Wednesday, March 30, 2011

Setelah satu tahun....

Esok hari, sudah tanggal 1 April 2011. Tepat setahun setelah Joanna masuk Hotarugaike Hoikusho alias daycare Hotarugaike. Masih inget banget gw, setahun lalu, betapa galaunya hati ini karena harus melepas anak masuk sekolah dalam keadaan itu anak ga bisa bahasa jepang sama sekali, even arigatoo aja dia ga tau!

Joanna masuk daycare, tepatnya di kelas usagi (kelinci), pada saat usianya 2 tahun 10 bulan. Sebelumnya ngga pernah ikutan early childhood education kayak sekolah motorik, dll ketika masih di Indonesia. Diem-diem aja Joanna di rumah tiap hari, diasuh gw, dan kalo gw ngajar di LIA, diasuhnya sama mbak Asih, dan para opung. Life was  easy for her at that time, since she was always protected by her families and she was the centre of attention.

Ya, ya, ya, tapi itu dulu, waktu Joanna masih di Indonesia. Begitu nginjekin kaki ke Jepang, hilang deh semua zona nyamannya. Kini dia ada di dunia yang dia ga ngerti bahasanya. Ngga punya teman, hanya Papa Mama yang jadi temannya.

Gw udah tau, akan sangat berat untuk Joanna beradaptasi di daycare. Faktor utama adalah masalah bahasa. Bukannya sok tau, soalnya gw udah pernah ngalamin. 28 tahun yang lalu, saat usia gw masih 4 tahun, gw juga berada dalam kondisi yang sama. Bedanya, gw masuk TK Indonesia, setelah 4 tahun melewatkan masa hidup gw di Jepang karena si Papa sekolah. Begitu Papa beres studinya, baliklah sekeluarga ke Indonesia. Bukannya sombong nih ya...saat itu kan gw ngga bisa ngomong bahasa Indonesia. Gw bisanya cuma bahasa Jepang (tsaaaah belagu.....). Dicemplunginlah gw ke TK Indonesia. Ga ngerti sepatah kata pun. Mannnnn....gw masih inget banget rasanya, 6 bulan gw ngga punya teman. Tiap hari dieeeeeem aja ngga ngomong. Dunia gw sepi banget padahal di sekeliling gw banyak banget anak-anak seusia gw berlarian sana sini, tertawa ceria. Gw dimusuhin sama anak-anak lain. Dibully deh nih ya ceritanya. Gw ga bisa ngelawan. Karena gw ga bisa ngomong. Gw ngga bisa bahasa Indonesia. Kalo dibilang ini pengalaman membekas banget, ya emang begitulah adanya. Itu kan kejadian udah nyaris 30an tahun yang lalu ya. Tapi gw masih inget banget setiap detil peristiwanya. Seragam TK gw yang gw kenakan pada saat gw dibully. Muka anak-anak yang ngebully gw. Dua pemimpin geng yang ngebully gw pun gw masih inget namanya, gianny dan airin. Hello folks, where are youuuuu? Thanks to you both, I'm stronger now. Dikata-katain gw orang Jepang, gw penjajah....(ya, ya, I know, Jepang kan ngejajah Indonesia 3,5 tahun kan?). Gw tuh baru ngerasain TK itu fun setelah gw kelas O besar, setelah gw bisa bahasa Indonesia. Sebelumnya? Dark memories banget dahhhhh!!!!

Saking traumanya gw sama pengalaman dimusuhin karena ngga bisa ngomong bahasa Indonesia, gw jadi berusaha mati-matian melupakan bahasa Jepang. Saat itu, sebagai seorang anak umur 4 tahun, yang gw tau adalah, gw hanya bisa survive kalo gw bisa bahasa Indonesia. Dan penyebab gw ga bisa bahasa Indonesia adalah karena gw bisanya bahasa Jepang. Maka hal yang harus gw lakukan, jangan lagi pernah ngomong Jepang, lupakan itu, kubur itu dalam-dalam, bahasa Jepang adalah penghambat gw maju soalnya! Yahhhh, itulah yang ada dalam pikiran gw. Sukses banget sih emang, gw tau-taunya jadi ga bisa aja ngomong bahasa Jepang karena tiap hari ngomongnya bahasa Indonesia melulu. Kalaupun Mama ngomong dalam bahasa Jepang, Obaachan ngomong dalam bahasa Jepang, gw nyautin pake bahasa Indonesia. Karena Mama dan Obaachan ngerti bahasa Indonesia, jadinya emang nyambung-nyambung aja sih, ga ada masalah saat itu.

