Prof Capo (nama prof-nya), ngajar sastra amrik, pake bahasa inggris, dan yang paling penting untuk gw, ada statement ini : "Please open your book, page....let's read this....what do you think about this passage?" Gosh....dan bukunya, itu terbitan penguin readers!!!! Yang kecil-kecil gitu dehhhhh....yang kertasnya kertas recycle gitu...maafkan ya gw norak abis nih, tapi...ini kan blog gw, terserah dong mau norak-norak'an.....trus apalagi, bisa sok-sok'an kasih pendapat pake bahasa inggris di kuliah itu....kan gw kagak pernah tuh, secara bahasa inggris gw katro, tapi gw dari dulu pengeeeeen banget bisa ada kesempatan ngomong pake bahasa o inggris, bukannya karena mau sok2an, tapi karena tau, bahwa bahasa inggris itu, penting banget kalo mau go international (meski untuk gw, go internationalnya baru pas umur 60 tahun kali yeeeee?).

4. Pengen bikin makalah pake bahasa inggris

*Ini juga tercapai, setelah ikut kuliah Prof Capo tahun lalu, dan tahun ini, ikut kuliah Prof Yokota. Bahasa inggrisnya sih diperiksain sama temen gw yang native, dibenerin yang salah. Tapi tetap aja bo, meski butuh perjuangan bikinnya, rasanya seneng banget, bisa nulis pake bahasa inggris, karena akhirnya ada kesempatannya juga untuk menulis dalam bahasa inggris. Yahhhhh ini kan masalahnya untuk masa depan, even itu baru jadi kenyataan go internationalnya saat usia gw 60 tahun...tapi kan tetap ya bo, 60 tahun termasuk masa depan, biar udah tuir banget juga?

5. Pengen main di sungai yang airnya jernih

*Terkabul sabtu kemarin! Ternyata dua stasiun dari rumah, ada sungai yang airnya jernih, trus kita bisa main-main air di situ, emang sengaja dibuat untuk main air juga, bagian yang dangkal itu. Langsung aja gw dan Joanna nyemplung, kagak mau keluar-keluar, ada kali 1,5 jam kita diem di sungai. Baru nyadar, pas pulang, ternyata kebakar matahari banget, ya udahlah, yang penting puas. Ini udah gw impi-impikan sejak umur gw 15 tahunan nih, dan thank God, 18 tahun kemudian, pas umur gw 33 tahun, terkabul. Gila, puas banget gw, sampai James bilang, ini kayaknya yang lebih bahagia adalah mamanya daripada anaknya.

Jadi, moral of the storiesnya? Nih.....ala mario teguh ya : beranikan diri memiliki impian.....karena....Anda tidak akan pernah tahu, kapan impian itu akan menghampiri Anda!!! (sambil tangannya diangkat ke atas ya, dan tersenyum bijak!)

1 comment: