Sunday, January 9, 2011

Bento

Jangan terlalu anti sama sesuatu seanti2nya deh, ntar yang ada, malah jadi suka banget lho. Kayak misalnya kita sebel banget sama si A, tau2, entah sejak kapan, malah jadi naksir abis? (ya gw mah ga pernah ngalamin sih, karena emang ga pernah juga sebel2 banget sama orang, tapi konon, kata mitos mah yang kita benci banget, malah berbalik jadi kita suka banget).

Bukan terhadap orang, tapi setahun yang lalu, gw sebel banget sama : BENTO. Apakah bento? lagunya Iwan Fals? Bukan, gw ga sebel sama lagunya Iwan Fals kok. Bento yang gw maksud di sini adalah bekal (bahasa jepang). Kenapa sebel sama bento? apa yang salah dengan bekal? Ngga ada yang salah, tapi di jepang nih ya, bento2an ini cukup bikin pusing ibu2. Soalnya, di sini tuh bentonya mesti yang lucu2 gitu, diukir2, bikin bentuk2, kayak sosis bentuk gurita, nasi kepal bentuk karakter hello kitty, anpan man, dll, pokoknya, bukan yang cuma misalnya mie goreng blek! taro gitu aja di kotak bekal. Belum lagi pernak perniknya itu ribet abis, ada kantong tempat bekal, trus tempat bekalnya itu sendiri, trus kotak khusus untuk sendok garpu n sumpit, trus lap cuci mulut.

Di sekolah Joanna, tiap anak dapat makan siang (disedian sekolah), tapi sebulan sekali, ada bento day alias anak2 bawa bento dari rumah. Nah di situ deh, itu anak2 sekelas saling pamer pa-keren2 bento, mulai dari tempat bekalnya, bungkusan tempat bekalnya, dan isi bentonya. Biasanya, dari pagi mereka datang bawa bento, udah ribut pamer, bento gw nih bento anpan man-lah, bento hello kitty-lah, bento sugar bunnie-lah, bento strawberry-lah, dll.

Karena mikir, kesian banget kalo Joanna bentonya cuma nasi plus telor tanpa hiasan sama sekali, maka gw jadi ikut2an ibu2 jepang ini, ngehias2 bento. Kalo ngga jago ngehias, ga perlu takut. Di sini tuh segala pernak pernik bento lengkap, mulai dari cetakan nasi bentuk berbagai macam karakter, kertas2 pembatas bekal yang imut2, tusuk gigi bentuk binatang, bendera imut warna warni, cetakan sayur bentuk bintang, matahari, cetakan sosis bentuk kepiting, semuanya tersedia lengkap. Sebenarnya paling ideal adalah membuat sendiri, hand made tanpa bantuan cetakan, tapi untuk pemula kayak gw, so pasti butuh bantuan cetakan2 bento itu, biar bentuknya bagusan dikit (kalo bikin sendiri ancur soalnya).

Bulan2 pertama, stress abis gw bikin bento. Isinya mah frozen food semua, yang penting tuh penataannya. Daripada buang waktu di bikin2 masakan hand made, lebih baik waktunya digunakan untuk nge-arrange itu makanan2 biar keliatan manis alias kawaiii di bento itu. Awal2, belum bikin kyara ben (character bento, yaitu bento dengan karakter kartun tertentu, misalnya bento anpan man, bento hello kitty, bento my melody, dll), tapi cuma bento dengan nasi bentuk kelinci, beruang, sayur bentuk bintang, dll. Cetakannya mah gw beli. Pertama pake cetakan nasi itu aja, keringet dingin, sumpah, ga pernah soalnya. Nasinya malah ancur, ulang lama banget, ada kali setengah jam lebih hanya untuk nyetak nasi. Bulan-bulan awal, satu kali bikin bento, butuh waktu sekitar 3 jam. Groginya ga nahan gw, takut ancur abis soalnya.

Memasuki bulan ketiga atau keempat Joanna di daycare, dia mulai ribut minta kyara ben. Katanya mau kayak teman2nya. Mateng gw! Kyara ben pertama, adalah kyara ben anpan man. Sebenernya bentuknya ga keren2 amat, standar abis, tapi dia bangga abis bentonya tuh bentuk anpan man. Langsung pamer dia sama teman2nya, berasa eksis banget di daycare. Kalo bentonya kyara ben, dimakan abis plek plek plek sama Joanna, so akhirnya sok2an-lah gw tanya, bulan depan mau bento apa. Sejauh ini, dia udah request bento shimajiro (tokoh kartun jepang), hello kitty, dan roll pan man (tokoh karakter jepang, satu kelompok dengan anpan man). Dan ga tau sejak kapan, yang tadinya gw benci abis sama bento2an ini, skarang malah ketagihan dan kerjanya nyari2 pernak pernik bento melulu. Bento roll pan man, kayaknya yang paling mendekati karakter aslinya tuh, meski untuk bikin sorbannya, gw ngabisin 8 slice keju dari 10 slice keju yang gw beli, karena kejunya robek trus, ga bisa nutupin hamburgernya (yang jadi muka roll pan man). Trus pas bulan ini Joanna bawa bento roll pan man, dari pagi begitu ketemu guru kelasnya, langsung pamer abis dia, bilang2 kalo hari ini bawa bento roll pan man, apalagi hari itu dia bawa tempat bekal baru, yaitu tempat bekal marie si kucing (karakter salah seekor kucing di "The aristocat" : ini kartun walt disney kok, hanya emang ga gitu ngetop di Indonesia ya), lengkap dengan kantong bekalnya dan sumpit pink-nya. Sebenarnya bento roll pan man ini, isinya banyak banget, gw udah pesen sama gurunya, kalo ga diabisin jojo juga ga apa2, daripada dia enek, apalagi itu pake keju. Tapi ternyata abis man, ga bersisa, gila bangga abis gw!

Ntar gw minta James upload foto2 bento2 ini ya, biar gimanapun juga, gw mau narsis, gw minta maaf kalo nyebelin.

Bulan depan, si Joanna minta bento anpan man dan baikin man. Dua karakter dalam satu bento kayaknya bakal lumayan berat, tapi ini gw lagi semangat2nya nih, jadi udah ga sabar nunggu hari bento, terus terang aja. Tadinya Joanna minta bento dokin chan, tapi habis gw pelajari, terlalu susah bikinnya, jadi gw suruh dia ganti karakter aja.

Rada norak sih gw, tapi gw sekarang kerjanya baca2 buku bento, mikir2 mau bikin bento apaan lagi. Ke perpustakaan minjemnya buku bikin bento, bukannya buku ilmiah. Ya udahlah ya, anggap aja stress relieve.

Supaya dapat gambaran lebih jelas lagi mengenai bento2 itu, ntar liat aja gambar2nya yang gw upload ya, yang bikinan amatir (gw) dan yang profesional (ada tuh banyak ibu2 jago abis bikin bento, banyak gambarnya di google images).

Bento, I don't hate you anymore...

1 comment:

  1. mba roul, mana foto2 bentonya? hihihi....saya ga tau nih, kl suatu saat nanti tiba giliran saya beginian. mana frozeen food nya bnykan ga bisa dimakan. gaswat dah....Udahlah bikin masakannya juga, nge hias juga. kenapa sih bentonya ga nasi ama something aja? hahahaha---rika (mak nya akbar)

    ReplyDelete