Cuma sekarang aja nih, setelah gw gedean dan pulih dari trauma dibully itu, nyesel banget kenapa dulu gw mati-matian ngelupain bahasa Jepang. Kalo ga mati-matian ngelupain, sekarang gw ngomongnya udah canggih kayak native, kali, dan kalo dengerin kuliah dalam bahasa jepang, loadingnya cepet, ga macet dulu kayak sekarang. Ya udahlah ya, mau gimana lagi.

Nahhhhhhhh karena punya pengalaman traumatik sehubungan dengan dicemplungin ke sekolah dalam kondisi ga ngerti bahasa yang dipakai di lingkungan itu, gw takutnya banget-banget ketika menghadapi Joanna masuk daycare ini. Langsung kebayang gw muka anak-anak yang dulu ngebully gw. Langsung teringat lagi, perasaan sakit dan sedihnya itu karena ga ngerti apa yang diucapkan di lingkungan sekitar. Rasanya itu : Tidak sendiri tapi merasa sendirian. Not alone, but lonely. Makanya, gw muka tembok abis nanya-nanyain hal yang sama setiap kali ketemu guru-guru daycare. Siapa aja pun gw tanyain hal yang sama. "Anak saya ngga bisa bahasa Jepang, saya takut dia dibully, dulu ada ga kasus bully kayak gini?" Mulai dari kepsek, wakil kepsek, sampai semua guru yang gw temuin, gw tanyain hal yang sama. Mereka semua berusaha menenangkan gw, ibu labil ini. Bahwa selama ini, ada juga anak-anak yang bukan orang jepang, sekolah di situ, dan dari yang awalnya ga bisa bahasa jepang, akhirnya jadi cas cis cus dan dalam perjalanan menuju cas cis cus itu, mereka, para guru, mati-matian berusaha melindungi ana agar anak ngga dibully dan diusahakan senyaman mungkin beradaptasi di lingkungan asing. Hmmmm...kayaknya sih kalo liat kesungguhan wajah-wajah para manusia gambaru ini, sepertinya bisa dipercaya, tapi tetap ajalah yawwwww....bayangan dua anak yang dahulu membully gw dan guru-guru TK gw yang diem aja pas gw dibully itu berkelebat dalam benak gw. Can I trust them? Hmmmm....masih ragu gw.

Tapi ragu ga ragu, akhirnya hari itu datang juga. Hari di mana Joanna akan mulai bersekolah. Dan tepat seperti dugaan gw, nih bocah nangis kejer. Tiap kali mau pisah sama gw, aduh mak, itu tangisannya memenuhi satu daycare. Belum lagi dia lari-lari ngejer gw sampe berusaha loncat dari pintu gerbang dalam. Hancur abis deh hati gw. Beneran, kalo bisa gantiin Joanna, mau deh gw gantiin Joanna. Tapi itu kan ga bisa ya? ini udah bagiannya Joanna, dia mesti berjuang ngadepin hal ini. Gw dan James hanya bisa ngedukung aja, ngga bisa jadi pelaku utamanya.

Lewat satu bulan, keadaan mulai stabil, meski belum bisa dibilang Joanna bener-bener enjoy sekolah. Menginjak bulan ketiga, mulai keliatan kalo Joanna mulai terbiasa. Milestone paling besar adalah menginjak bulan ketujuh, ketika dia mulai bisa ngomong satu kalimat dalam bahasa Jepang. Setelah itu, tiba-tiba aja perkembangan bahasa Jepangnya jadi pesat banget. Setelah lewat tujuh bulan itu, Joanna udah bisa ngomong bahasa Jepang secara aktif, bisa nimpalin kalo teman-teman atau guru-gurunya ngomong Jepang, dengan kata lain, komunikasi verbal udah berjalan lumayan lancar. Emang pasti antara Joanna yang bahasa ibunya bahasa Indonesia dan teman-teman sekelasnya yang bahasa ibunya bahasa Jepang, tentu ada kesenjangan berbahasa, tapi yang penting komunikasi antar anak-anak itu bisa nyambung.

Yang jadi pertanyaan, apa yang bikin Joanna bisa ngelewatin masa-masa adaptasinya di daycare, saat ia belum bisa berbahasa Jepang, dengan smooth dan tenang, tidak traumatik seperti gw?

Orang mungkin akan bilang, itu karena Joanna mentalnya kuat, punya fighting spirit. Ada juga mungkin yang berpendapat, namanya manusia, kalo udah kepepet ya pasti menyesuaikan diri juga, kan manusia punya kemampuan untuk beradaptasi, demikian juga halnya dengan Joanna. Dua pendapat itu, gw rasa, pasti ada benarnya, hanya kurang lengkap. Lalu, apakah pendapat ketiga itu?

