Tuesday, March 1, 2011

Tuhan tidak pernah terlambat

Ini kenapa judul postingan gw kayak film rohani? Yahhhh...mungkin bisa jadi sekuel ayat-ayat cinta, hahahahahaha.....

Tapi, gw mesti nyeritain ini kisah. Soalnya kejadian beneran sama keluarga gw. Semoga bisa ditarik manfaatnya. Amiiiin ya robal alamiiiiin...

Jadi you guys udah pada tau kan, kalo anak gw n james yang bernama Joanna Panjaitan tuh udah sekolah sejak setahun yang lalu? Sekolahnya di daycare hotarugaike, 5 menit saja pake sepeda dari tempat gw tinggal. Kenapa sekolahnya di daycare, bukan di playgroup atau TK?

Di Jepang ini, aturan masuk sekolah ketat banget. Playgroup ga ada untuk anak di bawah usia 3 tahun. Trus kalo TK swasta, itu mulai dari umur 3 tahun sampai 5 tahun. Kalo TK negeri, mulai dari umur 4 tahun. Kalo daycare, itu setara TK (maksudnya, lulusan daycare bisa lanjut ke SD tanpa dia mesti punya ijazah TK), tapi nerima anak dari umur 0-5 tahun. Syarat masukin anak ke daycare adalah orangtuanya dua2nya kerja atau sekolah atau punya kegiatan yang bikin dia ga bisa urus anaknya pada jam2 tertentu. Kalo TK, jam sekolahnya dari jam 8 pagi sampe 2 siang. Kalo daycare, dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam, terserah anak mau dititipin jam berapa, diambil jam berapa, asal ada pada kurun waktu itu.

Trus emang konsep TK dan daycare itu beda. Kalo TK, ya dianggepnya sebagai tempat untuk ngedidik, kalo daycare itu lebih ke tempat anak untuk hidup sehari-hari. Jadi udah kayak rumah aja gitu. Anak punya tempat tidur sendiri, lemari sendiri, trus dapet makan siang juga, dapet cemilan juga. Sebenernya sih muatan kegiatannya sehari-hari itu sama2 aja ya, kayak gw liat Joanna di daycare ya ngerjainnya gambar2-lah, gunting2, bikin2 kerajinan tangan, nyanyi, nari, main2, aktivitas outdoor, cuma konsep awalnya, TK itu tempat ngedidik, kalo daycare itu tempat untuk hidup. Tapi kalo dibilang daycare itu ga ngedidik anak2nya, ga juga sih, karena ya anak2 diajarin untuk bilang terima kasih, maaf, selamat pagi, gantian kalo mau main, dll.

Terus terang aja, gw dari awal emang lebih mau masukin Joanna ke daycare daripada TK. Bukannya apa-apa, gw butuh waktu untuk kuliah dan ngerjain penelitian, setidaknya seperti orang kantoran, jam 9 pagi-5 sore. Gw udah capek2 dateng ke jepang, ninggalin semua yang gw punya di Indonesia. Trus ngapain gw sampe segitunya bela2in dateng ke jepang kalo akhirnya jatuh2nya di sini, ya cuma pindah tempat urus anak? Ngapain? kalo cuma mau pindah tempat urus anak mah ya ngapain gw menderita2 gini di jepang. Mending tetap di Indonesia, toh lebih nyaman segala2nya. Dari awal gw netapin mau kuliah lagi di jepang, gw udah tau, resikonya adalah Joanna mesti masuk daycare, dengan jam sekolah yang panjang dan terpisah seharian dari orangtuanya. Berat pasti untuk Joanna, tapi satu sisi, bagus untuk ngelatih dia mandiri. Joanna juga mesti belajar bahwa orangtuanya itu memilih untuk punya kegiatan lain selain urus dia, demi perkembangan pribadi semua2nya. Maka, gw bulatkan tekad, memasukkan Joanna ke daycare.

Kalian juga pasti udah tau (sok tau ya gw?), bahwa James, suami gw, sampai sekarang belum punya kerja. Ya udahlah ya, gw juga udah ga masalah dia ga kerja, bahkan kalo gw yang harus nafkahin keluarga ini saat ini, bener2 ga apa2, kayaknya ga adil banget ya, nuntut James untuk kerja, hanya karena dia seorang laki2? James tuh bukan orang males2an yang nyantai2 di rumah, dia ga kerja karena ya dia belum bisa bahasa jepang. Pokoknya kalo di sini ga bisa bahasa jepang, matilah kita, ga bisa gerak, lumpuh banget di sini. Bahasa inggris mah ngga dianggep di jepang, semuaaaaaaaaa diterjemahin ke bahasa jepang.

