Saturday, September 17, 2011

Retail therapy

Gw tau kata "retail therapy" dari FB, tepatnya dari FB Ria. Gw ngga tau ada kata ini. Pas baca juga ga ngerasa apa-apa sama kata ini, biasa aja.

Gw kan orangnya emang ga gitu suka belanja ya....istilahnya, gw cuma beli barang yang emang gw butuh. Dan gw tuh orangnya emang males keluarin uang di atas 100 ribu rupiah, untuk barang-barang keperluan gw. Jadilah sepanjang hidup, barang-barang gw murah meriah semua....boro-boro deh bermerek....

Terakhir gw belanja untuk diri gw sendiri....setahun yang lalu, pas gw mudik ke Indonesia. Setelah itu, gw ngga pernah beli apa-apa. Ehhh beli deh sekali, satu jeans.

Kenapa ga beli apa-apa? karena gw mikir, gw ga butuh, barang-barang gw masih bisa dipakai. Cuma sebenarnya, di bawah sadar gw, gw itu banyak merepresi keinginan gw. Soalnya mikir, apa-apa di sini kan mahal, dan kemampuan ekonomi gw belum menyanggupi untuk gw belanja ini itu. Jadilah gw memuaskan diri dengan apa yang ada.

Cuma, kan, hidup sok alim yang sok ga suka beli ini itu padahal pengen, kan nyebelin ya? Maksud gw, bukannya gw antipati sama gaya hidup alim ga beli apa-apa. Ngga sama sekali. Malah gw salut abis sama orang-orang Indonesia di sini, yang asli hidup hemat, nabung gila-gilaan. Cuma masalahnya, gw ga bisa seperti itu. Masalahnya...enggggg, gw belum cukup kuat iman untuk jajan-jajan di manaaaaaa gituuuuu.....

Gw selama ini salah sangka, gw pikir James itu ga suka kalo gw beli barang ini itu. Padahal baru-baru ini James bilang, kalo gw mau beli barang mah, ya beli aja. Tiap bulan jatahin aja dari penghasilan sampingan gw, berapa untuk beli barang untuk diri sendiri. Kata James, gw udah kerja sampingan lebih dari setahun, trus gw juga kuliah, ngurus anak, kok ya ga ngehargain diri sendiri dengan sedikit me-reward kerja keras yang gw lakukan. Kalo orang terlalu merepresi keinginan, akhirnya stress.

Trus gw mikir2, iya ya, setahunan ini, gw mau barang apapun, selalu gw tolak, dengan bilang bahwa diri gw ga butuh barang itu. Okelah, mungkin ga butuh amat sangat emang, tapi kan adalah wajar sebenernya kalo kita pingin punya barang yang bagus? Kenapa gw harus selalu altruisme, mengorbankan diri sendiri? Gw lupa satu hal. Gw kerja bukan hanya untuk J dan J, gw juga kerja untuk diri sendiri. Gw belajar, gw ngerjain tugas, gw ngerjain penelitian, gw ngurus anak, gw masak, gw beres-beres rumah, gw nyikat kamar mandi dan WC...tiap hari selalu gw isi dengan paid dan unpaid work. Dan....gw bahkan ga pernah "membayar" diri gw sendiri untuk segala apa yang gw lakukan hingga hari ini?

Maka dari itulah, akhirnya gw mengubah sikap gw. Gw berhak untuk menikmati kerja keras gw. Emangnya ga capek apa, nyiapin bahan kerja sambilan, satu minggu kurang lebih 4 jam? Trus online ngajarnya, total satu minggu 8 jam, untuk persiapan dan kerjanya. Masak tiap hari, beres-beres rumah juga, ngerjain penelitian tiap hari...dan dengan semua yang gw lakukan itu, gw ga pernah beli apa-apa untuk diri gw sendiri?

Makanya, tadi gw ke mall...niatnya mau beli celana jeans, soalnya yang lama udah robek. Harganya emang lumayan, tapi puas banget gw. Soalnya pas banget deh di badan gw.

Nahhhh kalo gw dulu, udah beli celana jeans, ya udah. Kan yang dibutuhin celana jeans? Selesai beli, ya tutup mata, ga beli apa-apa lagi. Cumaaaa....kalo gw terus altruisme dan terlalu keras pada diri sendiri seperti ini, kapan gw akan menjadi orang yang lebih menikmati hidup? Menikmati hidup itu ga usah nunggu sampe ekonomi stabil dulu. Sampai kapanpun, kita akan merasa ekonomi kita ga stabil bukan? Ntar yang ada, malah akhirnya hidup ga pernah dinikmati, karena nunggu-nungguin sukses dulu.

Tibalah gw di counter tas. Liat-liat, cuma iseng-iseng....ehhhh ada satu tas, warna hitam, bagus banget. Gw suka banget. Lagi-lagi, harganya lumayan, gw ga pernah beli tas semahal ini (untuk ukuran gw). Mereknya pun merek cukup terkenal. Gw seumur-umur, ga pernah punya barang bermerek.

Gw pegang tas itu, gw liat, dan gw galau. Beli...ngga...beli...ngga....

Sambil megang itu tas... 
gw inget, gimana gw udah hampir 3 tahun di Jepang ini.
Dikatain prof suruh ulang S2, kamu ga punya dasar....iya gw terima dan gw jalanin semuanya dengan tenteram
Di rumah, yang bisa bahasa jepang cuma gw, maka semua urusan kayak bayar air, listrik, gas, urus-urus alien registration, asuransi, antar anggota keluarga ke dokter, urus daycare Joanna...semua gw yang kerjain
2 tahun 4 bulan, James ga punya pekerjaan, dan gw galau lahir batin dengan kondisi ini, tapi gw terima semuanya
Tiap hari gw belajar, ngerjain penelitian, tapi pulang dari kampus, gw ga bisa nyantai-nyantai nonton TV
Soalnya, gw mesti masak, beres-beres, ngurus Joanna
Makalah tiap semester mesti gw kerjain, bahkan di semester pertama, total gw ngerjain 15 makalah, termasuk makalah Shandeeeee yang super bikin gw stress jiwa raga
Tiap hari Senin-Rabu gw ngajar on line para perawat Indonesia yang kerja di Jepang, untuk persiapan mereka ikut ujian negara care worker
Dan sebelum ngajar, gw nyiapin bahan ngajar dulu, minimal dua jam
Ini gw bukannya pamer-pamerin gw udah work so hard, dll
Juga, bukannya J dan J ga berjuang
Mereka berjuang abis gila-gila-an-lah!
Tapiiiiiiiiii....
The point is : selama ini gw ga pernah meng-highlight segala jerih payah yang udah gw kerjakan
Gw ga pernah menghargai diri gw sendiri
Udah jungkir balik gini...mau beli tas mahalan dikit aja gw masih mikir?
Maka, langsung dengan mantap gw ambil tas itu, berlarilah gw ke kasir, dan langsung bayar
Setelah bayar, langsung gw pakai tas itu, ngeganti tas garing hadiah dari toko donut yang selama ini selalu gw pakai

Untuk pertama kali dalam hidup, gw punya barang mahal (menurut gw), yang gw beli dengan kerja keras gw
Dan entah ini yang namanya retail therapy atau bukan....peduli amatlah, tapi satu hal yang pasti :

I FEEL GOOD AFTER BUYING THIS EXPENSIVE BAG. NO REGRET AT ALL!!!

I do deserve this, yakin sejuta persen.

No comments:

Post a Comment