Gw yakin banget, faktor penting banget yang bikin Joanna akhirnya bisa betah di daycare dan nganggep daycare adalah bagian dari hidupnya, adalah karena guru-gurunya itu bekerja dengan hati dan benar-benar memperlakukan Joanna sebagai manusia utuh, bukan sebagai anak kecil. Ya, betul, tidak ada di antara guru-guru Joanna yang ngerti bahasa Indonesia. They only speak Japanese. Tapi mereka tau bahwa salah satu murid mereka, yaitu Joanna Panjaitan, gga ngerti bahasa Jepang dan mereka berusaha semaksimal mungkin untuk membuat Joanna nyaman beradaptasi, berusaha meminimalisir perasaan kesepian Joanna dan berusaha semaksimal mungkin mengungkapkan bahwa mereka sayang Joanna.

"Sensei wa Joanna no koto ga daisuki" (Sensei (guru) sangat menyukai Joanna). Pesan itu yang ditangkap Joanna, sekalipun tidak diucapkan secara verbal. Pasti itu terasa ketika  sensei memeluk Joanna saat ia sedih ditinggal mama papanya, ketika sensei menggandeng tangan Joanna dan meminta anak-anak lain untuk sama-sama bermain dengan Joanna, ketika sensei dengan sabar berusaha memahami apa yang ingin Joanna katakan dengan segala ketebatasannya, ketika sensei membiarkan Joanna menangis tersedu-sedu di dalam ketidakmengertiannya mengapa ia harus berpisah dengan mama papanya,   dan kemudian mendekap Joanna erat-erat, sambil berkata, "Shimpai shinai de Joanna chan. Mama zettai mukaenikuru kara" (jangan khawatir Joanna. Mama pasti jemput Joanna), ketika sensei bermain dan meladeni Joanna dengan sepenuh hati.

Satu perkataan yang ga akan gw lupa dari Kominami sensei, salah seorang wali kelas Joanna, yang diucapkan ketika gw duduk kayak orang bego, menerawang galau di kelasnya Joanna karena Joanna nangis-nangis ga mau pisah sama gw adalah : "Mama, watashi wa Joanna to kotoba wa tsuujinai kamoshiremasen ga, kokoro de hataraiteirukara, kokoro wa zettai tsuujimasu. Shimpai shinai de kudasai." (Mama, saya mungkin tidak nyambung bahasanya dengan Joanna, tapi saya bekerja dengan hati, maka saya yakin hati saya dan hati Joanna pasti akan nyambung). Perkataan itulah yang benar-benar bikin gw tenang untuk mempercayakan Joanna pada guru-guru daycare saat gw mesti kuliah dan belajar, ngerjain tugas, ngerjain penelitian, ngerjain materi kerja sambilan.

Satu tahun telah berlalu sejak Joanna masuk daycare. Jika sekarang ia sangat senang di daycare, ngeblend dengan teman-temannya dan akrab dengan guru-gurunya, itu bukan semata-mata karena Joanna berjuang, tapi karena ada para malaikat berbungkuskan tubuh manusia alias para sensei ini, yang mendampingi Joanna berjuang.

Satu tahun Joanna di daycare, gw belajar banyak sekali dengan melihat para sensei ini berhubungan dengan murid-murid ciliknya, tentang bagaimana kita mesti memperlakukan anak sebagai manusia utuh, bukan sebagai anak kecil yang bisa diatur-atur semau-mau kita.

Di bawah ini adalah cuplikan notes gw yang gw tulis setahun lalu, tentang hari-hari pertama Joanna di daycare:

Hari pertama, kedua dan ketiga, Joanna masih daycare setengah hari. Hari pertama, masih full ditemanin mama papanya, tapi hari kedua dan ketiga, mulai dilepas sendirian selama setengah hari. Gila, dari sebelum berangkat aja, nangisnya udah kencang banget, teriak-teriak minta ditemenin, trus bilang-bilang, “Aku ga mau ke daycare. Aku mau di rumah aja sama Mama Papa!!!!Mama Papa jangan ke kampus, temenin aku aja….” . Aduuuh, siapa coba orangtua yang ga miris dengar anaknya ngomong gitu?Rasanya sedih dan sakit banget. Tapi ini waktunya Joanna untuk berjuang sendiri, dia harus maju menghadapi hidup, gw dan James ga bisa kesianan kesianan terus, udah gitu akhirnya, si anak ga berkembang. Akhirnya, dalam keadaan udah sedih gitu, gw usahakan untuk ga nangis, peluk Joanna dan bilang, ga apa-apa, ini pertamanya aja yang berat, tapi ke depannya Joanna pasti suka. Guru-guru dan teman-teman Jojo baik-baik, trus waktu Papa Mama ga ada, selalu ada Yesus yang jagain Jojo. Trus gw ajak Joanna berdoa, dalam keadaan dia nangis-nangis gitu. Melow abis kayak drama india deh pokoknya. Mulai hari keempat, Joanna daycare seharian penuh, dari jam 9.30-16.00. Pagi-pagi bangun, udah bilang ga mau ke daycare, mulai nangis gila-gilaan, tapi gw udah bulat tekad, ga boleh kalah sama tangisan Joanna. Gw ga marahin Joanna, gw ijinkan dia nangis, tapi tetap harus ke daycare. Gw pikir, semakin cepat Joanna adaptasi, semakin baik, dan itu mending sekarang, karena kuliah gw juga mulainya baru minggu depan, jadi gw punya waktu full untuk bantuin Joanna adaptasi. Hari kelima, pagi-pagi bangun, pas siap-siap, lagi-lagi nangis, dan ngeberontak ga mau dipakein baju, akhirnya Joanna gw bawa ke daycare dalam keadaan pake piyama (atasannya) dan bilang sama gurunya, tolong ganti bajunya, karena dia ga mau saya pakein baju. Hari keenam, ya pagi-paginya masih nangis juga, tapi udah mau dipakein baju, trus pas pisah sama gw di daycare, ya nangis juga, tapi jeritannya udah berkurang dibanding hari pertama, kedua, ketiga, keempat.

Kalo dari laporan guru2nya, meski tiap kali ditinggalin sama gw masih selalu nangis, tapi hari demi hari, frekwensi nangis Joanna di daycare juga makin berkurang, dan dua hari terakhir ini, udah bisa makan sendiri, trus udah berani main sama anak-anak lain, bahkan tengil sok nepuk-nepuk kepala anak yang ga bisa tidur (sok kakak tuh ceritanya). Trus, yang paling kacau, Joanna ini kan ga tau, gimana harus manggil gurunya. Gw emang belum ajarin kata ‘sensei’ (guru) ke Joanna. Nah, trus guru yang selalu in charge pegang Joanna ini, pake tanda pengenal dengan karakter snoopy (anjing). Joanna mau ngajakin gurunya keluar, trus dia bilang, narik-narik gurunya, “anjing, anjing, iku, iku” (maksudnya : anjing (panggilan Jojo untuk sensei), ayo pergi (iku tuh pergi dalam bahasa jepang)). Gurunya udah curiga, kayaknya anjing tuh maksudnya inu (anjing dalam bahasa jepang), trus sorenya pas gw jemput, bliau nanya, Joanna tadi bilang anjing, anjing sama saya, itu artinya apa ya? Gw kasih tau artinya, akhirnya bliau ngerti, itu karena Joanna liat tanda pengenal snoopy bentuk anjing itu. Hahahahaha, gw ngakak abis. Joanna biar kecil gitu, dia nyari cara untuk survive dan komunikasi. So proud of you, Jo! Kata gurunya, kalo emang Joanna susah ngomong sensei, ga apa-apa saya dipanggil anjing, saya ikhlas. Aduh, makin pengen ketawa gw. Malamnya langsung gw ajarin Joanna, kalo panggil sensei ya jangan anjing, tapi sensei. Hari ini, Joanna udah manggil gurunya sensei, bukan anjing. Jangan panggil anjing lagi ya Jo, kayaknya kamu satu-satunya murid yang panggil gurunya anjing deh….

Meski seminggu ini masih nangis setiap pagi dan setiap pisah sama gw di daycare, tapi hari demi hari, sedikit demi sedikit, ada kemajuan yang positif dari Joanna dalam adaptasinya di daycare. Semoga hari demi hari Joanna bisa semakin berkembang, bisa punya banyak teman, belajar bersosialisasi dan berbagi, dan bisa bahasa Jepang.

Joanna bisa betah di daycare sekarang, karena dia tahu, bahwa dia dihargai di daycare, diperlakukan sebagai manusia uutuh dan diterima apa adanya. Tidak ada bully, tidak ada diskriminasi, as long as we're human being, everyone has the same right to live as a human being. Terima kasih, sensei-sensei di Hotarugaike Hoikusho, karena telah memperlakukan anak saya, Joanna Panjaitan, sebagai manusia utuh, sekalipun ia satu-satunya anak Indonesia di sekolah Jepang.

No comments:

Post a Comment