Tahun lalu, James sempat mau kuliah S2 di jurusan teknik perkapalan. Nyobain 3 bulanan jadi research student, trus ujian masuk, ngga diterima. I know, it was a big mistake. Saat itu, kita udah frustasi karena James ga ada kegiatan, trus stress banget ditanya2in orang2, james sekarang ngapain di jepang, akhirnya dengan motif membungkan mulut orang2 yang suka nanya2in itu, james mutusin untuk lanjutin kuliah. Kenapa juga dia milihnya teknik perkapalan, itu karena ya hanya itulah program internasional yang ada di osaka university. Jadi, ga butuh2 amat bahasa jepang, yang penting bisa bahasa inggris. James nyoba belajar teknik perkapalan, tapi emang parah susahnya, dia ga ngerti dan ternyata basi banget,itu dibilangnya program internasional, pada kenyataannya mahasiswanya banyakan dari cina n korea, dan mereka tuh malah lebih bisa bahasa jepang daripada bahasa inggris, bahkan ada prof yang ngga tau bahasa inggris. Ah tipu banget tuh ya program!

Satu sisi, James ga lulus ujian masuk, malah bersyukur, karena udah ngerasa salah banget masuk sini. Dari kejadian ini akhirnya kita belajar, bahwa ga ada gunanya nyari2 jalan sendiri, lebih baik tunggu dan ikutin aja rencana Tuhan, daripada sok tau kita ngerancang2 maunya gimana tapi akhirnya jadinya ga jelas.

James berusaha untuk cari kerja, tapi ya mentok banget deh karena ga bisa bahasa jepang. Dan, menjadi seorang pengangguran untuk laki-laki itu, beban mentalnya najis-najis, mungkin udah kayak mencret ga berhenti2 gitu deh (sorry perumpamaannya jorok). Maksud gw, nyiksa abis, nekan abis, bikin capek jiwa raga abis. Kira2 gambarannya gini : sama kayak perempuan udah nikah, trus ternyata dia mandul, ga bisa punya anak, trus ditanya2in terus sama orang2, kok ga hamil, kok kamu mandul, sana gih berobat, kasian banget kamu mandul, bla bla bla.....trus perempuan itu ngerasa banget dirinya ga ada guna karena dia ga bisa hamil, padahal sebener2nya mah, nih perempuan punya banyak kualitas unggul lain. Tapi, hanya karena dia divonis mandul, maka kualitas unggul lainnya pun langsung sirna, dan dia jadi ga artinya di mata masyarakat. Sama dengan James, kita fair2an aja-lah ya. Setelah dia ga kerja di schlumberger, siapa yang nganggap dia? Yang nganggap dia cuma gw dan Joanna kan, istri dan anaknya?Orang sekarang taunya james itu siapa? Oh istrinya Rouli yang sekolah di jepang, dia nemenin istrinya di jepang tapi dia ngga punya kerja, dia nganggur, dia ga nafkahin keluarganya. Padahal sebenarnya james itu manusia kualitas unggul, tapi semua kualitas unggul itu sirna hanya karena dia sekarang ga punya kerja. Betapa kejamnya masyarakat! Tapi ini fakta. Patriarch society has detemined a certain role to be played by man and woman. When you're trying to live a life which not fit to this certain role, so you'll be labelled as "the other", will be called as deviant for sure. Yeahhhh...dan begitu pun adanya dengan james, begitu pun adanya dengan gw. Nyiksa banget sumpah, kondisi ini. Bukan masalah karena ga ada pemasukannya (pemasukan mah tetap ada dari beasiswa), tapi karena beban masyarakat ini lho. Oke, mungkin trus orang bilang, cuekin aja, ga usah dengerin, tapi jujur, kalo udah segini nekannya, kita ga bisa lagi cuek, namanya orang, ga akan mungkin kan bisa cuek bener2 sama omongan orang? Namanya kita manusia, masih punya perasaan, kan. Yahhhhh.....karena kita ga bisa cuek, trus kita juga tertekan dengan kondisi gini, akhirnya kita ambil jalan pintas, james rencana kuliah S2 yang ternyata gagal itu. LOL!

