Wednesday, September 21, 2011

Tentang mamak-mamak dan gadis-gadis yang dandan abis ke gereja, kawinan dan wisuda

Gw dulu suka sinis sama mamak-mamak dan gadis-gadis batak yang dandan abis kalo ke gereja, kawinan dan wisuda.

Bahkan, gw dengan sadisnya ngata-ngatain orang-orang yang hobby banget beli bahan kebaya, trus jaitin tuh kebaya, dan punya koleksi kain banyak banget. Gw pikir, ngapain punya kebaya sebanyak itu?

Trus juga gw lebihhhh sinis lagi sama orang-orang yang kalo ke gereja dandan abis. Di gereja HKBP, kalo udah natal dan tahun baruan....semuanya kan pada dandan rapih abis gitu, sampe ke salon. Gw pikir, ngapain sih gitu-gitu amat? Dan dengan semena-menanya, gw merasa lebih baik daripada mereka, karena gw ga dandan abis pas ke gereja, karena gw penganut, yang penting hati, bukan penampilan.

Tapi setelah gw tinggal di Jepang, entah mengapa, jiwa sinis gw mengenai perempuan-perempuan dandan banget itu bener-bener hilang. Malah gw ngerasa malu, dulu ngata-ngatain gitu, serasa diri ini lebih baik dari mereka.

James cerita, kalo mamak (ibu mertua gw), pas dulu masih di Kisaran, tiap kali ke gereja, rapih banget. Mukanya dibedakin sampai putih, trus punya sanggul banyak banget (kata James, dulu di rumahnya tuh bertebaran sanggul di mana-mana, hahahaha....), dan tiap hari minggu, mamak nyanggul rambutnya sendiri. Trus kain kebaya dan songketnya juga banyak banget, tentu aja dipakai berganti-ganti. Berdua dengan bapak (bapak mertua gw), mamak pergi ke gereja, pake motor. Bapak sendiri pake jas. Kata James, itu rasanya bangga banget. Dan, di gereja, hampir 80 persen, para bapak dan ibu, berpakaian rapih, jas dan kebaya.

Mannnnn...WAJAR bangeeetlah ya, mereka tampil abis di gereja (=tempat publik). Udah 6 hari penuh mereka kerja keras, entah di luar rumah, entah di dalam rumah, ngasuh anak ngga pake asisten, jagain sawah, nanam padi, nyari-nyari tambahan uang untuk sekolah anak-anaknya......truuuus, masih juga ga boleh tampil gitu, minggu pun mesti duduk-duduk di rumah pake baju butut?

Apa salahnya dengan sanggul, kebaya, jas, makeup lengkap....namanya juga manusia, butuh aktualisasi diri!!!

Atas nama kebebasan berekspresi, gw dukung seluruh mamak-mamak dan gadis-gadis batak dan bapak-bapak yang dandan abis di tempat publik!!!

Btw....beli kain di pasar baru yuuuk? gw pengen punya kebaya warna ungu nihhhh...plus songketnya sekalian. Pokoknya...pulang ke Indonesia, gw bakal aktualisasi diri abissss di pesta-pesta batak. Ga usah ngerasa sok elit, sok keren...gaya minimalis...penting bangeet pokoknya deh, tampil di pesta batak ini. Apalagi pas Joanna wisuda. Mannnnnn....udah ngegedein anak dengan keringat air mata, trus pas dia wisuda, gw cuma tampil standar doang? Ihhhh....rugi amat, abis-abisan deh gw pasti dengan kebaya dan songket, ke salon dari jam 5 pagi! Untuk ibu-ibu yang tampil abis di wisuda anaknya : you deserve it, beli baju baru sekalian, jait kebaya baru, kapan lagi kita ngehargain diri sendiri dan anak kita, after all these long journey raising our child (children)?

Gileeee....tinggal di jepang benar-benar bikin gw berubah 180 derajat. Hail mamak-mamak dandan, you deserve this to the fullest!!!!

1 comment:

  1. bah persis lah kita inang. Aku juga boru batak yang cuek kali sama penampilan. Malah suka nganggap orang yang dandan ke gereja itu kementelan gayanya hahaha. Tapi sejak merantau ke jawa ini baru bisa terbuka mataku kalo penampilan itu penting, apalagi kita cewek. Kalo dulu muka jerawatan cuek aja, sekarang nggak lagi lah. Udah mulai make bedak dikit2 (cuma make bedak ya) hihihi

    ReplyDelete