Hampir setahun berlalu  sejak james akhirnya dinyatain ga lulus ujian masuk itu. Dan sampai saat ini belum ada perubahan. Gw tuh sebener2nya udah pesimis abis mengenai james nyari2 kerja ini. Bukannya ga percaya sama kemampuan suami, tapi gw tau banget deh jepang, kalo lu ga bisa bahasa jepang, ya keok banget deh di sini, asli lumpuh abis2an. Cuma gw juga ga mau maksa2in james kuliah. Ya mungkin menurut gw, kuliah itu menyenangkan, karena emang passion gw tuh di sekolah, tapi james mah emang ga ada passion-nya sama sekali untuk sekolah lagi, dia itu cuma pengen dapat kerja, nafkahin keluarganya, hidup bahagia sama anak istrinya. Titik.

Meski kita udah sempet salah jalan dengan james nyoba2 masuk S2 teknik perkapalan itu, sebenernya kesalahan itu ngedatangin keuntungan. Tepat setahun lalu, james terdaftar jadi research student program teknik perkapalan itu. Dia punya kegiatan yang membuat dia secara resmi ga bisa jaga Joanna.Nah inilah yang bikin Joanna bisa masuk daycare. Untuk daftar daycare, emang harus apply dengan surat2 keterangan gitu, yang nerangin kegiatan kita dan mesti disahkan oleh pihak ketiga, entah itu tempat kerja, kampus, atau sekolah bahasa, atau apapun itu. Dan di wilayah gw tinggal, kantor walikotanya mensyaratkan, mesti minimal 24 jam seminggu dengan pembagian 6 jam X 4 hari berkegiatan , untuk memenuhi persyaratan masuk daycare. Kalo ga memenuhi persyaratan itu, hak anak masuk daycare, bisa dicabut dan diberikan pada orang lain yang lebih membutuhkan (di jepang nih waiting list banget kalo mau masukin anak ke daycare, apalagi daycare negeri. Joanna nih masuk ke daycare negeri, kalo swasta, ga kuat banget bayarnya, ancur banget!)

Maka, Joanna pun lolos masuk daycare. Awal2 berat banget, tapi dia survive dan eksis banget dia di daycare sekarang. Udah punya temen, udah bisa bahasa jepang, udah berani ngomong nimpalin teman2 dan guru2nya. Sejak masuk daycare, emang gw liat, Joanna makin berkembang. Yang paling penting sih dia ga kesepian karena ada teman2 sebayanya itu. Trus gw juga jadi bisa tenang kuliah, ngerjain tugas, belajar. James juga terus berusaha belajar bahasa jepang, ikut kursus yang diselenggarakan organisasi NPO, trus dikit2 dapet duit dari ngeblog-lah. Sambil terus cari2 kerja meski hasilnya nihil ya. Intinya, dengan adanya daycare, kita ngerasa lebih nyaman. Gw juga bisa sosialisasi sama ibu2 daycare yang lain, karena suka ada acara curhat2 ibu2 gitu, diselenggarain sama daycare. Lagian, gw mesti acungin jempol untuk daycare Joanna ini. Kepala sekolahnya baik banget, sumpah, trus guru2nya juga berdedikasi banget. Mereka ngejaga banget biar Joanna ngga dibully meski ga bisa bahasa jepang. Mereka ngajarin kata2 bahasa Indonesia ke anak2, trus belajar bahasa Indonesia dikit2, biar bisa komunikasi sama Joanna. Awal2 kan Joanna itu ga ngerti sepatah kata pun bahasa Jepang. Akhirnya guru2 Joanna itu beli buku panduan wisata ke Indonesia gitu, semacam tourist guide, nah di situ kan ada bahasa Indonesia sederhana, mereka belajar dari situ.

Cuma persoalannya, tiap tahun, kita mesti submit permohonan perpanjangan daycare. Dan kalo ga memenuhi syarat, bisa2 hak anak untuk masuk daycare dicabut. Ini yang nentuin bukan pihak daycare, tapi pihak pemerintah kota, karena daycare joanna ini kan daycare negeri.

Asli panik! Gw ga tau kalo ada perpanjangan2 permohonan gini. Gw pikir, begitu sekali lolos, selanjutnya aman,bisa terus lanjut. Ternyata tiap tahun dicek. Gimana ini? sekarang, kondisi james itu ga memenuhi persyaratan aktivitas 24 jam seminggu itu. Gw dan james sepakat, kita ngga mau bohong. Pokoknya, pertama2, kita akan jujur sama kepala sekolah, ceritain keadaan kita. Gw ceritainlah kondisi keluarga kita sekarang gimana. Kepala sekolah memberikan beberapa saran, tapi intinya, emang mesti ada surat keterangan yang ngebuktiin aktivitas kita dan itu mesti dikeluarkan oleh pihak ketiga.

Mateng abis! Dari mana tuh surat? Gw galau banget. Bayangin Joanna tau2 dicabut haknya untuk masuk daycare alias ga sekolah lagi. Sedang kalo mau dipindahin ke TK negeri, umurnya masih kurang setahun (Joanna itu meski umurnya tahun ini bakal 4 tahun, tapi dia tetap diitungnya itu 3 tahun karena ketika tanggal 1 April, umur dia adalah 3 tahun 10 bulan, jadi dia ga bisa daftar ke TK negeri. Ohya, tahun ajaran baru di jepang mulainya 1 april). Mau dimasukin ke TK swasta, biayanya mahal. Emang ada keringanan, ngebantu banget2 emang, tapi gw terus terang aja takut ga kuat ngadepin life style anak2 TK swasta yang borju. Yahhhh...kayak les balet, renang, senam ritmik, biola, dll...mana punya gw alokasi dana untuk ngelesin Joanna segitu banyak kegiatan?

Cuma daripada Joanna terancam ga sekolah lagi selama setahun ini, gw dan james mikir, biarin deh dia di TK swasta dulu setahun, baru ntar pindahin ke negeri. Akhirnya gw survey2 beberapa TK. Jujur aja, ngga ada yang sreg. Ya, mungkin karena gw tuh udah ngebandingin duluan sama daycare Joanna dan udah ngebuktiin sendiri, gimana Joanna yang orang Indonesia itu diterima tanpa dibeda-bedain. Trus gw dan james mikir lagi juga, dari sisi Joanna, kasian banget dia, pindah2 sekolah terus. Joanna itu masih 3 tahun, dan tahun ini bakal 4 tahun, trus udah terlalu banyak yang dialami dia, mulai ditinggal mamanya dua bulan pas dia masih umur 1 tahun 10 bulan, trus masuk daycare ga ngerti bahasa jepang sama sekali, dan sekarang rencana mau dipindahin lagi ke TK swasta, trus akhirnya ke TK negeri? Too much changes...I mean, just make it a little bit easier for her!

Kita diskusi lagi sama kepala sekolah dan kepala sekolah bilang, kalo sampe mindahin anak itu rada hiperbola, masih bisa-lah didiskusiin, sebaiknya gimana. Tapi yang penting, ada surat keterangan dulu. Ntar dia akan ngomong sama pihak pemerintah kota. Baik banget emang nih kepsek, asli kepsek terbaik yang pernah gw temui sepanjang hidup gw!

Akhirnya kita nyari2 kursus bahasa jepang yang bisa james ikutin. ditotal jumlah jamnya, mentok2nya hanya 10 jam. Masih kurang 14 jam lagi. Dari manakah itu? James daftar kursus online, biayanya murah-lah, terjangkau. Sebelumnya, dia tanya ke customer service-nya, bisa ga dibikinin surat keterangan yang nyatain bahwa dia tuh ikutan kursus online dan belajar online lebih dari 15 jam? Pertama2nya, customer service itu ngebales email james, bilang bisa bikinin. mantepbanget, udah senang2 aja kita. Ehhhh ternyata abis itu ga ada tanggapan lagi. Kita mulai galau lagi.

Tau2, gw n James punya pikiran sama. james bilang, kayaknya udah susah untuk cari kerja, bukannya nyerah tapi berusaha realistis aja. James mikir, setidaknya kalo sekolah lagi, ada yang bisa dibawa pulang ke Indonesia, untuk modal berjuang di tanah air nanti. Tapi yang pasti, ga maulah sekolah yang kerjanya research2 terus kayak teknik perkapalan itu. Nahhhhh, setahunan yang lalu, kita tuh sempet survey satu kampus, di Kobe (kira2 satu jam lebih dari Osaka), namanya Hyogo kenritsu daigaku. Ini tuh universitas ekonomi dan manajemen gitu. Kenapa kita survey, karena salah seorang profesornya itu pernah ngajar di kajian jepang UI (almamater gw pas S2 dulu di Indonesia) sebagai dosen tamu, dan sampai sekarang, gw dan beliau masih menjalin kontak-lah. Namanya Prof Umeno. Orangnya, baik banget. Beliau itu suka banget sama Indonesia, dan masa ngajarnya yang selama sebulan di Indonesia itu, bener2 berkesan untuknya. Selama di indonesia itu, yang ada malah kita porotin dia untuk traktir kita makan di sushi tei dan bayarin karaoke (ampun dahhhhh, ini kita2 mahasiswa begajulan amat ya?). Ini prof sampe pernah dateng ke rumah gw, berdua sama teman  gw, si frieska, dalam rangka jalan2 ke bogor gitu. Tadinya pas gw nikah, beliau mau bela2in datang lagi ke Indonesia, tapi akhirnya ga jadi, karena anaknya yang saat itu masih SD, kena kanker (sekarang sih udah sembuh).  Nah, universitas tempat Prof Umeno ini ngajar, punya program S2 manajemen yang ga usah bikin tesis, yang kegiatannya emang fokus di kuliah tatap muka dan ntar ada internship. Cocok untuk orang kayak james yang emang ogah research karena emang ngga mau jadi ilmuwan. James tuh diem2 mikir, kenapa ga nyoba lagi kuliah di tempat Prof Umeno? Kendala utama yang bikin james mundur adalah karna dia ga bisa bahasa jepang dan untuk masuk program ini, emang testnya pake bahasa jepang. Tapi udah kepalang tanggung-lah sekarang, udah ga ada lagi yang bisa diharapin, pada akhirnya mesti nyerah juga belajar bahasa jepang bahkan sampe ikut ujian kemampuan bahasa jepang.

Trus dari pembicaraan itu, gw jadi kepikir, kenapa ngga nyoba minta Prof umeno bikinin surat keterangan yang nerangin james tuh sekarang belajar bahasa jepang untuk bisa ikut ujian masuk di tempatnya beliau? ini kan bukan boong dan emang ada niatan ke sana.

Karena kita belum dapat balasan dari customer service kursus online bahasa jepang itu, gw ngirim email ke Prof Umeno, nerangin keadaan kita saat ini. Deadline perpanjangan daycare joanna itu tanggal 4 maret, meski boleh telat2 dikit. Setelah gw kirim email itu, ditunggu2in, ga ada balesan, udah pesimis nih gw. Eh yang ada, malah james dapat email dari kursus online itu, bilang kalo mereka ga bisa bikinin tuh surat keterangan. James udah galau banget abis2an, mikirin gimana nasib Joanna ntar. Kita sepakat, pait2nya kalo ga ada surat keterangan untuk james, ya bilang aja terus terang, mau gimana lagi. Yang penting kita jangan boong. Gw pribadi, asli udah pasrah. Kita udah berusaha, udah berdoa, sekarang tinggal nunggu aja akhirnya gimana.

Siang hari, kira2 jam satu. Tau2 HP gw berdering. Ya ampun, itu Prof Umeno! Deg2an gw angkat tuh telpon.

Rouri san, mail yomimashita. Jitsu wa watashi ima bangkok ni iru node, ima kara betonamu ni ikun desuga, mikka ni nihon ni modorimasu. shoumeisho no koto, kakimasu. demo maniaimasuka ne. Sore ga chotto shimpai de, denwa shimashita.

(artinya : Rouli, saya udah baca emalnya. Saya sekarang lagi di Bangkok, trus mau ke Vietnam, ada dinas luar negeri. Saya akan tiba di Jepang tanggal 3 maret. Saya akan tuliskan surat keterangannya. Tapi keburu ngga? Saya agak khawatir dengan hal itu, makanya saya telpon)

Gw : Speechless!!!!! cuma bisa ngomong, sensei, hontoo ni arigatoo (sensei, benar2 terima kasih banyak). Trus terharu banget karena beliau sampe nelpon dari bangkok demi masalah surat keterangan ini.

Tuha tidak pernah terlambat. Gw dan James udah nyoba segala macam cara, tau2 dengan gampangnya, Prof Umeno bilang mau bikinin surat keterangan itu. Joanna bisa lanjutin sekolah lagi. Dan dengan cara ini, james akan benar2 serius belajar bahasa jepang. Gw ga tau ke depannya ntar gimana, tapi satu hal yang pasti : Tuhan tidak pernah terlambat.

I proved it again. God, You do exist. You really do.

1 comment:

  1. Seru banget mba Rouli ceritanya 😊 salam kenal. Aku Yola rencana mau phd ke jepang dan sepertinya akan bawa si kecil usia 1 tahun. Bolehkah ngobrol gitu ttg Hoikuen dan kehidupan jepang via japri di nonakelinci@gmail.com? Hontou Arigatou..

    ReplyDelete